Sponsors Link

6 Cara Memutihkan Wajah dengan Daun Binahong Secara Tepat

Sponsors Link

Banyaknya jerawat yang muncul pada wajah sering kali membuat kita gemas ingin memencetnya dengan tujuan agar jerawat tersebut cepat hilang. Namun tahukah kalian jika perbuatan tersebut justru akan memperparah kondisi wajah, yaitu menimbulkan bekas luka akibat jerawat yang dipercaya juga akan menurunkan kecantikan kulit kita? Lalu, solusi apa yang tepat untuk mengatasi solusi ini?

ads

Berbagai cara sering wanita lakukan untuk mengatasinya, mulai dari mencoba berbagai produk kosmetik yang menjanjikan mampu membuat kita lebih cantik, seperti: krim pemutih, suntik pemutih wajah, sabun pemutih wajah, dan lain-lain. Namun, sering kali berbagai produk kecantikan ini justru memperparah keadaan kulit kita karena kulit yang sedang dalam keadaan meradang dan terpapar kandungan bahan kimia yang sejatinya akan semakin membahayakan kesehatan kulit wajah.

Saat ini, kita tidak perlu pusing memikirkan solusi apa yang tepat untuk permasalahan ini karena kita bisa dengan mudah mengolah berbagai bahan alami yang berada di sekitar kita untuk dijadikan sebagai rutinitas perawatan kulit wajah. Rutinitas perawatan wajah yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan masker pemutih wajah, dan kita bisa menggunakan berbagai bahan alami mulai dari air mawar, timun, buah,  putih telur, bumbu dapur, hingga dedaunan. Nah kali ini, kita akan membahas perawatan wajah yang pastinya aman dengan menggunakan dedaunan, lebih tepatnya daun binahong. Apakah kalian sudah mengenal daun ini?

daun binahongDaun Binahong (Boussingaultra Cordifolia) berasal dari daerah Tiongkok ini lebih dikenal dengan nama Dheng San Chi. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan yang luar biasa karena semua bagiannya bisa digunakan, mulai dari akar, batang, hingga daunnya. Tanaman yang masih satu famili dengan gondola ini mudah ditemukan pada pagar karena cara hidupnya yang merambat. Daun dari tanaman binahong ini sudah cukup terbukti akan keampuhannya mengatasi berbagai permasalahan, mulai dari yang berhubungan dengan kesehatan tubuh kita sampai kesehatan kulit wajah.

Selain bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah, daun binahong ini juga sangat efektif untuk mengatasi jerawat yang membandel pada kulit wajah. Hal ini terbukti dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya, seperti: flavonoid, terpempid, saponin, dan yang terpenting adalah adanya minyak atsiri yang sangatlah efektif untuk mengatasi bakteri propionium acne, yaitu bakteri yang menyebabkan jerawat. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Dedaunan.

Cara memutihkan wajah dengan daun binahong sangatlah efektif karena kita bisa menggunakannya dari luar maupun dalam tubuh, lebih tepatnya dengan mengolah daun binahong ini menjadi minuman atau masker wajah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengolah daun binahong yang pastinya praktis dan mudah dilakukan:

1. Air Rebusan Daun Binahong

Untuk membuat rebusan daun binahong yang perlu kita lakukan sangatlah mudah karena kita hanya perlu menyiapkan kurang lebih 8 lembar daun binahong yang sudah dicuci bersih serta 2 gelas air putih atau secukupnya. Setelahnya, kita bisa merebus kedua bahan ini hingga mendidih dan bisa mengonsumsinya secara rutin sebanyak 1 gelas tiap harinya. Selain itu, mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan meminimalisir kita terserang berbagai penyakit.

Baca juga:

2. Masker Daun Binahong

Mengolah daun binahong sebagai masker sangatlah mudah karena yang perlu kita lakukan adalah menghaluskan beberapa lembar daun binahong dan menggunakannya pada bagian yang berjerawat. Setelahnya kita perlu membilasnya dengan air dingin agar wajah kembali bersih dan pori-pori tertutup sehingga kotoran tidak akan menempel pada kulit wajah. Perawatan dengan masker ini bisa dilakukan rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam waktu yang singkat.

Sponsors Link

3. Daun Binahong dan Madu

Membuat masker wajah dengan berbahan dasar daun binahong dan madu ini sangat efektif untuk membuat kulit wajah menjadi lebih halus daripada sebelumnya. Untuk membuat masker ini, yang perlu kita lakukan sangatlah mudah yaitu menghaluskan 1 genggam daun binahong dan mencampurkannya dengan madu hingga merata. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya selama kurang lebih 15 menit hingga mengering. Masker yang sudah mengering ini kemudian bisa kita bilas dengan air agar wajah kembali bersih. Penggunaan masker binahong yang satu ini disarankan untuk dilakukan pada saat malam hari sebelum tidur dan baru dibilas keesokan harinya agar kita bisa memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Madu, Cara Memutihkan Wajah dengan Ampas Kopi.

4. Daun Binahong dan Yogurt

Cara memutihkan wajah dengan daun binahong berikutnya adalah dengan mengolahnya menjadi masker wajah yang bisa kita lakukan secara rutin tiap minggunya. Bahan utama masker wajah ini bukan hanya daun binahong, tapi juga yogurt dan jus lemon yang akan kita campur hingga merata. Masker ini bisa kita gunakan pada seluruh bagian wajah yang disertai dengan memijat-mijatnya secara lembut agar kandungan yang terdapat pada masker ini dapat terserap dengan baik oleh kulit wajah. Setelahnya, kita perlu mendiamkan masker ini hingga mengering selama kurang lebih 15 menit kemudian membilasnya dengan air dingin agar pori-pori wajah kembali tertutup.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Yogurt.

5. Remasan Daun Binahong

Cara memutihkan wajah dengan daun binahong lainnya adalah dengan meremas-remas beberapa lembar daun binahong hingga keluar sarinya yang kemudian sarinya bisa kita gunakan merata pada seluruh bagian wajah. Setelahnya, kita perlu menunggu sari ini hingga mengering selama kurang lebih 20 menit dan kemudian kita bisa membilasnya dengan air agar wajah kembali bersih. Kita bisa melakukan perawatan ini setidaknya sebanyak 3 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam waktu yang singkat.

Meski daun binahong ini termasuk bahan alami, daun ini juga dapat menimbulkan efek samping sehingga disarankan tidak terlalu lama menggunakan daun binahong pada wajah karena dapat menimbulkan reaksi kemerahan atau rasa gatal, terutama bagi kulit wajah yang sensitif terhadap getah daun. Apabila reaksi ini muncul, maka sebaiknya hentikan pemakaian dan gunakan perawatan wajah menggunakan bahan alami lainnya, seperti: alpukat, kunyit, air garam dan lain-lain.

Sponsors Link

Baca juga:

6. Pembersih Wajah

Selain meredakan jerawat dengan rebusan air daun binahong, kita juga bisa menggunakan daun binahong ini sebagai pembersih wajah. Hal yang perlu kita lakukan adalah dengan mencuci wajah menggunakan rebusan air daun binahong, dan kita sudah bisa membuatnya hanya dengan bermodalkan sekitar 20 lembar daun binahong yang akan kita rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah air ini dingin, maka kita sudah bisa menggunakannya untuk membersihkan wajah dari segala kotoran yang menempel pada kulit wajah, dan bisa dilakukan saat sebelum mandi atau setelah berpergian dari luar rumah. Untuk memperoleh hasil yang maskimal, kita bisa menggunakan air rebusan daun binahong ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

Baca juga:

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Selain untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah kita, daun binahong juga memberikan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh kita yang pastinya meminimalisir kita terserang berbagai penyakit yang dampak berakibat fatal, seperti:

1. Asam Urat

Mengonsumsi rebusan air daun binahong dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit, dan salah satunya adalah mengatasi asam urat yang sering kali juga menyebabkan sendi kita menjadi sakit apabila kadar asam uratnya melampaui batas normal. Daun binahong sendiri bermanfaat untuk menghancurkan kristal yang disebabkan asam urat dan mencegahnya untuk menjadi lebih parah.

2. Maag

Ketika pekerjaan menumpuk dan deadline saling berkejar-kejaran, sering kali badan kita menjadi terlalu lelah dan melupakan kebutuhan untuk makan. Melupakan kebutuhan yang satu ini dapat berdampak fatal untuk kesehatan kita, yaitu naiknya kadar asam lambung sehingga maag kita pun menjadi kumat. Selain itu, ketika maag kumat makanan yang masuk ke dalam tubuh justru akan terasa sakit dan mengganggu kegiatan kita.

ads

Pada kasus yang lebih parah, penderita penyakit maag bahkan bisa sampai dapat diopname di rumah sakit. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi di saat kita dikejar deadline, bukan? Nah saat ini kita tidak perlu memusingkan obat apa yang tepat untuk mengatasi penyakit yang satu ini karena mengonsumsi air rebusan daun binahong pun sudah efektif untuk mengatasinya.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Bekas Jerawat.

3. Kolesterol

Pola makan yang kurang sehat sering kali membuat kadar kolesterol menjadi tinggi, dan lebih parahnya lagi dapat menyumbat pembuluh darah kita. Kolesterol yang tinggi pun dapat membahayakan dan menyerang bagian tubuh lainnya, seperti kita bisa mendapat serangan jantung atau mengalami stroke. Untungnya kita tidak perlu memusingkan lagi hal ini karena dengan mengonsumsi air rebusan daun kelor secara rutin akan membantu kita mendapatkan kembali kadar kolesterol yang normal seperti sedia kala.

4. Mengobati Luka

Kandungan lainnya yang terdapat pada daun binahong adalah anti mikroba, yaitu salah satu zat pada daun binahong yang sangat efektif untuk menangani luka bakar atau terkena benda tajam. Kandungan anti-mikroba yang terdapat pada daun binahong membuatnya efektif sebagai obat luka dan meminimalisir terjadinya infeksi pada luka tersebut. Tidak ketinggalan pula adanya asam askorba yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Untuk menggunakan daun binahong sebagai obat luka sangatlah mudah karena yang perlu kita lakukan adalah menempelkan beberapa lembar daun binahong yang sudah dihaluskan pada bagian kulit yang terluka dan ditunggu hingga kering sebelum dibersihkan dengan air.

5. Mencegah Penuaan Dini

Tingginya kandungan anti-oksidan pada daun binahong membuatnya memiliki peran penting untuk menangkal berbagai zat radikal bebas yang dapat menyerang tubuh maupun kulit kita yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Untuk mencegah hal ini, yang perlu kita lakukan adalah meminum air rebusan daun binahong secara rutin, tepatnya tiap bangun tidur. Selain menangkal zat radikal bebas, mengonsumsi rebusan air daun binahong secara rutin sangatlah bermanfaat untuk meminimalisir timbulnya penyakit yang ditimbulkan virus atau bakteri.

Baca juga: Tips Awet Muda dan Cantik.

6. Obat Sariawan

Sariawan yang sudah memasuki tahap kronis tentu saja dapat memberikan dampak buruk pada bagian tubuh lainnya, seperti menimbulkan luka parah pada mulut dan daerah sekitarnya. Untuk mengatasi hal ini, kita sudah tidak perlu berpusing-pusing lagi karena kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong dalam keadaan dingin, dan tidak dianjurkan dalam keadaan panas karena dapat memperburuk keadaan sariawan.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

7. Melancarkan Pencernaan

Kandungan pada daun binahong mampu mengontrol kerja alat pencernaan sehingga akan meminimalisir terjadinya diare atau sembelit. Selain itu, daun binahong juga ampuh untuk mengatasi wasir karena kandungannya yang mampu melemaskan otot pada anus yang semula membengkak dan sedikit demi sedikit sakitnya pun akan berkurang.

Bukan hanya penyakit yang berat saja, daun binahong ini juga efektif untuk menangani berbagai penyakit yang masih dalam tahap ringan, seperti: gusi berdarah, mimisan, luka bakar, kelancaran haid, serta menjaga stamina tubuh. Apabila kita tidak punya banyak waktu untuk menumbuk daun binahong untuk dapat digunakan sebagai perawatan wajah, kita tidak perlu mencemaskan lagi mengenai hal ini karena saat ini sudah banyak di luar sana yang menjual teh daun binahong sehingga kita hanya perlu menyeduhnya sewaktu-waktu di saat kita merasa perlu melakukan perawatan dengan berbahan dasar daun binahong ini.

Namun perlu diingat, mengonsumsi daun binahong terlalu berlebihan pun tidak disarankan karena dapat menimbulkan efek samping pada tubuh kita, seperti: denyut jantung yang tidak teratur, sakit kepala, gelisah, maupun insomnia. Untuk itulah sangat disarankan untuk mengonsumsi daun binahong dalam batas sewajarnya saja. Selain itu, penggunaan daun binahong tidak disarankan untuk ibu hamil atau ibu menyusui. Mengonsumsi daun binahong juga dianjurkan tidak dibarengi dengan stimulan lainnya, seperti kopi, teh, atau kacang karena dapat berdampak buruk, yaitu menyebabkan nyeri dada bahkan bisa berujung hingga kematian.

Baca juga:

Nah itu tadi adalah penjelasan mengenai penggunaan dan sejuta manfaat yang kita dapatkan dengan menggunakan daun binahong secara rutin, dan tidak lupa juga harus menggunakan daun binahong sesuai batas sewajarnya. So, are you ready to get healthier and prettier? So, what are you waiting for? Start the change from yourself.

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal