Sponsors Link

9 Cara Memilih Warna Foundation yang Bisa Memutihkan Wajah

Sponsors Link

Salah satu produk make up yang harus dimiliki wanita adalah alas bedak yang biasa juga disebut dengan foundation. Alas bedak atau foundation sangat penting digunakan supaya wajah anda bisa terlihat flawless sehingga semua kekurangan yang ada pada wajah anda seperti noda bekas jerawat dan bintik hitam bisa tertutupi dengan sempurna.

Meski begitu, jangan sampai anda sampai salah memilih foundation karena bisa memberikan tampilan akhir yang seperti topeng. Supaya bisa sempurna, berikut kami berikan cara untuk memilih warna foundation yang bisa memutihkan wajah anda sebagai panduan khususnya untuk pemula.

1. Ketahui Warna Dasar Kulit Anda

Cara memilih foundation yang bisa memutihkan wajah pertama adalah dengan mengetahui terlebih dahulu warna dasar kulit anda. Warna lapisan bawah kulit atau undertone dibagi menjadi tiga kategori yakni warm atau kuning, cool atau pink dan juga netral yang harus diketahui ketika memilih foundation yang bagus untuk pemula.

Untuk menentukan warna undertone kulit anda cukup mudah yakni dengan mengangkat pergelangan tangan anda di bawah sinar matahari atau lampu yang terang lalu lihat pembuluh darah anda. Jika warnanya kebiruan atau ungu, maka menandakan jika anda mempunyai underone cool. Sedangkan jika warnanya hijau mengartikan jenis undertone anda adalah warm. Sedangkan jika pembuluh darah anda berwarna antara campuran hijau dan biru, maka tandanya anda memiliki undertone yang netral. Jika sudah bisa menentukan undertone kulit, maka anda akan lebih mudah untuk menentukan warna foundation yang tepat.

2. Aplikasikan Foundation Pada Leher

Kebanyakan, orang mencoba warna foundation yang bagus untuk sehari hari pada pergelangan tangan atau punggung tangan. Namun, warna kulit tangan terkadang berbeda dengan kulit wajah anda. Untuk itu ketika anda ingin memilih foundation supaya tampilan wajah bisa putih sempurna, maka coba aplikasikan foundation pada area sekitar rahang dan perhatikan apakah warnanya sudah sesuai dengan warna kulit wajah anda.

3. Coba Foundation di Tempat Terang

Usahakan untuk mencari tempat yang terang ketika anda ingin mencoba foundation yang sudah dipilih. Jika anda mencoba foundation pada area pencahayaan yang kurang, maka kemungkinan warna kulit anda akan terlihat lebih gelap atau mungkin sebaliknya yakni lebih terang. Untuk itu, pastikan anda mencoba foundation di area dengan pencahayaan yang cukup supaya bisa membuat wajah anda bisa lebih putih namun tidak seperti topeng sekaligus untuk mengatasi penyebab warna kulit wajah tidak merata.

4. Pilih Warna yang Lebih Terang

Sesudah beraktivitas selama satu hari penuh, biasanya wajah akan terlihat lebih kusam dan gelap. Ini bisa terjadi sebab foundation sudah mengalami oksidasi ketika terkena panas baik karena panas matahari atau panas suhu tubuh anda. Supaya warna foundation bisa tetap sempurna di wajah meski digunakan selama seharian, maka sebaiknya pilih warna foundation satu tingkat lebih terang dari warna kulit anda supaya tampilan wajah anda bisa tetap putih dan segar sekaligus untuk mengatasi penyebab wajah hitam dan berminyak.

5. Pilih Jenis Foundation yang Paling Tepat

Sekarang ini, ada begitu banyak jenis foundation yang bisa anda temuka di toko make up dari mulai stick, cair hingga tinted. Masing masing jenis foundation tersebut juga memiliki kelebihan yang berbeda beda sehingga sangat disarankan untuk memilih foundation berdasarkan jenis coverage yang anda butuhkan.

Untuk jenis foundation cair atau cream, umumnya lebih cocok diaplikasikan untuk acara penting dan besar karena bisa memberikan full coverage. Sedangkan untuk pemakaian sehari hari, maka pilih foundation jenis tinted atau BB cream yang sudah cukup untuk menutupi noda pada wajah, meratakan warna kulit wajah sekaligus memberikan tampilan yang lebih putih serta mengatasi penyebab wajah kusam dan gelap.

[AdSense-B]

6. Sesuaikan dengan Jenis Kulit Anda

Selain menyesuaikan dengan warna kulit, anda juga harus memilih foundation berdasarkan jenis kulit anda. Untuk anda yang memiliki jenis kulit berminyak, maka sebaiknya jangan pilih foundation yang memiliki bahan dasar minyak. Sedangkan untuk anda yang memiliki jenis kulit kering, maka sebaiknya pilih foundation berbahan dasar air atau yang mengandung moisturizer untuk mengatasi penyebab wajah belang.

7. Tentukan Coverage dan Tekstur Foundation

Anda juga harus memilih coverage atau daya tutup yang diberikan oleh produk seperti coverage penuh, sedang atau tipis. Untuk menentukan jenis coverage akan tergantung dari seberapa alami tampilan yang ingin anda lakukan dari penggunaan foundation.

Selain itu, pilih juga tekstur foundation yang ingin anda aplikasikan karena masing masing tekstur foundation mempunyai mfungsi yang berbeda beda.

  • Foundation cair: Jenis foundation paling ringan dan mudah diaplikasikan pada wajah yang biasanya juga berbasis minyak untuk jenis kulit kering dan foundation cair berbasis air untuk kulit berminyak, normal atau kombinasi.
  • Foundation krim: Digunakan untuk jenis kulit normal serta sangat kering karena mengandung minyak, bertekstur tebal dan lembut sehingga bisa menyatu dengan baik pada jenis kulit ini untuk tampilan kenyal dan lembab untuk mengatasi penyebab wajah kusam dan kering.
  • Foundation padat: Ini tersedia dalam bentuk loose powder atau bubuk super halus dan juga padat. Ini merupakan jenis foundation sangat kering dan hampir tidak mengandung air sama sekali. Foundation jenis ini sangat tepat digunakan untuk jenis kulit berminyak dan juga normal.

[AdSense-C]

8. Coba Banyak Foundation Secara Bersamaan

Cara selanjutnya dalam memilih foundation supaya tampilan wajah bisa putih merata adalah dengan mencoba lebih dari satu foundation secara bersamaan. Ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui warna foundation mana yang paling sesuai untuk mengatasi penyebab wajah susah putih.

Hindari membeli foundation hanya melihat dari botolnya saja sebab warna tersebut nantinya akan terlihat berbeda saat diaplikasikan pada kulit wajah anda. Jika anda membeli foundation di toko kosmetik besar, maka semua shade foundation biasanya dilengkapi dengan tester sehingga semua warna bisa anda coba dan memilih mana yang paling cocok untuk memutihkan wajah anda.

9. Ganti di Setiap Musim

Kebanyakan orang beranggapan jika foundation akan cocok digunakan untuk sepanjang tahun. Namun sebenarnya, foundation bersifat seasonal atau dicocokkan dengan musim yang sedang berlangsung agar kulit putih. Foundation yang anda aplikasikan mungkin akan sempurna di musim hujan, namun saat dipakai ketika cuaca sedang panas terik, maka bisa membuat wajah anda terlalu terang atau sebaliknya yakni terlalu gelap.

Untuk itu sebaiknya, tes ulang foundation anda setiap berganti musim. Jika memang foundation yang anda miliki bisa digunakan untuk kedua musim, maka tidak jadi masalah sehingga anda tidak perlu memiliki dua foundation. Namun juga warnanya sedikit berubah di kulit, maka sebaiknya beli lagi satu foundation yang berbeda dengan foundation musim lainnya.

Demikian ulasan singkat dari kami tentang cara memilih foundation yang bisa memutihkan wajah anda tanpa perlu membuat wajah anda terlihat pucat dan seperti topeng. Semoga bisa membantu anda ketika sedang memilih foundation khususnya jika anda masih pemula.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Cara