Sponsors Link

11 Cara Memutihkan Wajah dengan Madu Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Siapa yang tidak kenal dengan bahan alami ini? Madu, merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Cairan yang menyerupai sirup yang lebih kental dan manis ini memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya.

ads

Madu memiliki kandungan energi tertinggi dan sangat baik untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Selain itu, cairan yang dihasilkan lebah ini pun memiliki kandungan karbohidrat (gula dan serat pangan), Protein, air, vitamin B Complex, Vitamin C, Vitamin E, Kalsium yang baik untuk tulang, Zat Besi untuk melancarkan darah, magnesium, Fosfor, Kalium, Natrium, dan Zink.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Ala Korea.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, madu juga bermanfaat untuk kulit, diantaranya memutihkan wajah. Anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia atau pun merogoh kocek ke dokter kulit untuk mendapatkan kulit wajah putih dan berseri, Anda cukup dengan menggunakan madu. Mudah penggunaannya dan harganya relatif murah.

Berikut cara memutihkan wajah dengan madu:

1. Masker Madu

Cara ini adalah cara yang paling mudah dalam mengaplikasikan madu untuk memutihkan kulit. Anda cukup dengan mengoleskan madu secukupnya ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan secara merata, lalu diamkan selama 15 menit, kemudian, basuh wajah dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakannya setiap hari pada malam hari.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Pria.

2. Masker Madu dan Putih Telur

Memiliki wajah cantik dan putih tidak perlu mahal loh. Dengan cara yang murah dan mudah bisa dilakukan sendiri di rumah dengan cara membuat masker madu dicampur dengan putih telur. Putih telur mengandung protein tinggi dan juga biasa digunakan untuk mengatasi komedo, mengurangi jerawat, mengecilkan pori-pori, membuat wajah lebih kencang dan awet muda, mengatasi kulit kering, dan mencerahkan kulit.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo.

Cara membuat masker putih telur dan madu sangat mudah, cukup campurkan putih telur yang sudah dikocok dengan satu sendok madu, kemudian oleskan secara menyeluruh pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu cuci wajah dengan air bersih dan tepuk-tepuk wajah dengan handuk bersih secara perlahan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker ini 2-3 kali dalam seminggu.

3. Campuran Madu dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit yang dapat merapatkan pori-pori pada wajah dan dapat mengencangkan kulit. Selain itu, jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin B, antioksidan, dan antibakteri yang mampu mencerahkan dan memutihkan kulit secara alami.

Madu dan jeruk nipis sangat mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau. Cara memutihkan wajah dengan madu dan jeruk nipis pun sangat mudah. Cukup dengan mencampurkan perasan air jeruk nipis dan satu sendok makan madu, aduk hingga merata.

Aplikasikan masker madu dan jeruk nipis pada wajah yang sudah dibersihkan secara menyeluruh. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air dingin dan bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan setiap hari agar kulit putih dan cerah.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis.

4. Bahan Alami Madu dan Lemon

Lemon dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kesehatan kulit. Kandungan vitamin C-nya dapat meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Asam nitrat pada lemon dapat membantu mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori, memperlambat munculnya garis-garis halus, melawan kerutan, dan mencerahkan kulit.

Baca juga: Sabun Pemutih WajahPemutih Wajah di Apotik.

Memutihkan kulit secara alami dapat menggunakan lemon saja. Namun, lebih baik bila dikombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti madu. Caranya sangat mudah, Anda cukup mencampurkan air perasan dari 1/2 jeruk lemon dan satu sendok makan madu. Aplikasikan pada seluruh wajah yang telah dibersihkan dengan air hangat, sehingga pori-pori terbuka. Setelah itu, diamkan selama 15-30 menit. Kemudian, basuh wajah Anda dengan air hangat dan diakhiri dengan percikan air dingin, agar pori-pori kembali mengecil. Tepuk perlahan-lahan dengan handuk untuk mengeringkan wajah Anda. Untuk hasil maksimal, gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

5. Masker Minyak Zaitun dan Madu

Minyak zaitun kaya akan manfaat bagi tubuh dan kulit, diantaranya, dapat melembabkan kulit, mengatasi kulit kering, dan mencerahkan wajah. Banyak orang yang menggunakan minyak zaitun untuk kecantikan wajah, terlebih minyak zaitun pun tidak sulit didapatkan dan harganya relatif murah.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Minyak Zaitun.

ads

Cara memutihkan kulit dengan masker minyak zaitun dan madu sangat mudah, Anda cukup mencampurkan minyak zaitun dan madu, masing-masing satu sendok makan, diaduk sampai berbentuk pasta. Kemudian, terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan menggunakan kuas atau pun jari Anda. Lalu, diamkan 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Gunakan secara teratur setiap hari untuk hasil yang maksimal.

6. Campuran Susu Bubuk dan Madu

Susu bermanfaat untuk melembabkan kulit, membuat kulit lebih kenyal, mencerahkan, dan memutihkan kulit. Mencampurkan susu bubuk dengan madu merupakan pilihan yang baik untuk perawatan kulit, terutama wajah Anda.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Kunyit.

Bahannya tidak terlalu sulit didapatkan, Anda cukup mencampurkan satu sendok makan susu bubuk dan satu sendok makan madu, aduk hingga rata dan membentuk pasta. Lalu, oleskan pada wajah Anda secara merata, kemudian diamkan selama kurang lebih 10-25 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air dingin, agar pori-pori wajah dapat tertutup. Keringkan wajah menggunakan handuk halus dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

7. Masker Apel dan Madu

Pernahkah Anda mendengar dan mencoba masker apel? Jika belum, saatnya untuk mencoba karena ternyata apel juga bisa memutihkan kulit loh. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada Apel dapat membantu wajah lebih segar dan tercegah dari penuaan dini.

Baca juga: Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami.

Caranya cukup mudah untuk memutihkan kulit dengan masker apel dan madu, hancurkan satu buah apel menggunakan blender. Kemudian, campurkan apel yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan madu, masukkan ke dalam lemari pendingin selama 15 menit. Jika sudah, aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan secara menyeluruh dan diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air. Gunakan setiap malam menjelang tidur agar hasil maksimal, kulit segar dan cerah.

8. Madu dan Masker Beras

Selain untuk dimasak dan dikonsumsi, beras juga bisa membantu memutihkan kulit wajah. Caranya sangat mudah, ambil tiga genggam beras, rendam di dalam wadah yang berisikan air. Biarkan beras hingga lunak keesokan harinya. Kemudian, setelah lunak, tumbuk beras menjadi sangat halus dan keringkan di bawah sinar matahari, sehingga menjadi seperti bubuk beras.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Ampas Kopi.

Selanjutnya, campurkan dua bubuk beras dengan satu sendok madu dan campuran air, aduk hingga menjadi pasta kental. Lalu, aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan secara menyeluruh. Diamkan kurang lebih 20-30 menit dan bilas wajah dengan air bersih, serta keringkan dengan handuk. Untuk hasil maksimal, lakukan seminggu sekali.

9. Alpukat dan Madu

Buah yang satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Alpukat merupakan buah yang mempunyai kandungan protein tinggi dan lemak baik. Selain untuk dikonsumsi, alpukat juga dapat dibuat untuk masker wajah yang dapat memutihkan dan mencerahkan kulit.

Cara membuat masker alpukat dan madu sangat mudah, yakni ambil 1/2 bagian daging alpukat kemudian haluskan pada satu wadah. Campurkan alpukat yang sudah halus dengan satu sendok makan madu, kemudian aduk hingga merata. Aplikasikan pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan, diamkan kurang lebih 10-20 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan mengunakan handuk halus dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

10. Tomat dan Madu

Tomat juga mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Selain dapat dikonsumsi, buah dan sayuran yang satu ini juaga bisa membantu mencerahkan kulit. Vitamin C-nya dapat mencegah penuaan dini, mencerahkan, dan memutihkan wajah. Caranya sangat mudah, cukup dengan mencampurkan air dari tomat dengan satu sendok teh madu, kemudian oleskan pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan sekitar 15 menit dan basuh wajah dengan air bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Tomat.

11. Madu dan Wortel

Buah yang kaya akan vitamin A ini, sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Selain itu, wortel juga berkhasiat memutihkan kulit secara efektif. Caranya sangat mudah, kupas dan hancurkan satu buah wortel. Ambil sari wortel dan tambahkan satu sendok makan madu, aduk hingga merata. Kemudian terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya, lalu diamkan kurang lebih 15 menit. Bersihkan wajah dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Baca juga: 10 Cara Memutihkan Wajah dengan Belimbing Wuluh.

Manfaat Madu Selain Memutihkan Wajah

Seperti yang dikatakan sebelumnya, madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit tanpa efek samping. Kandungan nutrisi yang kaya juga dapat menyembuhkan penyakit, meningkatkan kekebalan tubuh, menambah energi dalam tubuh, dan masih banyak lagi. Berikut manfaat madu selain untuk memutihkan wajah:

Sponsors Link

  1. Meredakan Batuk: Madu juga mengandung antibakteri dan antivirus yang dapat meredakan batuk, sehingga gangguan pernapasan akibat batuk dapat dicegah secepat mungkin dengan mengkonsumsi madu selama tujuh hari berturut-turut.
  2. Menghilangkan jerawat: Lagi-lagi madu sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit, yang mana juga dapat menghilangkan jerawat secara efektif. Kandungan antibakterinya dapat membunuh bakteri P. Acne penyebab jerawat.
  3. Mencegah diabetes: Madu mengandung gula alami yang baik bagi penderita diabetes, sehingga tidak perlu khawatir penyakit akan meradang bila menggunakan madu sebagai pengganti gula di rumah.
  4. Memperbaiki fungsi saluran cerna: Tidak hanya kaya nutrisi, madu juga dapat membantu melancarkan pencernaan dengan menyebarkan bakteri baik dalam saluran cerna dan mendukung proses pencernaan dalam usus besar.
  5. Memperkuat kekebalan tubuh: Madu dapat merangsang pembentukan antibodi yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat masa penyembuhan dalam tubuh.
  6. Menyembuhkan luka: Menyembuhkan luka sangat efektif menggunakan madu. Kandungan antiseptiknya mampu mencegah infeksi bakteri pada luka. Cukup dengan mengoleskan madu pada bagian yang luka saja.
  7. Meningkatkan stamina: Jelas sekali madu akan meningkatkan stamina dalam tubuh, mengingat kandungan energi yang sangat tinggi di dalamnya. Cukup dengan mengkonsumsi setiap pagi satu sendok makan akan menjaga stamina tubuh Anda.
  8. Menurunkan kadar kolesterol: Kolesterol jahat dapat menyumbat pembuluh arteri dan meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung, sehingga dengan mengkonsumsi madu selama dua minggu berturut-turut, maka kadar kolesterol dalam darah akan menurun.
  9. Menguatkan akar rambut: Bagi Anda yang mengalami kerontokan pada rambut, lebih baik gunakan madu untuk kembali menguatkannya sampai ke akar. Kandungan nutrisi seperti protein pada madu sangat baik bagi rambut, sehingga dapat mengembalikan kelembaban dan kelembutannya.
  10. Meningkatkan nafsu makan: Mengonsumsi madu dapat merangsang hormon peningkat nafsu makan yang baik diberikan pada anak-anak yang susah makan.
  11. Melembabkan kulit dan bibir: Selain memutihkan kulit, madu pun dapat melembabkan dan menghaluskan kulit dan bibir. Cukup dengan mengoleskannya pada bagian tubuh dan bibir rutin setiap hari.
  12. Memperlambat penuaan dini: Madu sangat efektif untuk mencegah penuaan dini, mencegah timbulnya garis, dan kerutan pada wajah. Cukup dengan mengoleskan pada wajah setiap hari sebelum tidur.
  13. Mengatasi insomnia: Bagi Anda penderita insomnia, jangan khawatir karena dengan mengkonsumsi madu, penyakit yang satu ini dapat disembuhkan. Cukup dengan mencampur madu dengan teh sebelum tidur, dapat menenangkan tubuh Anda, sehingga dapat mengatasi susah tidur.
  14. Menurunkan berat badan: Ini yang sangat penting bagi Anda penderita obesitas atau kelebihan berat badan. Tiga kandungan pada madu, yaitu vitamin, mineral, dan asam amino dapat membantu mengontrol berat badan Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.
  15. Stimulan seksual alami yang meningkatkan kejantanan dan kesehatan reproduksi, sehingga Anda yang bermasalah dengan reproduksi tidak perlu khawatir. Minumlah madu setiap hari agar alat reproduksi Anda lebih terjaga kesehatannya.
  16. Dengan menambahkan madu dengan segelas susu, dapat meningkatkan jumlah sperma dari nol sampai tingkat kesuburan tertinggi.
  17. Mencegah terjadinya osteoporosis: Kandungan kalsium pada madu dapat membantu mencegah pengeroposan tulang saat lanjut usia. Sehingga, ada baiknya konsumsi madu secara rutin setiap hari.
  18. Mengobati arthritis: Madu mampu menyembuhkan dan mengobati peradangan pada sendi yang terasa amat nyeri.
  19. Mencegah tumor dan kanker: Madu mengantung senyawa antimutagenic yang mampu mencegah zat-zat berbahaya masuk ke dalam jaringan dan menyebabkan mutasi sel. Dengan mengkonsumsi madu, tubuh akan tercegah dari proses metastasis sel kanker.

Baca juga: Cara Perawatan Kulit Anak.

Bagaimana Readers, sangat banyak ya manfaat madu. Jadi mulailah dari sekarang untuk lebih rajin memelihara kesehatan Anda dengan mengkonsumsi madu dan menggunakannya untuk kesehatan kulit Anda. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal