Sponsors Link

10 Cara Memutihkan Wajah dengan Minyak Zaitun Secara Cepat dan Praktis

Sponsors Link

Siapa bilang memutihkan wajah itu sulit? Pada dasarnya pigmen sel-sel kulit memang tidak bisa diubah. Tapi Kamu bisa membuat kulitmu menjadi cerah dan sehat dengan melakukan perawatan wajah. Salah satu bahan alami pemutih wajah yang terkenal sejak ratusan silam yaitu minyak zaitun. Minyak yang dikenal dengan nama “olive oil” ini diperoleh dari biji zaitun, kandungan nutrisinya sangat banyak bahkan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Minyak ini juga digunakan oleh wanita-wanita di Arab untuk mempercantik wajah mereka.

ads

Baca juga: Cara Mencerahkan Wajah.

Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun

Minyak zaitun bukanlah minyak biasa. Dari hasil penelitian di laboratorium, minyak zaitun memiliki berbagai macam nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Minyak ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin E yang tinggi dan juga vitamin K. Di dalam minyak zaitun juga terkandung senyawa polifenol, trigliserida, tokoferol, squalene, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, asam lemak omega 9, serta zat besi.

Minyak zaitun yang dijual di pasaran saat ini memiliki beberapa jenis, yakni:

  • Ekstra virgin olive oil: merupakan minyak zaitun yang kualitasnya paling bagus. Diekstrak dari buah zaitun secara langsung dengan metode cold press tanpa tambahan bahan kimia.
  • Virgin olive oil: merupakan hasil perasan kedua dari buah zaitun, prosesnya tidak menggunakan bahan kimia
  • Pure olive oli: minyak zaitun yang diperoleh lewat proses pemurnian (penyulingan). Kandungan nutrisi dalam minyak ini lebih rendah dibandingkan ekstra virgin dan virgin olive oil
  • Ekstra light olive oil: Diperoleh dari ekstrak buah zaitun yang telah dimurnikan. Kandungan nutrisinya juga cuku rendah, umumnya digunakan untuk menggoreng.

Jenis minyak zaitun yang paling direkomendasikan untuk perawatan kulit wajah adalah ekstra virgin olive oil karena nutrisinya masih lengkap, murni dan tidak mengandung bahan kimia sintesis.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Pria.

Cara Membuat Masker Minyak Zaitun untuk Memutihkan Wajah

Selain digunakan untuk dressing salad, minyak zaitun murni juga bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat kecantikan kulit. Nah, dibawah ini beberapa cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun. Check it out!

1. Minyak Zaitun

Cara pertama yang paling simpel dan cocok untuk Kamu yang malas melakukan treatment yang ribet, bisa nih menggunakan masker minyak zaitun murni, tanpa bahan tambahan lainnya. Pertama yang harus dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun. Kemudian, oleskan 2-3 tetes minyak zaitun pada seluruh bagian wajah dan leher. Agar hasilnya lebih optimal, sebaiknya oleskan sambil dipijat-pijat sehingga nutrisinya bisa menyerap ke dalam kulit. Setelah masker terasa kering, bilas wajah dengan air tanpa menggunakan sabun. Perlu diketahui bahwa minyak zaitun tidak hanya membuat wajah menjadi cerah, tapi juga membantu menyamarkan garis-garis halus, kantung mata hitam dan jerawat.

Baca juga: Cara Perawatan Kulit Anak.

2. Minyak Zaitun dan Putih Telur

Apabila Kamu memiliki tipe kulit yang mudah keriput dan berjerawat, nah Kamu bisa mencoba membuat masker minyak zaitun dan putih telur. Kombinasi vitamin E dalam minyak zaitun dengan protein yang tinggi dalam putih telur membantu kulit dalam memproduksi kolagen lebih optimal, sehingga kekencangan kulit bisa kembali. Putih telur juga ampuh dalam menghilangkan jerawat.

Cara pembuatan masker ini, yakni dengan menambahkan setengah sendok minyak zaitun ke dalam sebutir putih telur yang telah dihancurkan dalam mangkuk (ingat sisihkan bagian kuning telurnya, ya). Aduk sampai rata dan menyerupai tekstur pasta. Setelah itu, cuci tanganmu dan oleskan masker pada wajah dengan perlahan-lahan. Apabila masker terasa mulai kering dan berat di wajah, segera bilas dengan air. Masker ini dapat diaplikasikan 1 kali dalam seminggu.

3. Minyak Zaitun, Yogurt, dan Mentimun

Masker yang satu ini cocok untuk Kamu yang memiliki kulit normal dan ingin punya wajah cerah. Yogurt, minuman fermentasi ini memiliki kandungan asam laktat yang bisa membuat kulit lebih cerah, mentimun dapat menyegarkan kulit, sedangkan minyak zaitun meregenerasi sel-sel kulit yang telah rusak. Dengan mengombinasikan ketiga bahan tersebut wajah akan tampak sehat dan lebih berseri.

Cara pembuatan masker ini yakni, pertama siapkan sesendok jus timun dalam mangkuk. Tambahkan setengah cangkir yogurt tawar dan setengah sendok minyak zaitun. Ambil kapas, lalu aplikasikan pada kulit wajah. Jangan terburu dibilas ya, tunggu selama 15-30 menit. Setelah itu, Kamu baru boleh membasuh muka dengan air. Masker ini cocok digunakan 1 kali dalam seminggu.

Sponsors Link

4. Minyak Zaitun dan Jeruk Nipis

Cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun akan semakin maksimal bila dikombinasikan dengan jeruk nipis. Sebagaimana kita tahu, buah berasa asam tersebut memiliki vitamin C sangat tinggi, dan kegunaan vitamin C ini untuk mencerahkan sel-sel kulit.

Untuk pembuatannya, Kamu bisa mencampurkan satu setengah sendok minyak zaitun dengan setengah sendok air perasan jeruk nipis. Agar semua bahan terpadu sempurna, aduk-aduk selama 1 menit. Setelah itu, aplikasikan masker pada wajah. Tunggu 15 menit, kemudian bilas dengan air. Setelah menggunakan masker ini, hindari paparan matahari secara langsung karena senyawa asam dari jeruk nipis bisa memicu iritasi bila terpapar sinar UV.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis.

5. Minyak Zaitun dan Oatmeal

Produk makanan yang berasal dari biji gandum ini memiliki kandungan vitamin, lemak dan beragam mineral yang mampu mengatasi kulit kusam, berjerawat dan berminyak. Untuk menggunakannya, pertama siapkan oatmeal dalam mangkuk. Tambahkan air hangat secukupnya, lalu aduk sampai menjadi pasta. Setelah itu, masukkan setengah sendok minyak zaitun murni. Aduk kembali, lalu aplikasikan pada wajah. Kira-kira 30 menit setelah pengaplikasian, cuci wajah dengan air dingin hingga bekas-bekas oatmeal tak tersisa di kulit. Masker ini cocok digunakan 1 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Ala Korea.

6. Minyak Zaitun dan Susu

Beberapa orang sering mengaplikasikan masker minyak zaitun dan susu sebagai perawatan untuk memutihkan wajah. Kedua bahan ini dapat membantu meningkatkan keelastisan kulit, mencerahkan kulit kusam dan menghilangkan flek-flek hitam. Cara pembuatan masker ini yakni dengan menambahkan setengah sendok minyak zaitun ke dalam setengah cangkir susu murni. Oleskan pada wajah. Diamkan sampai kira-kira 15-30 menit. Setelah masker kering, cuci wajah dengan air dingin. Masker ini cocok digunakan 1 kali dalam seminggu.

7. Minyak Zaitun, Tomat dan Yogurt

Ingin kulit putih dalam waktu cepat? Pengombinasian minyak zaitun, tomat dan yogurt bisa membantu sel-sel kulit wajah menjadi tampak lebih cerah dan sehat. Tomat mengandung asam askorbat yang mampu memutihkan kulit serta mengatasi jerawat. Dan yogurt dengan asam laktatnya juga akan membantu memutihkan kulit lebih maksimal. Sedangkan minyak zaitun berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulitmu dari efek buruk polusi.

Cara pembuatan masker ini yakni, pertama siapkan setengah cangkir jus tomat. Tambahkan setengah sendok yogurt tanpa rasa dan setengah sendok minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan leher. Pijat dan diamkan hingga 15 menit. Kemudian bersihkan masker dengan menggunakan air dingin. Oiya, sebaiknya Kamu mencoba masker ini 1-2 kali dulu, apabila kulitmu tidak mengalami iritasi maka Kamu boleh menggunakannya secara rutin. Maksimal 1 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Belimbing Wuluh.

Sponsors Link

8. Minyak Zaitun, Lemon dan Madu

Cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun berikutnya adalah dengan kombinasi lemon dan madu. Lemon memiliki kandungan vitamin C tinggi yang mampu mencerahkan sel-sel kulit, sedangkan madu membantu menutrisi wajah agar tidak kering.

Untuk membuat masker ini, pertama siapkan setengah cangkir jus lemon. Tambahkan setengah sendok madu dan setengah sendok minyak zaitun. Aplikasikan pada wajah, lalu diamkan sejenak selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci wajah dengan air sampai bersih. Masker ini cocok digunakan 1 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo.

9. Minyak Zaitun dan Kunyit

Perpaduan minyak zaitun dan kunyit bisa dibilang perpaduan yang sempurna sebagai masker pemutih wajah. Minyak zaitun memiliki vitamin E yang akan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Sedangkan kunyit memiliki vitamin C dan vitamin B6 yang berguna untuk mencerahkan sekaligus mencegah timbulnya keriput.

Untuk pembuatannya campurkan setengah sendok teh kunyit yang telah dihaluskan dengan setengah sendok teh minyak zaitun ke dalam cangkir. Aduk rata, aplikasikan pada wajah. Satelah 15 menit, bilas wajah dengan air dingin. Masker ini cocok digunakan 1 kali dalam seminggu.

Baca juga: Pemutih Wajah di Apotik.

10. Minyak Zaitun dan Pepaya

Memutihkan wajah juga bisa dilakukan dengan perawatan masker pepaya dan minyak zaitun. Kedua bahan alami ini berperan ampuh menghapus flek hitam, bekas jerawat dan mencerahkan sel-sel kulit. Untuk cara pembuatannya, Kamu hanya perlu menambahkan setengah sendok minyak zaitun ke dalam secangkir jus pepaya. Aduk rata lalu oleskan pada wajah. Pijat-pijat masker pada kulit agar nutrisinya meresap maksimal. Setelah 15 menit, bilas wajah dengan air hingga bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam.

Demikianlah beberapa cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun. Minyak zaitun ini aman digunakan untuk semua jenis kulit. Kamu bisa menerapkan penggunaan masker-masker diatas pada siang atau malam hari. Sedangkan untuk minyak zaitun sendiri bisa dioleskan pada wajah setiap malam sebelum tidur, dan Kamu bisa membilasnya di keesokan pagi harinya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal