Sponsors Link

10 Cara Memutihkan Wajah dengan Belimbing Wuluh Secara Aman

Sponsors Link

Sering digunakan sebagai penyedap masakan, ternyata belimbing wuluh juga dipercaya dapat memutihkan wajah. Buah yang memiliki nama latin Averrhoa bilimbi L ini mudah sekali ditemukan di Indonesia, mulai dari halaman rumah hingga perkebunan. Umumnya masyarakat memanfaatkan belimbing sayur ini sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit tertentu, misalnya saja diabetes, rematik, sariawan, batuk dan masih banyak lainnya.

ads

Nah, siapa sangka belimbing wuluh bisa pula untuk membantu mencerahkan wajah. Buah ini mengandung anti radikal sangat tinggi serta vitamin A yang berguna dalam memperbaiki sel-sel kulit. Kalau kamu ingin tahu bagaimana cara memutihkan wajah dengan belimbing wuluh, simak terus ulasan di bawah ini ya!

Baca juga: Cara mencerahkan wajah.

Kandungan Nutrisi Belimbing Wuluh

Sebelum membicarakan manfaat belimbing wuluh, kita akan mengulas tentang nutrisi yang terkandung dalam buah mini berwarna hijau ini. Menurut penelitian, belimbing wuluh mengandung energi, karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin B1 (thiamin), vitamin B3 (niacin), vitamin C, mineral yang meliputi zat besi, fosfor serta kalsium.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Pria.

Cara Memutihkan Wajah Dengan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh adalah salah satu alternatif bahan alami yang bisa membantu mewujudkan harapanmu untuk memiliki wajah cerah dan berseri. Berikut ini beberapa cara membuat masker belimbing wuluh untuk memutihkan wajah.

1. Belimbing Wuluh (Dikonsumsi atau Dijadikan Masker)

Segar dan kecut, itulah rasa belimbing wuluh. Apabila kamu bisa mengonsumsi secara langsung (dengan dicuci terlebih dahulu), buah ini akan menutrisi kulit dari dalam membuat semakin cerah dan putih. Tapi bila kamu tak sanggup, sebaiknya diolah saja menjadi masker. Bagaimana caranya?

Pertama, sudah pasti cuci bersih belimbing wuluh terlebih dahulu. Iris-iris tipis lalu haluskan dengan diblender atau ditumbuk pakai sendok. Untuk mengurangi sifat asam, tambahkan sedikit air. Setelah itu aduk dan oleskan pada wajah. Masker ini memungkikan timbulnya rasa perih jadi jangan terlalu lama mengenakannya. Cukup 10 menit segera bilas dengan air bersih.

Baca juga: Cara Perawatan Kulit Anak.

2. Belimbing Wuluh dengan Gula

Belimbing sayur ini juga berpotensi untuk peeling wajah, yakni mengangkat sel-sel kulit yang mati dan rusak. Agar manfaatnya lebih optimal, kamu bisa menambahkan gula. Pemanis ini sudah lama dikenal ampuh dalam menscrubbing wajah. Apabila lapisan kulit teratas terangkat, otomatis wajah pun terlihat lebih cerah dan tidak kusam.

Cara membuatnya, siapkan satu buah belimbing wuluh dalam cangkir. Potong kecil-kecil lalu hancurkan dengan sendok. Kamu juga bisa menghaluskannya dengan blender. Tambahkan sedikit air hangat dan setengah sendok teh gula. Setelah semua bahan tercampur, aduk rata.  Kemudian segera aplikasikan pada wajah. Kira-kira 15 menit kemudian kamu bisa mencuci wajah dengan air dingin.

3. Belimbing Wuluh dengan Garam

Tidak ada gula? Kamu bisa memilih garam. Bahan ini bisa membantu memutihkan kulit, menutup pori-pori serta membuat tekstur kulit menjadi lebih halus. Masker ini dibuat dengan cara mencampurkan jus belimbing wuluh dengan sesendok teh garam. Untuk belimbing wuluh yang digunakan jumlahnya tergantung pada kebutuhan. Bisa 2- 4 butir. Apabila kedua bahan telah tercampur rata, segera ambil kapas dan aplikasikan masker pada wajah dan leher. Setelah 15 menit bilas dengan air sampai wajah bersih kembali.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Ala Korea.

4. Belimbing Wuluh dengan Madu

Tahu tidak, madu bukan sekedar agen pelembab kulit. Cairan manis berwarna coklat kekuningan ini juga berpotensi memutihkan kulit berkat kadar vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Perpaduan antara belimbing wuluh dan madu its too perfect untuk mewujudkan kulit putih alami.

Sponsors Link

Cara pembuatannya sama dengan diatas. Siapkan belimbing wuluh secukupnya (kira-kira 3 butir). Haluskan dengan blender atau dihancurkan dengan sendok. Kemudian tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk hingga benar-benar ter-mix semua. Setelah itu, aplikasikan pada wajah selama 15 menit. Terakhir, bersihkan wajahmu dengan air.

5. Belimbing Wuluh dengan Putih Telur

Putih telur juga bisa menjadi opsi menarik untuk masker memutihkan kulit. Maka itu, sesekali belilah putih telur karena bahan ini kaya vitamin dan protein yang akan melindungi kecantikan kulitmu dan  membuatnya semakin cerah.

Untuk membuat masker ini terbilang mudah. Tapi diperlukan kehati-hatian. Pertama, pecahkan telur (sebaiknya pilih telur ayam kampung) lalu pisahkan antara kuning dan putihnya. Bagian kuningnya sisihkan. Sedangkan putih telur letakkan dalam mangkuk. Tambahkan jus belimbing wuluh. Ratakan dengan sendok lalu oleskan di wajah. Setelah 15 menit segera bilas wajah dengan air dingin.

Baca juga: Pemutih Wajah di Apotik.

6. Belimbing Wuluh dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak kaya antioksidan. Kandungan vitamin E di dalamnya sangatlah tinggi sehingga berpotensi mencerahkan kulit sekaligus pelindung kulit dari serangan radikal bebas. Minyak ini dapat menghilangkan debu dan make up yang menempel di wajah, melembabkan serta melembutkan.

Cara membuat masker ini tidaklah sulit. Setelah kamu menyiapkan secangkir jus belimbing wuluh. Tambahkan kira-kira sesendok makan minyak zaitun. Ratakan dengan sendok. Lalu gunakan kapas untuk mengaplikasikannya pada wajah. Setelah 15  menit bilas dengan air dingin sampai wajah bersih.

7. Belimbing Wuluh dengan Jeruk Nipis

Kedua bahan ini sama-sama memiliki kandungan vitamin C yang mana vitamin ini adalah satu-satunya vitamin agen pencerah kulit. Belimbing wuluh dan jeruk nipis juga menyimpan niacin atau vitamin B3 yang dapat mencegah sel-sel kulit mengalami pigmentasi atau penggelapan warna.

Cara pembuatannya, siapkan 2-3 buah belimbing wuluh. Cuci bersih, masukkan dalam cangkir dan hancurkan dengan sendok. Setelah halus, tambahkan setengah sendok air perasan jeruk nipis. Aduk rata, setelah itu aplikasikan pada wajah dan leher. Cukup 10 menit segera bilas dengan air untuk menghindari timbulnya rasa perih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis.

8. Belimbing Wuluh dengan Lemon

Apabila tidak menemukan jeruk nipis, bahan alternatif lain yang bisa kamu pilih adalah lemon. Buah kuning berasa asam ini terbukti menyimpan vitamin C dalam kadar tinggi. Dengan itu, berarti lemon mampu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, mengatasi jerawat dan juga noda-noda hitam.

Sponsors Link

Untuk pengaplikasiannya sama dengan poin diatas. Setelah jus belimbing wuluh siap di dalam cangkir, tambahkan sekitar setengah sendok teh air perasan lemon. Ratakan dengan sendok. Lalu gunakan kapas untuk mengoleskan masker pada wajah. Cukup 10 menit segera cuci bersih wajah dengan air dingin.

9. Belimbing Wuluh dengan Pepaya

Selain dimix dengan lemon, belimbing wuluh juga bisa dikombinasikan dengan pepaya. Buah berwarna orange ini adalah sumber vitamin C. Yang berarti mampu membuat sel-sel kulit menjadi lebih cerah, memberantas jerawat dan mengatasi dark spot. (Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam)

Untuk proses pembuatannya, pertama siapkan 1-2 butir belimbing wuluh dan sepotong pepaya (kira-kira panjangnya 5 cm). Masukkan ke dua bahan dalam blender, lalu tekan tombol “on” agar keduanya lumat dan halus. Segera cuci tanganmu. Kemudian aplikasikan masker pada wajah sambil dipijat-pijat. Setelah 10 menit, bilas muka dengan air dingin ya!

10. Belimbing Wuluh dengan Masker Belerang

Belerang sudah sejak lama dikenal ampuh dalam mengatasi beragam masalah kulit. Mulai dari kulit kusam, berjerawat, panu dan sebagainya. Semuanya dapat diatasi dengan pemakaian belerang. Umumnya industri mengolah belerang sebagai bahan utama sabun sulfur yang ditujukan untuk membersihkan kulit wajah.

Nah, kamu bisa mengombinasikan masker belimbing wuluh dengan belerang. Caranya dengan menambahkan kira-kira setengah sendok teh belerang ke dalam secangkir belimbing wuluh. Aduk sampai kedua bahan menyatu. Kemudian gunakan kapas untuk mengoleskannya pada wajah. Setelah masker mengering, cuci wajah dengan air sampah bersih. Untuk memperoleh belerang ini cukup sulit. Biasanya ada beberapa toko yang menjual masker belerang. Namun kamu harus jeli dan jangan sampai membeli produk abal-abal. (Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo)

Cara memutihkan wajah dengan belimbing wuluh memang tidak memicu efek samping. Tapi meski demikian, terlalu sering menggunakan masker belimbing wuluh bisa memicu iritasi kulit sebab sifat asam dari belimbing wuluh yang tinggi. Kamu hanya perlu menggunakannya 1 kali dalam seminggu. Untuk lebih aman lagi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit atau kecantikan.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal