Sponsors Link

11 Cara Memutihkan Wajah dengan Cuka Apel Secara Aman

Sponsors Link

Dari sekian banyak kualifikasi cantik, memiliki kulit wajah putih adalah salah satu kualifikasi yang paling dikejar oleh masyarakat, tak hanya kaum Hawa tapi juga kaum Adam. Setelah memiliki kulit wajah putih barulah masyarakat akan mengupayakan kualifikasi lainnya seperti kesehatan, bentuk tubuh, dan lainnya.

ads

Hal ini sudah terjadi secara turun temurun sejak jaman nenek moyang kita terdahulu. Mereka bahkan telah banyak meninggalkan harta warisan berharga berupa kiat-kiat apa saja yang bisa dilakukan untuk memutihkan kulit wajah, untuk kita para keturunannya. Mulai dari menjaga pola hidup yang baik, hingga ramuan-ramuan serta treatment-treatmen lainnya yang sampai saat ini masih kerap digunakan dan dikembangkan dalam penelitian-penelitian oleh ilmuan.

Baca juga:

Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggunakan sari cuka apel sebagai bahan utama untuk memutihkan kulit wajah. Cuka apel bukan tanpa sebab di sebut-sebut sebagai salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan untuk memutihkan wajah. Di dalamnya terkandung senyawa dan vitamin-vitamin yang dapat menyulap wajah kita menjadi lebih putih bersinar.

Berikut adalah kandungan yang terdapat di dalam cuka apel:

  1. Asam Amino: Beberapa komponen asam amino dapat membentuk protein yang sangat membantu perbaikan pada jaringan jika terjadi kerusakan atau luka. Selain itu asam amino juga dapat meregenerasi dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dan yang terpenting juga dapat mengurangi pembentukan melamin yang menyebabkan kulit berwarna coklat atau hitam.
  2. Kalium (Potasium): Salah satu fungsi kalium terhadap kecantikan adalah untuk menjaga kelembaban sel-sel kulit dan menyeimbangkan pH dalam tubuh.
  3. Magnesium: Menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan lentur serta meredakan iritasi maupun rasa sakit saat wajah berjerawat.
  4. Kalsium: Kalsium berperan dalam pembaharuan sel dan tingkat lipid. Kemudian memiliki efek sebagai antioksidan yang dapat melawan radang bahkan penuaan dini.
  5. Beta karoten: Beta karoten sangat dibutuhkan tubuh untuk mengaktifkan vitamin A yang juga dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu beta karoten juga sangat membantu dalam pencegahan eritema imbas UV dan lebih meningkatkan pertahanan wajah terhadap paparan sinar matahari.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Daun Jambu.

Dengan kandungan-kandungan yang terdapat di dalam sari cuka apel tersebut sangat memungkinkan kita untuk menjaga dan memutihkan kulit wajah secara alami dan sehat. Berikut pembahasan cara memutihkan wajah dengan cuka apel yang dapat Anda lakukan:

1. Toner Wajah Cuka Apel

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa sari cuka apel ini memiliki beberapa kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan pada kulit saat berjewarat. Dengan kandungan tersebut, cuka apel dapat dimanfaatkan sebagai toner wajah.

Cukup digunakan dengan cara mencampurkan dua sendok makan cuka apel dan empat sendok makan air bersih lalu usapkan secara lembut ke area kulit yang berjerawat dengan kain lembut atau kapas seperti saat menggunakan toner. Setelah kering bisa dilanjutkan dengan penggunaan pelembab seperti biasa. Keasaman dari cuka ini dapat lebih cepat mengeringkan jerawat dan meregenerasi dengan kulit baru yang lebih sehat. Lakukan treatment ini setiap pagi dan malam setelah mencuci wajah dengan sabun pencuci wajah.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Kentang.

2. Pembersih Wajah Cuka Apel

Cuka apel juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih wajah. Pertama-tama siapkan sari cuka apel dan air hangat, lalu campurkan kedua bahan tersebut dan usapkan secara merata pada wajah kita yang sudah dibersihkan dengan sabun pemutih wajah. Lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Obat Luka Bakar Matahari

Sari cuka apel dapat menjadi salah satu pertolongan pertama saat wajah kita terbakar akibat terlalu lama terpapar matahari. Caranya dengan mengencerkan sari cuka apel dengan air lalu tepuk-tepuk pelan pada area yang dibutuhkan.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Setelah Berenang.

Sponsors Link

4. Masker Cuka Apel dan Tanah Liat

Pertama-tama pastikan wajah dalam keadaan bersih. Lalu siapkan tiga sendok sari cuka apel dan 3 sendok tanah liat penyembuh (bisa digantikan dengan baking soda). Setelah bahan tersebut dicampur menjadi satu, oleskan perlahan ke area wajah dan diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Penggunaan yang rutin akan menghasilkan wajah yang bersinar karena treatment ini dapat membersihkan pori-pori dan mendetoksifikasi kulit.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Belimbing Wuluh.

5. Masker Kompres Cuka Apel

Penggunaan masker kompres cuka apel ini membantu untuk membuat kulitmu terlihat lebih bersih dan meminimalisir peradangan pada jerawat. Caranya, buatlah larutan cuka apel dengan mencampur dua sendok makan cuka apel dengan dua sendok makan air, lalu basahi kapas ke dalam larutan cuka apel yang sudah dibuat, kompreskan kapas tersebut ke seluruh permukaan wajah kecuali mata, hidung, dan mulut selama sekitar 25 menit. Setelah larutan cuka apelnya dirasa sudah menyerap ke wajah, angkat kapasnya dan tepuk-tepuk pelan wajah kita supaya larutan sisanya lebih menyerap lagi lalu bilas wajah dengan air bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan KomedoCara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis.

6. Cuka Apel dan Jus Tomat

Cuka Apel yang dikombinasikan dengan jus tomat sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari dan mengembalikan warna kulit sehingga tidak belang. Caranya sangat mudah, hanya dengan mencampurkan cuka apel dengan jus tomat lalu gunakan sebagai masker pada wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan TomatCara Menghilangkan Flek Hitam.

7. Cuka Apel dan Minyak Esensial

Campuran cuka apel dan minyak esensial dapat menumpas jerawat dan juga mampu menghilangkan bekas luka. Campurkan kedua bahan tersebut lalu aplikasikan pada wajah secara rutin. Anda akan mendapatkan wajah yang bersih, bebas jerawat dan cantik merona.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Minyak Zaitun.

8. Masker Cuka Apel dan Baking Soda

Jika cuka apel yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri dan menyeimbangkan kadar pH kulit dan baking soda sebagai bahan eksfoliator dikombinasikan, maka akan sangat untuk mengatasi jerawat. Caranya dengan mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan dua sampai tiga sendok makan baking soda hingga rata. Kemudian aplikasikan masker ini ke wajahmu dengan menggunakan jari. Lalu diamkan selama sampai seluruh cairan terserap oleh wajah dan masker mengering hingga kulit terasa kencang. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih dan gunakan pelembab wajah seperti biasa. Untuk hasil maksimal lakukan secara rutin seminggu sekali.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Baking Soda.

ads

9. Masker Cuka Apel dan Bawang Putih

Kemampuan bawang putih dalam mengusir jerawat sudah sangat melegenda dan terbukti keampuhannya, ditambah dengan cuka apel sebagai kombinasi masker maka akan menjadi perawatan terbaik yang tak hanya mengusir jerawat tapi juga mencerahkan kulit wajah.

Pertama-tama, siapkan beberapa siung bawang putih, haluskan dan ambil sarinya. Lalu tambahkan cuka apel dengan takaran yang sama, aduk hingga tercampur rata. Dan masker pun siap untuk dipakai. Oleskan masker ini ke bagian kulit yang berjerawat dengan kapas. Biarkan cairannya terserap hingga 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bumbu Dapur.

10. Masker Cuka Apel dan Lidah Buaya

Siapkan bahan-bahannya, yakni cuka apel, air, dan gel lidah buaya (bisa diganti minyak kelapa atau jojoba oil) secukupnya. Lalu campurkan bahan-bahan tersebut dalam satu wadah, setelah tercampur rata oleskan pada bagian kulit yang berjerawat sambil di pijat lembut dengan gerakan melingkar. Setelah didiamkan selama 15-20 menit, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan. Lalu gunakan moisturizer khusus untuk kulit berjerawat. Lakukan dengan rutin untuk hasil maksimal.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Lidah BuayaCara Memutihkan Wajah dengan Alpukat.

11. Masker Cuka Apel dan Madu

Satu lagi kombinasi masker untuk pembasmi jerawat yang membandel dengan menggunakan madu dan sari cuka apel. Sebelum menggunakan masker ini bersihkan dulu wajah dengan membasuh wajah menggunakan air hangat dan cleanser sambil dipijat perlahan dengan gerakan melingkar. Setelah itu lakukan eksfoliasi menggunakan baking soda supaya kotoran dan sel-sel kulit mati terangkat. Kemudian uapi wajah selama tiga menit di atas baskom yang sudah diisi air hangat.

Setelah wajah siap, kita bisa langsung mengaplikasikan dua sendok makan madu ke wajah dengan mengoleskan dan memijatnya secara lembut dengan gerakan melingkar kecil-kecil. Lakukan terus hingga madu terasa lengket di wajah lalu diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Setelah itu oleskan campuran satu sendok makan cuka apel dan satu sendok makan air bersih ke wajah dengan menggunakan kapas arah ke atas.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Madu.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Meskipun kandungan dan khasiatnya sangat menguntungkan bagi kesehatan dan dapat memutihkan wajah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaannya. Baik dari segi kandungan dalam cuka apel maupun keadaan penggunanya. Sebelum menggunakannya kita harus terlebih dahulu memahami apa itu cuka apel dan bagaimana cuka apel bisa terbentuk. Cuka apel terbentuk dari dua cara.

Pertama, cuka apel yang terbentuk dari hasil fermentasi sari apel; kedua cuka apel yang terbentuk dari sari apel beralkohol (cider). Tentunya cuka apel yang kedua ini terlarang bagi para muslim karena memiliki kadar alkohol mencapai 5.85%. Bagi konsumen yang seorang muslim sebaiknya menggunakan cuka apel yang pertama karena tidak mengandung alkohol dan jelas halal untuk dikonsumsi.

Baca juga: Cara Mencerahkan WajahCara Memutihkan Wajah Pria.

Kemudian karena cuka apel memiliki zat keasaman yang cukup tinggi, sebaiknya penggunaan cuka apel ini disesuaikan dengan kondisi kulit wajah atau konsultasikan dulu kepada dokter yang lebih memahami. Karena jika salah mencampurkan atau salah waktu dan penggunaannya malah dapat memperburuk kondisi wajah. Selain itu jika wajah kalian termasuk dalam kategori wajah yang sensitif dan mudah terkena iritasi sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan sari cuka apel.

Sekian pembahasan mengenai cara memutihkan wajah dengan cuka apel ini semoga bermanfaat dan dimanfaatkan secara bijak oleh para pembaca sekalian.

Sponsors Link
, , , , , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips Cara