Sponsors Link

17 Cara Memutihkan Wajah dengan Ampas Kopi Secara Cepat dan Aman

Sponsors Link

Cara memutihkan wajah dengan skincare atau produk pemutih lainnya sudah menjadi hal lumrah di jaman sekarang. Namun bagaimana dengan cara memutihkan wajah dengan ampas kopi? Apakah Kamu pernah mendengarnya? Menurut penelitian, minuman berkafein ini tidak hanya berguna sebagai penghilang rasa kantuk. Tapi juga bisa loh untuk merawat kulit, khususnya memutihkan.

ads

Bagaimana khasiat itu bisa ada? Hal tersebut dikarenakan kandungan polifenol dan flavonoid di dalamnya yang mampu berperan sebagai zat antioksidan. Dengan mengoleskan ampas kopi pada wajah, proses regenerasi kulit bisa lebih optimal, wajah tampak cerah dan awet muda.

Baca juga: Cara Mencerahkan Wajah, Pemutih Wajah di Apotik.

Cara Membuat Masker Ampas Kopi untuk Memutihkan Wajah

Sebenarnya khasiat ampas kopi untuk memutihkan wajah ini sudah cukup lama diketahui masyarakat dunia. Orang-orang tidak hanya mengaplikasikannya secara tradisional. Namun beberapa industri kecantikan juga menjadikan ampas kopi sebagai bahan utama untuk produk kosmetik mereka, misalnya saja di Indonesia, Eropa, dan Amerika Serikat. Nah, dibawah ini beberapa cara memutihkan wajah dengan ampas kopi. Simak terus ya!

1. Scrub Ampas Kopi

Cara pertama yang paling simpel dan mudah yakni menggunakan ampas kopi tersebut tanpa mix dari bahan-bahan lain. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyeduh kopi. Diamkan beberapa saat hingga kopi dingin. Setelah itu, saring dan sisihkan ampasnya.

Gunakan ampas ini untuk masker wajah. Namun sebelum itu, pastikan Kamu telah mencuci tangan. Masker dioleskan pada wajah dan leher secara merata. Kira-kira setelah 30 menit, basuh wajah dengan air dingin. Masker ini bermanfaat sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga nantinya wajah tampak lebih cerah dan sehat. Untuk pengaplikasiannya, Kamu bisa menggunakan masker ampas kopi 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Pria.

2. Ampas Kopi dan Putih Telur

Membuat masker wajah dari putih telur sudah menjadi salah satu kebiasaan kaum hawa. Pasalnya, telur ini memiliki kandungan protein ini yang dapat membantu mengencangkan kulit serta membersihkan wajah dari bekas jerawat serta bintik hitam. Nah, ternyata putih telur juga cocok dimix dengan ampas kopi.

Bagaimana caranya? Sangat mudah sekali! Pertama, seperti biasa pecahkan telur dan ambil bagian putihnya. Tambahkan setengah sendok ampas kopi ke dalam putih telur. Aduk-aduk, lalu segera aplikasikan pada wajah. Berselang 30 menit, basuh wajah dengan air dingin. Kamu bisa mengaplikasikan masker ini 1-2 kali dalam seminggu untuk memperoleh wajah putih dan bersih.

3. Ampas Kopi dan Madu

Cara ketiga yakni memanfaatkan madu. Cairan manis ini tidak hanya berguna untuk menjaga kelembaban alami kulit. Tapi juga mampu mencerahkan berkat kandungan vitamin C-nya. Untuk proses pembuatan masker ini, Kamu bisa mencampurkan setengah sendok ampas kopi dengan setengah sendok madu (perbandingannya 1:1). Ratakan dengan sendok. Setelah itu oleskan pada wajah. Tunggu masker sampai mengering, kemudian bilas wajah dengan air. Masker ini terbilang aman. Kamu bisa mengaplikasikannya 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Belimbing Wuluh.

4. Ampas kopi dan Minyak Zaitun

Ampas kopi dan minyak zaitun menjadi salah satu kombinasi terbaik sebagai masker pemutih wajah. Sebagaimana kita tahu, kedua bahan ini sama-sama mengandung zat antioksidan. Yang mana zat tersebut berguna untuk memperbaiki kerusakan sel-sel kulit, mencerahkan, menghilangkan tanda-tanda penuaan serta mengurangi jerawat.

Untuk pembuatannya, Kamu bisa mencampurkan satu sendok sendok kopi dengan setengah sendok minyak zaitun. Ratakan, lalu oleskan pada wajah. Selang 30 menit, bilas wajah dengan air dingin. Masker ini dapat diaplikasikan 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Minyak Zaitun.

5. Ampas Kopi dan Jeruk Nipis

Apakah Kamu sering mengonsumsi kopi dengan campuran jeruk nipis di pagi hari? Wah, tentunya nikmat ya? Ternyata kedua bahan tersebut bisa digunakan untuk masker wajah loh! Caranya pertama dengan menyiapkan ampas kopi. Kemudian tambahkan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis. Aduk sampai bahan rata. Kemudian aplikasikan pada wajah selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Masker ini dapat digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis.

ads

6. Ampas Kopi dan Lemon

Tak jauh berbeda jeruk nipis, buah asam ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini bisa mencerahkan sel-sel kulit sekaligus menyembuhkan jerawat. Untuk penggunaannya, Kamu hanya perlu mencampurkan ampas kopi dengan air perasan lemon. Ratakan dengan sendok. Kemudian aplikasikan pada wajah. Setelah 30 menit, cuci wajah dengan air dingin. Masker ini bisa digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

7. Ampas Kopi dan Susu

Susu menjadi minuman kaya nutrisi yang bagus menjaga kesehatan tubuh sekaligus mempercantik kulit. Di dalam susu terkandung beragam vitamin dan protein yang berguna untuk melembutkan kulit dan mencerahkannya. Untuk pembuatan masker ini, Kamu bisa mencampurkan 1 sendok ampas kopi dengan 1 sendok susu. Aduk-aduk rata, setelah itu aplikasikan pada wajah. Selang 30 menit, cuci wajah dengan air dingin. Masker ini bisa digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Ala Korea

8. Ampas Kopi dan Cokelat Bubuk Alami

Apakah Kamu salah satu penggemar coklat? Siapa sangka, makanan berasa manis ini ternyata bagus untuk merawat kecantikan kulit. Dalam coklat terkandung zat antioksidan “flavonoid” yang tinggi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Zat-zat tersebut dapat membantu mengeluarkan racun dari lapisan kulit, mencerahkan, memperlambat terjadinya pigmentasi serta menghaluskan kulit.

Untuk membuat masker ini, Kamu bisa mencampurkan 2 sendok ampas kopi dengan setengah sendok coklat bubuk murni. Aduk rata, lalu oleskan pada wajah sampai merata. Selang 30 menit, bilas wajah dengan air dingin. Masker ini bisa digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

9. Ampas Kopi dan Yogurt

Cara memutihkan wajah dengan ampas kopi selanjutnya bisa dikombinasikan dengan yogurt. Kedua bahan ini bekerja sama membantu mencerahkan wajah serta melembutkan kulit. Untuk membuat masker ini, Kamu bisa mencampurkan 2 sendok ampas kopi dengan setengah sendok yogurt tawar tanpa rasa. Aduk rata, lalu oleskan pada wajah sampai merata. Selang 30 menit, bilas wajah dengan air dingin. Masker ini bisa digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga:  Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis.

10. Ampas Kopi dan Mentimun

Cara terakhir untuk membuat masker tradisional pemutih wajah adalah mengombinasikan ampas kopi dan mentimun. Ampas kopi ini bagus untuk scrub mengangkat sel-sel kulit yang telah rusak. Sedangkan mentimun memiliki kadar air tinggi sehingga bisa membuat wajah tampak fresh dan menyamarkan mata panda.

Untuk mengaplikasikan masker ini, caranya pertama Kamu siapkan dulu ampas kopi. Oleskan ampas kopi ini pada seluruh area wajah kecuali bawah mata. Sedangkan untuk mentimun, iris tipis-tipis lalu letakkan di kantung mata. Tunggu selama 30 menit, lalu cuci wajah dengan air dingin. Masker ini dapat digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Manfaat Lain Ampas Kopi untuk Wajah

Manfaat dari kopi untuk wajah tidak hanya sebatas memutihkan atau mencerahkan. Nutrisi yang terkandung dalam ampas kopi juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit lainnya, diantaranya ialah:

1. Membantu Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Seiring bertambahnya usia, wajah akan semakin rentan mengalami berbagai masalah. Salah satunya yang paling sering adalah pori-pori membesar. Kondisi pori-pori besar merupakan tanda kulit tidak sehat. Hal ini bisa saja memicu timbulnya jerawat dan membuat kulit kusam. Nah, kandungan kafein dalam kopi telah terbukti dapat mengecilkan pori-pori kulit sekaligus mengencangkannya. Kamu bisa mengoleskan ampas kopi setidaknya 1-2 kali dalam seminggu untuk membantu mengatasi masalah pori-pori membesar.

2. Mengatasi Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Siapa sih yang tidak ingin punya kulit mulus tanpa noda? Pasti Kamu pun juga mendambakannya kan? Tapi bagaimana kalau di wajah banyak bekas jerawat dan flek hitam? Apa yang harus dilakukan? Well, tak perlu bingung. Masalah itu bisa dikupas tuntas oleh ampas kopi.

Ampas kopi ini memiliki beragam kandungan mineral serta zat antioksidan yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati, termasuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam. Untuk pembuatannya Kamu bisa memanfaatkan sisa ampas kopi. Jadi minum kopinya, sedangkan ampasnya gunakan untuk scrub wajah. Kamu bisa mempraktekkan cara ini 1-2 kali dalam seminggu. Jika Kamu rutin, masalah-masalah pada wajah akan musnah secara perlahan.

Sponsors Link

3. Mengatasi Komedo

Komedo di hidung tumbuh semakin banyak dan membuat tak nyaman? Ih, tak perlu bingung. Kamu bisa menghilangkannya dengan batuan ampas kopi. Cukup mengoleskan ampas kopi di area kulit yang berkomedo selama kurang lebih 30 menit, Kamu akan melihat komedo pasti berkurang. Metode ini bisa Kamu aplikasikan 2-3 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Seseorang yang memiliki tipe kulit berminyak biasanya mudah sekali mengalami jerawatan, mukanya kusam dan sering muncul flek hitam. Nah, untuk mengatasi kulit berminyak tersebut, ampas kopi bisa jadi jawaban tepat. Dengan menggunakan ampas kopi sebagai masker wajah (setidaknya 2-3 kali dalam seminggu) bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebihan pada kulit wajah.

5. Memperbaiki Tekstur Kulit yang Mengendur

Sebagai bahan yang berperan sebagai vasorestrictor, ampas kopi sangat ampuh membantu mengatasi kulit kendur. Apabila Kamu menggunakan masker ampas kopi ini secara rutin, hasilnya kulit wajah akan menjadi lebih kencang dan terjaga keelastisannya. Masker ini bagus digunakan untuk mencegah penuaan dini.

6. Mengatasi Kulit Kasar

Untuk melakukan scrubbing pada wajah, Kamu tidak perlu repot-repot membeli produk eksfoliant atau sejenisnya. Cukup manfaatkan saja ampas kopi. Bahan ini memiliki kandungan kafein yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit dan menjadikannya semakin lembut.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam.

7. Menghilangkan Bekas Luka

Punya bekas luka di wajah yang tak kunjung sembuh? Bagaimana kalau Kamu mencoba ampas kopi untuk membantu menyembuhkannya? Ampas kopi terbukti dapat mengatasi jaringan bekas luka. Kamu bisa membuat ampas ini dengan mencampurkan 1 sendok teh bubuk kopi dengan 1 sendok teh air bersih. Aduk rata, kemudian oleskan pada bekas luka. Selang 20 menit, Kamu bisa membilasnya dengan air. Treatment ini boleh dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengaplikasikan Masker Ampas Kopi

  • Masker ampas kopi bisa digunakan di pagi, siang ataupun malam hari. Namun akan lebih baik jika masker diaplikasikasikan pada petang hari, sebab di saat itu regenerasi kulit berlangsung lebih maksimal.
  • Kamu juga perlu tahu bahwa menggunakan masker ampas kopi juga tidak boleh terlalu sering. Cukup 1-2 kali dalam seminggu. Sebab berlebihan dalam memakai masker justru membuat wajah kering.
  • Selain itu, sebelum menggunakan masker sebaiknya cuci muka terlebih dahulu. Bersihkan wajah dengan facial wash agar tidak akan kotoran menempel di kulit. Jika perlu, gunakan terapi uap untuk membuka pori-pori wajah. Sehingga nantinya nutrisi dari masker bisa menyerap lebih maksimal.

Baca juga: Cara Perawatan Kulit Anak.

Demikianlah beberapa cara memutihkan wajah dengan ampas kopi. Semoga bisa membantu dalam mewujudkan memiliki kulit cantik dan cerah alami. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Cara