Sponsors Link

16 Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis Secara Cepat

Sponsors Link

Bagi wanita modern, tampaknya wajah putih seakan menjadi hal penting yang harus diwujudkan. Hal ini terbukti dari maraknya skincare yang beredar di pasaran, mulai online shop hingga klinik kecantikan. Belum lagi, produk-produk drugstore yang juga ikutan bersaing, lengkap dengan iming-iming kulit wajah akan putih seketika. Hmm, siapa sih yang tidak tergiur?

ads

Memutihkan wajah dengan produk kecantikan memang boleh-boleh saja. Tapi Kamu juga harus siap dengan efek samping yang ditimbulkan. Namun jika Kamu ingin cara yang lebih aman, coba deh memanfaatkan bahan-bahan alami. Misalnya saja jeruk nipis. Buah berasa asam ini memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat membantu mencerahkan sel-sel kulit. Tak heran jeruk nipis ini sering diekstrak dan dijadikan bahan dasar pembuatan kosmetik.

Baca juga: Cara mencerahkan wajah

Kandungan Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis bagi kulit tak perlu diragukan lagi, ladies. Walaupun dari segi rasanya pahit dan asam, namun khasiatnya sungguh menakjubkan! Kira-kira apa sajakah kandungan dari buah berukuran mini ini ya?

Buah dengan nama latin Citrus aurantifolia ini memiliki kandungan vitamin dalam kadar tinggi. Khususnya vitamin C. Dalam beberapa studi disebutkan bahwa sebutir jeruk nipis mengandung vitamin C sekitar 30 mg. Selain itu, jeruk nipis juga menyimpan kandungan flavonoid, vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B5 (asam patotenat), dan vitamin B9 (folat). Buah ini kaya akan mineral, yang terdiri dari kalium, magnesium serta kalsium.

Cara Membuat Masker Jeruk Nipis untuk Memutihkan Kulit

Artikel kali ini akan membagikan kepada kalian tentang cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis. Metode-metode di bawah ini tentunya cukup simpel, aman, dan tidak membutuhkan modal tinggi. Daripada penasaran, lebih baik disimak aja yuk!

1. Jeruk Nipis

Inilah cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis yang paling mudah dan tidak ribet. Ya menggunakan jeruk nipis itu sendiri tanpa campuran bahan lain. Buah ini sudah cukup tinggi kandungan vitamin C-nya. Dimana vitamin ini ampuh membuat kulit kusam menjadi cerah kembali dan menjaga keelastisitasannya. Jeruk nipis juga mengandung niacin (vitamin B3) yang berguna dalam menghambat pigmentasi kulit.

Lalu bagaimana cara memperoleh khasiat dari jeruk nipis ini? Pertama, Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk masker wajah. Caranya dengan memeras sarinya lalu mengoleskannya pada seluruh wajah dan bilas setelah 15 menit. Kedua, Kamu bisa mengonsumsi jeruk ini secara langsung (dalam artian diolah menjadi minuman segar es jeruk nipis).

2. Jeruk Nipis dan Pepaya

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis bisa juga dimix dengan buah pepaya. Buah yang memiliki nama latin Carica papaya L  ini menurut penelitian mengandung pro-vitamin A (betakaroten) dan vitamin C yang tinggi. Dengan memadukan jeruk nipis dan pepaya, Kamu akan memperoleh manfaat super dari vitamin C. Vitamin ini akan menjaga kulitmu dari efek buruk radikal bebas seperti sinar UV dan asap kendaraan. Selain itu juga membantu perbaikan sel-sel kulit mati.

Cara pengolahannya, ambil beberapa potong buah pepaya lalu haluskan dengan di blender. Setelah itu, tambahkan perasan jeruk nipis. Aduk dengan sendok agar kedua bahan tercampur sempurna. Gunakan kuas atau tangan (cuci tangan terlebih dahulu) untuk mengoleskan masker pada wajah. Tunggu hingga masker mengering, selanjutnya bersihkan wajah dengan air.

3. Jeruk Nipis dan Madu

Apakah Kamu penggemar madu? Cairan manis kental yang dihasilkan dari sarang tawon ini ternyata juga bisa memutihkan wajah. Bahkan sejak zaman dulu, wanita di Mesir telah menggunakan madu untuk merawat kecantikan kulit. Madu bisa membantu mengembalikan kelembaban kulit. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga berperan dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan menjaga kulit dari radikal bebas.

Cukup menyediakan kira-kira satu sendok makan madu, lalu tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Oleskan merata pada wajah sambil dipijat-pijat agar khasiatnya lebih cepat meresap. Jika masker sudah terasa kering (kira-kira 15 menit), segera bilas wajah dengan air.

4. Jeruk Nipis dan Putih Telur

Telur tidak hanya enak dikonsumsi saja. Tapi juga bagus digunakan sebagai masker wajah yang membantu memutihkan kulit. Terutama bagian putihnya nih! Putih telur mengandung protein dan beragam senyawa lain yang dapat mencerahkan wajah, menyamarkan dark spot dan mata panda serta membasmi jerawat.

Cara pemakaiannya its so simple!  Pecahkan telur seperti biasa, kemudian ambil dan sisihkan kuningnya di wadah yang berbeda. Sedangkan putih telurnya bisa Kamu tambahkan perasan jeruk nipis. Setelah diaduk rata, langsung aplikasikan masker pada wajah. Kira-kira 30 menit kemudian bilaslah wajah dengan air hingga bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Pria

5. Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun

Minyak yang dihasilkan dari biji buah zaitun ini umum digunakan sebagai bahan pembersih make up. Padahal khasiat yang sebenarnya tak sebatas pada cleansing oil saja loh! Sejak zaman romawi kuno, minyak ini telah dimanfaatkan untuk bahan alami perawatan kulit. Minyak ini mengandung vitamin E yang berguna melindungi kulit cantikmu dari sengatan matahari, menghaluskan, serta membantu proses regenerasi.

Untuk membuat masker ini, campurkan 1 sendok teh minyak zaitun dengan sedikit perasan jeruk nipis. Ratakan dengan sendok, kemudian aplikasikan langsung pada wajah. Pemakaian masker ini secara rutin (2 kali dalam seminggu) akan membantu mencerahkan wajah.

Sponsors Link

6. Jeruk Nipis dan Tomat

Tomat tak hanya bisa diolah menjadi sambal atau dijadikan penyedap pada masakan. Buah sekaligus sayuran berwarna merah ini dikenal akan kandungan vitamin E-nya yang tinggi sehingga bisa membantu memutihkan wajah dan mengatasi kulit kendur.

Cara pembuatan masker ini, pertama iris tomat menjadi 2 bagian. Ambil satu bagian dan haluskan dengan blender. Tambahkan perasan jeruk nipis. Kemudian cuci tangan, lalu aplikasikan masker pada wajah. Pijat-pijat, diamkan sekitar 30 menit. Setelah kering basuh muka dengan air bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Ala Korea.

7. Jeruk Nipis dan Alpukat

Ketika Kamu membeli buah alpukat jangan terburu untuk menghabiskannya. Sisakan sepotong untuk diolah menjadi masker wajah. Alpukat ini benar-benar buah istimewa. Dari hasil studi ditemukan bahwa buah berwarna hijau ini mengandung vitamin A, asam lemak omega-3 dan glutamin. Ketiga bahan tersebut dapat membantu mengatasi kulit kusam, menghidrasi kulit dan mengoptimalkan proses regenerasi kulit.

How to applying for face mask? Pertama, siapkan sepotong buah alpukat dalam cangkir. Kemudian haluskan dengan sendok hingga menyerupai pasta. Tambahkan perasan jeruk nipis. Lalu oleskan pada wajah. Ingat, cuci tangan terlebih dahulu ya! Setelah 30 menit, bilas wajah dengan air sampai bersih.

8. Jeruk Nipis dan Pisang

Pernah mencoba menggunakan masker pisang? Hmm, rasanya masih terdengar asing ya! Padahal pisang ini kaya nutrisi loh, buah ini mengandung vitamin C cukup tinggi. Dengan mencampurkan pisang dan jeruk nipis, kulitmu akan ternutrisi penuh oleh vitamin C dan membuatnya semakin cerah.

Cara pembuatan masker ini hampir sama dengan poin-poin diatas. Pertama, satu buah pisang (atau setengah potong). Lalu hancurkan pisang di cangkir dengan menggunakan sendok. Tambahkan sedikit perasa jeruk nipis dan terakhir aplikasikan pada wajah.

9. Jeruk Nipis dan Gula

Apakah Kamu termasuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan? Hati-hati loh, debu, asap kendaraan dan paparan sinar UV bisa membuat kulitmu menjadi bermasalah. Misalnya saja kusam, hiperpigmentasi, berjerawat dan kering. Nah untuk mencegah itu, sesekali wajah butuh di scrubbing dengan tujuan mengangkat sel-sel kulit terluar yang telah rusak. Kamu bisa memanfaatkan gula dengan jeruk nipis untuk men-scrub wajah. Kedua bahan ini bekerja sama dalam mengembalikan kecerahan kulit.

Caranya, campurkan 1 sendok teh perasan jeruk nipis dengan setengah sendok teh garam. Jika ada, tambahkan pula sesendok teh madu. Ratakan dengan sendok. Lalu aplikasikan masker pada wajah. Pemakaian masker ini secara rutin (1 kali dalam seminggu) membantu mencegah penuaan dini.

Baca juga: Pemutih Wajah di Apotik.

10. Jeruk Nipis dan Bengkoang

Buah berwarna putih ini sejak lama telah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita sebagai bahan alami untuk merawat wajah. Bahkan tak jarang, industri kosmetik mengekstraknya sebagai bahan dasar produk pemutih kulit. Ya, bengkoang memang terkenal ampuh untuk mencerahkan wajah. Dengan mencampurkannya dengan jeruk nipis tentu saja manfaatnya akan semakin cepat terasa.

ads

Untuk membuat masker ini, pertama haluskan beberapa potong bengkoang (secukupnya saja) dengan blender. Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Lalu oleskan pada wajah hingga benar-benar merata. Setelah 30 menit, Kamu bisa membersihkannya dengan air.

Manfaat Lain Dari Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Wajah

Berkat nutrisinya yang melimpah, khasiat dari jeruk nipis tentu saja tak sebatas pada memutihkan kulit. Buah ini memiliki beberapa manfaat lain bagi kecantikan wajah. Diantaranya adalah:

1. Mengatasi Bintik Hitam (Dark Spot)

Sebagai agen pemutih alami tak heran jika jeruk nipis ini ampuh mencerahkan kulit sekaligus memudarkan bintik-bintik hitam pada wajah. Apabila warna kulitmu tak rata, banyak noda bekas jerawat dan dark spot, Kamu bisa mengoleskan air jeruk nipis di bagian-bagian kulit yang bermasalah. Pengaplikasian jeruk nipis di wajah akan meninggalkan rasa perih sebab buah ini tinggi akan kandungan asam. Maka itu, jangan terlalu lama didiamkan. Segera bilas dengan air setelah 15 menit pemakaian. (Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam)

2. Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

Tipe wajah berminyak biasanya lebih mudah menghasilkan jerawat dibandingkan wajah normal dan kering. Nah, jerawat ini tentu tidak boleh dibiarkan saja. Semakin lama dibiarkan, bakteri dalam pori-pori bisa saja berkembang lebih pesat hingga membuat jerawat semakin meradang, gatal dan perih. Untuk mengatasinya Kamu bisa menggunakan air perasan jeruk nipis. Kandungan asam sitrat dalam jeruk ini dapat membasmi bakteri dalam kulit dan membuat wajah menjadi sehat kembali.

3. Mengatasi Komedo

Tak hanya jerawat, komedo di hidung dan dagu juga bisa dituntaskan dengan jeruk nipis. Tapi Kamu membutuhkan bahan tambahan agar proses pembersihan komedo bisa lebih cepat, caranya dengan mencampurkan garam. Kombinasi garam dan jeruk nipis membantu mengangkat komedo membandel. Walaupun hasilnya tidak instan, namun bila kamu rutin menggunakannya komedo pasti perlahan memudar. (Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo)

4. Anti Penuaan

Tidak ada orang yang bisa awet muda selamanya. Seiring bertambahnya usia, kulit akan semakin menua dengan ditandai warna kulit yang menjadi lebih kusam, kendur dan berkeriput. Kondisi tersebut tidak bisa dicegah tapi bisa diperlambat. Salah satu caranya dengan merawat kulit menggunakan jeruk nipis. Cukup menggunakan masker jeruk nipis sekali dalam seminggu, tanda-tanda penuaan bisa berkurang sehingga wajah tampak lebih kencang, sehat dan bersih.

5. Optimalisasi Proses Regenerasi Sel-Sel Kulit

Sebagaimana kita tahu bahwa kandungan terbesar dalam jeruk nipis adalah vitamin C. Jenis vitamin C yang ada jeruk nipis adalah asam sitrat. Asam ini dipercaya dapat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati menjadi lebih optimal. Apabila sel-sel kulit yang rusak terangkat, maka otomatis wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

6. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Salah satu masalah wajah yang sering dialami wanita adalah kondisi pori-pori kulit yang membesar. Hal ini tentunya sangat mengganggu, sebab pori-pori besar tidak hanya merusak penampilan. Tapi juga membuat wajah jadi lebih mudah berjerawat, berminyak, kusam dan susah untuk diaplikasikan make up. Dibutuhkan perawatan khusus untuk bisa mengecilkan pori-pori di wajah. Salah satu caranya dengan memanfaatkan buah asam ini. Kandungan astringent di dalamnya membantu memperbaiki kerusakan tekstur kulit sekaligus mengecilkan pori-pori kulit.

Baca juga: Cara Perawatan Kulit Anak

Menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah tidak boleh terlalu sering. Kamu cukup mengaplikasikannya sekali dalam seminggu. Di samping itu, hal lain yang perlu diperhatikan hindari paparan sinar matahari setelah Kamu mengenakan masker jeruk nipis. Sebab jeruk nipis bersifat asam, bila terpapar matahari bisa menyebabkan iritasi. Gunakan sunscreen atau sunblock untuk melindungi wajah.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal