Sponsors Link

8 Cara Memutihkan Wajah dengan Temulawak Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Kulit wajah yang putih dan bersih tidak dapat dipungkiri menjadi idaman banyak orang, khususnya wanita. Namun sayangnya, wanita sering kali melakukan kesalahan pada perawatan wajahnya yang justru menimbulkan banyak permasalahan pada kulit, seperti: kulit wajah yang menjadi kering, gatal, kusam, berminyak, atau berjerawat. Terlalu berlebihan dalam menggunakan produk kecantikan sangatlah tidak disarankan karena cenderung memicu tumbuhnya banyak jerawat dan mempercepat proses penuaan dini pada wajah. Lalu, apa solusi yang tepat untuk permasalahan ini ya?

ads

Baca juga:

Sebenarnya kita tidak perlu pusing untuk masalah yang satu ini, karena solusinya sangatlah dekat berada di sekitar kita. Kita bisa merawat kesehatan kulit wajah; khususnya memutihkan kulit wajah dengan menggunakan berbagai bahan alami yang ada di sekitar kita, mulai dari sayuran, buah, susu sapi, madu, cuka apel dan berbagai macam bumbu dapur.

Nah kali ini, kita akan membahas cara memutihkan wajah menggunakan temulawak. Siapa sih sebenarnya temulawak ini? Temulawak adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki nama curcuma zanthorriza ini biasa dikenal juga sebagai jahe jawa karena masih satu rumpun dengan keluarga jahe. Dengan bentuk yang menyerupai kunyit, temulawak memiliki aroma yang jauh berbeda dengan kunyit, dan khasiat yang pastinya juga jauh berbeda.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jahe, Tips agar Wajah Putih Bersih.

Meskipun bumbu dapur satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, jangan salah jika kita akan kesulitan menemukan bumbu ini, khususnya ketika berada di luar negeri. Tanaman yang bisa tumbuh di ketinggian 1500 meter di atas permukaan air laut ini juga sudah mudah untuk ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Filipina, serta Malaysia bahkan juga sudah bisa ditemukan di beberapa negara di Eropa serta Amerika Serikat.

Temulawak merupakan bumbu dapur yang sering digunakan oleh masyarakat karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, tepatnya untuk menjaga agar tubuh kita selalu sehat. Tingginya kandungan curcuminoid dan minyak esensial pada temulawak berfungsi menetralisir racun pada tubuh kita sehingga mampu mempercepat proses regenerasi sel-sel liver yang rusak akibat pengaruh berbagai zat kimia beracun.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bumbu DapurCara Mencerahkan Wajah.

Tidak hanya itu saja, temulawak juga masih memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita, antara lain: menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah munculnya jaringan lemak pada tubuh, serta berperan sebagai antioksidan yang baik. Temulawak ini juga sangatlah aman digunakan untuk semua kalangan, baik pria maupun wanita; dari anak-anak hingga orang tua. Mengonsumsi jus temulawak juga merupakan suatu rutinitas yang baik untuk tubuh karena kita tidak perlu mencampur temulawak dengan bahan pemanis apapun karena pada dasarnya temulawak sendiri memiliki cita rasa yang sedikit manis.

Seperti yang telah kita bicarakan sebelumnya, mengolah temulawak menjadi rutinitas perawatan wajah kita sangatlah praktis untuk dilakukan, bahkan kita bisa mengonsumsinya baik dari dalam maupun luar tubuh, lebih tepatnya dengan menggunakan masker wajah dan mengonsumsinya sebagai jus. Nah untuk masker wajah berbahan dasar temulawak ini bisa juga dikombinasikan dengan berbagai bahan alami lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan manfaat yang kita dapatkan pun akan berlipat ganda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengolah temulawak menjadi masker wajah:

1. Temulawak dan Susu

Untuk memutihkan wajah dengan temulawak yang satu ini akan kita padukan dengan susu, yang pastinya akan memberikan kita hasil yang memuaskan. Hal yang perlu kita lakukan sangatlah mudah, yaitu memotong beberapa ruas temulawak menjadi potongan kecil-kecil dan menghaluskannya menggunakan blender. Setelah temulawak halus, maka kita bisa menambahkan beberapa sendok susu ke dalam blender tadi dan mencampurnya hingga rata dan kita pun akan mendapatkan suatu krim kental dan bisa digunakan sebagai masker.

Masker yang sudah siap ini bisa kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan sebelum menggunakan masker ini, ada baiknya kita membersihkan wajah dengan air hangat terlebih dahulu agar pori-pori wajah terbuka dan dapat menyerap kandungan yang terdapat pada masker dengan baik. Setelah dioleskan merata pada seluruh bagian wajah, kita perlu mendiamkannya hingga mengering selama kurang lebih 15 menit dan kemudian membilasnya menggunakan air dingin.

Sponsors Link

Baca juga:

2. Temulawak dan Tepung Beras

Manfaat yang kita dapat dengan menggunakan masker ini masihlah sama, yaitu wajah yang semakin putih dalam waktu yang singkat tanpa perlu mencemaskan paparan zat kimia pada kulit wajah kita. Nah bahan yang kita perlukan untuk membuat masker ini adalah 2 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh temulawak yang sudah dihaluskan, serta madu secukupnya.

Setelah semua bahan siap, maka kita hanya perlu mencampur semua bahan hingga rata dan kental sampai kita bisa menggunakannya sebagai masker. Masker ini bisa digunakan pada seluruh bagian wajah dan perlu didiamkan selama kurang lebih 20 menit hingga mengering lalu setelahnya bisa kita bersihkan dengan air secara perlahan. Kita bisa menggunakan pelembab setelahnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Kentang, Cara Memutihkan Wajah dengan Cuka Apel.

3. Temulawak dan Olive Oil

Cara memutihkan wajah dengan temulawak kali ini akan kita padukan dengan kuning telur dan olive oil, di mana kedua bahan ini memiliki fungsinya masing-masing sebagai perawatan kulit wajah kita. Manfaat dari kuning telur adalah membuat masker ini aman untuk digunakan semua jenis kulit, bahkan jenis kulit kering sekalipun serta sangat baik untuk mempercepat proses perbaikan sel-sel kulit karena tingginya kandungan protein; sedangkan olive oil bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak mengalami dehidrasi karena tingginya kandungan vitamin B di dalamnya.

Untuk membuat masker ini cukup praktis, karena yang perlu kita lakukan adalah mencampurkan 1 kuning telur, 1 sendok makan temulawak halus, dan 1 sendok makan olive oil hingga rata. Setelah semua bahan sudah tercampur dengan rata, maka kita dapat menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya selama beberapa saat hingga mengering. Setelahnya, kita bisa membilasnya menggunakan air dingin agar wajah kembali bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Putih Telur, Cara Memutihkan Wajah dengan Minyak Zaitun.

4. Temulawak dan Beras

Masker yang satu ini cukup berbeda dengan masker-masker sebelumnya karena kita perlu merendam beras selama 8 jam terlebih dahulu sebelum mengolahnya menjadi masker. Rendaman beras yang sudah siap kemudian bisa kita campurkan dengan 2 irisan kunyit dan 5 ruas temulawak yang sudah kita haluskan dan akan kita campur hingga merata kemudian dibentuk bulat dan dijemur dengan bantuan sinar matahari.

Setelah kering, maka kita bisa menggunakannya sebagai masker; dan yang kita butuhkan hanya sekitar 3 butir masker yang akan kita campurkan dengan air matang terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai masker. Setelah masker siap, maka kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan menunggunya hingga mengering. Setelahnya, kita bisa membilasnya dengan air dingin agar wajah kembali bersih. Masker ini bisa kita gunakan setiap mau tidur untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam waktu yang singkat.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan BerasCara Memutihkan Wajah dengan Daun Jambu.

ads

5. Temulawak dan Madu

Perpaduan kedua bahan ini sangatlah efektif untuk memutihkan wajah serta meminimalisir datangnya jerawat pada kulit kita. Untuk membuat masker ini sangatlah mudah karena bahan yang kita perlukan hanya ⅟2 sendok teh bubuk temulawak dan 1 sendok makan madu dan akan kita campur hingga merata. Pertama-tama kita bisa mengawalinya dengan membersihkan wajah kita menggunakan air jeruk nipis agar wajah bersih secara optimal dan kulit kita bisa menyerap kandungan pada masker dengan baik.

Setelah masker siap, kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah, dan tentu saja hindari bagian mata karena bisa menyebabkan iritasi. Setelahnya, kita perlu mendiamkan masker ini hingga mengering selama 15-20 menit dan kemudian kita bilas menggunakan air hangat. Kita bisa menggunakan masker ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan dalam waktu yang singkat.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Madu.

6. Temulawak dan Asam Jawa

Cara memutihkan wajah dengan temulawak yang dipadukan dengan asam jawa ini sangatlah efektif untuk memutihkan wajah dan aman untuk digunakan sebagai rutinitas perawatan kulit. Untuk membuat masker ini, yang perlu kita lakukan adalah menghaluskan temulawak dan menggunakan 1 sendok makan sarinya. Setelahnya, kita perlu mencampur sari temulawak tersebut dengan 2 ruas asam jawa dan 2 sendok makan air jeruk nipis hingga merata dan menumbuknya hingga halus sampai siap untuk digunakan sebagai masker. Masker yang telah siap digunakan ini bisa kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan perlu didiamkan selama kurang lebih 15 menit hingga mengering lalu setelahnya bisa kita bilas menggunakan air dingin agar wajah kembali bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis.

7. Masker Temulawak

Seperti yang kita tahu sebelumnya, temulawak merupakan salah satu bumbu dapur yang efektif untuk memutihkan kulit dan kita bisa menggunakannya tanpa dicampur dengan bahan alami lainnya. Untuk membuat masker ini sangatlah mudah karena yang perlu kita lakukan adalah memarut 2 ruas temulawak dan menggunakan sarinya. Sari temulawak ini akan kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan perlu didiamkan selama beberapa menit agar kulit wajah dapat menyerap kandungan di dalamnya secara maksimal. Setelah dirasa cukup, maka kita bisa membilasnya menggunakan air dingin agar wajah kembali bersih. Menggunakan masker ini secara rutin juga sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam.

8. Air Temulawak

Seperti yang kita bicarakan di awal, menggunakan temulawak sebagai cara untuk memutihkan wajah dapat menggunakan dua cara, yaitu dari luar dan dalam tubuh. Nah untuk membuat air temulawak ini sangatlah mudah karena yang perlu kita lakukan adalah mengiris beberapa ruas temulawak menjadi potongan kecil dan menjemurnya hingga kering. Setelah temulawak kering siap, maka kita perlu merebusnya hingga mendidih dan kita pun bisa meminum 1 gelas air temulawak tiap malam sebelum tidur. Kita juga bisa mengonsumsi air temulawak ini tiap hari dalam jangka waktu tertentu hingga kita memperoleh hasil yang kita inginkan tanpa perlu mengkhawatirkan efek sampingnya.

Baca juga:

Nah, itu tadi adalah beberapa cara memutihkan wajah dengan temulawak yang bisa kita lakukan, dan pastinya praktis untuk dilakukan. Mengetahui berbagai kandungan yang ada pada temulawak pun tidak ada salahnya sehingga kita yakin apa saja manfaat yang bisa kita dapat dengan mengonsumsi temulawak ini secara rutin. Nah, apa masih ada alasan untuk malas merawat kecantikan kulit wajah kita? So, what are you waiting for? Start the beauty from yourself.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal