Sponsors Link

11 Cara Memutihkan Wajah dengan Air Beras dan Tepung Beras

Sponsors Link

Beras adalah salah satu bahan pokok yang wajib dipenuhi bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya bisa mengenyangkan, beras juga mempunyai manfaat untuk kecantikan lewat air bekas cuciannya. Air beras ini bisa digunakan sebagai masker untuk berbagai masalah wajah anda, seperti jerawat, flek hitam, dan kekencangan kulit yang mulai mengendur. Yang dikira hanya air biasa yang harus dibuang, ternyata terdapat berbagai manfaat yang sangat membantu untuk mempercantik wajah.

ads

Cara ini sudah digunakan sejak jaman dahulu dan tak sedikit yang menggunakannya pada zaman sekarang ini. Perawatan ini juga sering dilakukan oleh putri-putri raja terdahulu untuk membuat kulit mereka halus dan putih bersih, tak heran walaupun putri-putri kerajaan zaman dulu mereka cantik-cantik dan kulitnya pun putih berseri.

Namun sekarang ini masyarakat lebih cenderung memilih untuk menggunakan produk kecantikan buatan pabrik dan alat-alat kecantikan canggih seperti laser pemutih wajah, ataupun perawatan-perawatan lainnya yang mengandung bahan kimia. Bahkan tak jarang bahan kimia yang digunakan merupakan bahan kimia yang berbahaya untuk kulit.

Baca juga:

Jika air beras ini digunakan oleh putri-putri kerajaan sejak zaman dulu, ini menunjukkan bahwa air beras sangat bermanfaat untuk kecantikan dan terjamin kealamian serta keamanannya. Yang paling penting, penggunaan air beras untuk kecantikan ini tidak menimbulkan efek samping walaupun digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu cara ini juga tidak memerlukan biaya yang mahal dan waktu yang lama untuk perawatannya.

Kandungan Air Beras

Air beras ini memiliki beberapa macam kandungan yang sangat bermanfaat, yakni:

  • 80% Vitamin B1
  • 70% Vitamin B3
  • 90% Vitamin B6
  • 50% Mangan
  • 60% Zat besi
  • 100% Serat
  • Asam lemak esensial

Sebagaimana yang diketahui bahwa B3 sangat berguna untuk menambah kelembaban dan mengurangi kemerahan pada kulit. Sedangkan Vitamin B6 berguna untuk memaksimalkan proses regenerasi sel kulit sehingga bermanfaat untuk regenerasi kulit.

Selain kandungan di atas, air beras juga mengandung Gamma Oryzanol yang merupakan kelompok dari vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kesehatan  dan kecantikan kulit, seperti:

  • Melindungi kerusakan DNA sel kulit.
  • Meningkatkan regenerasi sel kulit.
  • Mencegah kerusakan serat kolagen dan elastin sehingga dapat mengurangi keriput pada kulit.
  • Antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas seperti radiasi sinar ultraviolet.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Ampas Teh

Sedangkan manfaat dari air beras secara keseluruhan yakni:

  • Memutihkan dan mencerahkan kulit
  • Mengecilkan pori-pori kulit
  • Memudarkan warna gelap akibat paparan sinar matahari
  • Menyembuhkan jerawat dan komedo
  • Memudarkan noda jerawat
  • Mengencangkan dan mengurangi keriput pada kulit wajah
Sponsors Link

Cara Membuat Masker dari Air Beras

Pembuatan masker dari air beras ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Berikut cara memutihkan wajah dengan air beras:

  1. Pertama-tama siapkan beras di dalam wadah.
  2. Rendam beras dengan air, aduk-aduk sampai air berubah menjadi putih kental seperti susu. Ada yang menggunakan air cucian beras yang pertama kali dan ada juga yang kedua kalinya. Terserah anda dalam memilih.
  3. Pisahkan air dan beras, diamkan hingga terdapat endapan di bawah air.
  4. Ambil endapan untuk dijadikan masker wajah dan diamkan hingga kering.
  5. Bilas dengan air sampai bersih.
  6. Jika perawatan dilakukan secara rutin, dalam waktu seminggu wajah akan menampilkan hasilnya. Wajah menjadi lebih putih, bersih, dan bercahaya.

Masker air beras juga bisa dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya seperti kunyit, madu, minyak zaitun, air perasan lemon, dan susu.

Baca juga:

Cara Membuat Masker dari Tepung Beras

Nah selain masker air beras di atas, ada juga masker alami lainnya yang sering digunakan masyarakat untuk perawatan. Masker tepung beras, begitu orang menyebutnya. Seperti namanya, masker ini tentunya terbuat dari tepung beras. Hasilnya juga sama dengan menggunakan masker air beras. Hanya saja masker ini terbuat dari tepung beras langsung.

Baca juga: Tips Awet Muda dan CantikTips agar Wajah Putih.

Selain tepung beras, ada bahan-bahan lainnya yang harus dicampurkan untuk membuat masker ini, seperti kunyit, madu, air perasan lemon, tomat, minyak zaitun, susu, dan yang lainnya yang bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah anda. Masker tepung beras ini juga sangat populer di kalangan masyarakat untuk mempercantik dan memperhalus wajah, mencerahkan, mengeringkan sekaligus menghilangkan jerawat dan noda hitam bekas jerawat.

Masker beras ini juga ada yang dijual dalam bentuk jadi, tapi kalau saya sih lebih suka bikin sendiri. Cara membuatnya pun tergolong sangat mudah, bahannya pun murah dan mudah dijumpai di pasaran. Nah, saya kasih tahu nih cara membuat masker beras ini:

1. Masker Beras dan Madu

Madu merupakan bahan alami yang mudah dijumpai dan mempunyai banyak manfaat, baik untuk kesehatan ataupun kecantikan, salah satunya yakni melembabkan dan mempercepat proses pengelupasan kulit yang berarti akan membantu proses peremajaan kulit wajah anda. Cara membuat masker ini yakni dengan mencampurkan tepung beras yang sudah sedikit basah dengan madu yang kemudian diaduk rata, selesai, dan aplikasikan ke wajah. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Madu.

ads

2. Masker Beras dan Kunyit

Tanpa dicampur dengan tepung beras, sebenarnya kunyit sudah bisa dijadikan masker untuk wajah dan badan. Anda hanya perlu memarutnya lalu diberikan air sedikit untuk mengambil sarinya, peras dan aplikasikan ke wajah anda. Fungsi kunyit ini yakni memberi warna kuning langsat pada kulit anda. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Kunyit.

Dengan mencampurkan tepung beras dan kunyit, maka kulit anda akan lebih cepat cerah tentunya. Caranya mudah yakni hanya perlu mencampurkan tepung beras dengan air perasan kunyit, lalu aplikasikan ke wajah dan anggota badan yang diinginkan, seperti tangan, leher, ataupun kaki. Tunggu masker kering atau sekitar 10-30 menit untuk selanjutnya dilakukan pembilasan. Hasil yang diberikan pun bisa langsung dilihat setelahnya.

3. Masker Beras dan Tomat

Tomat sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo serta jerawat. Walaupun sering digunakan untuk masker langsung, tomat juga bisa dicampur dengan tepung beras untuk dijadikan masker wajah. Caranya yakni dengan mencampur tomat dengan tepung beras, gosok bagian atas hidung untuk mengangkat sel kulit mati, selanjutnya bilas hingga bersih. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Tomat.

4. Masker Beras, Madu dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang terkenal akan manfaat dan kegunaannya. Apalagi jika dicampur dengan madu, manfaatnya akan berlipat ganda. Banyak pula produk kecantikan seperti facial foam, lotion, atau produk kecantikan lainnya yang menggunakan minyak ini sebagai bahan utama maupun sebagai bahan campuran produk. Manfaat dari minyak zaitun untuk kulit yakni melembabkan serta meremajakan kulit. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Minyak Zaitun.

Cara membuat masker beras dengan campuran minyak zaitun dan madu ini sangatlah mudah, yakni dengan mencampurkan tepung beras, madu dan minyak zaitun hingga membentuk adonan pasta. Setelahnya bisa langsung diaplikasikan secara merata pada wajah, namun hindari daerah sekitaran mata dan bibir. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Keringkan wajah dengan handuk halus dengan cara menepuk-nepukkan ke wajah dan jangan digosok. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

5. Masker Beras, Cuka Apel dan Susu

Cara membuatnya dengan mencampurkan tepung beras yang sudah dituang di mangkuk kecil dengan 2 tetes cuka sari apel dan 4-5 tetes susu. Campurkan ketiganya hingga berbentuk adonan pasta. Selanjutnya aplikasikan ke wajah dan leher sambil digosok pelan selama 1-2 menit dan biarkan mengering. Setelahnya bilas dengan air dingin untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Cuka ApelCara Memutihkan Wajah Dengan Susu.

Nah, setelah tau manfaat dari air beras dan kawan-kawannya di atas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat wajah dengan cara-cara yang disampaikan di atas, yakni:

  • Usahakan cara pembuatan se-higienis mungkin untuk menghindari bakteri-bakteri jahat masuk ke dalam bahan yang bisa memberi akibat buruk untuk kulit.
  • Selama proses pembuatan, sebisa mungkin hindarkan dari anak-anak agar tidak terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan, seperti merusak karya atau bahkan sampai memasukkan batu dan tanah ke dalamnya.
  • Sebaiknya buat masker kering agar bisa digunakan untuk waktu yang lama.
  • Jika masker yang dibuat tergolong masker yang basah, usahakan hanya untuk 1 atau 2 kali pakai saja.
  • Mencampurkan bahan-bahan alami lain yang bermanfaat bagi kulit juga tidak dipermasalahkan selama tidak teradi iritasi.
  • Jangan memencet atau memecah jerawat, cukup gunakan masker di atas agar jerawat cepat kering dan tidak berbekas.

Masker buatan yang kering sebaiknya disimpan di dalam stoples tertutup agar tidak terkena udara luar. Demikian artikel tentang cara memutihkan wajah dengan air beras ini. Semoga artikel tentang cara memutihkan wajah dengan air beras ini dapat berguna untuk para pembaca semua. Jika ada saran atau masukan, kami sangat senang menerimanya. Terimakasih sudah membaca.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Cara