Sponsors Link

14 Cara Memutihkan Wajah Akibat Sinar Matahari Secara Alami

Sponsors Link

Wajah merupakan salah satu bagian yang paling penting bagi manusia, baik pria ataupun wanita. Karenanya tak diherankan jika banyak manusia atau bahkan hampir seluruh masyarakat di bumi menjalani perawatan dan menggunakan krim-krim kecantikan untuk memperindah wajah mereka. Tak jarang pula mereka menghabiskan biaya yang lumayan tinggi untuk sekali perawatan.

ads

Dengan melakukan berbagai hal itu, tentunya akan sangat mengganggu jika terkena matahari sebentar saja membuat wajah berubah warna seketika, apalagi belang-belang, dan parahnya kalau sampai memerah. Kan bikin gak pede. Apalagi mau ketemu doi, duh bisa-bisa jadwal ketemu mundur deh. Gak asyik banget kan?

Baca juga:

Nah, sekarang gak perlu khawatir nih readers. Saya punya solusi handal untuk masalah di atas, dan saya sudah membuktikannya langsung. Dengan pengaplikasian secara rutin, wajah tampak lebih cerah, bersinar, dan terlihat lebih muda dari sebelumnya. Berikut ini cara memutihkan wajah akibat sinar matahari dengan bahan alami maupun sunblock:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau yang lebih dikenal dengan Aloe Vera ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi manusia. Bahkan tanaman ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Dengan manfaat yang begitu banyak, tanaman ini banyak dikembangbiakkan dan bahkan dijadikan sebagai campuran kosmetik serta salep. Di Indonesia sendiri, tanaman ini juga sering digunakan sebagai obat dan campuran makanan. Khasiat dan manfaatnya untuk kecantikan sendiri yakni:

  • Penyembuh luka
  • Menghilangkan jerawat
  • Menghilangkan flek hitam
  • Kesehatan bulu mata
  • Menyuburkan alis
  • Perawatan kulit
  • Pembersih make up
  • Melembabkan

Setelah berada di bawah paparan sinar matahari seharian, pastinya wajah akan terasa panas. Jangan langsung cuci muka setelah seharian beraktivitas di luar rumah karena akan menimbulkan bekas hitam di wajah. Caranya ambil saja tanaman lidah buaya kemudian di cuci, belah menjadi dua bagian untuk mengambil gelnya lalu oleskan, diamkan hingga gel mengering atau selama 30 menit, bilas. Gel dari lidah buaya ini memberikan rasa dingin di wajah anda. Gunakan secara rutin, 2 kali sehari atau minimal sekali sehari untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Lidah Buaya.

2. Lemon

Buah lemon yang sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat minuman ini ternyata juga mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kecantikan. Salah satunya yakni mencerahkan dan menghilangkan jerawat. Caranya mudah, yakni dengan mengambil air perasan lemon dan memasukkannya ke dalam botol semprot lalu semprotkan ke wajah. Hanya saja hati-hati dalam penyemprotannya karena bahaya jika terkena mata. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Lemon.

Selain disemprotkan, buah ini juga bisa digunakan langsung tanpa harus memerasnya terlebih dahulu. Caranya yakni dengan mencuci lemon terlebih dahulu, potong tipis, dan langsung diaplikasikan ke wajah. Dengan penggunaan yang rutin, kulit wajah anda akan lebih putih dan terlihat lebih muda dari sebelumnya. Sebelum penggunaan, sangat dianjurkan untuk mencuci atau membersihkan wajah terlebih dahulu. Lemon dan lidah buaya juga sering digunakan untuk mengatasi kulit memerah atau terbakar karena paparan sinar matahari.

3. Putih Telur dan Lemon

Putih telur yang terkenal untuk mengencangkan kulit wajah dipadukan dengan lemon yang berguna untuk mencerahkan dan menghilangkan jerawat tentu akan memberikan hasil yang sangat memuaskan penggunanya. Toh kedua bahan ini juga mudah didapat dan tergolong murah. Caranya sisihkan putih dan kuning telur, karena yang akan digunakan hanya putih telurnya saja. Kuning telurnya silakan dimasak kalau mau hehe. Setelah putih telur diambil, campur dengan air perasan lemon dan sedikit air. Perasan lemon disini berguna untuk mencampur air dan putih telur. Selanjutnya semprotkan ke wajah. Sebelumnya harap cuci wajah terlebih dahulu. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Putih Telur.

Sponsors Link

4. Timun

Timun adalah antioksidan alami dan properti analgesik, penghilang rasa sakit. Caranya cukup dengan dinginkan timun, blender sampai hancur dan kental. Kemudian oleskan pada wajah atau bisa juga ke bagian tubuh yang terbakar atau perih. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Timun.

5. Bengkoang

Buah yang satu ini juga sangat bermanfaat bagi wajah, baik laki-laki maupun perempuan. Untuk mengurangi masalah kulit yang berubah warna, memerah ataupun terbakar, buah ini cukup diparut untuk dijadikan masker atau bisa juga membeli masker yang sudah jadi. Jika di parut sendiri akan menghasilkan rasa dingin yang pastinya dapat menyegarkan kulit, apalagi selepas berada di bawah paparan sinar matahari dalam waktu yang lama. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang.

6. Kantong Teh

Banyak yang tidak menyangka jika teh sangat berguna untuk kecantikan, terutama untuk menghilangkan perih akibat paparan sinar matahari. Caranya cukup dengan menyeduh teh dengan air panas dan biarkan sampai tehnya menghitam. Angkat kantung tehnya dan sisihkan sampai suhunya menghangat. Tempelkan pada bagian yang perih.

Dengan handuk, cukup celupkan handuk atau bola kapas ke dalam teh lalu tempelkan di daerah yang terbakar atau perih. Jangan digosok, cukup tempelkan saja. Setelahnya biarkan mengering agar tehnya terserap oleh kulit. Lakukan di malam hari dan tidak perlu dibilas, biarkan hingga pagi agar prosesnya terjadi saat kamu tidur.

Cara lainnya yakni dengan menyemprotkannya ke wajah. Dinginkan teh di kulkas, masukkan ke botol semprot dan semprotkan sesekali ke kulit yang terbakar atau wajah. Biarkan mengering. Dengan penggunaan yang rutin, wajah akan terlihat lebih cerah dari sebelumnya.

Selain itu kantung teh juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan mata yang gatal. Cukup ambil kantung teh yang telah selesai di seduh, tunggu hingga suhu menghangat lalu tempelkan ke bagian mata yang gatal. Lakukan 2x sehari untuk hasil yang lebih cepat. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Ampas Kopi.

Sponsors Link

 7. Vitamin E

Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengurangi iritasi dan mencerahkan kulit akibat paparan sinar matahari. Caranya ambil 1 kapsul vitamin E atau lebih sesuai kebutuhan area luka bakar di kulit. Sobek pil dengan bantuan jarum yang bersih dan peras keluar minyaknya. Oleskan minyak dari kapsul tadi pada bagian tubuh yang terluka dan biarkan meresap. Konsumsi juga kapsul vitamin E secara rutin untuk perawatan kulit.

8. Cegah dengan Sunblock

Pernah mendengar kalimat lebih baik mencegah dari pada mengobati? Nah sunblock ini bertugas untuk mencegah terjadinya kulit melepuh atau memerah karena paparan langsung dengan sinar matahari, apalagi untuk waktu yang lama. Selain dengan menggunakan sunblock atau tabir surya, sebaiknya gunakan juga pakaian panjang yang tidak menyerap panas, serta kacamata. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan matahari.

Gunakan sunblock dan cream wajah yang mengandung SPF 15 atau lebih tinggi untuk menghindarkan kulit dari paparan sinar matahari langsung. Ini berguna untuk mencegah perih, kulit memerah dan terbakar karena terkena paparan sinar matahari secara langsung. Namun jika kulit dalam keadaan perih atau melepuh, hindari penggunaan tabir surya untuk mempercepat penyembuhan karena kulit melepuh atau memerah butuh waktu untuk bernafas, sedangkan dengan menggunakan tabir surya malah akan menghambatnya. Untuk penggunaan sunblock sendiri ada yang disemprot atau dioleskan, lihat cara pemakaiannya sebelum menggunakan agar tidak sampai salah.

9. Lindungi Setelahnya

Setelah terbakar sinar matahari, sangat disarankan untuk melindungi kulit wajah dengan menggunakan makeup yang melindungi dari matahari atau yang mengandung SPF 15 atau lebih tinggi, pakai penutup kepala, kacamata hitam anti UV, dan tentunya hindari kontak langsung dengan sinar matahari bila bisa.

Baca juga:

ads

Beberapa Produk Sunblock

Berikut adalah produk-produk sunblock untuk wajah rekomendasi saya:

1. Wardah Sunscreen Gel

pilihan pertama yang saya rekomendasikan untuk sun block wajah adalah Wardah Sunscreen Gel. Sunblock kepunyaan Indonesia ini telah banyak digunakan oleh para wanita. Dengan harga yang hanya berkisar 29.000 rupiah saja anda sudah bisa membawa pulang Wardah Sunscreen Gel ini. Sunscreen ini juga mengandung SPF 30 yang bekerja dengan sangat bak untuk memberi perlindungan bagi kulit.

Wardah Sunscreen Gel juga berkomposisikan ekstrak lidah buaya dan vitamin E yang akan memberi nutrisi terhadap kulit sekaligus memberi efek kulit lembab dan sehat. Awal mula penggunaan produk ini akan terasa lengket, dan untuk menyiasatinya bisa digunakan 10 atau 20 menit sebelum beraktivitas.

2. Skin Aqua UV Moisture Milk

Banyak orang yang memilih merk sunblock terbaik dengan melihat kandungan serta kegunaannya. Menurut para pakar, tabir surya sangat bagus yang sangat bagus selan mengandung SPF yang tinggi juga terdapat bahan bernama Hyaluronic Acid (AcHA) di dalamnya. Nah, Skin Aqua UV Mosture Milk ini mengandung bahan tersebut.

Tidak hanya itu, Skin Aqua UV Mosture Milk ini juga mengandung kolagen. Skin Aqua UV Mosture Milk juga akan membantu kulit untuk mengeringkan beban yang ditanggung akibat sinar matahari dengan menjaga kelembaban, kelembutan, serta keelastisan kulit wajah. Produk yang dibanderol dengan harga 33.000 rupiah ini juga mengandung penutrisi kulit berupa B5 dan E. Baca juga: Masker Buah untuk Memutihkan Wajah.

3. Skin Food Tomato Wrinkle Sun Cream SPF 36

Bila selama ini anda belum menemukan produk sun cream  yang memproteksi kulit anda dengan baik, terutama apabila usia sudah memasuki kepala dua, sebaiknya anda melirik Skin Food Tomatto Sun Cream dengan SPF 36 ini. Merk ini aman bagi kulit anda. Walaupun tekstur pelembab, jika produk ini dipegang akan sedikit cair, jadi produk ini sangat cocok untuk kulit yang kering.

Sesuai dengan namanya, produk sun cream ini terbuat dari bahan alami berupa ekstrak buah tomat dengan tambahan antioksidan super yang melindungi kulit dari radikal bebas saat kulit terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang tergolong lama. Skin Food Tomato Wrinkle Sun Cream SPF 36 ini bisa didapat dengan mengeluarkan uang 97.000 rupiah.

4. Cethapil Suntivity Hydrating Lotion for Face

Cethapil tidak hanya mengeluarkan produk pembersih wajah, tapi juga Sunblock untuk wajah. Losion ini bekerja bekerja dengan baik untuk melindungi kulit sensitif dari efek burk siar ultraviolet dengan kandungan SPF 30 UVA dan UVB. Dilengkapi dengan Vitamin A, C, dan E yang memberi dampak positif tambahan bagi kulit. Produk ini juga bisa memperlambat terjadinya penuaan akibat sinar UV-A. Produk ini bisa didapat dengan mengeluarkan sekitar 210.000 rupiah. Baca juga: Pemutih Wajah di Apotik.

5. Swox Surf Sunscreen Face

Kemampuan memfilter radiasi UVA dan UVB dari sunscreen yang satu ini sangat efektif karena terkombinasi dengan seng oksida dan titanium dioksida yang didedikasikan untuk melindungi kulit dan mencegah kerusakan akibat radiasi sinar matahari. Meski Swox merupakan brand yang jarang didengar, tapi produk tabir surya kepunyaannya telah banyak dipakai oleh para wanita di seluruh dunia. Swox Surf Sunscreen Face ini dijual dengan harga 280.000 rupiah.

6. Kiehl’s

Krim pelembab harian dari Kiehl’s ini sangat ringan di kulit. Produk ini dilengkapi dengan formula khusus yang dapat mencegah proses terjadinya penuaan dini pada kulit. Dengan kadar SPF 50 PA+++ UVA, produk ini membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Selain itu, krim tabir surya seharga 450.000 rupiah ini juga bisa menciptakan kesan dewy pada kulit. Baca juga: Tips agar Wajah Putih.

Sunblock keluaran Kiehl’s ini juga mengandung MEX-or-il, vitamin E, dan Rose Gallica yang akan membantu melindungi wajah lebih lama, memberi nutrisi serta memberikan efek yang menenangkan. Pencegahan alami adalah cara yang terbaik dan aman. Jika mulai merasakan demam setelah terkena paparan sinar matahari sebaiknya segera pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi mengenai cara memutihkan wajah akibat sinar matahari. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips Cara