Sponsors Link

25 Cara Memutihkan Wajah Belang dengan Cepat dan Ampuh

Sponsors Link

Kulit belang tidak dapat dipungkiri menyebabkan turunnya rasa percaya diri. Selain itu, kulit belang bukan saja hanya bisa terjadi di wajah namun juga di tangan. Apabila di tangan atau bagian tubuh lainnya, kita bisa menutupinya dengan kaus lengan panjang ataupun celana panjang. Tapi, apa jadinya jika kulit belang ini terjadi pada wajah? Apa yang bisa menutupi permasalahan yang satu ini? Apa pemakaian make up dapat mengatasinya?

ads

Baca juga:

Kulit belang ini juga cenderung menyebabkan permasalahan kulit lainnya, seperti bekas luka, bekas pigmentasi, atau justru memicu timbulnya jerawat. Memang kita bisa menutupi warna kulit yang belang dengan make up, tapi seperti yang kita tahu ketika kulit terlalu ketika kulit dalam keadaan “tidak sehat”, terlalu terpapar bahan kimia pun juga memperparah kondisi tersebut. Bukan hanya itu saja, kulit yang terus terpapar bahan kimia juga tidak baik untuk kesehatan kulit wajah kita bukan?

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk menangani permasalahan kulit belang ini? Sebelum kita membahas bagaimana cara memutihkan wajah belang, ada baiknya kita tahu apa saja sih yang sebenarnya menyebabkan kulit belang ini sehingga kita dapat mencegah permasalahan ini menghantui penampilan kulit kita. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Nah berikut adalah beberapa penyebab kulit belang:

1. Terlalu sering mengeksfoliasi kulit

Eksfoliasi wajah merupakan salah satu perawatan yang dibutuhkan agar wajah dapat bersih secara maksimal dan sel-sel kulit mati dapat terangkat hingga sempurna sehingga kotoran tidak akan menumpuk pada kulit wajah. Sebaliknya, apabila kita terlalu sering melakukan eksfoliasi (menggunakan scrub), justru akan menyebabkan kulit belang dan teriritasi. Eksfoliasi pun hanya perlu dilakukan beberapa kali seminggu dan sebaiknya pilih bahan yang mengandung gula sehingga bahan tersebut tidak terlalu kasar untuk kulit kita.

2. Menggunakan sabun cuci muka yang keliru

Tidak jarang juga kita menggunakan sabun cuci muka untuk membersihkan kulit wajah secara maksimal. Sebaliknya, apabila kita menggunakan sabun muka yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah ataupun jenis kandungannya yang terlalu keras, maka sabun tersebut justru dapat menyebabkan kulit teriritasi, kering, ataupun belang. Untuk itulah kita sebaiknya memperhatikan kandungan yang ada pada sabun dengan baik, seperti pH sabun yang netral, mampu melembabkan, adanya pembersih untuk mengoptimalkan penggunaan sabun, dan lain-lain. Baca juga: Sabun Pemutih Wajah.

3. Menggunakan kosmetik yang mengandung parfum

Kosmetik yang mengandung parfum (sekalipun itu lembut) sangatlah menarik perhatian para konsumen. Namun tahukah kalian jika parfum yang terdapat pada kosmetik ini justru bisa atau cenderung terlalu keras pada kulit kita dan menyebabkan kulit menjadi teriritasi? Sebaliknya, kita bisa mencegah hal ini terjadi dengan menggunakan kosmetik yang tidak mengandung parfum sama sekali yang disertai dengan menggunakan pelembab secara rutin sehingga kelembaban kulit tetap terjaga sepanjang hari.

4. Mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih terbuka dan  sehingga peredaran darah menjadi lebih cepat dan membuat warna kulit kita menjadi berbeda. Bukan hanya alkohol saja yang bisa menyebabkan ini terjadi, namun juga makanan pedas, kafein, ataupun berbagai jenis jeruk. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Alkohol.

5. Melupakan penggunaan tabir surya

Tidak menggunakan tabir surya pada wajah meningkatkan risiko penuaan dini sebanyak 90%. Fakta yang cukup mencengangkan bukan? Selain itu, tidak menggunakan tabir surya juga cenderung menyebabkan timbulnya noda hitam dan kulit yang menjadi kasar. Untuk menangani hal ini, kita bisa menggunakan tabir surya dengan kadar SPF minimal 30 atau lebih tinggi, atau bisa juga menggunakan kaca mata hitam dan topi sebagai perlindungan ekstra. Kita juga bisa menggunakan serum pada pagi hari atau menggunakan krim malam sebagai cara untuk mengurangi dampak dari terpapar sinar UV terus menerus. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Akibat Sinar Matahari.

6. Kondisi cuaca yang ekstrim

Kondisi cuaca yang ekstrim, baik terlalu dingin maupun panas tidak baik untuk kesehatan kulit wajah kita. Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya dan berujung pada kulit kering serta warna kulit yang menjadi belang. Alasan ini juga sama terlebih ketika kita terpapar sinar UV terus menerus. Untuk mencegah hal ini dan tetap menjaga kelembaban kulit, solusinya adalah kita bisa menggunakan pelembab secara rutin.

7. Perubahan hormon

Perubahan hormon memicu kulit kita menjadi belang, seperti halnya yang kita alami pada waktu kehamilan dan momen ini juga sering dikenal dengan melasma; yang disertai dengan munculnya noda hitam pada wajah. Ketika hal ini terjadi, kita bisa berkonsultasi dengan ahlinya atau dokter kulit untuk mencegah kondisi kulit menjadi lebih buruk.

Sponsors Link

Baca juga:

8. Faktor lainnya

Selain faktor-faktor spesifik yang sudah disebutkan di atas, kulit belang juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lainnya seperti kondisi lingkungan, stres, ataupun karena penggunaaan obat-obatan atau kosmetik tertentu.

Cara Memutihkan Wajah Belang

Nah itu tadi adalah beberapa faktor penyebab warna kulit menjadi belang. Pada kesempatan kali ini, kita tidak hanya membahas penyebab kulit belang pada wajah, namun juga cara memutihkan kulit wajah yang belang secara alami. Bahan-bahan alami sendiri bermacam-macam, mulai dari buah-buahan, sayuran, ataupun bumbu dapur. Lalu, bahan alami apa yang bisa kita gunakan untuk menangani permasalahan yang satu ini ya? Pasti sudah penasaran kan? Check it out!

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami terbaik untuk mengatasi kulit belang, apalagi yang disebabkan terpapar sinar UV terus menerus. Lidah buaya juga memiliki fungsi anti-peradangan sehingga dapat menyembuhkan kulit yang memerah ataupun teriritasi. Selain itu, lidah buaya juga memiliki efek melembabkan sehingga kelembaban kulit tetap terjaga, dapat menghaluskan kulit, membuat warna kulit semakin putih, serta tentu saja menjaga kesehatan kulit.

Menggunakan lidah buaya sebagai perawatan ini pun sangat mudah, yaitu dengan mengambil gel lidah buaya secukupnya dan menggunakannya pada bagian kulit yang belang. Setelah gel ini dioleskan secara merata, maka kita perlu mendiamkannya selama 20-30 menit hingga mengering dan setelahnya kita bisa membilas wajah hingga kembali bersih. Perawatan ini bisa dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Lidah Buaya

2. Oatmeal

Seperti yang kita tahu pada masker oatmeal adalah salah satu bahan alami yang berfungsi untuk melembabkan kulit kering. Selain itu, adanya peran anti-peradangan dan anti-oksidan pada oatmeal berfungsi untuk menyembuhkan kulit yang kemerahan atau gatal. Bahan yang kita butuhkan untuk perawatan ini adalah 2 sendok teh oatmeal, 2-3 sendok air hangat, serta ⅟2 sendok teh madu yang semua bahan ini akan kita campur hingga merata. Setelah masker ini siap, maka kita bisa menggunakannya pada bagian kulit wajah yang belang dan mendiamkannya selama sekitar 5 menit atau hingga kering sebelum dibilas dengan air hangat. Perawatan ini dapat kita lakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

3. Minyak kelapa

Tingginya kandungan fatty acids pada minyak kelapa berfungsi sebagai pelembab yang efektif untuk kulit dan juga menutrisi kulit secara maksimal. Bukan hanya itu saja, peran anti-bacterial dan anti-peradangan pada minyak kelapa berfungsi untuk mengatasi kulit yang kemerahan atau teriritasi. Menggunakan minyak kelapa untuk perawatan yang satu ini pun sangat mudah, yaitu mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang belang dan memijat-mijatnya selama 5-10 menit lalu mendiamkannya sebentar sehingga kandungan pada minyak kelapa dapat terserap dengan maksimal oleh kulit. Kita bisa melakukan perawatan yang satu ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

4. Yogurt

Seperti pada cara memutihkan wajah dengan yogurt, yogurt merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk mengatasi kulit belang, apalagi yang disebabkan oleh terpapar sinar UV. Selain itu, yogurt juga berfungsi untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya penuaan dini pada wajah. Yogurt juga memiliki kandungan lactic acid yang tinggi dan berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sehingga kotoran tidak menempel pada kulit wajah dan menyebabkan warna kulit wajah menjadi belang.

Untuk menggunakan yogurt sebagai cara memutihkan wajah belang, bahan yang kita butuhkan adalah 1 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan kunyit bubuk dan kedua bahan alami ini akan kita campur hingga merata. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya pada bagian wajah yang belang dan menunggunya hingga kering selama 20-30 menit sebelum kita membilasnya dengan air hangat hingga bersih. Masker ini bisa kita gunakan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

Sponsors Link

5. Teh hijau

Bukan saja hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, teh hijau juga kaya manfaat untuk menjaga kecantikan kulit tubuh; khususnya untuk menangani permasalahan kulit yang belang. Teh hijau memiliki peran anti-oksidan dan anti-peradangan sehingga efektif untuk menyembuhkan kulit kita yang teriritasi atau belang.

Menggunakan teh hijau sebagai perawatan pun sangat mudah, yaitu pertama-tama kita perlu menyeduh teh hijau dan mencampurkannya dengan tepung beras hingga rata dan mengental sehingga kita bisa menggunakannya untuk masker. Masker yang sudah siap dapat kita gunakan pada bagian wajah yang belang dan kita perlu mendiamkannya selama kurang lebih 20-30 menit hingga kering dan setelahnya bisa kita bilas hingga bersih. Kita bisa melakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Ampas Teh

6. Baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk digunakan sebagai eksfoliasi kulit atau digunakan sebagai scrub. Baking soda juga berfungsi untuk membersihkan pori-pori secara optimal sehingga pori-pori tidak akan tersumbat dan warna kulit kita akan meningkat. Dan terakhir, baking soda juga dapat bekerja dengan baik untuk menghaluskan kulit dan menyembuhkan kulit yang terinfeksi. Kita bisa mengetahui manfaat lebih lanjut dari baking soda pada cara memutihkan wajah dengan baking soda.

Bahan yang kita butuhkan untuk membuat masker ini adalah 2-3 sendok teh baking soda dan sedikit air yang kita campur hingga merata. Masker yang sudah siap ini dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan perlu kita diamkan beberapa saat hingga mengering sebelum membilasnya dengan air hangat hingga bersih. Perawatan ini dapat kita lakukan rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mengembalikan warna kulit yang belang. Masker in sebaiknya tidak digunakan pada tipe kulit kering dan sensitif.

7. Vitamin E

Vitamin E juga berfungsi untuk mengatasi warna kulit yang belang dan beberapa noda lainnya pada kulit wajah. Vitamin E juga kaya akan anti-oksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari bahaya paparan sinar UV. Manfaat lainnya yang kita dapat dari vitamin E adalah kelembaban kulit yang tetap terjaga sehingga mampu menyembuhkan kulit yang kering serta mengembalikan warna kulit yang belang.

Menggunakan vitamin E sebagai perawatan wajah pun sangat mudah, yaitu kita hanya perlu mengoleskannya pada bagian kulit wajah yang belang dan memijat-mijatnya selama 10-15 menit sebanyak 2 kali sehari. Kita bisa melakukan perawatan ini selama beberapa minggu sampai kita mendapatkan hasil seperti yang kita mau. Baca juga: Suplemen Pemutih Wajah.

8. Air bunga mawar

Bahan alami yang satu ini berfungsi untuk mengembalikan warna kulit yang belang, menghaluskan tekstur kulit, serta mengurangi kemerahan atau iritasi pada kulit karena tingginya anti-oksidan di dalamnya. Air bunga mawar ini juga efektif untuk meningkatkan warna kulit dan meregenerasi sel-sel kulit mati sehingga kesehatan kulit selalu tetap terjaga.

Menggunakan air bunga mawar sebagai perawatan pun sangat mudah, yaitu kita hanya perlu mengoleskan air bunga mawar ini pada bagian wajah yang belang dengan bantuan kapas. Setelahnya, kita perlu mendiamkannya selama 15-20 menit hingga mengering sebelum kita membilasnya dengan air hingga bersih. Perawatan ini bisa kita lakukan sebanyak satu kali dalam seminggu. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Air Mawar.

9. Madu

Seperti yang kita ketahui pada cara memutihkan wajah dengan madu, madu merupakan salah satu bahan alami yang berperan sebagai pelembab alami yang juga kaya akan anti-oksidan dan berfungsi untuk melembutkan kulit dan menyembuhkan sel-sel kuli yang rusak ataupun mengembalikan warna kulit yang belang. Madu juga memiliki ekstra vitamin dan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Cara menggunakan madu sebagai perawatan ini sangat mudah, yaitu mengoleskan madu secukupnya pada daerah yang terinfeksi atau bagian wajah yang belang kemudian perlu kita diamkan selama 10 menit atau hingga madu mengering dengan sendirinya. Kita bisa melakukan perawatan ini sebanyak satu kali dalam seminggu.

ads

10. Timun

Efek menyegarkan dan mendinginkan pada timun sangatlah bermanfaat untuk menyembuhkan kulit yang belang serta kering dan tak lupa juga untuk mengontrol produksi melanin. Timun juga memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi dan berfungsi untuk mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, tingginya kandungan vitamin C pada timun berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan memperbarui sel-sel kulit yang mati. Dan terakhir, adanya kandungan panthulenic pada timun berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembab.

Memanfaatkan timun sebagai cara memutihkan wajah belang sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan jus timun dengan beberapa sendok jus lemon hingga rata dan menggunakannya pada bagian wajah yang terinfeksi. Setelahnya, kita perlu mendiamkan masker ini selama 20-30 menit hingga kering sebelum membilasnya dengan air dingin. Kita bisa menggunakan perawatan ini secara rutin setidaknya satu kali dalam sehari. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Timun.

11. Lemon

Tingginya kandungan natural-acids pada lemon berfungsi sebagai pemutih alami dan mampu memutihkan warna kulit wajah secara bertahap dan meningkatkan warna kulit. Kali ini, lemon juga akan kita dengan bahan alami lainnya yaitu madu dan berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit secara maksimal. Bahan yang kita butuhkan untuk membuat masker ini adalah 2 sendok makan jus lemon, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan minyak zaitun dan semua bahan ini akan kita campur hingga merata.

Masker yang sudah siap dapat kita gunakan pada bagian wajah kita yang terinfeksi dan kita perlu mendiamkannya selama kurang lebih 30 menit alias hingga mengering sebelum kita bilas dengan air hangat hingga bersih. Kita bisa melakukan perawatan ini secara rutin selama 1 bulan hingga kita mendapat hasil yang maksimal. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Lemon.

12. Pisang

Pisang sebagai bahan dasar masker ini cocok untuk digunakan pada tipe kulit kering atau normal. Pada masker ini, bukan hanya pisang saja bahan yang kita butuhkan namun juga beberapa bahan alami lainnya seperti ⅟2 sendok makan minyak almond, 1 kuning telur, serta ⅟2 sendok makan jus lemon dan semua bahan ini akan kita campur hingga rata. Setelahnya, kita bisa menggunakan masker ini pada bagian wajah yang belang dan kira perlu mendiamkannya selama 20-30 menit atau hingga masker mengering secara alami. Kita bisa melakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Pisang.

13. Teh chamomile

Teh chamomile memiliki peran anti-peradangan, dan hal inilah yang membuat teh ini efektif untuk menghaluskan dan menutrisi kulit secara optimal. Untuk menggunakannya, pertama-tama kita perlu menyeduh teh chamomile dan menggunakannya pada bagian wajah yang terinfeksi. Sebelum dibilas, kita perlu menunggu seduhan teh ini hingga mengering selama kurang lebih 10-15 menit. Kita bisa melakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

14. Essential oil

Essential oil adalah salah satu bahan alami yang kaya akan anti-oksidan sehingga mampu meregenerasi sel kulit dengan optimal. Jenis essential oil yang dimaksud di sini pun bermacam-macam, mulai dari kayu cendana, geranium, lavender, chamomile, dan lain-lain. bahan-bahan yang kita butuhkan untuk perawatan ini adalah 1-2 tetes carrot seed oil, 2-4 tetes lavender oil, dan 1-2 tetes rose oil dan semua bahan ini akan kita campur hingga rata dan kita bisa menggunakannya pada bagian kulit wajah yang belang. Kita bisa menggunakan perawatan ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

15. Kentang

Seperti yang kita tahu pada cara memutihkan wajah dengan kentang, kentang merupakan salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengatasi kulit belang serta pigmentasi kulit dengan cepat. Kentang memiliki kandungan catecholase yang tinggi dan berfungsi untuk memutihkan warna kulit. Menggunakan kentang sebagai perawatan kulit wajah belang ini pun sangat mudah, yaitu mencampurkan parutan kentang dengan beberapa sendok jus lemon hingga rata. Masker yang sudah siap ini pun dapat kita gunakan pada bagian wajah yang belang dan perlu kita diamkan beberapa saat hingga kering sebelum dibilas hingga bersih. Perawatan ini dapat kita lakukan dengan rutin sebanyak satu kali dalam sehari.

16. Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah, lebih tepatnya dalam mengatasi kulit belang dan tentu saja untuk membuat warna kulit wajah kita semakin putih. Kita perlu memadukan cuka apel dengan madu untuk mencegah pori-pori tesumbat, menyamarkan pigmentasi kulit, serta menyeimbangkan pH kulit. Caranya pun sangat mudah, yaitu mencampurkan beberapa tetes cuka apel dan beberapa sendok madu hingga rata dan menggunakannya pada bagian kulit wajah yang belang. Kita bisa melakukan perawatan ini secara rutin hingga kita mendapatkan hasil yang kita inginkan. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Cuka Apel

17. Kayu cendana

Bukan suatu rahasia lagi jika kayu cendana merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk digunakan sebagai perawatan wajah dan mengatasi kulit yang belang. Kita akan memadukan kayu cendana bubuk dengan jus timun dan tomat hingga rata dan menggunakannya sebagai masker pada bagian kulit wajah yang belang. Masker ini jiga berfungsi untuk mencegah timbulnya permasalahan kulit lainnya, pigmentasi, noda hitam atau pun memicu timbulnya jerawat.

Baca juga:

Nah itu tadi adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memutihkan kulit wajah yang belang. Sangat praktis untuk dilakukan bukan? Sekarang pun tidak ada alasan untuk bermalas-malasan melakukan perawatan wajah karena yang perlu kita lakukan sangatlah mudah bukan? So, what are you waiting for? Start the beauty from yourself.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Cara