Sponsors Link

7 Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang Secara Alami

Sponsors Link

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, bahkan sering kita jumpai di kerumunan buah iris yang berwarna putih dan menyegarkan, yakni rujak, asinan, dan manisan. Yaps Bengkoang, buah dengan bahasa latin Pachyrhizus erosus ini merupakan buah umbi yang memiliki banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan, terutama vitamin dan mineral.

ads

Vitamin yang terkandung dalam bengkoang yang paling tinggi adalah vitamin C yang menjadi antioksidan untuk tubuh. Sedangkan, mineral yang terkandung di dalamnya terdapat Energi yang dapat menguatkan dan menyegarkan tubuh, Protein, Lemak baik, Karbohidrat sebagai pengganti nasi, Kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gigi, Fosfor, Vitamin A yang baik untuk mata, dan Zat besi yang sangat bermanfaat bagi darah.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Pria.

Bahkan, bengkoang menjadi salah satu buah yang sejak dulu digunakan untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Buah ini sudah banyak digunakan pada produk kecantikan, salah satunya masker wajah untuk memutihkan kulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir, masker wajah sangat mudah dibuat sendiri di rumah.

Berikut cara membuat masker bengkoang secara alami untuk memutihkan wajah:

1. Bengkoang

Vitamin B dan C yang terkandung dalam bengkoang dapat mengurangi flek hitam di wajah dan tentunya memutihkan kulit. Cara membuat masker wajah hanya dengan bengkoang sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan bengkoang secukupnya atau ambillah satu bengkoang berukuran sedang. Kemudian, kupas kulitnya, bersihkan, dan haluskan (bisa menggunakan blender atau diparut) untuk dijadikan masker.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam.

Setelah halus, terapkan pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya dengan masker bengkoang. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, Anda dapat menggunakannya setiap hari pada malam menjelang tidur.

2. Bengkoang dan Madu

Madu memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan kesehatan kulit, diantaranya memutihkan kulit secara alami. Bila Anda menggunakan madu atau bengkoang saja sudah cukup, namun akan lebih baik lagi bilang keduanya dikombinasi agar hasilnya lebih maksimal. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Madu.

Caranya sangat mudah, cukup gunakan satu buah bengkoang, kupas kulitnya, bersihkan, kemudian parut. Setelah itu, peras air dari parutan tersebut. Diamkan air sari bengkoang selama satu malam. Keesokkannya, ambil endapan putih dari air bengkoang tersebut dan campur tiga sendok makan madu. Kemudian, oleskan masker bengkoang dan madu secara merata ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan, agar hasilnya maksimal, pijat wajah selama lima menit. Lalu, diamkan masker tersebut sekitar 60 menit. Bilas wajah dengan air bersih.

3. Bengkoang dan Beras

Beras mengandung vitamin B1 yang sangat membantu memutihkan kulit secara alami. Scrub kasar dari beras pun dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati pada wajah. Membuat masker bengkoang dan beras ini sangat mudah. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Beras.

Caranya, kupas bengkoang dari kulitnya, bersihkan, dan haluskan bengkoang dengan cara memarutnya. Kemudian, campurkan bengkoang tadi dengan beras yang belum dicuci. Blender kedua bahan tersebut sampai halus dan tercampur merata. Terapkan campuran tadi ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan, diamkan selama 30 menit. Lalu, bersihkan wajah dengan air dingin.

Baca juga:

ads

4. Bengkoang dan Lemon

Seperti pembahasan sebelumnya, lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga dapat memutihkan kulit secara alami dan mampu menangkal radikal bebas berbahaya. Apabila lemon dikombinasikan dengan bengkoang, hasilnya akan lebih maksimal untuk memutihkan wajah pastinya.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Putih Telur.

Caranya sangat mudah, buat endapan bengkoang terlebih dahulu (seperti cara nomor 2), kemudian campur endapan tersebut dengan air perasan lemon, aduk hingga merata. Setelah berbentuk pasta, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat secara menyeluruh. Diamkan kisaran waktu 30-60 menit agar masker meresap sempurna. Lalu bilas dengan air dingin sampai benar-benar bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

5. Bengkoang dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat dikenal memiliki banyak kandungan antioksidan yang mampu membuat kulit awet muda dan terhindar dari penuaan dini. Bila dikombinasikan dengan bengkoang, hasilnya tentu akan sangat maksimal dalam memutihkan dan mencerahkan wajah, serta wajah dapat lebih kencang. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Minyak Zaitun.

Cara membuat masker dari kedua bahan ini sangat mudah, seperti cara nomor 2, gunakan endapan sari bengkoang, kemudian campurkan endapan tersebut dengan dua sendok makan minyak zaitun dan aduk merata hingga berbentuk pasta. Kemudian, terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu secara menyeluruh. Diamkan selama 60 menit agar masker menyerap sempurna. Lalu, bersihkan wajah dari masker sampai benar-benar bersih.

6. Bengkoang dan Tomat

Tomat merupakan sayuran yang kaya akan vitamin E dan C yang mampu mencegah kulit dari efek radikal bebas penyebab flek hitam dan kulit rusak secara alami serta mencerahkan kulit dari noda hitam di wajah. Bengkoang pun memiliki kandungan vitamin C tinggi yang mampu memutihkan wajah secara alami. Sehingga, bila kedua bahan ini dijadikan masker akan sangat sempurna hasilnya dalam memutihkan wajah. Caranya sangatlah mudah. Buatlah endapan sari air bengkoang seperti point dua.

Campurkan endapan tersebut dengan tomat yang sudah dihaluskan. Aduk hingga merata dan benar-benar tercampur. Aplikasikan masker tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan, berikan sedikit pijatan lembut agar dapat menyerap. Diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas wajah dengan air bersih. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Tomat.

7. Jeruk Nipis dan Bengkoang

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi yang mampu mencerahkan wajah secara alami. Bila diaplikasikan bersama bengkoang, hasilnya akan lebih maksimal dalam mencerahkan dan memutihkan wajah. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis.

Cara cukup mudah, buatlah endapan sari bengkoang seperti poin 2, kemudian campurkan dengan perasan air jeruk nipis. Aduk hingga merata dan tercampur membentuk pasta. Kemudian, aplikasikan pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan kurang lebih 30 menit. Bersihkan wajah dengan air bersih.

Baca juga:

Masker Bengkoang yang Beredar di Pasaran dan Harganya

Cara memutihkan wajah dengan bengkoang selain membuat maskernya sendiri, ada alternatif lain agar Anda bisa mendapatkan wajah putih lebih cepat, yaitu dengan membeli masker bengkoang yang sudah diekstrak dan dijual di pasaran. Pastikan bahwa masker yang Anda beli sudah terdaftar di Badan POM dan aman untuk wajah. Berikut ini beberapa contoh produk masker bengkoang:

  • Masker Bengkoang Mustika Ratu: Masker ini dapat memutihkan kulit secara efektif dan ekstrak bengkoangnya dapat membuat kulit halus dan berseri. Masker ini bisa mencerahkan wajah yang kusam. Harganya cukup murah sekitar Rp 10.000/sachet.
  • Sariayu Masker Beras Putih: Masker ini mengandung ekstrak pati bengkoang yang mampu memutihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati pada wajah. Harga yang ditawarkan kisaran Rp 7.000/sachet.
  • Ovale Facial Mask Yam Bean: Masker ini mengandung ekstrak bengkoang yang membantu memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Harga Ovale Facial Mask Yam Bean ini kisaran Rp 5.000/sachet.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Belimbing WuluhCara Mencerahkan Wajah.

Sponsors Link

Manfaat Lain Bengkoang Selain Memutihkan Wajah

  1. Menghilangkan noda hitam wajah bekas jerawat: Kandungan vitamin C dan B1 dari bengkoang, dapat menyamarkan dan menghilangkan noda bekas jerawat pada wajah.
  2. Menyegarkan kulit: Masker bengkoang memiliki efek dingin pada kulit, sehingga membuat kulit jadi lebih segar dan membuat wajah lebih rileks.
  3. Mencegah penuaan dini: Kandungan antioksidan pada bengkoang berfungsi sebagai antiaging yang membuat kulit selalu tampak lebih muda dan dapat mencegah keriput atau kerutan pada wajah.
  4. Mengobati sariawan: Kandungan vitamin C yang tinggi, membuat bengkoang bermanfaat untuk menyembukan sariawan yang sedang Anda derita. Caranya,  berkumur-kumur dengan jus bengkoang kemudian dibuang atau meminum jus bengkoang secara perlahan agar terkena sariawan tersebut.
  5. Baik dikonsumsi penderita diabetes melitus: Salah satu manfaat mengkonsumsi bengkoang, yakni dapat menurunkan kadar gula darah karena buah yang satu ini bisa dicerna tanpa memasukkan glukosa, sehingga aman bagi penderita diabetes.
  6. Melancarkan pencernaan: Kandungan Inulin dalam bengkoang mempunyai sifat sebagai serat makanan yang berpengaruh pada fungsi usus, sehingga pencernaan dapat lebih lancar.
  7. Menyehatkan tulang dan gigi: Kandungan kalsium pada bengkoang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi dan membuat Anda lebih nafsu makan.
  8. Mengurangi penyakit maag: Maag bisa disebabkan karena tingginya asam lambung. Efek dingin dari bengkoang dipercaya mampu menurunkan produksi gas dalam lambung dan juga asam lambung, sehingga maag dapat diatasi dengan segera.
  9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Kandungan Nutrien pada bengkoang mampu menutrisi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari virus dan bakteri.
  10. Buah untuk diet: Anda dalam program diet? Jangan khawatir , buah yang satu ini bisa membantu Anda saat diet karena bengkoang mengandung sedikit gula dan serat yang tinggi. Selain itu, bengkoang mengandung karbohidrat yang mampu mengenyangkan perut Anda.
  11. Mengobati beri-beri: Penyakit ini timbul seperti bintik pada kulit. Hal ini disebabkan tubuh kekurangan vitamin B1. Bengkoang memiliki kandungan B1 yang cukup tinggi, sehingga dapat menjadi alternatif untuk menyembuhkan penyakit ini.
  12. Meningkatkan kerja jantung: Kandungan tembaga pada bengkoang membuatnya menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kinerja jantung. Karena jantung merupakan organ vital sangat penting yang membutuhkan senyawa tembaga untuk memproduksi hemoglobin sel darah merah.
  13. Mencegah asma: Bengkoang mengandung senyawa magnesium yang dapat meringankan penderita asma kronis untuk menormalkan napas yang merelaksasi otot-otot bronkus sehingga dapat menormalkan pernapasan.
  14. Membantu fungsi otot: Bengkoang bisa membantu Anda dalam membantu kerja fungsi otot lebih baik. Zat besi yang terkandung pada bengkoang dapat mereda cidera atau sakit pada otot.
  15. Menghambat perkembangan katarak: Meski tidak sebesar wortel, bengkoang juga memiliki kandungan beta karoten yang mampu memperlambat perkembangan katarak, karena penyakit mata ini dinilai berbahaya.
  16. Meningkatkan produksi sel darah merah: Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan penyakit serius, seperti anemia bahkan mematikan. Bengkoang bisa membantu meningkatkan sel darah merah karena bengkoang memiliki kandungan Riboflavin yang berfungsi meningkatkan sel darah merah.
  17. Mencegah jerawat timbul: Kandungan vitamin C pada bengkoang dapat membantu mencegah jerawat dan membersihkan jerawat, karena vitamin C memiliki sifat antibakteri.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Ala KoreaCara Menghilangkan Komedo.

Sponsors Link

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin, serta Ibu Menyusui

  1. Dapat membantu tulang pada janin: Asupan kalsium yang cukup dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta membantu ibu hamil dalam menyerap vitamin D.
  2. Sumber tenaga bagi ibu hamil: Zat gula alami pada bengkoang dapat menjadi sumber tenaga untuk ibu hamil, sehingga dapat lebih kuat dan bertenaga.
  3. Mendukung proses perkembangan otot janin: Asupan kalsium yang diperoleh dari buah bengkoang sangat efektif untuk mendukung pembentukan sistem syaraf, sinyal syaraf, dan otot jantung, serta tubuh yang sehat.
  4. Melancarkan peredaran darah ibu hamil, sumber vitamin B Kompleks: Vitamin B sangat penting untuk Ibu hamil, terutama untuk membantu menjaga mempertahankan kesehatan Ibu hamil dan produksi sel darah merah serta membantu perkembangan janin.
  5. Membantu pembentukan sistem syaraf janin: Bengkoang juga mengandung folat yang dibutuhkan untuk membantu pembentukan sistem syaraf janin. Asupan folat yang cukup merupakan gizi yang berperan penting untuk mencegah terjadinya cacat otak pada janin.
  6. Melancarkan peredaran darah pada ibu hamil: Bengkoang menjadi sumber kalsium yang sangat baik bagi Ibu hamil. Pada saat wanita hamil, maka dia membutuhkan jumlah darah yang sangat tinggi dibandingkan untuk wanita-wanita yang tidak hamil. Serta peredaran darah yang baik juga akan membentuk kesehatan janin dan ibu hamil.
  7. Menjaga kekebalan tubuh: Bengkoang juga sangat membantu kekebalan tubuh, apalagi khusus Ibu hamil yang memang sangat memerlukan kekebalan tubuh yang sehat supaya janin pun ikut sehat. Karena biasanya Ibu hamil itu rentan terhadap infeksi kuman dan bakteri, sehingga vitamin C dan antioksidan pada bengkoang sangat baik untuk ibu hamil.
  8. Menambah antioksidan pada ibu menyusui: Mengkonsumsi bengkoang saat menyusui, dapat membantu ibu menjadi lebih segar dan sehat, sehingga ibu dapat memberikan asi yang cukup untuk anaknya.
  9. Mengurangi kadar asam: Bengkoang dapat menurunkan kadar asam dalam tubuh karena bayi saat menyusui tidak boleh mendapatkan kandungan asam yang tinggi, sehingga bengkoang dapat membantu mengurangi kandungan asam tersebut.
  10. Menurunkan kadar kolesterol: Ketika ibu menyusui, kadar kolesterol harus dikurangi, yakni dengan cara mengkonsumsi bengkoang secara rutin.

Baca juga: Cara Perawatan Kulit Anak.

So, bagaimana Readers, Sudah tahu banyak tentang cara memutihkan wajah dengan bengkoang serta manfaat bengkoang bagi kesehatan tubuh dan kesehatan kulit kan? jadi marilah hidup sehat mulai dari sekarang dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bahan alami. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal