Sponsors Link

5 Cara Memutihkan Wajah dengan Jahe dalam 3 Hari Secara Alami

Sponsors Link

Memiliki wajah cantik, bersih, putih, dan cerah merupakan idaman setiap wanita. Berbagai cara dilakukan untuk selalu tampil sempurna, bahkan tidak sedikit yang rela menghabiskan uang dan waktu berlama-lama di salon demi memanjakan wajah dan tubuhnya.

ads

Bukan hanya itu, banyak wanita mengeluarkan banyak uang untuk merawat wajahnya ke dokter spesialis kulit agar kulitnya bisa tampak bersih, putih, dan cerah dengan menggunakan krim pemutih. Namun, perlu diketahui, kebanyakan krim pemutih membuat wajah ketergantungan.

Baca juga:

Kandungan Jahe

Alangkah baiknya, Anda memanjakan wajah dengan bahan-bahan alami, sehingga mendapatkan hasil yang alami pula. Salah satunya dengan menggunakan jahe. Tanaman herbal ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Jahe memiliki banyak kandungan senyawa di dalamnya, diantaranya:

  1. Linalool: Semacam alkohol alamiah yang digunakan untuk wangi-wangian pada sabun, detergen, dan lotion.
  2. Gingerol: Penyusun aktif dari jahe segar yang dapat berfungsi meredakan mual dan migrain.
  3. Limonen: Bau senyawa ini seperti bau jeruk. Terdapat tiga limonen, yakni Limonen digunakan dalam produk kosmetik, R-limonen digunakan untuk inseksida tanaman, dan S-limonen digunakan untuk pewangi produk pembersih.
  4. Kamfena: Senyawa yang menguap pada temperatur ruang dan berbau tajam/pedas. Digunakan untuk menurunkan berat badan.
  5. Sitral: Biasanya digunakan untuk perasa makanan
  6. Shogaol: Kandungan zat yang berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan mengurangi peradangan di lutut untuk melindungi tulang rawan pada tulang paha dari kerusakan.

Selain itu, jahe juga memiliki kandungan gizi yang melimpah, yakni energi yang bisa meningkatkan kekuatan pada tubuh. Protein, lemak, karbohidrat, kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, fosfor, serat, niasin, zat besi yang baik untuk peredaran darah. Vitamin A untuk mata, vitamin B1, dan vitamin C untuk daya tahan tubuh.

Baca juga:

Cara Memutihkan Wajah dengan Masker Jahe

Namun, tahukah Anda, jahe dapat memutihkan kulit wajah? Berikut cara mudah membuat masker wajah dari jahe:

1. Masker Jahe

Cara memutihkan wajah dengan masker jahe sangat mudah membuatnya. Anda hanya perlu menyiapkan satu ruas jahe, kupas kulitnya, bersihkan dengan air sampai kotorannya hilang, dan haluskan dengan cara diparut, diblender, ataupun ditumbuk sampai teksturnya benar-benar halus.

Kemudian, terapkan pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya secara merata, hindari bagian mata agar tidak menimbulkan efek bahaya pada mata. Diamkan selama 15 menit. Lalu bersihkan wajah Anda dengan air bersih.

Baca juga: Tips agar Wajah Putih Bersih.

2. Kombinasi Jahe dan Delima

Delima memiliki kandungan B5 dan C yang mampu membantu mencerahkan kulit secara alami. Bila dikombinasikan dengan jahe akan sangat lebih baik dan maksimal untuk memutihkan dan mencerahkan kulit.

Caranya sangat mudah, ambil satu ruas jahe, kupas kulitnya dan cuci hingga bersih. Kemudian haluskan dengan cara diparut, diblender, atau ditumbuk sampai benar-benar halus. Setelah halus, ambil sekitar dua sendok jahe yang telah dihaluskan dan campurkan dengan air perasan delima.

Campurkan dan aduk hingga merata. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya secara menyeluruh. Diamkan sekitar 15 menit. Lalu bersihkan wajah Anda menggunakan air bersih. Untuk hasil maksimal, lebih baik gunakan secara rutin.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah AnakCara Memutihkan Wajah Secara Alami.

Sponsors Link

3. Masker Jahe, Cuka, dan Madu

Cara membuat campuran jahe, cuka dan madu untuk memutihkan kulit sangat muda. Caranya, Anda cukup mengambil satu ruas jahe, cuci bersih dan potong-potong secara tipis. Masukan potongan jahe ke dalam toples dan beri cuka sedikit. Tutup rapat toples tersebut dan masukan ke dalam lemari pendingin selama satu malam.

Setelah semalaman, keluarkan toples dari kulkas, masukkan madu secukupnya, dan diamkan terlebih dahulu selama 30 menit. Jika sudah, ambil potongan jahe tersebut, kemudian oleskan pada wajah, berikan sedikit pijatan secara perlahan. Diamkan selama sekitar 10 menit. Bilas wajah Anda menggunakan air hangat.

Baca juga:

4. Campuran Jahe, Jeruk Nipis, dan Garam

Memutihkan wajah dengan bahan campuran lain, yakni dengan jahe, jeruk nipis, dan garam. Seperti yang kita ketahui, jahe dan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang dapat mengangkat sel kulit mati dan memutihkan wajah secara alami. Garam digunakan sebagai scrub wajah dan berfungsi untuk meringankan jerawat pada wajah.

Cara membuat maske rdari ketiga bahan ini sangat mudah. Siapkan satu ruas jahe, bersihkan, dan kupas kulitnya. Haluskan jahe dengan cara diparut, ditumbuk, atau bahkan di blender. Siapkan air hangat, kemudian campurkan jahe halus dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Aduk hingga tercampur merata.

Oleskan masker pada wajah yang seudah dibersihkan sebelumnya secara menyeluruh dan merata. Meskipun agak perih diawal, namun itu hanya berlangsung sebentar. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih. Masker ini baik digunakan secara rutin setiap hari, agar mendapatkan wajah bersih dan putih secara maksimal.

Baca juga:

5. Jahe dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat dikenal dapat membantu kulit lebih cerah dan bahan kecantikan lainnya. Bila dikombinasikan dengan jahe, akan membuat kulit cerah dan putih alami secara maksimal. Caranya cukup mudah, ambil satu ruas jahe, kupas kulitnya dan bersihkan sampai benar-benar bersih.

ads

Parut jahe yang sudah dibersihkan atau haluskan. Kemudian, campurkan dengan beberapa sendok minyak zaitun. Aduk sampai merata dan tercampur. Jika sudah tercampur, oleskan pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu secara merata. Diamkan sekitar 15-20 menit. Lalu bersihkan wajah Anda dengan air bersih. Untuk hasil maksimal gunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Minyak Zaitun.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memakai Masker Jahe

Sebelum memakai masker jahe, alangkah baiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini, diantaranya:

  1. Pastikan jahe yang dipakai sudah dicuci bersih dan tidak ada kotoran yang menempel.
  2. Sebelum dihaluskan, pastikan juga kulit sudah dikupas secara menyeluruh.
  3. Perhatikan takaran yang akan digunakan dengan campurannya.
  4. Sebelum mengaplikasikan pada wajah, jangan lupa untuk membasuh wajah terlebih dahulu agar masker lebih maksimal bekerja pada wajah.
  5. Saat mengaplikasikan, jangan sampai mengenai bagian lingkar mata, karena mata akan terasa perih dan menimbulkan efek lainnya pada mata.
  6. Setelah masker kering, bersihkan dengan air sebersih mungkin, agar sisa-sisa masker tidak menempel pada wajah.
  7. Lap wajah yang basah dengan handuk kecil dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan.

Baca juga: Cream Pemutih Wajah yang Aman.

Efek Samping Memakai Jahe untuk Masker Wajah

Jahe memang memiliki sangat banyak manfaat, termasuk dari penggunaannya sebagai masker wajah. Namun, di samping itu, jahe pun memiliki efek samping yang bisa merugikan Anda bila terlalu sering digunakan sebagai masker. Mengapa? Karena sifat panas yang dimiliki jahe dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan jika digunakan dalam jangka panjang akan menyebabkan kulit kering seperti bersisik.

Baca juga:

Manfaat Jahe Selain Memutihkan Wajah

Jahe sudah dikenal memiliki banyak manfaat, bukan hanya untuk memutihkan wajah saja. Nah, berikut ini beberapa manfaat jahe yang lain:

  • Untuk Kesehatan Tubuh
  1. Melancarkan peredaran darah: Manfaat jahe yang pertama adalah melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah, sehingga jahe sangat baik untuk darah.
  2. Perut kembung: Jahe sudah sangat terbukti dapat membantu mengurangi perut kembung dan nyeri.
  3. Mengobati migrain: Tanaman herbal yang satu ini juga sudah terbukti dapat membantu mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.
  4. Demam dan batuk: Gingerol pada jahe, selain dapat melancarkan peredaran darah, senyawa ini pun dapat mengurangi demam dan batuk.
  5. Mencegah perut buncit: Mengonsumsi jahe secara rutin dapat mencegah terjadinya perut buncit, minumlah jahe ini secara rutin sebelum makan.
  6. Menurunkan tekanan darah: Jahe dapat merangsang pelepasan hormon dan juga dapat memperlebar pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir lebih lancar dan meringankan kerja jantung dalam memompa darah.
  7. Menurunkan berat badan: Bagi Anda yang mempunyai berat badan berlebih, jahe bisa menjadi pilihan untuk menurunkannya, karena jahe yang dapat melebarkan pembuluh darah dapat membakar kalori dalam tubuh.
  8. Mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur: Jahe bermanfaat untuk menjaga keteraturan siklus menstruasi pada wanita dan dapat mencegah kram saat menstruasi.
  9. Memerangi sel kanker: Kandungan nutrisi dalam jahe, bila dikonsumsi secara rutin dapat membantu meredamkan perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.
  10. Membersihkan kotoran dalam tubuh: Mengonsumsi jahe secara rutin, dapat membuat tubuh sering berkeringat, hal inilah yang membuang kotoran yang ada di dalam tubuh.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Susu Sapi.

Sponsors Link

  • Untuk Kecantikan
  1. Mengatasi minyak berlebih pada wajah: Kandungan mineral pada jahe dapat membantu dalam mengontrol produksi minyak pada wajah, sehingga tidak menimbulkan masalah lain pada wajah.
  2. Mengatasi jerawat: Jerawat diakibatkan banyaknya produksi minyak pada wajah, jahe dapat membantu mengurangi produksi dan mengontrol minyak pada wajah.
  3. Mengangkat sel kulit mati: Sel kulit mati dapat menimbulkan kulit wajah menjadi kusam, jahe dapat membantu meregenerasi kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru.
  4. Mencegah penuaan dini: Mengonsumsi sari jahe setiap hari dapat mengurangi kerutan dan mencegah penuaan dini pada wajah.
  5. Menyamarkan bekas luka: Sifat toning dan antioksidan pada jahe mampu membantu menyamarkan bekas luka hipopigmentasi.
  6. Meningkatkan pertumbuhan rambut: Jahe dapat meningkatkan sirkulasi kulit kepala dengan cara merangsang pertumbuhan rambut, sehingga mencegah terjadinya kerontokkan pada rambut.
  7. Mencegah ketombe: Jahe sebagai antiseptik dapat membantu kulit kepala dalam mencegah terjadinya ketombe.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang.

  • Untuk Ibu Hamil
  1. Menurunkan tekanan darah: Ibu hamil tidak jarang memiliki tekanan darah yang tinggi, sehingga dapat menimbulkan preeklamsia. Hal ini tentunya membahayakan ibu dan janin, sehingga untuk menurunkan tekanan darahnya, ibu hamil bisa menggunakan jahe.
  2. Menghilangkan mual: Ibu hamil pasti akan mengalami mual, terutama di tri semester pertama. Salah satu cara meredakan rasa mual adalah dengan mengonsumsi air jahe hangat setiap pagi.
  3. Menghilangkan pusing: Ibu hamil pasti akan mengalami morning sickness dan tidak jarang sampai merasakan pusing. Dengan mengonsumsi jahe hangat setiap pagi, juga dapat meredakan pusing di pagi hari.
  4. Aroma terapi: Jahe bisa dimanfaatkan sebagai aroma terapi untuk ibu hamil. Aromanya dapat menenangkan dan melegakan pikiran pada ibu hamil.
  5. Meningkatkan sistem imun tubuh: Vitamin C pada jahe tentunya dapat meningkatkan sistem imun tubuh, salah satunya pada ibu hamil. Ibu hamil harus menjaga kondisi tubuhnya agar terus fit, sehingga tidak mudah terserang penyakit yang bisa membahayakan janin.
  6. Menghindari cacat lahir: Ibu hamil bisa mengonsumsi jahe untuk bisa menghindari cacat lahir dan juga ketidaknormalan fungsi otak. Hal itu dikarenakan di dalam manfaat jahe untuk ibu hamil, terdapat manfaat asam folat yang penting untuk janin.
  7. Membangkitkan nafsu makan: Pada tri semester pertama, ibu hamil pasti terus mengalami mual dan muntah, hal ini juga menimbulkan rasa malas untuk makan. Dengan mengonsumsi jahe, nafsu makan ibu hamil akan kembali karena mual yang dialaminya berkurang.
  8. Menghindarkan dari gangguan kehamilan: Banyak gangguan kehamilan yang akan terjadi pada ibu hamil. Gangguan kehamilan itu sering menyerang dan mendera ibu hamil. Untuk mengatasi gangguan kehamilan tersebut ibu hamil bisa mengonsumsi jahe yang hangat atau berbagai macam olahan jahe.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Beras.

Demikian informasi mengenai cara memutihkan wajah dengan jahe dan beberapa manfaat lainnya yang bagus untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal