Sponsors Link

35 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat Tanpa Efek Samping

Sponsors Link

Wajah yang gelap dan kotor bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: terpapar sinar matahari, polusi udara, efek obat, kulit yang mengering, stress, tidak terlalu memperhatikan kondisi wajah, serta efek dari bahan kimia yang terkandung pada kosmetik. Wajah dengan kondisi seperti ini tentu saja membuat orang tidak percaya diri, oleh sebab itu tiap orang pun berusaha untuk mendapatkan kulit yang sempurna dan memperbaiki keadaan kulitnya tersebut.

ads

Ditawarkannya berbagai produk kecantikan di luar sana yang menjanjikan “kulit putih dalam sekejap” tentu saja membuat orang tertarik untuk mencobanya tanpa menyadari efek berbahaya dari kandungan kimia yang terkandung di dalamnya. Berbagai produk pemutih itu juga sering tidak dibanderol dengan harga yang murah, yang sering kali justru memperburuk keadaan kulit kita. Lalu, apakah ada solusi yang ampuh dan jitu untuk mendapatkan kulit kita kembali yang tentu saja aman dan tidak membahayakan kesehatan kulit kita?

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Ala Korea.

Tentu saja ada! Apa ya jawabannya? Kita bisa menggunakan berbagai bahan alami yang ada di sekitar kita, yang pastinya mudah untuk didapat, aman untuk kesehatan kulit, dan pastinya ramah di kantong. Bahan-bahan alami ini dapat diolah menjadi beberapa produk seperti yang ditawarkan di luar sana, yang tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita yang tentu saja aman dan cocok untuk tipe kulit kita. Meskipun hasilnya tidak secepat dengan menggunakan produk pemutih, namun tentu saja kita kita akan memilih cara yang terjamin keamanannya dan hasil yang memuaskan bukan? Berikut adalah beberapa cara memutihkan wajah secara alami yang dapat kita lakukan:

1. Masker Berbahan Dasar Buah

Masker adalah salah satu hal termudah untuk melakukan perawatan pada wajah. Masker hanya membutuhkan beberapa bahan dasar, dan tidak membutuhkan waktu lebih dari 30 menit tiap kali pemakaiannya. Nah kali ini, kita akan membahas masker dengan berbahan dasar buah yang tentu saja memberikan kita banyak manfaat selain tetap terjaganya kesehatan kulit kita. Kira-kira buah apa saja ya yang bisa kita gunakan untuk membuat masker?

  • Jeruk

Salah satu vitamin terpenting yang kita butuhkan untuk perawatan wajah adalah vitamin C, dan kita bisa banyak mendapatkan hal itu dari jeruk. Selain itu, kandungan pada jeruk juga bermanfaat untuk memutihkan wajah dan meningkatkan kekenyalannya. Untuk membuat masker berbahan dasar jeruk ini, yang kita butuhkan adalah kulit jeruk yang sudah dihaluskan dan satu sendok makan yogurt tawar. Kedua bahan ini perlu kita campur hingga mengental kemudian kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah. Setelah dioleskan merata, kita perlu mendiamkannya hingga mengering selama 15-20 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih. Masker ini dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu yang juga bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka serta noda hitam.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam.

  • Pisang

Pisang adalah satu solusi yang efektif untuk memutihkan kulit kita dalam waktu yang singkat. Untuk membuat masker ini, kita hanya perlu mencampurkan 1 buah pisang yang sudah dihaluskan, satu sendok makan yogurt, dan madu secukupnya hingga membentuk krim yang kental. Setelah siap, kita bisa mengoleskannya secara merata pada wajah dan mendiamkannya selama 15 menit hingga mengering. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, kita akan mendapatkan kulit yang lebih cerah dan terbebas dari noda pada wajah.

  • Stroberi

Stroberi adalah salah satu buah yang terbukti efektif mampu meningkatkan keputihan kulit dan dapat digunakan untuk semua tipe kulit. Dalam mengolahnya sebagai masker, pertama kita perlu menghaluskan stroberi dengan blender kemudian mencampurkannya dengan madu. Setelah siap, kita bisa mengoleskannya secara merata pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya selama 20 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin. Masker ini juga dapat digunakan sebagai rutinitas sehari-hari.

  • Nanas

Nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang akan membantu kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan kebersihan kulit. Untuk hasil yang lebih maksimal, kita dapat memadukan nanas dengan susu bubuk yang bermanfaat untuk menutrisi kulit dan menjaga kecerahan warna kulit. Dalam pembuatan maskernya, kita hanya perlu mencampurkan jus nanas dengan dua sendok makan susu bubuk hingga mengental. Setelah siap, kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya hingga mengering sebelum dibilas dengan air bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Belimbing Wuluh.

  • Labu

Labu adalah salah satu buah yang mengandung banyak antioksidan dan mampu mengekfoliasi kulit secara maksimal. Selain itu, tingginya kandungan beta-carotene, vitamin A dan C akan membuat kulit kita lebih cerah dan putih. Dalam menyiapkan maskernya, pertama-tama kita perlu membuat labu menjadi bubur dulu dengan cara memotong-motongnya menjadi beberapa bagian kecil, merebusnya hingga lunak dan kemudian menghaluskannya.

Kita hanya memerlukan 2 sendok makan bubur labu dan kemudian kita akan mencampurkannya dengan madu hingga menjadi krim yang kental. Kita dapat menggunakan masker ini pada seluruh bagian wajah dan perlu mendiamkannya selama 20 menit hingga mengering, dan dilanjutkan dengan membilasnya menggunakan air hangat. Masker ini dapat digunakan 2-3 kali dalam seminggu dan sebaiknya dilakukan sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Masker Berbahan Dasar Olahan Susu

Cara memutihkan wajah secara alami berikutnya adalah menggunakan masker berbahan dasar olahan susu. Susu adalah salah satu bahan yang terbukti mampu memutihkan wajah dalam waktu yang cepat. Susu juga dapat digunakan menjadi masker, begitu juga berbagai produk olahan yang berasal dari susu. Kandungan alami adalah kunci utama supaya masker yang kita gunakan tetap aman untuk kesehatan kulit wajah kita. Berikut adalah berbagai produk olahan susu yang bisa kita buat sebagai masker:

  • Yogurt

Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang mengandung banyak nutrisi serta lactic acid yang terbukti jitu untuk memutihkan kulit. Yogurt juga cocok untuk digunakan pada semua tipe kulit sehingga kita tidak perlu mencemaskan efek sampingnya. Untuk menggunakannya, kita tidak perlu bahan tambahan dan bisa memulainya dengan cara meratakan yogurt pada seluruh bagian wajah kita. Setelah didiamkan selama beberapa menit, maka kita perlu membilasnya dengan air hangat agar wajah bersih kembali. Masker ini dapat dilakukan secara rutin hingga kita mendapatkan perubahan sesuai yang diinginkan.

Baca juga: Cream Pemutih Wajah yang Aman.

Sponsors Link

  • Buttermilk

Dalam pembuatannya sebagai masker, kita perlu mencampur buttermilk ini dengan tepung besan untuk mendapatkan kulit yang semakin cerah dan bebas dari bekas luka. Untuk membuatnya, pertama kita perlu mencampurkan 3 sendok makan tepung besan dan butter milk secukupnya hingga mengental. Setelah krim ini tercampur merata, maka kita bisa mengoleskannya pada seluruh bagian wajah dan  perlu mendiamkannya hingga mengering selama kira-kira 15 menit sebelum kita bilas dengan air bersih.

Baca juga: Cara Mencerahkan Wajah.

3. Masker Berbahan Dasar Bumbu Dapur

Masker selanjutnya berbeda dengan dua masker sebelumnya, karena kali ini kita akan memanfaatkan bumbu dapur sebagai bahan dasarnya. Tidak hanya bermanfaat untuk memasak, tapi juga memberikan sejuta manfaat untuk perawatan wajah kita. Amazing, right?

  • Tepung Besan

Tepung yang berasal dari India juga dikenal sebagai salah satu bahan efektif untuk menjaga dan memutihkan kulit kita. Tepung ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaat lain yang bisa kita dapatkan adalah berkurangnya kadar minyak berlebih pada wajah dan kelembaban wajah yang tetap terjaga sepanjang hari.

Untuk menggunakannya sebagai masker, kita perlu mencampurkan tepung besan dengan air bunga mawar hingga mengental. Setelah masker siap, kita dapat menggunakannya secara merata pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya selama beberapa saat hingga mengering. Hebatnya lagi, masker ini bukan hanya dapat digunakan pada wajah, namun juga efektif untuk memutihkan kaki serta tangan lho!

  • Madu

Bahan dapur yang satu ini tentu saja tidak diragukan lagi khasiatnya karena sudah banyak digunakan secara turun menurun sejak jaman dahulu. Madu dipercaya mampu melembabkan wajah serta menyamarkan bekas luka dan noda hitam. Menggunakan madu sebagai masker sangatlah mudah, karena kita tidak membutuhkan bahan lainnya dan cukup mengoleskannya secara merata pada seluruh bagian wajah. Setelah mengering, kita perlu membilasnya dengan air hangat untuk mendapatkan wajah yang bersih kembali. Masker ini dapat dilakukan satu kali dalam sehari yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan menjaga wajah agar tetap cerah dan segar.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Madu.

  • Kunyit

Bertambahnya usia kita tentu saja dibarengi dengan kulit wajah yang mengalami penuaan dan tentu saja dapat mempengaruhi tekstur wajah. Tentu saja kita tidak ingin wajah menjadi kusam dan mulai timbul keriput, bukan? Tenang saja, kita tidak perlu menggunakan krim anti-aging yang banyak dijual di luar sana, karena kunyit bisa menjadi solusi yang jitu untuk mengatasi masalah ini. Untuk membuat maskernya pun cukup mudah, karena kita hanya membutuhkan dua sendok makan susu, 1⅟2 sendok makan air lemon, ⅟2 sendok makan kunyit bubuk, serta 2 sendok makan tepung besan. Setelah bahan-bahan ini tercampur dengan rata, kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya hingga mengering selama 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Kunyit.

  • Tepung Beras

Baik tepung beras maupun air beras merupakan salah satu bahan yang sudah digunakan wanita Asia secara turun menurun untuk menjaga kecantikan wajahnya. Bahkan beberapa penelitian menyatakan bahwa tepung beras bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan mencegah terjadinya penuaan dini. Untuk membuat masker ini, kita akan mencampurkannya dengan susu yang bermanfaat untuk melembutkan dan menutrisi kulit.

Bahan yang perlu kita siapkan adalah ⅟2 gelas tepung beras dan 3-4 sendok makan susu yang akan kita campur hingga membentuk krim yang kental. Kita bisa menggunakan masker ini pada seluruh bagian wajah dan perlu didiamkan selama 20-30 menit hingga mengering. Masker ini dapat digunakan sebanyak 2—3 kali dalam seminggu yang pastinya aman untuk digunakan pada semua tipe kulit. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Beras.

4. Masker Berbahan Dasar Sayuran

Sayuran juga merupakan salah satu bahan terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, terlebih kesehatan kulit. Berbagai kandungan yang terdapat pada sayuran selalu dibutuhkan oleh tubuh, dan tahukah kalian kalau terdapat beberapa sayuran yang juga mampu untuk meningkatkan warna kulit kita? Kira-kira apa saja ya?

  • Kentang

Kentang memiliki peran penting untuk perawatan kulit karena tingginya kandungan vitamin C yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kentang juga dapat berperan sebagai pemutih wajah alami tanpa perlu dipadukan dengan bahan alami lainnya. Untuk perawatan wajah, kita hanya perlu meletakkan potongan kentang pada wajah dan mendiamkannya selama 30 menit agar kandungannya dapat terserap secara maksimal oleh kulit. Menggunakan masker ini secara rutin akan memberikan kita kulit yang lebih bersih, cerah, dan lembut.

  • Daun mint

Daun mint memiliki efek yang menyegarkan sehingga mampu memutihkan kulit secara efektif. Selain itu, kandungan astringennya bermanfaat untuk membersihkan wajah secara maksimal. Untuk memulai perawatan ini, pertama-tama kita perlu menghancurkan daun mint hingga halus dan mengoleskannya pada seluruh bagian wajah secara merata. Setelah itu, kita perlu mendiamkannya hingga mengering selama kira-kira 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. masker ini bermanfaat untuk membersihkan pori-pori, kotoran, serta luka bakar pada wajah sehingga wajah kita akan semakin putih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang.

  • Timun

Timun adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak kolagen sehingga akan meningkatkan warna kulit dan membuat kulit terasa lebih kenyal. Selain itu, timun juga mampu menjaga kelembaban kulit sepanjang hari. Untuk perawatannya, kita hanya perlu mengiris-iris timun dalam bentuk bundar kemudian meletakannya pada seluruh bagian wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita perlu menunggu timun ini hingga mengering kemudian kita bisa membilas wajah dengan air dingin agar wajah kembali bersih.

5. Scrub yang Aman untuk Kesehatan Wajah

Bukan hanya kulit tangan dan kaki yang membutuhkan eksfoliasi secara rutin, tapi kulit wajah juga membutuhkannya. Eksfoliasi perlu dilakukan secara rutin untuk mengangkat sel-sel kulit mati, meningkatkan warna kulit, dan menjaga kulit agar tetap sehat. And good news for us, we can make our own scrub! Apa sih keuntungan dengan membuat produk-produk perawatan sendiri? Bukankah justru akan memakan waktu lebih lama?

Eits, jangan salah! Perawatan yang kita buat sendiri pasti lebih terjamin kebersihannya dan pastinya terbebas dari berbagai bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan kulit. Membuat scrub sama halnya dengan membuat masker, kita bisa hanya menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita yang pastinya mudah didapat dan tidak memerlukan uang terlalu banyak. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk membuat scrub ini? Pasti penasaran kan? Yuk kita simak!

  • Almond

Scrub berbahan dasar almond dan susu ini efektif untuk mengeksfoliasi dan mendetoksifikasi kulit. Almond sendiri bermanfaat untuk melembabkan dan mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit, menyingkirkan komedo hitam maupun putih sehingga wajah kita akan tetap lembut, cerah, dan bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo.

ads

Untuk membuat scrub ini, kita perlu menyiapkan 4-5 butir almond dan merendamnya pada ⅟4 gelas susu semalaman, dan pada pagi harinya kita akan mendapatkan sebuah krim kental yang dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah. Sebelum menggunakan scrub ini, tentu saja kita perlu membersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian kita bisa menggunakannya secara merata pada seluruh bagian wajah. Kita perlu memijat-mijatnya selama sekitar 2 menit, dan kemudian membilasnya dengan air hangat.

  • Baking soda

Menggunakan baking soda sebagai scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membunuh bakteri pada kulit sehingga kulit akan menjadi lebih segar dan cerah. Untuk membuat scrub ini sangatlah mudah, karena kita hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air secukupnya hingga membentuk krim yang kental. Kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan memijat-mijatnya selama sekitar 5 menit. Scrub ini dapat dilakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan perubahan warna kulit hanya dalam hitungan hari!

Baca juga: Cara Perawatan Kulit Anak.

  • Gula

Gula adalah salah satu bahan terbaik untuk eksfoliasi kulit karena strukturnya yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan meregenerasinya. Selain itu, gula juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan memperlancar sirkulasi darah. Untuk membuat scrub ini, kita bisa memilih antara menggunakan gula putih dan gula merah karena kita mendapat manfaat yang sama dari keduanya.

Terlebih dahulu kita perlu menyiapkan 3 sendok makan gula dan 2 sendok makan madu lalu campur hingga mengental. Kita bisa menggunakan scrub ini dengan meratakannya pada seluruh bagian wajah dan memijat-mijatnya sebentar dan mendiamkannya selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Scrub ini dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

  • Kopi

Selain bermanfaat untuk eksfoliasi, kopi juga bisa untuk mengurangi peradangan, selulir, memperlancar peredaran darah, serta melembutkan kulit. Antioksidan yang tinggi pada kopi juga bermanfaat untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan serta keriput. Untuk membuat scrub ini, bahan yang perlu kita siapkan adalah ⅟2 sendok teh kopi dan minyak kelapa secukupnya dan dicampurkan hingga merata. Scrub ini dapat kita gunakan merata pada seluruh bagian wajah dan kita perlu memijat-mijatnya dan mendiamkannya sebentar sebelum dibilas dengan air hangat. Scrub ini bisa kita digunakan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Baca juga: Memutihkan Wajah dengan Ampas Kopi.

6. Pembersih Wajah dengan Bahan Alami

Pembersih wajah adalah salah satu perawatan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit kita. Namun tahukah kalian, kalau kita bisa membuat pembersih wajah sendiri menggunakan berbagai bahan alami? Ah yang benar? Yup, tidak ada salahnya kita mencoba menggunakan pembersih wajah yang kita buat sendiri, dan pastinya mengurangi paparan bahan kimia yang biasa kita dapatkan dari berbagai produk kecantikan. Berikut adalah beberapa bahan alami yag bisa kita gunakan sebagai pembersih wajah yang pastinya aman untuk rutinitas sehari-hari:

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung anti-microbial yang berfungsi untuk menutrisi pori-pori dan meningkatkan kesehatan serta kelembutan kulit. Untuk penggunaannya, kita bisa mengoleskan minyak kelapa secara merata pada seluruh bagian wajah dan memijat-mijatnya sebentar dengan handuk hangat untuk membuka pori-pori. Setelah dirasa cukup, maka kita bisa membersihkan minyak dengan menggunakan air hangat.

  • Cuka Apel

Cuka apel bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kulit sehingga mencegah terjadinya kerusakan pada kulit atau mencegah pori-pori menjadi tertutup. Selain itu, cuka apel juga bisa menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit tidak akan menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Minyak Zaitun.

  • Olive Oil

Olive oil bermanfaat untuk menutrisi kulit dan memiliki kadar antioksidan yang tinggi sehingga efektif untuk menyingkirkan radikal bebas dari kulit. Selain itu, olive oil berfungsi untuk meminimalisir terjadinya iritasi kulit dan kulit yang terbakar karena paparan sinar UV yang terlalu lama. Untuk penggunaannya, kita perlu mencampur ⅟2 gelas olive oil, ⅟4 sendok cuka, dan ⅟4  air secara merata dan kita bisa menggunakannya secara rutin. Menggunakan pembersih wajah ini secara rutin akan membunuh bakteri yang ada pada kulit dan membuat kulit lebih halus dan bersih.

  • Air Bunga Mawar

Air bunga mawar adalah salah satu solusi terefektif untuk membersihkan wajah dan tentu saja aman untuk digunakan sebagai rutinitas perawatan wajah. Untuk penggunaannya, kita hanya perlu mengoleskan air bunga mawar ke kapas terlebih dahulu sebelum dioleskan secara merata pada seluruh bagian wajah dan leher. Penggunaan air bunga mawar secara rutin akan meminimalisir terjadinya permasalahan kulit dan membuat kulit menjadi lebih cerah.

Baca juga: Sabun Pemutih Wajah.

7. Krim Malam dari Bahan Alami

Menggunakan krim malam adalah salah satu solusi yang tepat untuk memutihkan kulit. Di luar sana, terdapat banyak krim malam yang dijual oleh brand tertentu yang cenderung dijual dengan harga yang tidak murah. Satu rahasia lagi yang akan kita bahas di sini, kita bisa membuat krim malam sendiri lho! Antara satu krim malam dengan krim malam lainnya cenderung memiliki kandungan yang sama, seperti adanya vitamin E, aloe vera, squalene, glycerine, dan lain-lain. Fortunately, kita juga bisa mendapatkan berbagai kandungan ini dari berbagai bahan alami yang ada di sekitar kita! Apakah mudah untuk membuat krim malam sendiri? Bahan apa saja ya yang bisa kita gunakan untuk membuat krim ini? Daripada penasaran, yuk mending kita liat pembahasan yang satu ini.

  • Apel

Tingginya kandungan vitamin A, B, C serta antioksidan pada apel bermanfaat untuk menutrisi kulit secara efektif dan akan membuat kulit terlihat lebih muda, lembut, dan halus. Untuk penggunaannya, terlebih dahulu kita perlu menghaluskan apel dan memasaknya hingga mendidih. Setelah dingin, kita bisa mencampurkannya dengan air bunga mawar secara merata dan menyimpannya dalam kulkas atau lemari. Apabila kita menyimpannya dalam kulkas, kita bisa menggunakan krim ini maksimal 6 hari setelahnya.

Baca juga: Pemutih Wajah di Apotik.

  • Teh Hijau

Krim yang akan kita buat satu ini bermanfaat untuk membersihkan kulit kita secara efektif dari berbagai kotoran akibat polusi serta mampu meningkatkan kesehatan kulit kita. Untuk membuat krim ini, terdapat beberapa bahan yang pelu kita siapkan yaitu: 1 sendok teh ekstrak teh hijau, 1 sendok makan almond oil, 1 sendok makan air bunga mawar, 1 sendok makan essential oil, 1 sendok makan gel aloe vera, dan 1 sendok makan madu. Langkah pertama, kita perlu memasak madu dan almond oil hingga mendidih dan kemudian mencampurkannya dengan gel aloe vera. Setelah tercampur dengan rata, maka kita bisa melanjutkannya dengan menambahkan ekstrak teh hijau, essential oil, dan air bunga mawar hingga rata. Setelah tercampur dengan rata, kita bisa menyimpan krim ini pada wadah dan menggunakannya untuk beberapa kali.

  • Alpukat

Kandungan vitamin A, B, C, E, dan K serta mineral yang tinggi pada alpukat membuatnya sebagai solusi yang efektif untuk meningkatkan kekenyalan dan kelembutan pada kulit kita. Untuk pembuatannya, pertama-tama kita perlu menghaluskan alpukat terlebih dahulu dan kemudian mencampurkannya dengan yogurt hingga merata. Krim yang sudah siap pakai ini bisa digunakan sebanyak 2 kali dalam seminggu dan aman untuk disimpan selama seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Pria.

8. Mengkonsumsi Jus Secara Rutin

Bukan hanya perawatan dari luar saja yang kita perlu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit kita, namun juga dari dalam. Apa yang dimaksud dengan perawatan dari dalam? Yup, kita perlu memulainya dengan pola makan yang sehat! Terdapat beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memulai hidup sehat, dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jus secara rutin. Mengkonsumsi jus secara rutin akan meningkatkan kesehatan kulit kita, dapat menyembuhkan beberapa penyakit, dan tentu saja membuat kita lebih sehat! Terdapat banyak jus yang dapat kita jadikan sebagai rutinitas, tapi kira-kira jus apa ya yang ampuh untuk dapat memutihkan kulit kita secara efektif? So, check it out!

  • Jus Anggur

Tingginya kandungan vitamin A dan C membuat anggur sebagai salah satu buah yang efektif untuk memicu produksi kolagen, di mana fungsi kolagen berfungsi untuk menjaga kulit tetap elastis dan kenyal. Selain itu, anggur juga bermanfaat untuk untuk menyembuhkan hiperpigmentasi serta noda hitam. Pottasium yang ada pada anggur juga bermanfaat untuk memberi kita kulit kita yang cerah dan bebas dari noda hitam.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Tomat.

  • Jus Mangga

Kandungan vitamin A yang tinggi pada mangga bermanfaat untuk menjaga kulit tetap kenyal dan tanpa noda, serta membuat kulit tetap cerah. Kandungan antioksidan yang terdapat pada mangga mampu mengatasi radikal bebas yang akan menyerang kulit dan mampu memperbaiki kerusakan sel pada kulit. Manfaat lainnya yang akan kita dapat dengan mengkonsumsi jus mangga secara rutin adalah mampu mengurangi jerawat serta menyamarkan bekas luka dan noda hitam.

  • Jus Apel

Apel adalah satu buah yang penting untuk menjaga kesehatan kulit kita, di samping mampu menunda proses penuaan pada kulit. Antioksidan yang terdapat pada kulit bermanfaat untuk menjaga pori-pori tetap bersih. Tingginya kandungan kolagen serta elastin yang terdapat pada apel akan membuat kulit tampak lebih muda. Selain itu, mengkonsumsi jus apel secara rutin akan meningkatkan kecerahan wajah kita dan tidak menimbulkan efek samping meskipun kita mengkonsumsinya dengan keadaan perut kosong.

  • Jus Delima

Kaya akan kandungan vitamin A dan C serta antioksidan membuat delima memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit kita. Jus delima bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen, menyamarkan bekas luka, menghilangkan keriput, serta memutihkan wajah.

Sponsors Link

  • Jus Jeruk

Jus jeruk merupakan salah satu solusi terefektif untuk memutihkan kulit. Tingginya kandungan antioksidan pada jeruk bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas sehingga kulit kita akan bersih serta menjadi lebih putih. Lain lagi manfaat yang kita dapat dari vitamin C, di mana akan mengurangi produksi melanin pada kulit serta membuang racun yang terdapat pada kulit sehingga kulit kita akan semakin bersih, cerah, serta bercahaya. Hasilnya akan terlihat dalam hitungan hari apabila kita mengkonsumsi jus ini secara rutin.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis.

9. Pola Makan yang Sehat

Solusi terakhir yang kita bisa lakukan untuk meningkatkan kesehatan serta keputihan kulit kita adalah dengan pola makan yang sehat. Meskipun kita sudah menggunakan perawatan wajah dengan menggunakan berbagai bahan alami, hasilnya tidak akan maksimal tanpa dibarengi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk tubuh kita. Berikut adalah beberapa makanan yang efektif untuk memutihkan kulit kita:

  • Kacang Kedelai

Tingginya vitamin E dan phytoestrogen pada kacang kedelai bermanfaat untuk mengembalikan warna kulit yang belang, menyamarkan noda hitam, mencegah terjadinya hiperpigmentasi pada kulit, serta memutihkan kulit wajah. Mengkonsumsi kacang kedelai secara rutin akan mendetoksifikasi kulit kita secara alami yang berarti membuang racun pada tubuh dan mampu meningkatkan keputihan warna kulit.

  • Minyak Ikan

Ikan mengandung zinc dan omega 3 fatty acids yang secara alami mampu menutrisi tubuh, menghindarkan terjadinya penuaan dini pada kulit, mengurangi risiko alergi, serta mengurangi kadar sebum pada kulit sehingga kulit semakin cerah dan sehat.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Putih Telur.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memenuhi kebutuhan kita akan essential fats, essential oil, kalsium, serta vitamin E. Tingginya kandungan mineral dan vitamin pada aprikot dan chestnut bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah sehingga kulit akan semakin putih. Sedangkan walnut memiliki manfaat yang berbeda untuk kita, yaitu mampu meningkatkan kualitas kulit secara keseluruhan dan mengembalikan warna kulit yang belang.

  • Teh Hijau

Tingginya kandungan antioksidan pada teh hijau akan memperlambat penuaan pada kulit, mengurangi kotoran serta hitam pada wajah, menyamarkan bekas luka sehingga kulit terlihat lebih cerah. Teh hijau aman untuk dikonsumsi 2 kali dalam sehari dan hasilnya dapat terlihat dapat dalam hitungan hari.

  • Sayuran

Yang terakhir justru yang paling penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, yaitu dengan mengkonsumsi sayuran secara rutin karena sayuran memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral dan vitaminnya. Hal tersebut dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi berbagai jenis sayuran seperti wortel, timun, tomat, brokoli, parsley, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Air Garam.

Nah itu tadi adalah beberapa cara memutihkan wajah secara alami yang dapat kita olah menjadi beberapa produk perawatan wajah. Tentu saja menarik buat dicoba, bukan? So, what are you waiting for? Start the beauty from yourself!

Sponsors Link
, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal