Sponsors Link

28 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami, Cepat dan Tepat

Sponsors Link

Bintik-bintik hitam di wajah? Iuh, tentu saja kita gak mau ada itu di wajah kita kan! Bintik-bintik tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri kita karena kulit kita akan terlihat kotor dan orang cenderung berpikir kalau kita gak bisa merawat kulit wajah kita dengan baik. Adanya bintik-bintik hitam di wajah ini bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri untuk sebagian orang. Tapi tahu gak sih, kalau bintik-bintik hitam ini sebenarnya bukan disebabkan oleh kita yang kurang bisa merawat kulit dengan baik?

ads

Bintik-bintik hitam ini biasa disebut dengan flek hitam, yang bisa terjadi pada wanita mulai dari usia remaja hingga lanjut usia. Flek hitam sendiri merupakan hasil yang muncul dari meningkatnya kandungan melanin pada kulit wajah, dan kandungan melanin yang terlalu tinggi ini lah yang menyebabkan perubahan warna kulit pada bagian wajah tertentu. Flek hitam ini biasanya cenderung akan berubah warna menjadi lebih gelap apabila kita sering terpapar sinar matahari. Flek hitam ini biasa ditemui di daerah sekitar wajah, tangan, punggung, serta leher. Lalu, sebenarnya apa sih penyebab flek hitam yang mengganggu penampilan kita ini?

Penyebab Munculnya Flek Hitam

Penyebab flek hitam bisa bermacam-macam, mulai dari terpapar sinar matahari dalam durasi yang lama hingga alergi terhadap bahan-bahan yang ada di kosmetik. Selain itu, ada juga beberapa hal yang menyebabkan timbulnya flek hitam pada wajah, yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Paparan sinar UV dalam durasi yang lama

Kulit kita tidak bisa terpapar sinar matahari terus menerus, khususnya dalam jangka waktu yang lama sekalipun kita telah menggunakan tabir surya. Reaksi yang timbul ini biasa dikenal dengan melasma, yaitu pigmentasi yang muncul karena terlalu banyak melanin yang dihasilkan karena terlalu terpapar sinar matahari. Bintik-bintik hitam yang terjadi akibat terpapar sinar UV ini biasanya muncul di sekitar wajah, leher, serta sekitar lengan.

2. Paparan radiasi laptop

Radiasi dari laptop juga dapat memunculkan hiperpegmentasi yang akan muncul dengan bentuk seperti jaring-jaring bewarna hitam pada dahi. Hal ini dapat terjadi ketika kita terlalu lama memangku laptop tiap harinya. Untuk mencegah timbulnya noda hitam akibat radiasi, kita dapat meminimalisir kemungkinan tersebut dengan menaruh laptop di cooler atau meja.

3. Polusi udara

Melanin akan muncul berlebihan ketika sel tersebut berusaha untuk memperbaiki kerusakan sel yang timbul akibat polusi yang ada di wajah

4. Penggunaan kosmetik

Bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik terkadang dapat memicu timbulnya fotosensitivitas, yaitu salah satu bentuk reaksi bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik ketika terpapar sinar matahari. Melanin juga akan muncul secara berlebihan untuk memperbaiki lapisan pada kulit.

5. Garukan pada wajah

Menggaruk wajah ternyata juga bisa memicu timbulnya melanin yang berlebihan. Untuk menyamarkan bekas ini juga membutuhkan waktu yang relatif tidak singkat, yaitu kira-kira tiga bulan.

6. Faktor genetik

Faktor genetik ternyata juga berpengaruh besar terhadap kemungkinan seseorang juga akan memiliki flek hitam di wajahnya atau tidak. Faktor keluarga berpengaruh sebanyak 60-70% terhadap kemungkinan munculnya flek hitam pada keturunan mereka.

7. Ketidakseimbangan hormon saat hamil

Saat hamil, hormon HCG, HPL, relaxin, estrogen, progestoren aan meningkat dan memicu produksi melanin yang berlebihan pula dan akan menyebabkan hiperpigmentasi. Gejala yang biasanya muncul dari hal ini adalah munculnya bintik-bintik gelap.

8. Obat-obatan

Obat yang mengandung difenil hindantoin, mesantoin, klorpomazine, sitostatik, dan minosiklin akan memacu munculnya hipermegntasi karena kandungan-kandungan tadi tertimbun dalam lapisan kulit dermis.

Nah, itu tadi adalah beberapa penyebab dan informasi singkat tentang apa sih sebenarnya flek hitam. Kemudian, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit yang satu ini? Apakah kita sebaiknya mencoba produk-produk kecantikan di luar sana hingga mendapatkan produk yang tepat dengan sesuai kulit kita sehingga dapat mengurangi kadar flek hitam pula?

ads

Eits, mencoba-coba produk kecantikan justru dapat memperparah keadaan flek hitam karena kondisi kulit kita yang sedang dalam kondisi gak sehat. Kita pasti juga gak mau kan adanya permasalahan kulit lain, seperti kulit wajah yang kemerahan atau timbulnya banyak jerawat selain adanya flek hitam tadi? Lalu, apa solusi dari permasalahan ini?

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Pria.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

Cara menghilangkan flek hitam dapat menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Murah, mudah didapat, sehat adalah keunggulan sendiri yang didapat dengan menggunakan bahan alami ini. Pasti udah gak sabar buat tahu bahan-bahan apa yang bisa kita gunakan untuk mengusir flek hitam selamanya dari kulit wajah kita. So, check it out!

1. Jus lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat digunakan untuk mengurangi lingkaran serta flek hitam yang ada di kulit wajah kita. Apabila kita memiliki kulit yang sensitif, jus lemon dapat dicampur dengan air bunga mawar atau madu sebagai bahan pencegah alergi pada kulit wajah kita. Setelah menggunakan kombinasi ini tidak disarankan untuk langsung terpapar sinar matahari karena kulit akan menjadi photosensitive, yaitu keadaan kulit yang lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari dan akan cepat mengalami perubahan warna.

Dalam menggunakan jus lemon sebagai bentuk perawatan ini, yang perlu kita lakukan hanya meneteskan 1-2 jus lemon pada cotton bud dan mengoleskannya pada bagian kulit yang terinfeksi. Setelah bagian tadi mengering, kita dapat membilasnya dengan air hangat. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

2. Kentang

Kentang memiliki fungsi sebagai pemutih alami pada kulit sehingga dapat digunakan untuk menyamarkan flek hitam, bekas luka, serta jerawat pada kulit wajah kita. Kandungan kentang yang dapat meminimalisir fregmentasi yang terjadi tentu saja akan lebih menyehatkan kulit wajah. Dalam penggunaannya, kentang tidak perlu dijus seperti pada perawatan wajah lainnya, melainkan kita hanya perlu memotongnya. Potongan kentang tersebut diletakkan pada bagian flek hitam dan setelah mulai mengering, bekas kentang di wajah kita dapat dibilas menggunakan air hangat.

3. Aloe vera

Kandungan aloe vera yang 90% terdiri dari air serta kaya akan vitamin A, B, C, dan E berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan melembabkan kulit. Selain itu, kandungan-kandungan tersebut juga berfungsi untuk mencegah depgimentasi, mengobati kulit terbakar, sebagai antiseptik, dan menghilangkan flek hitam. Untuk menghilangkan flek hitam, yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan 1 – 2 sendok makan gel aloe vera yang dipaparkan ke flek hitam dan perlu didiamkan selama 15-20 menit. Penggunaan perawatan ini dapat dilulangi sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

4. Sandal wood

Kandungan minyak yang kaya dalam sandal wood berfungsi untuk menyamarkan flek hitam dan mencerahkan wajah. bahan-bahan yang perlu disiapkan selain satu sendok makan bubuk sandal wood adalah 1 sendok makan gliserin serta tiga sendok makan air bunga mawar. Air bunga mawar di sini dapat diganti dengan susu atau madu karena khasiat mereka yang sama ketika dikombinasikan dengan sandal wood. Setelah ketiga bahan tadi dicampur dengan rata dan digunakan pada bagian yang terinfeksi, kita perlu membilasnya dengan air hangat dan perawatan ini dapat dilakukan tiap hari.

5. Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami untuk memutihkan wajah serta menghilangkan noda hitam. Selain itu, kandungan kunyit juga dapat memperbaiki kerusakan yang terdapat pada kulit wajah dan mengurangi pigmentasi yang berfungsi untuk menghilangkan flek hitam di kulit wajah. dalam menggunakan kunyit sebagai bahan untuk mengatas flek hitam, kita juga perlu menyiapkan sedikit susu atau air lemon sebagai bahan tambahannya. Setelah dua sendok makan kunyit dan susu tadi telah tercampur dengan rata, maka dapat diratakan pada bagian flek hitam dan kemudian dibilas dengan air hangat.

6. Almond

Kandungan vitamin E, anti-oksidan serta lemak yang baik dalam almond dapat digunakan sebagai pembersih muka secara optimal. Fungsi lainnya yang dimiliki almond untuk kulit wajah adalah mengurangi dampak sinar matahari pada kulit sehingga dapat menyamarkan flek hitam yang ada di kulit wajah. sebelum menggunakan almond sebagai perawatan wajah kita, terlebih dahulu kita perlu merendam almond dalam susu selama satu malam. Keesokan paginya, kita perlu menghaluskan almond dan mencampurnya dengan satu sendok makan bubuk sandal wood serta setengah teh sendok madu dan viola! Pasta yang kita butuhkan pun sudah dapat diaplikasikan pada bagian flek hitam, dan kita perlu menunggu 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

7. Pepaya

Kayanya kandungan enzim pada pepaya berfungsi untuk menjaga warna kulit dan menyamarkan flek hitam pada kulit wajah. fungsi lainnya yang ada dalam pepaya adalah untuk membersihkan sel-sel kulit mati serta melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV yang berlebih. Untuk perawatan, pepaya perlu dikombinasikan dengan jus lemon agar hasil yang didapat lebih maksimal. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan baik, pasta tersebut perlu didiamkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak tiga hingga empat kali dalam seminggu.

8. Daun parsley

Tingginya kandungan vitamin A dan C pada daun parsley memiliki khasiat tersendiri untuk wajah, yaitu meningkatkan produksi kolagen serta sebagai anti-radikal sehingga kita akan memiliki wajah yang segar, bebas dari jerawat serta flek hitam. Vitamin K yang ada pada daun parsley juga memiliki fungsi tersendiri, yaitu untuk mencegah keriput serta anti-bakteri sehingga kulit wajah dapat selalu bersih dan sehat.

Untuk digunakan dalam perawatan, kita juga perlu mempersiapkan satu sendok makan jus lemon sebagai bahan tambahannya. Sebelum dicampur dengan jus lemon, daun parsley perlu direndam terlebih dahulu selama 10-12 menit dalam air hangat. Setelah daun parsley direndam, campuran antara kedua bahan tadi dapat kita gunakan di bagian flek hitam yang kemudian dibilas dengan air bersih. Perawatan ini dapat dilakukan tiap malam sebelum tidur.

Sponsors Link

9. Jus bawang merah

Kandungan vitamin A, C, serta E pada bawang merah menghasilkan anti-oksidan yang kuat pula dan bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV secara berlebihan serta berperan sebagai free-radical yang akan mencegah kulit mengalami penuaan dini dan timbulnya keriput. Kandungan sulfur yang tinggi pada bawang merah berfungsi untuk membersihkan flek hitam pada kulit wajah. dalam penggunannya, bawang merah cukup dicampur dengan tiga siung bawang putih dan dibuat menjadi pasta. Pasta tersebut kemudian digunakan pada bagian flek hitam dan kemudian dibilas dengan air hangat setelah kering. Perawatan ini dapat diaplikasikan tiap malam sebelum tidur.

10. Cuka apel

Cuka apel disebut-sebut sebagai bahan alami tersehat karena mengandung anti-oksidan yang tinggi karena tingginya pula kandungan vitamin A, B complex, C, serta E. Kayanya kandungan vitamin-vitamin tersebut berfungsi untuk menghilangkan flek hitam, sel kulit mati dan memproduksi sel kulit baru, mencegah jerawat, serta memicu produksi sebum sehingga menghindarkan kulit terlalu berminyak atau kering. Madu juga diperlukan dalam perawatan wajah berbahan dasar cuka apel ini, dan setelah tercampur dengan rata perlu didiamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari

11. Timun

Kandungan timun yang sebanyak 96% aalah air, membuat timun sebagai pelembab yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin A, B5, C, E, serta K juga sebagai solusi berbagai permasalahan kulit, seperti menyamarkan lingkaran hitam pada wajah, bekas luka, keriput, serta flek hitam. Dalam perawatan ini, timun perlu dicampur dengan dua sendok makan yogurt dan perlu didiamkan selama 40 menit hingga mengering. Perawatan ini juga dapat dilakukan setiap hari.

12. Kulit jeruk

Kulit jeruk jarang diketahui manfaatnya oleh banyak orang, dan orang cenderung tidak memanfaatkannya. Kandungan vitamin C serta kalsium yang tertinggi ada pada kulit jeruk, dan untuk itu lah kulit jeruk merupakan salah satu bahan yang cukup ampuh untuk menghilangkan flek hitam serta racun sehingga kulit menjadi lebih segar. Dalam perawatannya untuk kulit wajah, kulit jeruk perlu dicampurkan dengan dua sendok makan yogurt dan didiamkan selama 25 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Perawatan ini dapat dilakukan sehari-hari.

Nah, itu tadi adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sehari-hari untuk mengatasi flek hitam pada kulit wajah kita.

Cara Dermatologis untuk Menghilangkan Flek Hitam

Tahukah kalian jika ada satu lagi cara menghilangkan flek hitam yang dapat dilakukan? Ya, kita bisa konsultasi kepada dermatologis untuk mengetahui cara apa yang tepat untuk mengatasi flek hitam ini. Klinik kecantikan sudah memiliki beberapa pilihan untuk mengatasi flek hitam ini yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Dan berikut adalah beberapa pilihan yang disediakan dermatologis untuk mengatasi flek hitam:

1. Microdermabasi

Perawatan ini adalah dengan mengeringkan sel kuli mati pada wajah dan sel kulit baru akan menggantikannya. Perawatan ini biasanya berlangsung dalam beberapa sesi dan kulit akan menjadi lebih sensitif setelah perawatan ini selesai. Disarankan untuk menggunakan tabir surya dan menghindari sinar UV untuk sementara waktu.

2. Pengelupasan kulit secara manual

Agar kulit dapat mengelupas secara alami dan manual, kita bisa menggunakan pembersih yang dapat digunakan sebagai scrub juga pada waja kita. Scrub perlu digunakan pada seluruh wajah dan dengan sendirinya wajah akan terlihat lebih cerah dan tentu saja flek hitam akan menghilang.

3. Perawatan dengan bahan topical

Dalam pengaplikasian perawatan ini, kita membutuhkan suatu produk yang mengandung kedelai, kojic acid, azelaic acid, serta arbutin. Kandungan tersebut dapat kita temukan dalam krim/ serum dan kita hanya perlu menggunakannya pada kulit yang terinfeksi.

Sponsors Link

4. Perawatan menggunakan laser

Ketika krim dirasa tidak cukup mampu untuk menyelesaikan masalah flek hitam, maka kita dapat memilih untuk menggunakan perawatan ini, yaitu dengan laser. Laser dipercaya dapat digunakan untuk menyingkirkan melaksonin berlebihan di bawah kulit yang akan menyebabkan flek hitam. Setelah melaksonin tersingkirkan, lapisan kulit baru akan muncul dengan keadaan lebih cerah dan bebas flek. Perawatan ini dapat digunakan pada seluruh tipe kulit.

5. Peeling menggunakan bahan kimia

Pemakaian beberapa bahan kimia ke kulit yang dapat menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas dengan sendirinya dan nantinya akan menstimulasi regenerasi sel kulit yang baru adalah metode yang digunakan dalam perawatan ini. Meskipun terdengar menyeramkan, namun proses perawatan ini tidak semenyakitkan seperti yang dipikirkan. Setelah perawatan ini selesai, biasaya kulit akan menjadi lebih sensitif daripada sebelumnya dan bisa jadi memerah atau melepuh. Untuk itulah, disarankan untuk tidak keluar selama beberapa hari untuk menghindari terpapar sinar UV untuk sementara waktu.

6. Cryosurgery

Meskipun menggunakan kata operasi, perawatan ini sesungguhnya bukan sebuah operasi karena dokter hanya menyemprotkan cairan nitrogen ke daerah yang terserang flek hitam dan akan berubah menjadi putih. Apabila kita iseng dengan memegang-megang cairan yang telah mengering ini, hasilnya pun tidak akan sebagus yang kita harapkan karena justru bisa menimbulkan keropeng dan bekas luka.

7. Retinol solutions

Menggunakan produk seperti Retin-A dan Renova yang mengandung aplha-hydroxy dan retinol acid akan meningkatkan pergantian sel dan mempercepat pertumbuhan kulit yang sehat.

8. Salicyl acid

Selain untuk mengatasi jerawat, dapat digunakan juga untuk flek hitam meskipun kulit akan mengelupas terlebih dahulu. Zat ini akan membantu kulit menghilangkan sel kulit matidan membentuk sel kulit mati sehingga kulit dapat menjadi lebih lembut.

Itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengatasi flek hitam. Lalu, apakah kita sendiri bisa meminimalisir kemungkinan datangnya flek hitam pada wajah? Tentu saja bisa!

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan sehari-hari, yaitu: minum secukupnya dalam sehari  (air menolong tubuh untuk melakukan detoksifikasi sehingga kulit dapat tetap lembab), menghindari atau mengurangi paparan sinar matahari karena dapat memicu terjadinya hypermigmentasi, mengonsumsi banyak buah dan sayur karena berbagai mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya bagus untuk kesehatan kulit, menggunakan tabir surya, serta konsultasi ke dermatologis/ dokter ketika ada gejala-gejala lainnya yang mulai muncul pada kulit.

So, pastinya gak bakal bingung lagi apa yang harus dilakuin ketika flek hitam mulai menyerang? Banyak perawatan yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini tentunya! Dan yang paling penting adalah untuk tetap menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari masalah kulit yang bisa datang kapan saja. So, are you ready to make a good start?

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Cara