Sponsors Link

8 Cara Memutihkan Wajah dengan Alpukat Secara Aman

Sponsors Link

Siapa tak kenal alpukat, buah hijau dengan rasa yang enak juga kaya akan manfaat bagi kesehatan bahkan kecantikan. Dengan memanfaatkan kandungan dari buah ini, kita bisa merasakan banyak khasiat positif termasuk untuk menyehatkan dan memutihkan kulit wajah.

ads

Dalam satu buah alpukat yang biasanya memiliki berat sekitar 50 gram, mengandung 80 kalori, 8 gram lemak, 4 gram karbohidrat dan sekitar 1 gram protein. Selain itu masih banyak kandungan lainnya seperti:

  • Vitamin A yang tak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata, tapi juga membersihkan dan melancarkan peredaran darah.
  • Vitamin E, vitamin yang sering terkandung dalam produk kecantikan karena memiliki efek sebagai antioksidan yang juga melembabkan kulit.
  • Kemudian vitamin B, si penjaga kesehatan kulit dan membantu pertumbuhan produksi hormon yang juga turut andil dalam pembentukan jerawat dan mempengaruhi kondisi tubuh.
  • Berlanjut ke kandungan lainnya yakni vitamin C sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.
  • Alpukat juga mengandung vitamin K dengan berbagai manfaatnya seperti menghilangkan kantung mata, menghaluskan kulit dan menghilangkan bekas luka.

Setelah memahami kandungan yang terdapat dalam sebuah alpukat, kita bisa langsung mengaplikasikannya untuk memutihkan dan menyehatkan kulit wajah kita. Hasil dari penggunaan alpukat ini memang tidak bisa secepat cream pemutih wajah yang aman atau serangkaian proses facial di klinik kecantikan, akan tetapi penggunaan alpukat akan jauh lebih aman dan sehat karena bahannya yang alami tanpa efek samping yang merugikan bagi tubuh dan wajah. Kemudian hal terpentingnya adalah kesabaran dan kedisiplinan dalam melakukan treatmentnya.

Jika kita mengetahui penggunaan tepat yang dapat dilakukan dengan alpukat ini, maka kita tidak perlu lagi sering-sering menjalani treatment di salon kecantikan, selain harganya mahal, waktu yang dikorbankan pun tidaklah sebentar. Sebenarnya masyarakat Indonesia umumnya memiliki warna kulit sawo matang namun dengan campuran budaya dan kondisi lingkungan yang semakin berubah saat ini, banyak masyarakat yang merasa kulitnya kurang putih dan berusaha melakukan segala cara untuk mendapatkan kulit yang lebih putih.

Baca juga: Sabun Pemutih WajahPemutih Wajah di Apotik

Mengkonsumsi Buah Alpukat

Hal termudah yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi secara langsung buah alpukat. Hanya dengan memakan buah ini secara rutin, kita bisa mendapatkan kulit wajah yang tetap kencang. Bahkan efek positif lainnya juga bisa dirasakan oleh tubuh kita secara keseluruhan. Selain itu bisa juga dikonsumsi dengan cara dibuat jus atau dicampurkan sebagai pelengkap bahan makanan seperti es buah, dan lain sebagainya.

Baca juga:

Namun cara ini hasilnya hampir tidak bisa dirasakan secara langsung oleh tubuh khususnya wajah, karena jumlah alpukatnya yang sedikit dan hanya sebagai tambahan, juga karena tidak diaplikasikan langsung ke wajah. Cara yang lebih efektif adalah dengan pengaplikasian langsung ke lokasi yang diinginkan yakni ke wajah kita. Meskipun memang hasilnya membutuhkan proses yang lebih lama dari penggunaan krim wajah atau treatment di salon kecantikan.

Mengaplikasikan Masker Alpukat pada Wajah

Ada banyak hal bisa dilakukan dalam membuat masker alpukat ini, mulai dari penggunaan masker yang 100% terdiri dari alpukat hingga masker alpukat yang dikombinasikan dengan bahan lain untuk mendapatkan manfaat dan hasil yang lebih optimal. Berikut kita bahas satu-persatu cara memutihkan wajah dengan alpukat yang dijadikan maker:

1. Masker Alpukat

Pertama-tama pastikan wajah dalam kondisi bersih, sangat dianjurkan untuk mencuci wajah terlebih dahulu sebelum melakukan treatment ini, setelah itu kita bisa langsung mengaplikasikan daging alpukat yang sudah dilembutkan ke wajah serta leher secara merata dan setelah didiamkan sekitar 30 menit masker bisa langsung di bersihkan dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal treatment ini harus dilakukan 2 kali dalam seminggu secara rutin di malam hari sebelum tidur.

Sponsors Link

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang

2. Masker Alpukat, Yogurt dan Madu

Penggunaan masker alpukat juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti madu dan yogurt. Sebelumnya cuci dulu wajah hingga bersih. Lalu kita cukup dengan mencampurkan satu sendok madu dan satu sendok yogurt ke dalam dua buah daging alpukat yang sudah dihaluskan kemudian dioleskan ke seluruh wajah hingga leher secara merata dan didiamkan sekitar 15 menit. Lalu cuci dengan air hangat untuk membuka pori pori kulit wajah, pastikan untuk tidak menggunakan sabun. Setelah itu  basuh kembali dengan air dingin supaya pori-pori wajah tertutup kembali. Kemudian untuk menutup serangkaian treatment tersebut, tepuk-tepuk wajah secara perlahan dengan menggunakan handuk bersih dan lembut untuk mengeringkan sisa air pada wajah.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Madu

Kandungan dari masker kombinasi alpukat, madu dan yogurt ini tak hanya dapat memutihkan dan mencerahkan kulit tapi juga membunuh menghilangkan noda bekas jerawat ataupun flek hitam pada kulit, menghaluskan serta mengencangkan kulit wajah jika dilakukan dengan baik. Treatment ini sebaiknya dilakukan malam hari sebelum tidur secara teratur minimal sekali dalam seminggu. Dan yang tak kalah penting adalah menjalankan pola hidup yang sehat untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Marker Alpukat, Kuning Telur dan Susu

Dengan cara mencampurkan setengah gelas susu dan daging alpukat ke dalam satu butir kuning telur yang sudah dikocok hingga berbusa. Kemudian oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih. Masker ini sangat ampuh menjaga kebersihan wajah dan menghapus bekas jerawat membandel jika aplikasikan secara rutin minimal seminggu sekali pada malam hari.

Baca juga:

Sponsors Link

4. Masker Alpukat, Yogurt dan Minyak Alpukat

Sebelum menggunakan masker, bersihkan wajah dan pastikan agar rambut tidak berantakan ke wajah dengan cara mengikat atau menggunakan bando. Masker ini dibuat dengan cara mencampurkan setengah buah alpukat, satu sendok makan yogurt murni dan setengah sendok teh minyak nabati yang merupakan minyak nabati hasil perasan alpukat. Kemudian oleskan bahan yang telah tercampur hingga menjadi krim halus ke wajah hingga leher secara merata, lalu diamkan selama 20 menit.

Setelah itu bersihkan wajah dengan handuk yang telah dicelupkan ke air hangat lakukan secara lembut dan perlahan hingga lapisan masker semakin tipis. Dengan sisa lapisan masker yang tipis tersebut pijat wajah secara lembut, setelah semua lapisan masker terangkat bersihkan wajah dengan handuk hangat sampai tak ada sisa masker lagi di wajah.Penggunaan toner atau pelembab sangat dianjurkan setelah semua ritual ini selesai.  Adapun untuk penggunaannya masker ini sebaiknya digunakan secara rutin pada malam hari minimal dua minggu sekali agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga:

5. Masker Alpukat dan Susu Murni

Sebelum mengaplikasikan masker kondisi wajah ini harus dibersihkan dulu, dengan melakukan totok wajah selama 5 menit lalu bersihkan dengan cleansing milk yang kemudian dilap menggunakan spons lembab yang hangat. Kemudian untuk membuat masker ini sangat mudah, hanya dengan mencampur alpukat dengan susu murni hingga menjadi satu dan berbentuk adonan lalu diaplikasikan ke wajah dan leher secara merata, setelah di diamkan 15 menit masker sudah bisa di angkat dengan menggunakan spons yang sebelumnya dibasahi air hangat. Kombinasi masker ini dapat membuat wajah lebih segar dan cerah jika diaplikasikan secara rutin seminggu sekali sebelum tidur.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Setelah Berenang

ads

6. Masker Alpukat dan Lada Merah

Meskipun terdengar aneh tapi ramuan masker ini dapat menghilangkan noda hitam dan memperhalus kulit wajah. Karena bahannya yang tidak biasa, maka perlu ada ritual khusus sebelum penggunaan masker ini. Yakni membersihkan wajah dengan campuran  satu sendok makan jus lemon dan tiga sendok teh susu bubuk hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah dan bilas dengan air dingin.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Baking Soda

Setelah wajah bersih kita bisa aplikasikan masker 6 yang terbuat dari campuran setengah buah alpukat matang halus dan satu sendok teh lada merah, lalu aplikasikan ke wajah selama 15 menit. Setelah itu bilas wajah sambil dipijat secara perlahan menggunakan minyak almond.

7. Masker Alpukat, Putih Telur dan Lemon

Masker ini hanya boleh digunakan pada wajah yang dalam keadaan bersih. Kemudian cara pemakaiannya hanya membutuhkan setengah daging alpukat, putih telur dan lemon yang diaduk hingga semua bahan tercampur menjadi satu, kemudian gunakan sebagai masker selama 10-15 menit secara rutin seminggu sekali sebelum tidur maka kulit akan jadi lebih putih dan kulit berminyak akan teratasi dengan mudah.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Putih Telur

8. Masker Alpukat dan Jeruk Nipis

Sama seperti masker lainnya, sebelum penggunaan masker ini juga harus memastikan dulu kebersihan wajah kita. Alpukat juga bisa dikombinasikan dengan jeruk nipis sebagai masker. Caranya mudah, cukup dengan mencampurkan air jeruk nipis pada buah alpukat yang telah dihaluskan kemudian aplikasikan ke wajah dan leher selama 15 menit lalu cuci wajah cukup dengan air bersih saja.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

Selain untuk memutihkan wajah buah alpukat juga memiliki manfaat lain yang dapat mempercantik wajah, diantaranya adalah:

  • Mencegah penuaan dini.
  • Mempercepat regenerasi kulit.
  • Pembentukan kolagen kulit.
  • Mengangkat sel kulit mati.
  • Melembabkan dan menjaga elastisitas kulit.

Karena definisi cantik bukan hanya pada wajah yang putih, tapi juga sehat, kencang dan merona. Maka alpukat bisa dijadikan alternatif yang sangat direkomendasikan sebagai salah satu buah yang patut dicoba untuk dikonsumsi dan digunakan sebagai masker.

Baca juga: Cara Mencerahkan WajahCara Menghilangkan Komedo

Demikianlah penjelasan mengenai cara memutihkan wajah dengan alpukat yang dikombinasikan dengan beberapa bahan lain. Walaupun bahannya alami, namun penggunaannya tetap harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kondisi kulit kita. Karena penanganan pada kulit kering akan berbeda dengan kulit berminyak, begitupun dengan kulit normal sekalipun.

Kemudian tidak semua bahan alami bisa serta merta ditambahkan sebagai campuran masker karena beberapa bahan yang secara sembarangan dicampur dengan alpukat bisa juga memberi efek yang negatif bagi tubuh dan wajah kita. Jadi ada baiknya sebelum menggunakan masker campuran ini terlebih dahulu kita konsultasikan dengan dokter atau yang lebih memahami.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal