Sponsors Link

27 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami dan Sangat Cepat

Sponsors Link

Setiap orang pasti ingin memiliki wajah yang sempurna. Namun pada saat ini, untuk menjaga kulit wajah tetap aman atau mempertahankannya tetap lembab, cerah, dan sehat membutuhkan usaha ekstra. Berbagai brand kosmetik pun berlomba-lomba bersaing mendapatkan hati konsumen dengan mengeluarkan produk yang dipercaya dapat menjaga kecantikan kulit wajah. Sayangnya, sering kali solusi ini tidak berhasil untuk konsumen karena tidak cocok dengan kandungan yang ada pada produk tersebut, atau lebih buruk lagi; memperparah kondisi wajah karena alergi terhadap bahan-bahan kimia yang ada di dalamnya. Mengecewakan bukan? Lalu, apa yang dapat kita lakukan dalam mengatasi masalah ini? Atau untuk tetap dapat mempertahankan kesehatan serta kecantikan kulit wajah kita?

ads

Yup, sebenarnya kita tidak perlu berpusing-pusing untuk hal ini karena banyak hal di sekitar kita yang memiliki manfaat tidak terduga. Benarkah? Yup, liat saja bahan-bahan alami yang ada di dapur atau masih tersimpan di kantung belanja kita, mereka sedang menunggu untuk digunakan sebagai cara untuk mencerahkan wajah secara alami. Lalu, apa saja yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan tentu saja aman dari bahan-bahan kimia? Yuk kita tengok cara mencerahkan wajah berikut ini:

1. Lemon

Kandungan pada lemon bermanfaat untuk meningkatkan kebersihan kulit wajah, di mana citric acid berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari wajah. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon tentu saja memiliki manfaat tersendiri, yaitu untuk meregenerasi sel-sel kulit pada wajah sehingga kita memiliki kulit yang lebih cerah dari sebelumnya. Perawatan berbahan dasar lemon ini dapat dikombinasikan dengan madu, dan kedua bahan ini sama-sama berfungsi untuk memutihkan dan mencerahkan wajah. Dalam perawatan ini, yang perlu kita siapkan adalah satu sendok makan jus lemon dan satu sendok makan madu. Setelah kedua bahan ini tercampur dengan rata dan membentuk masker yang kita inginkan, kita dapat menggunakan pada seluruh bagian wajah dan leher. Masker ini perlu ditunggu hingga mengering selama kira-kira 15-20 menit sebelum dibilas dengan air dingin agar wajah kembali bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan alami yang dapat membuat wajah kita lebih cerah dan halus. Dalam penggunaannya, pertama-tama kita perlu melarutkan setengah gelas oatmeal  dengan air hangat hingga dapat digunakan sebagai masker. Setelah masker siap, kita dapat mengoleskannya pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya selama 15 menit hingga mengering. Untuk mendapatkan wajah yang kembali bersih, kita dapat membilasnya dengan air dingin.

3. Tomat

Kandungan pada tomat berfungsi sebagai pemutih alami untuk wajah yang pastinya juga berfungsi untuk mencerahkan warna kulit. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memotong tomat menjadi dua, dan oleskan tomat pada seluruh bagian wajah hingga merata. Setelah kering selama kira-kira 15 menit, kita dapat membersihkan wajah dengan menggunakan air dingin.

4. Es Batu

Menggunakan es batu secara rutin akan memperlancar peredaran darah pada wajah sehingga kulit wajah kita akan terlihat lebih cerah dan bersih. Menggunakan es batu sebelum mengaplikasikan makeup dapat membuat makeup lebih tahan lama dan menyamarkan noda yang terdapat pada wajah.

5. Tepung Beras

Tepung beras bukan hanya kaya manfaat untuk hal-hal yang berhubungan dengan masakan, namun juga bermanfaat untuk perawatan wajah. Tepung beras dapat berperan sebagai eksfoliator pada wajah yang akan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Manfaat tepung beras lainnya adalah untuk memperlancar peredaran darah sehingga kita akan memiliki wajah yang lebih halus, bersih, cerah, serta mencegah datangnya komedo.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo.

Dalam penggunaan tepung beras, pertama-tama kita perlu mencampur tepung beras dengan susu hingga membentuk masker. Masker yang telah siap dapat kita aplikasikan pada seluruh bagian wajah dan didiamkan selama 15-20 menit hingga mengering. Sebagai pemungkas, kita perlu membilasnya dengan air dingin untuk mendapatkan wajah yang kembali bersih.

6. Kunyit

Kunyit mengandung bahan-bahan yang berfungsi sebagai anti-oksidan dan mencegah timbulnya peradangan pada wajah, serta mencegah hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan kulit kita. Penggunaan kunyit secara rutin akan meningkatkan produksi kolagen pada tubuh kita, yang berfungsi untuk mencerahkan dan melembutkan kulit.

Sebelum memulai perawatan wajah dengan berbahan dasar kunyit, kita juga perlu menyiapkan empat sendok makan tepung beras dan sedikit air sebagai perpaduannya. Masker yang telah siap dapat digunakan secara merata pada bagian seluruh wajah dan leher, dan setelahnya perlu didiamkan selama 15-20 menit hingga mengering. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

Sponsors Link

7. Minyak Kelapa (Coconut Oil)

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang cocok dan aman untuk digunakan pada tipe kulit kering. Manfaat yang didapatkan dari penggunaan minyak kelapa secara rutin adalah kulit yang menjadi lebih lembut dan cerah karena kandungan anti-oksidan yang tinggi pada minyak kelapa. Dalam penggunaannya juga cukup mudah, kita hanya perlu mengoleskan minyak kelapa secara merata pada seluruh bagian wajah dan leher serta memijat-mijatnya agar kulit dapat menyerapnya dengan baik. Perawatan ini dapat dilakukan tiap malam sebelum tidur.

8. Aloe Vera

Gel pada aloe vera merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit karena kandungannya yang berperan untuk melembutkan dan meremajakan kulit wajah. Dalam membuat masker yang berbahan dasar aloe vera ini kita perlu mempersiapkan bahan lainnya juga, seperti satu sendok makan kunyit yang telah dihaluskan, satu sendok teh madu, serta satu sendok teh susu. Keempat bahan ini perlu kita campur dengan merata untuk mendapatkan masker yang kita inginkan. Setelah masker siap, kita dapat menggunakannya pada seluruh bagian wajah dan leher serta perlu dibiarkan selama 20 menit hingga mengering. Setelah perawatan ini selesai, kita perlu membersihkannya menggunakan air dingin agar wajah bersih kembali. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Pria.

9. Teh Hijau

Kandungan flavonoids yang tinggi pada teh hijau berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga wajah tetap cerah. Selain itu, flavonoids juga dapat meningkatkan kadar elastisitas pada kulit sehingga kita terhindar dari penuaan dini. Dalam perawatan ini, pertama-tama kita perlu menyeduh teh hijau terlebih dahulu dan memerlukan satu sendok teh sarinya. Kita juga perlu menyiapkan dua sendok makan gula merah dan satu sendok teh krim untuk bahan perpaduan dalam membuat masker. Setelah ketiga bahan ini tercampur dengan rata, masker dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan mendiamkannya sekitar selama 10 menit hingga mengering serta membilasnya dengan air dingin setelah selesai. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu.

10. COD Liver Oil

Kandungan omega 3, vitamin A dan D, EPA serta DHA yang tinggi pada COD liver oil membuatnya memiliki beberapa manfaat untuk wajah, seperti: mampu menutrisi tubuh dengan baik, memperbaiki sel-sel kulit mati, serta mencerahkan warna kulit. Untuk menggunakannya, pertama kita perlu mengambil minyak yang terdapat dalam kapsulnya, kemudian kita dapat mengoleskannya secara merata pada seluruh bagian wajah dengan cara memijatnya perlahan-lahan. Setelah didiamkan selama sekitar 10 menit, kita perlu membilasnya dengan air dingin agar wajah kembali bersih. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari.

11. Air Bunga Mawar

Air bunga mawar biasa digunakan sebagai toner wajah karena dapat membersihkan dan menyegarkan wajah dengan maksimal. Manfaat air bunga mawar lainnya adalah untuk membantu kelancaran peredaran darah serta menyeimbangkan pH kulit wajah. pH kulit yang seimbang akan memberikan kita warna kulit yang tampak lebih cerah. Dalam penggunaannya, terlebih dahulu kita perlu menyimpan air bunga mawar ini dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit. Penyimpanan air bunga mawar dalam kulkas ini berfungsi agar aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Perawatan ini dapat dilakukan dengan mengoleskannya pada seluruh bagian wajah dan dapat dilakukan setiap hari.

12. Pisang

Pisang juga diketahui sebagai salah satu bahan alami yang mampu untuk menutrisi dan melembabkan wajah karena tingginya vitamin A, B, C, dan E serta berbagai mineral lainnya. Tingginya kandungan tersebut membuat kulit tetap halus, cerah, serta mampu menyamarkan bekas luka pada wajah. Dalam penggunaannya, pertama pisang perlu dihaluskan dan dipadukan dengan dua sendok makan susu hingga membentuk masker yang diinginkan. Setelah masker siap, maka kita dapat menggunakannya dengan cara mengoleskan pada seluruh bagian wajah dan leher serta perlu mendiamkannya selama 15 menit hingga kering. Kita perlu membilasnya dengan air dingin setelah masker mengering dan menambahkan dengan mengoleskan es batu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

13. Kulit Jeruk

Jeruk yang kaya kandungan akan vitamin C dan atric acid sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan wajah, yaitu antara lain untuk: menjaga kesegaran kulit, mencegah datangnya jerawat, menutrisi kulit, serta menjaga kulit agar tetap cerah. Dalam penggunaannya, air bunga mawar juga diperlukan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Setelah potongan kulit jeruk dan air bunga mawar dirasa merata, maka kita dapat menggunakannya pada seluruh bagian wajah serta leher. Kita juga perlu menunggunya selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin agar kulit mampu menyerap manfaat dari kedua bahan ini dengan maksimal.

ads

14. Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan alami lainnya yang berguna sebagai eksfoliator pada kulit wajah. Peran eksfoliator di sini adalah tepatnya untuk membuang sel kulit mati dan menyeimbangkan pH kulit sehingga kita memiliki kulit yang halus serta cerah dan meminimalisir terjadinya peradangan kulit. Dalam membuat masker berbahan dasar baking soda ini kita juga perlu menyiapkan dua bahan lainnya, yaitu satu sendok teh olive oil dan satu sendok teh madu. Setelah ketiga bahan ini tercampur dengan rata, kita dapat menggunakan masker ini pada wajah dan leher serta perlu mendiamkannya selama 10 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin. Perawatan ini dapat dilakukan sekali dalam seminggu.

15. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu cara mencerahkan wajah secara alami lainnya. Kandungan enzim yang tinggi pada pepaya membuatnya sebagai salah satu eksfoliator terbaik untuk wajah yang tentu saja berperan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih muda dan cerah. Pepaya juga berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak berlebih sehingga meminimalisir munculnya jerawat. Perawatan dengan pepaya ini dapat dilakukan seminggu sekali dengan memadukan pepaya dengan bahan lainnya, yaitu satu sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok teh madu. Dalam membuat maskernya, terlebih dahulu tentu saja kita perlu untuk menghaluskan pepaya dan mencampurkan ketiga bahan ini hingga rata. Masker yang telah siap dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan leher serta perlu didiamkan hingga mengering selama sekitar 20 menit sebelum membilasnya menggunakan air bersih.

16. Walnut

Walnut berfungsi untuk menyehatkan serta mencerahkan kembali kulit kita karena kandungan anti-oksidannya yang tinggi. Peran anti-oksidan lainnya adalah untuk memperbaiki sel-sel kulit mati serta mencerahkan warna kulit. Walnut juga salah satu eksfoliator terbaik untuk kulit yang terbukti mampu menyingkirkan kotoran pada wajah. Dalam penggunaannya, kita juga perlu menyiapkan dua sendok teh yogurt tawar sebagai bahan campuran dua sendok teh walnut halus untuk pembuatan masker. Masker yang telah siap dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan leher, serta perlu ditunggu mengering sebelum dibilas menggunakan air hangat. Perawatan berbahan dasar walnut ini dapat dilakukan sebanyak satu kali dalam seminggu.

17. Yogurt

Tingginya kandungan nutrisi pada yogurt tentu saja bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Kandungan lactic acid yang tinggi pada yogurt berfungsi untuk mempertahankan dan meningkatkan kecerahan warna kulit kita. Dalam penggunaannya, kita hanya perlu mengoleskannya pada seluruh bagian wajah dan didiamkan selama beberapa menit sebelum dibilas menggunakan air hangat. Perawatan ini baiknya dilakukan hanya satu kali dalam seminggu dan cocok untuk semua jenis kulit.

Perawatan Medis untuk Mencerahkan Wajah

Nah itu tadi adalah beberapa contoh bahan alami sebagai cara untuk mencerahkan wajah. Perawatan wajah menggunakan masker berbahan dasar alami ini memberikan manfaat yang tak terduga sebelumnya, tentu saja selain aman dari terjadinya reaksi alergi terhadap bahan-bahan kimia yang terkandung pada produk-produk kecantikan. Selain menggunakan berbagai bahan alami tersebut, ada alternatif lain yang dapat kita lakukan dengan melakukan perawatan medis yang biasanya dapat kita temui di klinik kecantikan. Lalu, apa bedanya dengan produk-produk kecantikan di luar sana? Bukankah sama saja menggunakan berbagai bahan kimia?

Baca juga: Cara Perawatan Kulit Anak.

Eits, jangan salah. Perawatan medis yang dianjurkan dan dapat dilakukan di klinik kecantikan terdekat kalian ini tentu saja aman dan dalam pelaksanaannya diawasi oleh dermatologis atau dokter kulit yang pastinya telah berpengalaman. Ada dua jenis perawatan medis yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kecerahan wajah, yaitu sebagai berikut:

  • Chemical Peeling

Merupakan salah satu perawatan wajah dengan cara menggunakan zat asam pada wajah. Zat asam ini akan dioleskan merata pada seluruh bagian wajah dan didiamkan 5-10 menit agar wajah dapat menyerapnya dengan baik. Efek samping yang biasanya timbul setelah melakukan perawatan ini adalah rasa kesemutan pada wajah, warna kemerahan pada bagian sekitar wajah, atau rasa sakit sementara. Hasil yang diberikan dari perawatan ini pun tidak tanggung-tanggung, yaitu menghilangnya bekas kerutan pada wajah serta meningkatkan kecerahan warna kulit. Kulit kita juga tentunya akan terlihat lebih muda dan halus.

  • Microdermabrasion

Salah satu bentuk alternatif perawatan yang dapat dilakukan jika kulit alergi terhadap zat asam. Hasil yang didapatkan dari perawatan ini sama dengan perawatan sebelumnya, dan berfungsi untuk menghilangkan bekas luka, jerawat, atau garis pada wajah. dalam perawatan ini, dermatologis akan menggunakan sikat kawat/ roda yang berputar pada wajah untuk menghilangkan lapisan kulit yang kusam pada wajah sehingga wajah dapat kembali menjadi cerah dan segar kembali. Anestesi biasanya dibutuhkan pada perawatan ini.

Tips Menjaga Kecerahan Warna Wajah

Setelah beberapa penjelasan tadi, tentu saja kita tidak perlu lagi memusingkan bagaimana cara untuk memutihkan wajah bukan? Nah sebelum pertemuan kita ini berakhir, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencegah wajah kita tampak kusam, alias menjaga wajah agar tetap cerah tiap hari. Nah, kira-kira hal apa saja ya yang dapat kita lakukan? Yuk simak tips-tips untuk menjaga kecerahan kulit wajah!

1. Mengonsumsi Jus Wortel Secara Rutin

Peran wortel sebagai anti-oksidan yang baik pada tubuh juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, khususnya sebagai anti-radikal. Kandungan vitamin A dan beta-carotene yang tinggi pada wortel bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan kulit serta mempertahankan kecerahan kulit. Dalam membuat jus wortel, kita perlu memadukannya dengan jahe untuk hasil yang lebih maksimal dan kita dapat mengonsumsi jus ini tiap pagi.

2. Mengonsumsi Jus Jeruk Secara Rutin

Jus jeruk membantu tubuh untuk melakukan detoksifikasi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit serta meningkatkan kecerahan warna kulit tanpa memerlukan waktu yang lama. Jus jeruk dapat dikonsumsi tiap hari agar kita dapat melihat hasinya dalam kurun waktu yang singkat.

Sponsors Link

3. Mengonsumsi Sayuran dan Buah

Segala sesuatu yang sehat berasal dari sumber asupan kita. Memperbanyak konsumsi buah seperti pepaya, jeruk, mangga, pisang, serta kiwi akan membantu kulit untuk tetap cerah. Beberapa sayuran juga memiliki manfaat yang sama untuk menjaga kecerahan kulit wajah, seperti: wortel, bayam, brokoli, tomat, serta paprika. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan Omega 3 bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya peradangan kulit dan hal ini dapat ditemui pada: walnuts, kacang kedelai, serta salmon. Rutin mengonsumsi makanan yang sehat akan mempertahankan kecerahan warna kulit, menyamarkan noda hitam, serta kebersihannya.

4. Mengonsumsi Vitamin

Asupan vitamin tidak hanya kita dapatkan melalui buah dan sayur, namun juga dapat melalui suplemen atau vitamin yang dijual secara bebas; dan tentu saja kita harus mengonsumsi vitamin tersebut pada batas yang wajar. Vitamin C dan vitamin E merupakan salah satu vitamin yang berperan penting untuk menjaga kecerahan warna kulit, di mana vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk regenerasi kulit serta meminimalisir kulit terbakar akibat sinar matahari. Kandungan pada vitamin E juga bermanfaat untuk kulit kita, yaitu untuk menjaga kulit tetap sehat, lembut, dan cerah.

5. Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga bukan hanya penting untuk mengurangi berat badan, namun juga menjaga tubuh tetap bugar dan bermanfaat untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan kulit. Terdapat banyak aktivitas yang menjadi pilihan untuk berolahraga, antara lain adalah: berspeda, berenang, jogging, menari, tinju, ataupun yoga. Saat berolahraga, tubuh akan menyerap banyak oksigen yang bermanfaat sebagai anti-radikal untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, berkeringat akan membakar kalori pada tubuh sehingga akan memperlancar peredaran darah agar kulit tetap sehat. Kita juga tidak memerlukan waktu yang lama untuk berolahraga dalam sehari, karena 30 menit sudah cukup untuk menangkal hormon stres serta membuang berbagai racun dari dalam tubuh.

6. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Menjadikan kegiatan membersihkan wajah sebagai rutinitas memberi manfaat untuk kulit wajah kita, yaitu untuk membuang kotoran-kotoran yang menempel pada wajah. membersihkan wajah juga tidak dianjurkan tidak lebih dari dua kali sehari karena hal ini justru membuat kulit menjadi mudah kering. Penggunaan air dingin juga disarankan untuk membersihkan wajah karena keadaan pori-pori yang tertutup sehingga kotoran di wajah tidak akan terserap oleh pori-pori. Dalam membersihkan wajah juga perlu disesuaikan dengan jenis kulit kita agar tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

7. Menggunakan Tabir Surya

Sinar matahari merupakan sumber yang kaya akan vitamin D, namun hanya akan bermanfaat untuk tubuh pada pagi hari, tepatnya hanya saat jam 7-9 pagi. Selebihnya, paparan sinar matahari justru akan membahayakan kesehatan kulit kita, seperti menyebabkan kulit terbakar atau kanker kulit. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari tidak hanya dilakukan pada musim tertentu saja, melainkan dilakukan setiap hari. Selain menggunakan tabir surya kita juga dapat menggunakan berbagai bahan lainnya yang bermanfaat untuk menjaga kulit untuk ternutrisi dan tetap halus, seperti menggunakan pelembab, hand body lotion, atau baby oil. Perlindungan dari sinar matahari dapat juga kita lakukan dengan mengenakan pakaian yang menutupi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

8. Tercukupinya Kebutuhan Air dalam Sehari

Terpenuhinya kebutuhan air untuk tubuh dalam sehari, yaitu dua liter akan membantu tubuh untuk membuang racun di dalamnya. Selain itu, air membantu tubuh untuk menjaga kelembaban dan kenutrisian kulit sehingga kulit tetap halus dan cerah. Lebih lanjut, air akan meminimalisir timbulnya keriput pada usia dini sehingga kita akan terhindar dari penuaan dini.

Penjelasan di atas adalah beberapa contoh cara untuk mencerahkan kulit wajah yang mudah dan dapat kita terapkan sehari-hari tanpa memerlukan waktu yang lama. Kita juga dapat memilih untuk menggunakan perawatan alami atau melalui perawatan medis yang tentu saja memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Jangan lupa untuk menerapkan tips-tips untuk tetap menjaga kulit tetap cerah, karena ini adalah hal yang mudah untuk dilakukan asal kita memiliki niat yang besar untuk tetap menjaga kesehatan kulit kita. So, what are you waiting for? Start it from yourself! 🙂

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Cara