Sponsors Link

9 Cara Memutihkan Wajah dengan Gula Secara Praktis

Sponsors Link

Tidak dapat dipungkiri jika wajah yang bersih, putih, serta lembut merupakan wajah idaman untuk banyak orang. Kondisi wajah yang seperti ini bahkan sering dikatakan sebagai kriteria wajah sempurna. Tidak jarang juga orang berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan penampilan wajah yang “sempurna” ini.

ads

Untungnya, untuk merawat kulit wajah kita saat ini bisa dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan berbagai produk kecantikan yang mengklaim mampu membuat kita lebih tampil cantik hanya dalam waktu singkat, perawatan secara medis yang tentu saja berada di bawah pengawasan ahlinya atau dermatologis, serta perawatan menggunakan berbagai bahan alami yang pastinya aman meski digunakan dalam jangka waktu lama. Tentu saja kita tahu bahwa menggunakan bahan alami sebagai cara memutihkan wajah adalah cara terbaik untuk dilakukan secara rutin. Nah kali ini, kita akan membahas cara memutihkan kulit wajah menggunakan salah satu bahan alami.

Baca juga:

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai perawatan wajah ini bermacam-macam, mulai dari bumbu dapur, dedaunan, buah-buahan, hingga sayuran. Kali ini kita akan menggunakan salah satu bumbu dapur, yang pastinya mudah didapat – baik di dapur maupun di supermarket terdekat. Wah kira-kira apa yang kita gunakan kali ini ya?

Baca juga:

Jenis-jenis Gula

Yup benar, kali ini kita akan melakukan perawatan wajah – lebih tepatnya memutihkan wajah menggunakan gula. Gula? Kenapa gula? Meski kelihatannya sangat sederhana, salah satu bumbu dapur ini merupakan eksfoliator alami terbaik dan tidak menimbulkan efek samping apapun. Menggunakan gula sangatlah aman untuk digunakan pada jenis kulit apapun, kecuali kita memang alergi terhadap gula atau kita memiliki penyakit diabetes.

Menggunakan gula sebagai perawatan wajah kita merupakan pilihan yang tepat karena butiran gula yang lebih halus daripada garam sehingga tidak menimbulkan luka pada wajah. Gula juga dapat memenuhi kebutuhan air pada kulit sehingga kulit tetap lembab dan tidak menimbulkan efek mengeringkan kulit seperti halnya yang terjadi ketika kita menggunakan garam sebagai perawatan wajah. Selain itu, tingginya kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) pada gula berfungsi untuk meregenerasi sel kulit lebih cepat dan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan semakin tampak putih dan meminimalisir terjadinya penuaan dini.

Baca juga:

Seperti yang kita tahu, gula yang beredar di Indonesia terdiri dari berbagai jenis, namun hanya 2 di antara berbagai jenis tersebut yang paling sering digunakan untuk memutihkan kulit, yaitu: gula pasir dan brown sugar. Secara umum, kedua jenis gula ini hampir sama hanya brown sugar melalui proses pewarnaan molasses – yaitu zat mengandung banyak vitamin B dan berfungsi untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari secara berlebihan. Tekstur dari brown sugar sendiri lebih halus daripada gula pasir sehingga meminimalisir terlukanya kulit karena tekstur dari gula itu sendiri. Oleh karena itu, brown sugar lebih sering digunakan sebagai face scrub sedangkan gula pasir lebih sering digunakan untuk body scrub.

Home-made Sugar Face Scrub

Setelah kita mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada gula serta jenis gula apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk memutihkan warna kulit, sekarang saatnya kita untuk mencari tahu bagaimana cara memutihkan wajah dengan gula. Tidak seperti pada berbagai cara memutihkan wajah dengan menggunakan bahan alami sebelumnya, kali ini kita akan mengolah gula sebagai face scrub – bukan sebagai masker wajah; dan yang pastinya sama-sama efektif untuk digunakan sebagai perawatan wajah.

Mengolah gula menjadi face scrub juga bisa ditambahkan dengan berbagai bahan alami lainnya sehingga manfaat yang kita dapat bisa lebih optimal. Hmm… kira-kira bahan alami apa ya yang bisa ditambahkan pada face scrub gula ini ya? Nah berikut adalah beberapa cara membuat face scrub yang pastinya mudah dan praktis untuk dilakukan:

Sponsors Link

1.Gula dan kopi

Kopi bukan hanya saja bermanfaat untuk minuman di pagi hari namun juga berfungsi untuk mengencangkan dan memutihkan kulit. Bahan yang kita butuhkan untuk membuat face scrub yang satu ini adalah ⅟2 gelas kopi, ⅟2 gelas cokelat bubuk, 1 sendok teh jus lemon, 2 gelas susu almond, dan ⅟2 sendok makan madu. Semua bahan ini perlu kita campur hingga rata dan setelah siap maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dengan cara memijat-mijatnya secara lembut. Setelahnya, kita perlu menunggu face scrub ini hingga mengering selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga wajah kembali bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Ampas Kopi

2. Gula dan kayu manis

Adanya tambahan kayu manis pada face scrub satu ini berfungsi untuk melembutkan serta mencerahkan kulit serta pastinya untuk memutihkan kulit wajah. Bahan yang kita butuhkan untuk membuat face scrub ini adalah 1 gelas brown sugar, 2 gelas gula pasir, 3 sendok teh kayu manis bubuk, serta minyak kelapa secukupnya. Semua bahan ini akan kita campur hingga rata kemudian kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah. Setelah kita mendiamkan face scrub ini hingga kering, kita perlu membilasnya dengan air hangat hingga bersih.

Baca juga: Cara Mencerahkan Wajah

3. Gula dan jahe

Seperti yang kita tahu pada cara memutihkan wajah dengan jahe, jahe berfungsi untuk melembutkan kulit serta memutihkan warna kulit wajah. Bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat face scrub ini adalah 2 gelas brown sugar, 3 sendok makan jahe bubuk, 5 sendok makan minyak zaitun, serta ⅟4 sendok pala bubuk dan semua bahan ini akan kita campur hingga merata. Face scrub yang sudah siap ini dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah dengan cara memijatnya secara lembut dan setelahnya perlu kita diamkan hingga mengering. Face scrub yang masih sisa bisa kita gunakan kembali dalam jangka waktu 6 bulan.

4. Gula dan madu

Seperti yang telah kita bahas pada cara memutihkan wajah dengan madu, madu memiliki peran anti-bacterial serta anti-oksidan yang tinggi dan berfungsi untuk melembabkan serta menutrisi kulit dan mampu meningkatkan warna kulit secara efektif. Bukan hanya madu, pada face scrub ini kita akan menambahkan minyak zaitun yang bermanfaat untuk membersihkan wajah secara maksimal dan meminimalisir pori-pori menjadi tersumbat. Berbagai bahan yang kita butuhkan untuk membuat face scrub ini adalah 2 sendok makan brown sugar, 2 sendok makan minyak zaitun, serta 1 sendok teh madu dan semua bahan ini akan kita campur hingga rata. Face scrub yang sudah siap ini dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan kita perlu mendiamkannya beberapa menit hingga mengering sebelum kita bilas hingga bersih. Kita bisa menggunakan face scrub ini setidaknya satu kali dalam seminggu.

Sponsors Link

5. Gula dan lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C dan zat flavonoid yang tinggi yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati secara maksimal sehingga kulit tetap bersih dan terbebas dari jerawat. Bukan hanya lemon, kita juga akan menambahkan madu pada face scrub ini yang berfungsi untuk melindungi wajah dari bahaya paparan sinar UV. Selain itu, madu juga berfungsi untuk membersihkan kulit secara maksimal dan mampu menyembuhkan sel-sel kulit yang rusak.

Bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat face scrub ini adalah 1 sendok makan gula, 1/4 sendok teh jus lemon, serta 1 sendok teh madu. Semua bahan ini perlu kita campur hingga rata dan setelahnya bisa kita gunakan pada seluruh bagian wajah dengan memijat-mijatnya lembut. Setelahnya, kita perlu mendiamkan face scrub ini hingga kering dan membilasnya dengan air hingga bersih.

Baca juga:

6. Gula dan minyak almond

Cara memutihkan wajah dengan gula berikutnya adalah memadukannya dengan minyak almond, di mana minyak almond memiliki banyak manfaat ketika digunakan untuk perawatan wajah, seperti: menyamarkan bekas pigmentasi, meningkatkan warna kulit, mengembalikan warna kulit yang gelap, melembutkan dan menutrisi kulit, serta membersihkan kulit secara maksimal. Berbagai bahan yang kita butuhkan untuk membuat face scrub ini adalah 1 gelas brown sugar, sepertiga gelas minyak almond, serta ⅟2 sendok teh minyak vitamin E. Semua bahan ini akan kita campur hingga rata dan setelahnya dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah. Sisa dari face scrub ini bisa kita simpan dan bisa digunakan kembali dalam jangka waktu 2 bulan.

Baca juga:

7. Gula dan baking soda

Seperti yang kita tahu pada cara memutihkan wajah dengan baking soda, baking soda mampu membersihkan wajah secara maksimal, menyamarkan bekas komedo, serta memutihkan wajah. Bahan yang kita butuhkan untuk membuat face scrub ini adalah 1 sendok makan baking soda, 1 sendok makan gula, serta 2 sendok makan air dan semua bahan ini akan kita campur hingga rata. Setelah face scrub ini siap, kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dengan memijat-mijatnya secara lembut dan mendiamkannya hingga mengering. Setelahnya, kita perlu membilas face scrub ini hingga dengan air hangat. Face scrub ini bisa kita gunakan maksimal 2 kali dalam seminggu.

ads

8. Gula dan pisang

Seperti yang pernah kita bicarakan pada cara memutihkan wajah dengan pisang, pisang memiliki kandungan vitamin A, B, E serta potassium yang tinggi dan membuatnya mampu menutrisi dan melembabkan kulit secara maksimal. Seperti yang kita bahas di awal, gula berperan sebagai eskfoliator alami yang berfungsi untuk melembabkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan serta menyegarkan kulit. Bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat face scrub ini adalah 1 buah pisang yang sudah dihaluskan, ¾ gelas gula, serta 1 sendok teh minyak zaitun dan semua bahan ini akan kita campur hingga merata. Face scrub yang telah siap ini bisa kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan perlu kita tunggu hingga mengering sebelum membilasnya dengan air hingga wajah kembali bersih.

9. Gula dan apel

Tingginya kandungan vitamin A dan C pada apel berfungsi untuk mencerahkan, memutihkan kulit, serta menyehatkan wajah. Bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat face scrub ini adalah 1 gelas gula, ⅟4 buah apel yang sudah dihaluskan dan akan kita campur hingga merata. Face scrub yang sudah siap ini dapat kita gunakan secara merata pada seluruh wajah dan mendiamkannya hingga mengering selama beberapa menit sebelum kita bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga:

Manfaat Lainnya dari Gula

Setelah mengetahui beberapa informasi tentang gula, pasti sebagian dari kita masih bertanya-tanya apakah kita masih mendapatkan manfaat lainnya dari gula untuk menjaga kecantikan maupun kesehatan. Jawabannya tentu saja ya, gula memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Hmm.. kira-kira manfaat apa ya yang bisa kita dapat dari gula?

  • Mencegah penuaan dini

Gula merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan garis halus atau kerutan serta tanda-tanda penuaan dini lainnya. Gula juga berfungsi untuk mencerahkan kulit dan memerahkan pipi agar terlihat merona.

  • Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Kandungan yang terdapat pada gula bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel kulit mati dan kita juga bisa menggunakannya pada bibir yang pecah-pecah. Cara menggunakannya untuk mendapatkan manfaat yang satu ini sangat mudah, yaitu mencampur gula dengan minyak zaitun dan madu dengan dioleskan secara merata ke bibir yang sebaiknya dilakukan tiap malam sebelum tidur.

  • Melembabkan kulit

Tingginya nutrisi pada gula berfungsi untuk melembabkan dan menutrisi kulit secara optimal sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh.

  • Menyembuhkan infeksi

Peneliti dari Oak Hospital di Birmingham menyatakan bahwa gula dapat bekerja dengan baik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi dan mencegahnya menjadi lebih parah.

Baca juga:

Nah itu tadi adalah beberapa cara memutihkan wajah dengan gula yang bisa kita coba di rumah. Sangat mudah dan praktis untuk dilakukan bukan? So, what are you waiting for? Start the beauty from yourself.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal