Sponsors Link

19 Cara Memutihkan Wajah dengan Lidah Buaya Secara Tepat

Sponsors Link

Kulit yang sempurna merupakan impian dari semua wanita, dan wanita akan melakukan sejuta cara untuk mendapatkannya. Apa sih sebenarnya yang dimaksud “kulit sempurna” ini? Kulit yang sempurna adalah kulit yang putih, cerah, tidak ada luka atau bekas jerawat, bebas dari komedo serta noda hitam, dan pastinya sehat adalah definisi tepat untuk sebagian wanita. Walaupun terkadang ada wanita yang dianugerahi dengan kulit alami yang berwarna gelap, mereka tetap ingin memutihkannya dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan krim atau berbagai produk yang ditawarkan banyak brand di luar sana dengan menjanjikan akan memutihkan kulit dalam waktu yang singkat dan tanpa kerja keras. Namun, apakah kesehatan kulit kita tetap terjaga, mengingat banyaknya kandungan bahan kimia di dalamnya yang sebenarnya justru bisa membahayakan kesehatan kulit kita?

ads

Baca juga: Krim Pemutih Wajah, Sabun Pemutih Wajah, Pemutih Wajah di Apotik.

Lalu, apakah solusi yang tepat dan aman untuk perawatan kulit kita? Yup jawabannya tepat, kenapa kita tidak mencoba berbagai bahan alami yang ada di sekitar kita? Selain manfaatnya yang tentu saja lebih daripada menggunakan bahan kimia, murah dan mudah didapat adalah keuntungan lainnya dengan menggunakan bahan alami. Nah kali ini, kita akan membahas cara memutihkan wajah dengan lidah buaya. Kenapa lidah buaya? Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang mengandung 150 nutrisi alami, seperti: mineral, enzim, lignin, saliclyic acids, saponin, sterols, amino acids, dan anthraquinones. Berbagai kandungan ini memberikan kita banyak manfaat untuk kulit kita, antara lain:

  • Mengandung 96-97% air yang mampu menutrisi kulit dan meminimalisir kemungkinan pori-pori tersumbat
  • Antioksidan seperti zinc, magnesium, dan selenium berfungsi untuk memperbaiki dan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan polusi, berbagai bahan kimia, serta paparan sinar matahari
  • Kandungan mineral dan vitamin pada lidah buaya berfungsi untuk mengurangi produksi melanin dan meminimalisir terjadinya pigmentasi kulit
  • Mengurangi kadar minyak serta sebum berlebih pada kulit dan mampu menutrisikan serta melembutkan kulit secara maksimal
  • Kandungan amino acids dan antioksidan berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastis pada kulit.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah PriaCara Memutihkan Wajah Anak.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai perawatan kulit, kita bisa mengolahnya menjadi berbagai produk, seperti: face scrub, masker wajah, atau lotion yang berguna untuk memutihkan warna kulit kita. Selain itu, lidah buaya juga bisa mengembalikan warna kulit kita ke warna semua pada kulit yang menghitam karena paparan sinar matahari. Nah kali ini, kita akan membahas cara memutihkan wajah dengan lidah buaya menggunakan masker buatan sendiri, yang dikombinasikan dengan berbagai bahan alami lainnya dan pastinya praktis untuk dilakukan. Pasti sudah penasaran kan masker apa saja yang kita buat? Yuk kita simak!

1. Lidah Buaya dan Air Bunga Mawar

Perpaduan kedua bahan ini bisa digunakan untuk meredakan pigmentasi pada kulit yang disebabkan oleh polusi dan kotoran. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mencampurkan gel lidah buaya dengan air bunga mawar hingga merata. Setelah masker siap, kita bisa mengoleskannya pada seluruh bagian wajah dan ditunggu hingga mengering. Perawatan ini dapat dilakukan tiap dua hari sekali.

2. Lidah Buaya dan Lemon

Lemon mengandung pemutih alami yang terbukti efektif untuk memutihkan warna kulit secara alami dan lidah buaya yang berfungsi untuk menjaga kelembaban dan nutrisi kulit. Pemutih alami ini juga bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka dan noda hitam pada wajah. Sedangkan kandungan vitamin C nya yang tinggi berfungsi untuk mengurangi produksi melanin pada kulit. Untuk membuat masker ini, yang perlu kita lakukan adalah mencampur gel lidah buaya dan beberapa sendok jus lemon hingga merata dan kemudian menggunakannya pada seluruh bagian wajah. Sebelum dibilas dengan air, kita perlu menunggunya hingga mengering selama kurang lebih 15 menit. Apabila masker ini masih sisa, kita bisa menyimpannya pada kulkas dan kita bisa menggunakannya kembali maksimal 7 hari setelah penyimpanan. Perawatan ini aman untuk dilakukan tiap hari.

Baca juga: Cara Memutihan Wajah dengan Jeruk Nipis.

3. Lidah Buaya dan Oatmeal serta Timun

Perpaduan ketiga bahan ini memiliki fungsinya masing-masing; timun untuk mencerahkan kulit, oatmeal untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah, mengangkat kotoran serta sel-kulit mati pada kulit. Untuk membuat masker ini, kita perlu mencampurkan ketiga bahan ini hingga merata dan kemudian dapat digunakan pada seluruh bagian wajah. Setelah dioleskan pada wajah, maka kita perlu menunggunya hingga mengering selama kurang lebih 15-20 menit dan kemudian membilasnya dengan air dengan cara memijat-mijat wajah secara perlahan. Masker ini aman untuk dilakukan satu kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang.

4. Lidah Buaya dan Apel

Perpaduan kedua bahan ini bukan hanya bermanfaat untuk memutihkan kulit, namun juga efektif untuk menghaluskan dan mencerahkan warna wajah kita. Untuk membuat masker ini, pertama-tama kita perlu membuat jus apel dan kemudian mencampurkannya dengan gel lidah buaya hingga merata. Setelah masker siap, maka kita bisa mengoleskannya pada seluruh bagian wajah dan menunggunya hingga mengering selama kurang lebih 15 menit. Perawatan ini aman untuk dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu.

ads

5. Lidah Buaya dan Bubuk Cendana

Perpaduan kedua bahan ini efektif untuk mengembalikan warna kulit yang terserang pigmentasi dan meregenerasi sel-sel kulit yang mati. Dalam pembuatan maskernya, pertama kita perlu mencampurkan gel lidah buaya, bubuk cendana, serta daun lidah buaya yang telah dihaluskan secara merata hingga membentuk masker yang kental. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan didiamkan hingga mengering selama kurang lebih 15 menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, kita bisa menggunakan masker ini maksimal sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Baking Soda.

6. Lidah Buaya dan Shea Butter

Masker yang hanya terdiri dari dua bahan alami ini bermanfaat untuk meningkatkan kelembaban dan kecerahan warna kulit serta aman untuk digunakan pada orang dengan tipe kulit kombinasi. Sedangkan kandungan vitamin A dan E yang tinggi pada shea butter bermanfaat untuk memenuhi nutrisi kulit, menjaga kekenyalan dan meningkatkan kecerahan kulit. Untuk pembuatan masker ini, kita perlu mencampurkan gel lidah buaya, shea butter, dan 1 sendok teh olive oil hingga merata. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya secara merata pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya hingga mengering selama kurang lebih 15-20 menit. Masker ini dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

7. Lidah Buaya dan Gula Merah

Gula merah dapat berperan sebagai scrub yang efektif untuk mengeksfoliasi kulit dan membuat kulit semakin halus serta cerah. Selain itu, kandungan glycolic acid pada gula juga bermanfaat untuk meningkatkan warna kulit dan mengontrol produksi melanin. Untuk membuat scrub ini, kita hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan gula merah dan 2 sendok makan gel lidah buaya hingga merata (kuantitas dapat kita tambahkan sesuai kebutuhan). Untuk penggunaannya, kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan pijat-pijat dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Setelah dirasa cukup, kita perlu mendiamkannya selama beberapa menit agar kandungan scrub ini dapat terserap dengan baik oleh kulit kemudian kita perlu membilasnya dengan air agar wajah kembali bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Ampas Kopi.

8. Lidah Buaya

Tentu saja lidah buaya memiliki manfaatnya sendiri tanpa perlu dicampurkan dengan bahan alami lainnya, yaitu salah satu bahan alami yang terbukti efektif untuk memutihkan kulit. Selain itu, kandungan mineral dan vitaminnya berfungsi untuk menyamarkan pigmentasi dan mengurangi produksi melanin pada kulit. Satu lagi, amino acidsnya berfungsi untuk meningkatkan produksi elastin dan kolagen sehingga kulit tetap halus dan ternutrisi dengan baik. Untuk menggunakannya sebagai perawatan wajah, kita hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya selama kurang lebih 10 menit hingga mengering dan setelahnya dibilas menggunakan air dingin. Perawatan ini dapat kita lakukan dua kali dalam sehari.

9. Lidah Buaya dan Telur

Manfaat dari menggunakan masker ini adalah meningkatkan kelembutan serta kekencangan kulit wajah serta meminimalisir timbulnya keriput dan jerawat berlebih pada wajah. Masker ini juga bermanfaat untuk menutrisi dan melembabkan kulit. Untuk membuat masker ini, kita terlebih dahulu perlu menyisihkan telur yang sudah dipecah pada sebuah mangkuk dan mencampurkannya secara merata dengan gel lidah buaya yang juga sudah kita siapkan. Setelah masker siap, kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah serta leher dan mendiamkannya hingga mengering selama 15-20 menit. Setelah itu, kita bisa membersihkan wajah kita menggunakan kapas yang telah dicelupkan pada air dingin sehingga wajah akan mendapatkan wajah kita yang telah kembali bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Putih Telur.

10. Lidah Buaya dengan Rumput Laut dan Madu

Perpaduan ketiga bahan ini merupakan solusi yang tepat untuk melembutkan dan menyingkirkan jerawat dari wajah. Selain itu, masker ini juga efektif untuk melembutkan, menghaluskan, serta mencerahkan wajah. Untuk membuat masker ini, bahan yang perlu kita siapkan adalah ⅟2 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok makan bubuk rumput laut, serta ⅟2 sendok makan madu. Setelah bahan siap, maka kita perlu mencampurkannya hingga merata dan didiamkan selama 10 menit sebelum digunakan untuk perawatan kulit. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan leher dan perlu didiamkan selama 15 menit hingga mengering. Setelah mengering, maka kita perlu membilasnya dengan air hangat agar wajah kembali bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Air Garam.

11. Lidah Buaya dan Cottage Cheese (keju lembut)

Adanya cottage cheese pada masker ini membuatnya efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah timbulnya banyak jerawat pada wajah kita. Dalam membuat masker ini, terdapat beberapa bahan yang perlu kita siapkan terlebih dahulu, yaitu: 2 sendok makan gel lidah buaya, 2 sendok makan cottage cheese, 1 sendok makan jus kemon, 2 potong irisan timun, dan 8 buah kurma dan blender semua bahan ini hingga menjadi halus. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya hingga mengering selama kurang lebih 30 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Setelah itu, bilas dengan air hangat lalu bilas lagi dengan air dingin sehingga wajah dapat bersih secara sempurna.

Sponsors Link

12. Lidah Buaya dan Almond

Tingginya kandungan vitamin dan protein pada almond bermanfaat untuk melebabkan dan menutrisi kulit kita. Almond juga kaya akan kandungan vitamin E yang berfungsi untuk melindungi sel-sel kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Untuk membuat masker ini, pertama kita perlu merendam beberapa biji almond semalaman dan menghaluskannya keesokan paginya. Setelah almond siap, maka kita bisa mencampurkannya hingga merata dengan lidah buaya dan menggunakannya secara merata pada seluruh bagian wajah. Kita perlu mendiamkan masker ini hingga mengering selama kurang lebih 15 menit dan kemudian dibilas dengan air bersih. Masker ini dapat dilakukan setidaknya satu kali dalam seminggu.

13. Lidah Buaya dengan Madu dan Kunyit

Perpaduan ketiga bahan ini memiliki fungsinya masing-masing, yaitu lidah buaya untuk melembabkan kulit, madu untuk menutrisi kulit, dan kunyit untuk meningkatkan kecerahan warna kulit kita. Untuk membuat masker ini, pertama-tama kita perlu menyiapkan gel lidah buaya, satu genggam kunyit halus, dan madu secukupnya. Setelah bahan siap semua, maka kita bisa mencampurkan semua bahan tersebut hingga merata dan menggunakannya pada seluruh bagian wajah. Kita perlu menunggunya hingga mengering selama kurang lebih 20 menit lalu kemudian kita bisa membilasnya menggunakan air hangat. Perawatan ini bisa kita lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Kunyit.

14. Lidah Buaya dengan Tomat dan Biji Jeruk

Seperti lemon, tomat juga mengandung zat pemutih alami yang efektif untuk memutihkan kulit secara alami. Biji jeruk sendiri bermanfaat untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Sebelum memulai perawatan ini, pertama kita perlu merendam biji jeruk semalaman dan kemudian haluskan keesokan paginya (atau bisa membeli bubuk biji jeruk di supermarket) yang kemudian dicampurkan hingga merata dengan gel lidah buaya dan ⅟2 buah tomat. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan perlu mendiamkannya hingga mengering selama kurang lebih 10-15 menit dan membilasnya dengan air dingin setelahnya. Masker ini aman untuk digunakan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Tomat.

15. Lidah Buaya dan Mangga

Cara memutihkan wajah dengan lidah buaya kali ini dikombinasikan dengan mangga yang terbukti efektif untuk menjaga agar wajah tetap segar, serta efektif untuk mendetoksifikasi kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, tingginya kandungan beta-carotene dan vitamin A pada mangga bermanfaat untuk meregenerasi sel kulit dan mencerahkan wajah. Untuk membuat masker ini, kita perlu mencampurkan secara merata gel lidah buaya dengan potongan mangga yang sudah dihaluskan. Setelah masker siap, maka kita bisa mengoleskannya pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya hingga mengering selama kurang lebih 20 menit. Perawatan ini dapat kita lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Belimbing Wuluh.

16. Lidah Buaya dan Tepung Beras

Perpaduan kedua bahan ini sangatlah efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Untuk membuat masker ini, maka kita perlu mencampur 2 sendok makan gel lidah buaya dengan 1 sendok makan tepung beras hingga merata. Setelah masker siap, maka kita bisa mengoleskannya ke seluruh bagian wajah dan mendiamkannya hingga mengering. Perawatan ini dapat dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Beras.

Sponsors Link

17. Lidah Buaya dan Tepung Besan

Tepung besan adalah salah satu bahan alami yang efektif untuk memutihkan wajah dengan lidah buaya karena mampu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan menjaga kelembaban kulit. Dalam proses pembuatan maskernya, kita perlu mencampur kedua bahan ini hingga mengental sebelum digunakan pada seluruh bagian wajah. Setelahnya, kita perlu menunggu masker ini hingga mengering selama kurang lebih 15-20 menit. Perawatan ini dapat dilakukan 1 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Minyak Zaitun.

18. Lidah Buaya dan Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang terbukti efektif untuk meningkatkan warna kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Untuk membuat masker ini, pertama kita perlu melembutkan potongan pepaya dan kemudian mencampurkannya secara merata dengan 1 sendok makan gel lidah buaya. Masker ini dapat digunakan pada seluruh bagian wajah dan perlu ditunggu hingga mengering selama kurang lebih 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

19. Lidah Buaya dan Madu

Cara memutihkan wajah dengan lidah buaya yang terakhir adalah dengan memadukannya bersama madu, yang terbukti efektif untuk mengontrol produksi melanin pada kulit sehingga meminimalisir kulit menjadi menghitam. Untuk membuat masker ini, yang perlu kita lakukan adalah mencampurkan 1 sendok makan lidah buaya dengan 1 sendok teh madu hingga merata. Untuk masker yang satu ini, kita perlu mendiamkannya semalaman dan membilasnya dengan air dingin pada keesokan paginya. Perawatan ini aman untuk dilakukan setiap hari.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Madu.

Nah, itu tadi adalah beberapa masker yang bisa kita buat sendiri untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan tentu saja agar kulit semakin putih. Namun, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memulai memutihkan wajah dengan lidah buaya ini. Hmm.. kira-kira apa saja ya?

  • Gel lidah buaya dapat cepat menguap karena udara dan sinar matahari, maka sebaiknya keluarkan gel ini ketika benar-benar sudah siap memulai perawatan
  • Buang gel berwarna kuning ketika kita mengambil ekstrak lidah buaya ini, karena gel tersebut bisa menjadi racun
  • Lidah buaya dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensiif, oleh sebab itu sebaiknya perlu dites terlebih dahulu apakah kita sensitif atau tidak terhadap gel lidah buaya
  • Disarankan hanya menggunakan 1-2 sendok makan gel lidah buaya per hari
  • Wanita yang menyusui dan hamil serta anak di bawah umur 12 tahun tidak disarankan untuk menggunakan masker berbahan dasar lidah buaya ini
  • Gunakan sarung tangan untuk memotong daun lidah buaya untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit dan tentu saja cuci lidah buaya sebelum digunakan
  • Lidah buaya dapat menyebabkan iritasi apabila kita alergi terhadap latex

Baca juga:

Begitulah penjelasan tentang cara memutihkan wajah dengan lidah buaya. Pasti sudah siap dong menjadi lebih cantik dengan hanya berbahan dasar lidah buaya? Tentu saja tidak ada alasan malas untuk melakukan perawatan wajah lagi bukan. So, what are you waiting for? Start the beauty from yourself.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal