Sponsors Link

11 Cara Memutihkan Wajah dengan Bumbu Dapur Secara Mudah

Sponsors Link

Setiap orang ingin memiliki kulit yang jauh dari kata kusam dan menghitam, di mana kulit yang menghitam ini biasa disebabkan oleh banyak faktor, seperti: paparan sinar matahari, polusi, bekas luka, flek hitam, jerawat, dan lain-lain. Seperti yang kita telah kita bahas sebelumnya, kita bisa menggunakan berbagai bahan alami di sekitar kita untuk melakukan perawatan wajah yang pastinya aman untuk kesehatan wajah kita. Salah satu perawatan yang paling mudah untuk dilakukan adalah perawatan dengan menggunakan masker karena hasilnya bisa terlihat dalam waktu yang singkat dan kita tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk menjadikannya rutinitas agar kesehatan wajah kita tetap terjaga.

ads

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam

Nah kali ini, kita akan membahas cara memutihkan wajah dengan bumbu dapur. Bumbu dapur? Yang benar ah! Bumbu dapur kan cuma itu-itu saja dan hanya berfungsi untuk menambah kelezatan pada masakan kita. Eits jangan salah! Beberapa bumbu dapur memiliki manfaat rahasia untuk perawatan wajah kita, yang pastinya aman untuk digunakan karena tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Kita pun tidak perlu repot untuk mendapatkan bahannya karena barang tersebut cenderung sudah tersimpan rapi di lemari makan. Hmm… pasti tertarik kan untuk mencobanya? Lalu, bumbu dapur apa ya yang bisa kita manfaatkan untuk membuat masker rumahan yang pastinya ampuh untuk memutihkan wajah kita? Yuk kita simak!

Baca juga:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu bahan yang efektif untuk memutihkan kulit karena mampu untuk melembabkan kulit dan menyamarkan bekas luka sehingga warna alami kulit akan kembali dari kulit sebelumnya yang menghitam dan kusam akibat paparan sinar matahari. Minyak kelapa juga berperan sebagai anti-peradangan yang mampu melembutkan dan menyembuhkan kulit yang teriritasi atau terinfeksi dan mempercepat proses penyembuhannya dengan hasil kulit yang lebih putih dari sebelumnya. Selain itu, kandungan fatty acidnya berfungsi untuk menjaga kelembaban dan nutrisi kulit sehingga kulit tetap sehat. Untuk memutihkan wajah, minyak kelapa dapat diolah menjadi masker dengan paduan berbagai bahan lainnya seperti sebagai berikut:

  • Minyak Kelapa

Kita bisa hanya menggunakan minyak kelapa saja tanpa dicampur dengan bahan alami lainnya, dan cara penggunaannya adalah dengan mengoleskannya secara merata pada seluruh bagian wajah tiap malam. Setelah dioleskan merata, maka kita perlu memijat-mijatnya selama beberapa menit agar kulit dapat menyerap kandungan pada minyak kelapa secara maksimal. Dalam melakukan perawatan ini, disarankan untuk mendiamkannya semalaman dan baru dibilas keesokan paginya menggunakan air hangat.

  • Minyak Kelapa dan Kunyit

Perpaduan kedua bahan ini memiliki fungsinya masing-masing, di mana kunyit mengandung curcumin yang berfungsi untuk mengontrol produksi melanin dan meningkatkan warna kulit, dan minyak kelapa yang bermanfaat untuk melembabkan kulit yang kering dan rusak. Selain itu, perpaduan dua bahan ini sangatlah efektif untuk menutrisi dan mencerahkan kulit dari sel yang paling dalam. Untuk membuat masker ini, bahan yang perlu kita siapkan adalah ⅟4 sendok teh kunyit bubuk, 1 sendok teh madu, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 2 sendok makan tepung. Setelah bahan siap, maka kita perlu mencampurkannya hingga merata dan menggunakannya pada seluruh bagian wajah. Setelah dioleskan pada wajah, kita perlu menunggunya hingga mengering selama kurang lebih 20-25 menit dan setelahnya bilas dengan air dingin agar pori-pori tertutup kembali. Perawatan ini aman untuk digunakan sehari-hari.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Minyak Zaitun

2. Jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu bahan dapur yang unik karena memiliki banyak manfaat dan bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, jahe mengandung volatol oils, amino acids, vitamin C, B1, B2, A, serta berbagai macam mineral yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit kita. Jahe juga mampu untuk mengurangi produksi sebum pada kulit, meningkatkan warna kulit, membersihkan pori-pori, mengatasi jerawat, serta meningkatkan kecerahan pada kulit wajah kita.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang

  • Jahe dan Madu

Perpaduan kedua bahan ini berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah dan bermanfaat untuk menyamarkan keriput serta bekas luka. Untuk membuat masker ini, bahan yang kita butuhkan adalah 1 sendok teh jahe halus dan 40 gram madu yang akan kita campurkan hingga merata. Masker yang telah siap dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan perlu didiamkan selama 10-15 menit hingga mengering. Setelah masker mengering, maka kita bisa membilasnya dengan air dingin agar wajah kembali bersih. Masker ini dianjurkan untuk digunakan 2 kali dalam seminggu.

  • Jahe dan Olive Oil

Perpaduan kedua bahan ini berfungsi untuk meningkatkan warna kulit dan kita akan mendapatkan hasilnya dalam waktu yang singkat apabila digunakan secara rutin. Untuk membuat masker ini, pertama kita perlu memarut jahe dan mencampurnya dengan olive oil secukupnya hingga kita mendapatkan masker yang kental. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan leher lalu mendiamkannya selama 15-20 menit hingga mengering. Masker ini aman untuk digunakan semua jenis kulit dan disarankan untuk digunakan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Sponsors Link

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Madu

3. Teh Hijau

Selain berfungsi untuk menurunkan berat badan kita secara efektif, teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit kita. Teh hijau juga dapat dibuat sebagai masker seperti berbagai bahan alami lainnya yang pastinya aman untuk digunakan sebagai rutinitas dan aman juga untuk kesehatan kantong kita. Tingginya kandungan polyphenol pada teh hijau membuatnya berperan sebagai anti-radikal, yang bermanfaat untuk membuat kulit lebih bercahaya.

  • Teh Hijau dan Susu

Masker ini bermanfaat untuk mengatasi noda hitam, bekas pigmentasi kulit, atau bekas luka lainnya. Untuk membuat masker ini, bahan yang perlu kita siapkan adalah 2 sendok makan bubuk teh hijau, 2 sendok makan tepung besan, dan beberapa sendok air bunga mawar lalu semua bahan ini dicampur hingga merata. Masker ini bisa digunakan pada seluruh wajah hingga merata dan perlu didiamkan hingga kering selama sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat

  • Teh Hijau dan Madu

Tekstur daun teh hijau yang kasar membuatnya efektif juga untuk diolah menjadi scrub. Scrub ini efektif untuk mengangkat sel kulit mati, mengatasi komedo hitam dan putih, dan pastinya membuat wajah kita selalu terlihat segar. Untuk membuat scrub ini, kita hanya perlu mencampurkan beberapa lembar teh hijau dan beberapa tetes madu untuk membuat krim yang kental. Setelahnya, kita dapat menggunakannya pada seluruh wajah dengan memijat-mijatnya selama pelan kurang lebih 5 menit. Scrub ini aman untuk digunakan sebagai rutinitas sehari-hari.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Lidah Buaya

4. Kayu Manis

Kayu manis memiliki sejuta manfaat untuk berbagai hal dalam kehidupan kita, dan salah satunya efektif sebagai cara memutihkan wajah dengan bumbu dapur. Anti-bakteri yang ada pada kayu manis berfungsi untuk mengatasi jerawat, membuka pori-pori, mengeringkan jerawat, memperlancar sirkulasi oksigen agar kulit tetap sehat, dan tentu saja mengatasi berbagai permasalahan kulit lainnya.

  • Kayu Manis dan Yogurt

Dua bahan ini menjadi favorit untuk banyak orang karena memiliki banyak manfaat dan salah satunya dapat diolah menjadi masker yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit kita. Masker dengan bahan dasar kedua bahan alami ini ampuh untuk mengatasi komedo hitam, menjaga kulit agar tetap halus dan ternutrisi, serta membuat kulit semakin putih hanya dengan beberapa kali pemakaian. Untuk membuat masker ini, bahan yang perlu kita siapkan adalah ⅟2 sendok teh bubuk kayu manis serta 2 sendok teh yogurt tawar yang akan kita campurkan hingga merata. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah yang telah dibersihkan dan perlu didiamkan selama 20 menit hingga mengering dan setelahnya dibilas menggunakan air hangat.

Baca juga: Sabun Pemutih Wajah

  • Kayu Manis dan Lemon

Untuk membuat masker ini, bahan-bahan yang perlu kita siapkan adalah: ⅟2 sendok teh bubuk kayu manis, 2 sendok teh lemon, ⅟2 pala bubuk, dan 1 sendok teh madu dan semua bahan ini dicampurkan hingga merata. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya hingga mengering selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Masker ini sangat efektif untuk memutihkan kulit, menyamarkan bekas luka, komedo, serta ruam.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, antara lain: memperlancar peredaran darah, meningkatkan produksi darah pada tubuh, meregenerasi sel kulit, mencegah penuaan dini, serta menjaga tubuh agar tetap muda. Tahukah kalian bahwa bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk melakukan perawatan wajah

Bawang putih bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dari bakteri, menyembuhkan luka pada kulit, serta memutihkan warna kulit. Untuk membuat masker berbahan dasar bawang putih ini, kita hanya perlu menyiapkan 6 siung bawang putih yang sudah dihaluskan dan madu secukupnya untuk membuat krim yang kental. Setelah kedua bahan ini tercampur rata, maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya hingga mengering selama kurang lebih 15-20 menit.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Air Garam

Sponsors Link

6. Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan terefektif untuk memutihkan wajah yang disebabkan menghitamnya kulit karena dipengaruhi banyak faktor, seperti: paparan sinar matahari, bekas luka, jerawat, iritasi kulit, alergi, ruam, faktor genetik, dan lain-lain. Tingginya kandungan sodium dan pH pada baking soda berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit secara maksimal dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, penggunaan baking soda secara rutin akan membuat kulit semakin putih, lembut, serta cerah.

  • Baking Soda dan Tepung Besan

Untuk membuat masker ini, kita juga perlu menambahkan oatmeal karena baking soda dan oatmeal sama-sama memiliki tekstur yang kasar sehingga mampu mengeksfoliasi kulit secara maksimal dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan mengaktifkan sel-sel kulit yang berfungsi untuk memutihkan kulit. Bahan yang perlu kita siapkan adalah 4-5 sendok makan oatmeal, 1 sendok madu, dan 2-3 sendok teh baking soda dan semua bahan ini dicampurkan secara merata hingga membentuk krim yang kental. Masker yang sudah siap dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan dibiarkan selama 10-15 menit kemudian dibilas dengan air bersih agar wajah bersih kembali.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

  • Baking Soda dan Stroberi

Masker yang merupakan perpaduan dua bahan ini berfungsi untuk menyingkirkan kotoran, sebum, dan berbagai kotoran lainnya pada kulit sehingga kulit tetap bersih dan mengontrol produksi melanin agar tidak terlalu banyak. Bahan yang perlu kita siapkan dalam membuat masker ini adalah 1 buah stroberi yang sudah dihaluskan dan 1 sendok makan baking soda. Setelah kedua bahan ini tercampur dengan rata, maka kita bisa menggunakannya pada bagian yang terinfeksi dan perlu didiamkan selama 5-10 menit hingga mengering. Setelah mengering, maka kita bisa membilasnya dengan air dingin sebelum kita keringkan lagi menggunakan handuk hangat.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Baking Soda

7. Kopi

Setiap mendengar kata kopi, yang teringat pastilah tingginya kandungan kafein di dalamnya. Kafein bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga orang lebih fokus dan waspada terhadap sekelilingnya. Hal yang sama juga akan kita dapatkan dengan menggunakan kopi untuk kecantikan kulit yang berarti untuk memperlancar peredaran darah sehingga kulit semakin sehat dan cerah. Kafein juga mengandung anti-oksidan yang kuat dan berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit, membersihkan kotoran pada pori-pori, serta menyamarkan noda hitam serta bekas jerawat secara efektif.

Untuk masker kopi, kita memerlukan bahan alami lainnya agar hasilnya lebih maksimal, yaitu susu. Penggunaan masker kopi secara rutin ini berfungsi untuk memutihkan dan mencerahkan wajah kita dalam waktu yang singkat. Untuk membuatnya, kita perlu mencampurkan bubuk kopi dan susu segar hingga merata dan setelah siap dapat digunakan pada seluruh bagian wajah. Ketika digunakan pada wajah, sebelumnya kita perlu membasahi wajah dengan air hangat agar pori-pori dapat terbuka. Setelah dioleskan merata pada wajah, maka kita perlu mendiamkannya hingga mengering selama kurang lebih 20 menit dan kemudian bisa dibilas menggunakan air bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Ampas Kopi

8. Tepung Besan

Tepung besan merupakan salah satu tepung yang sudah lazim digunakan di India dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Tepung besan juga dikenal sebagai eksfoliator yang efektif karena bisa memutihkan dan mencerahkan kulit dalam waktu yang singkat. Tepung besan juga bisa diolah menjadi masker wajah yang pastinya aman untuk digunakan sebagai rutinitas sehari-hari.

  • Tepung Besan dan Krim

Untuk membuat masker yang lembut ini, kita hanya memerlukan dua bahan alami sebagai bahan dasarnya. Bahan yang perlu kita siapkan adalah 1 sendok makan tepung besan, 1 sendok makan krim, ⅟2 sendok teh madu, serta 2-3 tetes jus lemon. Setelah bahan-bahan tadi tercampur dengan rata dan mengental, maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah. Setelah dioleskan, maka kita perlu menunggunya hingga mengering selama kurang lebih 20 menit dan kemudian kita bisa membilasnya dengan air hangat. Masker ini aman untuk dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu dan cocok untuk digunakan pada tipe kulit kering. Setelah perawatan ini selesai dilakukan, dianjurkan untuk memakai pelembab untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

ads
  • Tepung Besan dengan Timun dan Kentang

Campuran kentang dan timun pada masker ini berperan sebagai astringen yang diketahui efektif untuk memutihkan kulit. Selain itu, timun merupakan solusi yang efektif untuk mengatasi lingkaran hitam pada mata. Bahan yang perlu kita siapkan untuk membuat masker ini adalah 4 sendok makan tepung besan, 2 potong timun dengan kulitnya, serta 2 tetes jus lemon. Untuk membuat masker ini, pertama-tama kita perlu menghaluskan semua bahan dan mencampurkannya hingga mengental. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya secara merata pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, masker ini dapat dibiarkan semalaman dan baru dibilas keesokan harinya.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Tomat, Cara Memutihkan Wajah dengan Belimbing Wuluh

9. Gula

Gula merupakan salah satu bumbu dapur yang efektif untuk mengembalikan warna kulit dan meningkatkan kecerahannya. Selain itu, tekstur gula yang kasar efektif untuk mengeksfoliasi kulit dan membersihkannya secara maksimal. Perawatan menggunakan gula pun tidak perlu memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.

  • Gula dengan Minyak Sayur

Perpaduan gula dengan minyak sayur bermanfaat untuk membersihkan kulit lebih maksimal. Olive oil juga bisa ditambahkan dalam pembuatan masker ini yang bermanfaat untuk melembutkan kulit kita. Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan gula dengan minyak sayur hingga rata dan menggunakannya pada bagian wajah yang kita inginkan. Setelah dioleskan pada wajah, kita perlu mendiamkannya selama 3-4 menit agar kandungannya dapat terserap oleh wajah dengan baik. Setelah itu, kita bisa membilasnya dengan air hangat agar wajah kembali bersih.

  • Gula dengan Lemon dan Madu

Perpaduan ketiga bahan ini memiliki fungsinya masing-masing, di mana lemon untuk meningkatkan warna kulit dan mengencangkan pori-pori, gula untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, dan madu untuk mencegah timbulnya jerawat. Untuk membuat masker ini, kita perlu mencampurkan ketiga bahan ini dengan merata dan kental. Sebelum kita menggunakan masker ini pada wajah, sebaiknya kita mencuci wajah terlebih dahulu dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Setelah wajah dikeringkan, maka kita bisa menggunakan masker ini pada seluruh bagian wajah kecuali bagian mata dan mulut. Setelah dioleskan merata, maka kita perlu mendiamkannya hingga mengering selama kurang lebih 10 menit dan kemudian bisa membilasnya dengan air dingin hingga kering.

Baca juga:

10. Asam Jawa

Bumbu dapur yang satu ini pasti sudah tidak lagi asing bagi kita karena kelezatan rasa yang diberikannya pada tiap masakan. Tahukah kalian kalau asam jawa termasuk dalam cara memutihkan wajah dengan bumbu dapur yang efektif? Asam jawa terbukti bisa meningkatkan warna kulit dan memutihkannya dalam waktu yang singkat. Selain itu, asam juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah kita. Namun, penggunaan asam jawa ini tidak disarankan untuk orang dengan tipe kulit yang sensitif karena dapat menyebabkan iritasi. Untuk mengetahui apakah kulit kita bisa mentolerir penggunaan asam jawa, kita bisa melakukannya dengan mengoleskan asam jawa pada bagian belakang telinga.

Untuk membuat asam jawa sebagai perawatan wajah, kita bisa mengolahnya menjadi jus asam yang dapat kita konsumsi sehari-hari. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan 3 buah asam jawa yang telah dibuang bijinya kemudian direndam dengan air hangat. Apabila dirasa terlalu kental, maka kita bisa menambahkan air secukupnya sampai dirasa pas.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Kunyit

11. Cengkih

Cengkih adalah bumbu dapur terakhir yang akan kita gunakan untuk memutihkan wajah. Cengkih mengandung anti-septik yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri pada kulit sehingga meminimalisir datangnya berbagai permasalahan kulit pada wajah kita. Selain itu, fugenol pada cengkih bermanfaat untuk menyamarkan noda hitam sehingga kulit terlihat lebih bersih.

Sebagai perawatan wajah, kita bisa mengolah cengkih sebagai masker yang dapat kita gunakan sebagai rutinitas sehari-hari. Bahan yang perlu kita siapkan adalah 3 batang cengkih dan 6-7 lembar daun mint yang perlu kita haluskan terlebih dahulu sebelum dicampurkan merata menggunakan air. Setelah masker siap, kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dengan merata dan mendiamkannya hingga mengering selama kurang lebih 15 menit. Setelah perawatan ini selesai, disarankan untuk menggunakan toner atau pelembab untuk memaksimalkan hasil yang akan kita dapat.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Setelah Berenang

Nah itu tadi adalah beberapa cara memutihkan wajah dengan bumbu dapur yang dapat kita lakukan untuk rutinitas perawatan wajah kita. Mudah bukan? Tentunya pasti sudah tidak ada alasan untuk menunda-nunda perawatan wajah lagi dong. So, what are you waiting for? Start the beauty from yourself.

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal