Sponsors Link

16 Cara Mengatasi Wajah Kusam Saat Hamil Muda Paling Aman

Sponsors Link

Salah satu masalah yang sering bikin wanita gelisah, cemas dan sedih adalah kulit mengusam pada saat hamil. Biasanya saat masa-masa kehamilan, wajah, leher dan ketiak akan tampak lebih menggelap tanpa alasan. Walaupun kamu seharian berada di dalam rumah, tapi tetap saja kulitmu bakal terlihat kusam.

ads

Sebenarnya kondisi tersebut sangat wajar loh, ladies! Penyebabnya yakni perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon-hormon akan mempengaruhi tubuh. Membuatmu menjadi lebih lemas, mual dan salah satunya kulit menggelap. Nah, yang jadi pertanyaan, adakah solusi aman mengatasi wajah kusam saat hamil? Jawabannya of course ada dongs! Kalau kamu penasaran, simak nih cara-cara mengatasi wajah kusam saat hamil yang aman tanpa efek samping.

Baca juga:

Cara Mengatasi Wajah Kusam Saat Hamil Dengan Masker Alami

Cara paling aman untuk mengatasi wajah kusam saat hamil tentu saja menggunakan bahan-bahan alami. Penggunaan bahan alami tidak akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan janin. Sebaliknya, justru membuat kulit wajah menjadi semakin fresh. Berikut beberapa masker alami untuk memutihkan wajah kusam saat hamil yang bisa kamu cobain!

1. Masker Pisang dan Madu

Pisang dan madu adalah kombinasi sempurna untuk mewujudkan kulit yang cerah dan lembut. Pisang mengandung vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C yang mampu merevitalisasi kulit menjadikannya lebih sehat. Begitupun dengan madu yang merupakan pelembab alami. Madu ini tidak hanya mencerahkan tapi juga bersifat antibakteri sehingga mampu mengatasi masalah panu, jerawatan ataupun flek hitam.

Cara pembuatan masker ini yakni dengan mencampurkan jus pisang dengan 1 sdm madu ke dalam mangkuk. Pastikan kamu mencuci tangan. Setelah itu, oleskan masker pada wajah. Tunggu kering, kemudian basuh muka dengan air hangat. Masker ini bisa kamu gunakan setiap hari. (baca: Cara memutihkan wajah dengan pisang)

2. Masker Alpukat dan Yogurt

Masker untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah alpukat. Kenapa kamu harus memilih alpukat? Karena buah ini mengandung tinggi nutrisi, vitamin dan potasium yang dapat membantu wajahmu tampak lebih bercahaya. Jangan laupa mengombinasikannya dengan yogurt untuk memperoleh manfaat maksimal dalam mengatasi kulit kusam. Yogurt membantu melembabkan serta mengencangkan kulit.

Cara pembuatan masker ini gampang kok. Campurkan sepotong jus alpukat dengan 1 sdt yogurt tawar (plain yogurt). Tambahkan sedikit air perasan lemon. Aduk rata. Kemudian cuci tanganmu. Lalu balurkan masker pada wajah dan tunggu selama 20 menit. Terakhir bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. Masker ini bisa kamu terapkan 1-2 kali dalam seminggu aja ya. (baca juga: Cara memutihkan wajah dengan alpukat)

3. Masker Semangka dan Ketimun

Cara mengatasi wajah kusam saat hamil berikutnya adalah dengan semangka dan mentimun. Kandungan air yang tinggi dalam semangka bermanfaat dalam membantu menjaga kelembaban kulit. Semangka juga kaya vitamin yang mampu mencerahkan wajah. Sedangkan ketimun membantu mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit, serta memudarkan area gelap bawah mata.

Cara pembuatan masker ini yakni dengan mencampurkan 2 sdm jus semangka dengan 2 sdm jus ketimun. Tambahkan sedikit yogurt tawar dan susu bubuk. Kemudian aduk rata, lalu balurkan pada wajah. Tunggu sekitar 20 menit. Selanjutnya bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. (baca: Cara memutihkan wajah dengan semangka)

Sponsors Link

4. Masker Yogurt dan Lemon

Selanjutnya untuk mengatasi wajah kusam saat hamil kamu bisa membuat masker hoem remedies dari yogurt dan lemon. Yogurt dapat membantu mengecilkan pori-pori, mengencangkan wajah dan melembutkan kulit. Sedangkan lemon berkhasiat dalam mencerahkan wajah.

Cara pembuatan masker ini dengan mencampurkan 1 sdt yogurt dengan perasan air lemon dalam mangkuk. Aduk rata. Selanjutnya balurkan pada wajah hingga merata. Tunggu sekitar 15-20 menit. Kemudian cuci bersih wajah dengan air suam-suam kuku. Masker ini dapat kamu gunakan 1-2 kali dalam seminggu. (baca: Cara memutihkan wajah dengan yogurt)

5. Masker Kulit Jeruk dan Susu

Jika kamu membeli buah jeruk, sebaiknya jangan dibuang kulitnya, ya! Kulit jeruk mengandung tinggi vitamin dan dapat membantu mencerahkan kulit. Dengan dikombinasi dengan susu maka kamu bisa memperoleh wajah yang putih dan mulus.

Cara pembuatan masker ini pertama pastikan kamu telah menyediakan kulit jeruk yang benar-benar kering. Haluskan kulit jeruk dengan blender. Selanjutnya tambahkan 1 sdm susu dan air. Aduk rata hingga terbentuk pasta kental. Lalu aplikasikan pada wajah dan tunggu sampai kering. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air suam-suam kuku. Masker ini boleh digunakan 1-2kali dalam seminggu. (baca: Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis)

6. Masker Pepaya

Pepaya adalah buah kaya vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu memperlambat proses pigmentasi kulit. Untuk memperoleh manfaat dari pepaya, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau juga menggunakannya sebagai masker wajah.

Untuk membuat masker pepaya, caranya dnegan mencampurkan 1 sdm jus pepaya dengan 1 sdt madu. Aduk rata. Kemudian balurkan adonan pada wajah dan tunggu hingga kering. Selanjutnya cuci bersih muka dengan air hangat. (baca: Cara memutihkan wajah dengan pepaya)

Sponsors Link

7. Masker Lidah buaya

Ada banyak bahan alami yang bisa mengatasi kulit kusam dan aman digunakan bagi ibu hamil. Satu diantaranya adalah lidah buaya. Gel lidah buaya dapat membantu melembabkan kulit, mencerahkan sekaligus mengatasi muka yang berjerawat.

Untuk penerapan masker ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan 1 tangkai daun lidah buaya. Cuci bersih. Kemudian potong menjadi 2 bagian, ambil gel-nya dan oleskan pada wajah. Tunggu sekitar 30 menit. Terakhir bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. Pemakaian gel lidah buaya secara rutin dapat membantu kulitmu tampak lebih sehat dan glowing. (baca: Cara memutihkan wajah dengan lidah buaya)

8. Masker Kentang

Masker alami untuk mengatasi wajah kusam berikutnya adalah kentang. Sayuran yang umum digunakan sebagai pelengkap dalam masakan sup ini ternyata mengandung beragam vitamin yang dapat menutrisi kulit, loh! Kentang dapat menghambat proses penggelapan kulit dan juga mengatasi masalah mata panda.

Untuk pembuatan masker ini, kamu cukup menyiapkan setengah potong kentang. Lalu cuci bersih dan kupas. Iris tipis-tipis. Kemudian tempelkan irisan kentang pada seluruh bagian wajah secara merata, termasuk bawah mata. Diamkan kira-kira 20 menit, selanjutnya bilas dengan air sampai bersih. (baca: Cara memutihkan wajah dengan kentang)

9. Masker Beras

Beras merupakan bahan pokok untuk makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Nah, ternyata beras ini juga dapat menjadikan kulitmu lebih putih loh. Beras mengandung vitamin B3 yang dapat mencerahkan kulit. Serta berbagai mineral yang bermanfaat dalam menghidrasi wajah menjadikannya lebih segar.

Untuk membuat masker ini cukup simpel. Pertama, siapkan segenggam beras. Sedikit saja ya, gak perlu banyak-banyak. Lalu rendam beras dalam air dan tunggu selama kurang lebih 40 menit. Setelah beras melunak, kamu bisa membuang airnya. Kemudian tumbuk beras dengan cobek. Dan setelah berasnya halus, kamu dapat mengaplikasikannya pada wajah. Diamkan selama 30 menit atau tunggu hingga kering. Terakhir cuci bersih wajah dengan air hangat. Masker beras aman digunakan setiap hari. Tapi jika kamu tidak ingin persidaan berasmu berkurang, lebih baik gunakan saja 1-2 kali dalam seminggu. (baca: Cara memutihkan wajah dengan air beras)

ads

10. Masker Lemon dan Madu

Masker lemon dan madu juga merupakan perfect combination untuk mencerahkan kulit saat hamil. Sifat asam buah lemon dapat membantu wajahmu tampak lebih putih sekaligus memberantas jerawat. Sedangkan madu berguna untuk membuat kulit lebih sehat dan lembut.

Untuk membuat masker ini kamu hanya perlu mencampurkan 2 sdt air perasan lemon dengan 1 sdt madu. Aduk-aduk sampai adonan menjadi pasta. Selanjutnya balurkan pada wajah secara menyeluruh. Tunggu sekitar 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air sampai bersih. Masker ini sebaiknya digunakan 1-2 kali dalam seminggu. (baca: Cara memutihkan wajah dengan lemon)

Cara Mengatasi Wajah Kusam Saat Hamil Dengan Gaya Hidup Sehat

Cara mengatasi wajah kusam saat hamil berikutnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menjaga kulitmu tetap cerah saat hamil.

1. Tingkatkan Konsumsi Buah-Buahan

Ketika hamil, kamu harus memperbanyak konsumsi buah-buahan. Buah adalah makanan sehat kaya akan vitamin dan mineral. Dengan mengonsumsi buah secara rutin, tak hanya tubuh dan janin saja yang menjadi sehat. Tapi kecantikan kulitmu juga akan terjaga loh! Konsumsi buah dapat mencegah wajah kusam dan keriput. Maka itu, jangan lupa untuk menyediakan buah sebagai menu harianmu ya! (baca: Masker Buah untuk Memutihkan Wajah)

2. Sayuran

Menu selanjutnya yang wajib kamu sediakan adalah sayuran misalnya kangkung, wortel, kentang, bayam, kelor dan sebagainya. Sayuran juga tinggi vitamin, mineral dan juga serat. Mengonsumsi sayuran secara teratur setiap hari dapat membuat tekstur kulit menjadi lebih lembut. Sayuran juga membantu mengatasi wajah kusam dan kulitmu dijamin akan terlihat awet muda.

3. Gunakan Minyak Zaitun

Sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, sekalipun kamu hanya berada di dalam rumah. Sebab efek sinar UV sangat buruk bagi kulit. Tak hanya memicu pigmentasi, tapi juga menyebabkan wajah menjadi kemerahan, keriput, kering dan cenderung merangsang terbentuknya flek hitam. Nah, maka itu wajib banget bagi para wanita untuk mengenakan sunscreen. Namun apabila saat hamil kamu merasa worried untuk pemakaian sunscreen atau sunblock, kamu bisa menggantinya dengan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung zat antioksidan yang mampu melindungki kulit dari bahaya radikal bebas. (baca: Cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun)

4. Perbanyak Istirahat Dalam Rumah

Idealnya, seorang wanita hamil memang harus memperbanyak waktu untuk beristirahat dalam rumah. Walaupun hal ini tampak membosankan namun sebenarnya ada manfaatnya loh! Saat tidur biasanya kulit beregenarasi lebih optimal, dengan kata lain tidur dapat membantu mengatasi masalah kulit kusammu dan membuatnya sedikit lebih cerah. Selain itu, beraktivitas dalam rumah juga membuat kulitmu terlindungi dari paparan matahari. Dengan begitu, efek buruk dari sinar UV bisa diminimalisir.

5. Berolahraga di Pagi Hari

Walaupun hanya sebentar, sempatkan waktu untuk berolahraga di pagi hari. Misalnya jalan kaki santai serambi menikmati udara yang sejuk. Kegiatan ini akan membantu merileksasi pikiran sekaligus membuat kulitmu menjadi lebih sehat. Dan tubuhmu terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

6. Konsumsi Air Putih

Tips terakhir untuk mengatasi wajah kusam saat hami adalah perbanyak konsumsi air putih. Jangan malas untuk mengambil segelas air minum di sela-sela aktivitasmu. Air putih memiliki epranan penting bagi tubuh. Selain membantu mengeluarkan toksin, air putih juga membuat wajah tampak lebih cerah bersinar, kenyal dan bebas keriput.

Baca juga: Serum Pemutih Wajah.

Demikianlah beberapa cara mengatasi wajah kusam saat hamil. Apabila kamu ingin menggunakan produk skincare, khususnya yang mengandung bahan aktif asam retinoid dan asam azelat maka berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips Cara