Sponsors Link

10 Cara Memutihkan Wajah Bayi Secara Alami dan Aman

Sponsors Link

Siapa sih yang tidak gemas melihat bayi? Pasti semua orang gemas melihat bayi, dengan segala tingkah laku menggemaskannya baik mulai dari mereka mulai belajar berbicara, makan, bermain, menangis, dan sebagainya. Sepertinya tidak ada habisnya ya kalau membicarakan mengenai bayi? Nah kali ini, kita tidak akan membicarakan tentang tahap perkembangan bayi baik motorik maupun bahasa namun lebih mengenai bagaimana kita merawat penampilan – lebih tepatnya kesehatan kulit bayi dengan baik.

ads

Seperti halnya orang dewasa, bayi pun juga sudah bisa melakukan perawatan wajah – alias mereka memang berhak dan wajib diperhatikan tentang kesehatan kulit wajahnya. Namun sayangnya banyak dari kita – yaitu orang tua belum menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan kulit bayi kita. Apa akibatnya jika kita tidak memperhatikan kesehatan anak – lebih tepatnya bayi yang satu ini?

Yup, jawabannya benar, tentu saja kulit wajah bayi akan menjadi kotor, kotoran menumpuk, kulit wajah menjadi hitam atau kusam, timbulnya ruam atau berbagai penyakit kulit lainnya, warna kulit yang kemerahan, ataupun kulit yang menimbulkan reaksi gatal-gatal. Ketika hal ini terjadi, bayi pun akan menjadi rewel karena tidak nyaman dengan keadaan ini. Kita sebagai orangtua pun pasti tidak tega melihat anak menderita karena keadaan yang satu ini bukan? Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

Yup, kulit anak – khususnya bayi adalah salah satu kulit tersensitif dan oleh sebab itu kita harus tahu betul apa yang cocok untuk bayi karena tentu saja kita ingin menjaga kesehatan kulit mereka. Untuk menjaga kesehatan kulit bayi pun berbagai cara bisa kita lakukan dan yang pasti aman dan tidak akan menimbulkan reaksi negatif apapun, termasuk iritasi. Nah daripada tambah penasaran, yuk kita simak cara memutihkan wajah bayi yang satu ini!

1. Tepung besan

Bukan rahasia lagi jika bahan alami yang satu ini sangatlah efektif untuk digunakan sebagai pemutih wajah kita. Namun siapa sangka jika bahan alami yang satu ini juga bisa dan aman digunakan pada kulit bayi? Membuat masker berbahan dasar tepung besan yang satu ini sangat mudah karena bahan yang kita butuhkan hanya susu, kunyit bubuk, serta tepung besan dengan perbandingan semua bahannya adalah 1:1.

Semua bahan yang sudah kita campur alias sudah membentuk masker ini bisa kita gunakan secara merata pada seluruh bagian wajah bayi yang pastinya akan kita oleskan pada mereka dengan perlahan dan lembut. Setelahnya, kita bisa mendiamkan masker ini selama 10 menit atau hingga kering secara alami sebelum kita membilasnya dengan air hangat hingga bersih. Adanya tambahan susu pada masker ini berfungsi untuk membunuh bakteri atau mencegah bersarangnya kotoran pada wajah yang dapat menyebabkan wajah bayi menjadi kusam ataupun gelap. Setelah perawatan ini selesai, kita bisa menggunakan minyak bayi supaya hasil yang kita dapat bisa lebih optimal.

Baca juga:

2. Jus buah

Cara memutihkan wajah bayi lainnya adalah dengan memberikan jus buah terhadap bayi – lebih tepatnya adalah kita memberikan jus anggur terhadap anak. Ekstrak buah sangatlah bermanfaat untuk anak, karena mampu membersihkan lapisan epidermis dengan maksimal, memperhalus kulit, serta meningkatkan warna kulit – alias memutihkan warna kulit bayi. Kita bukan saja hanya bisa memberikan jus anggur namun juga jus apel dan jus jeruk yang kandungannya hampir sama dengan buah anggur dan sama-sama aman untuk dikonsumsi bayi. Salah satu hal yang perlu kita ingat dalam menerapkan cara ini adalah hanya bisa dilakukan pada anak berusia di atas 3 bulan dan tidak disarankan untuk memberikan pada anak dengan usia lebih kecil karena yang mereka butuhkan adalah ASI ekslusif dari sang ibu.

Baca juga:

3. Masker wajah

Jangan dikira jika bayi tidak bisa melakukan perawatan wajah seperti orang dewasa, yaitu dengan menggunakan masker wajah. Masker wajah yang satu ini pastilah aman digunakan bayi dan bahan-bahannya terdiri dari 20 almond yang sudah direndam semalaman dengan susu maupun air, 2 sendok makan tepung besan, 2 sendok makan kunyit bubuk, dan beberapa sendok makan susu atau yogurt untuk mencampur semua bahan ini dengan rata.

Sponsors Link

Sisa dari masker ini bisa kita simpan lagi maksimal 5 hari setelah pemakaian yang pastinya juga disimpan pada tempat bersuhu ruangan. Masker ini bisa digunakan untuk wajah maupun tubuh dan masker ini bisa dioleskan secara lembut dan perlahan pada wajah anak agar kulit tidak sobek maupun terluka. Setelahnya, kita perlu mendiamkan masker ini selama 10-15 menit alias hingga mengering secara alami. Masker ini cocok untuk digunakan semua jenis kulit dan hasilnya akan terlihat dalam satu bulan apabila kita melakukannya dengan rutin.

4. Meminimalisir penggunaan sabun

Tidak bisa dipungkiri jika kita membutuhkan sabun untuk membersihkan tubuh kita, namun tidak semua sabun cocok untuk semua jenis kulit, seperti halnya pada bayi yang kulitnya sangatlah sensitif daripada kita yang sudah dewasa. Untuk meminimalisir hal ini untuk terjadi, kita bisa mengganti sabun dengan air bunga mawar yang dicapur glycerin di mana perpaduan kedua bahan ini memiliki fungsi yang sama dengan sabun. Fungsi lainnya dari perpaduan kedua bahan ini adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati, meregenerasi sel-sel kulit baru, dan menjauhkan warna kulit bayi dari kata kusam maupun hitam.

Baca juga:

5. Menggunakan pelembab

Pelembab adalah salah satu produk yang bisa kita berikan pada bayi untuk menjaga kulit tetap lembut, kenyal, dan sehat. Menggunakan pelembab secara rutin pada bayi akan meningkatkan dan memutihkan warna kulit mereka. Kita bisa memberikan pelembab pada anak sebanyak 3-4 kali sehari dan hal ini juga akan memenuhi kebutuhan nutrisi anak dalam sehari serta membuat warna kulit anak lebih cerah dan putih. Terjaganya kelembaban kulit bayi berarti menjauhkan mereka dari berbagai penyakit kulit, yang tentu saja berarti kesehatan kulit anak tetap terjaga bahkan meningkatkan kesehatan kulit mereka.

Sponsors Link

6. Melakukan massage

Siapa bilang kita tidak bisa melakukan massage untuk bayi? Melakukan massage pada bayi secara rutin berfungsi untuk meningkatkan warna kulit bayi alias memutihkan warna kulit, menjaga kenutrisian kulit bayi, serta menghaluskannya. Ketika kita melakukan massaging pada bayi, kita juga harus memperhatikan essential oil yang dipakai karena beberapa essential oil juga bisa menimbulkan reaksi negatif pada bayi alias bisa menimbulkan iritasi ataupun menyebabkan kulit bayi menjadi gatal. Essential oil yang aman untuk digunakan pada bayi adalah minyak almond ataupun minyak zaitun di mana kedua hal ini tidak akan menimbulkan reaksi negatif baik untuk penggunaan jangka lama maupun pendek.

Baca juga:

7. Berjemur sinar matahari

Bukan rahasia lagi mengingat seberapa pentingnya menjemur bayi kita di bawah sinar matahari. Mengapa hal ini penting untuk bayi kita? Bukankah paparan sinar matahari justru membuat kulit kita menjadi cepat gelap ataupun gosong? Justru sebaliknya, paparan sinar matahari justru sangat bermanfaat untuk bayi karena banyaknya vitamin D yang bisa mereka dapatkan – dan hal ini meningkatkan kesehatan kulit bayi serta tentu saja memutihkan warna kulit. Ada hal yang perlu kita perhatikan setelah menjemur bayi di bawah sinar matahari yaitu memandikannya sesaat setelah dijemur karena apabila kita tidak melakukan hal ini yang terjadi justru kulit bayi akan menjadi gelap ataupun menghitam dan kotoran pun akan menumpuk pada kulit mereka.

ads

8. Baby scrub

Bukan hanya massaging, kita juga bisa melakukan scrubbing pada bayi yang pastinya menggunakan berbagai bahan alami dan aman untuk kesehatan kulit mereka. Berbagai bahan yang kita perlukan untuk membuat scrub ini antara lain adalah tepung besan, air bunga mawar, susu, serta baby oil dan semua bahan ini akan kita campur hingga rata hingga siap kita gunakan untuk memulai perawatan pada bayi kita. Scrub yang satu ini sangatlah efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan warna kulit, serta tentu saja memutihkan warna kulit bayi kita. dalam menggunakan scrub ini kepada bayi kita, kita juga perlu ekstra hati-hati ketika mengoleskannya alias jangan terlalu kasar karena hal ini bisa berujung pada kulit mereka yang sobek ataupun menimbulkan iritasi. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Baca juga:

9. Tissue basah

Tidak dapat dipungkiri jika memandikan anak atau melakukan scrubbing secara terus menerus pada anak akan berdampak buruk alias menyebabkan timbulnya ruam, kulit menjadi kering, ataupun muncul berbagai permasalahan kulit lainnya. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? Untuk menghindari hal ini terjadi, kita bisa mencoba cara lainnya, yang tentu saja sebagai cara memutihkan wajah bayi juga yaitu dengan menggunakan tissue basah.

Tissue basah yang digunakan pada bayi pun juga bukan sembarangan karena seperti yang kita tahu jika kulit bayi lebih sensitif 10 kali daripada kulit orang dewasa. Ada baiknya kita menggunakan tissue yang mengandung glycerin serta susu yang tinggi di dalamnya karena kedua bahan ini sangatlah aman untuk digunakan pada kulit bayi dan tidak menimbulkan dampak apapun baik kita ingin menggunakannya dalam jangka panjang maupun pendek.

10. Memenuhi kebutuhan air anak

Apa jadinya bila kita tidak minum dalam sehari? Apa jadinya pula jika bayi yang mengalami hal ini – alias mereka tidak mendapatkan cukup minum dalam sehari? Yup, pastinya hal ini akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan bayi, khususnya terhadap kesehatan kulit mereka. Bukan suatu hal yang biasa apabila kulit bayi menjadi kering atau justru menjadi hitam karena kekurangan kebutuhan penting yang satu ini. Lebih lanjut, bayi akan menjadi sakit dan tentu saja mereka akan menjadi rewel serta mengganggu kegiatan mereka.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini? Yup, cara terakhir untuk memutihkan kulit wajah bayi adalah dengan memenuhi kebutuhan air mereka – dan hal ini akan lebih baik jika kita bisa memenuhi lebih dari standar yang bayi butuhkan dalam sehari. Semakin banyak air yang dikonsumsi bayi dalam sehari berfungsi untuk menjaga kelembaban tubuh mereka dan secara keseluruhan menjauhkan anak dari berbagai penyakit – terutama penyakit kulit. Terpenuhinya kebutuhan air ini juga bermanfaat untuk memutihkan dan mencerahkan warna kulit bayi.

Baca juga:

Nah itu tadi adalah beberapa cara memutihkan wajah bayi yang bisa kita lakukan. Pastinya sudah tidak bingung lagi kan mencari solusi yang tepat untuk memutihkan wajah bayi kita? dan jangan lupa yang terpenting adalah untuk memberikan kasih sayang yang cukup terhadap bayi karena mereka adalah mahluk hidup yang sangat membutuhkan kasih sayang pada usia mereka.

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips Cara