Sponsors Link

26 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Cepat dan Ampuh Banget

Sponsors Link

Komedo adalah bintik-bintik kecil yang timbul karena pori-pori tertutup oleh minyak dan sel kulit mati. Komedo biasanya muncul pada wajah, tepatnya di sekitar hidung. Namun, tahukah kalian jika komedo dapat juga muncul di bagian tubuh lainnya, seperti di punggung, dada, lengan atau bahu? Komedo biasanya muncul saat anak perempuan mulai memasuki masa remajanya, atau saat mereka memasuki periode pre-menstruasi.

ads

Komedo terbentuk pada saat pori-pori tersumbat dengan kadar sebum yang berlebih serta adanya sel-sel kulit mati pada wajah. terdapat dua jenis komedo yang sering dijumpai, yaitu komedo hitam dan putih, dimana komedo hitam terbentuk karena pori-pori yang terinfeksi terkena udara. Perubahan hormon, salah menggunakan produk kecantikan, kulit yang kurang terawat, stress, serta genetik adalah beberapa faktor yang memicu timbulnya komedo pada wajah. Memencet komedo bukanlah solusi yang tepat pula karena dapat menimbulkan permasalahan wajah lainnya, yaitu munculnya bekas luka.

Komedo yang terlihat hitam tentu saja mengurangi rasa percaya diri pada seseorang. Lalu, apakah solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan wajah yang satu ini? Yup, selalu ada solusi dari setiap masalah. Komedo bukanlah suatu momok yang harus kita takuti, karena perawatan untuk komedo ini dapat dibilang cukup mudah. Kita dapat memanfaatkan berbagai bahan di sekitar kita; mulai dari bumbu dapur, buah, atau berbagai jenis minyak yang tentunya aman untuk perawatan wajah. Nah, apakah kalian sudah siap untuk mengetahui cara-cara alami mengatasi komedo! So what are you waiting for? Lets start!

1. Baking Soda

Baking soda bukanlah suatu barang yang hanya memiliki banyak manfaat untuk memasak, namun juga memiliki manfaat lainnya untuk perawatan wajah. Baking soda dapat berfungsi sebagai anti-septic yang tentu saja sangat bermanfaat untuk wajah, yaitu untuk eksfolian sehingga akan menghilangkan sel-sel kulit mati, menghaluskan dan melembutkan kulit, serta menghilangkan komedo yang muncul. Selain itu, baking soda berfungsi sebagai penyeimbang pH kulit yang berarti akan mengurangi kadar minyak pada wajah; yang tentu saja meminimalisir timbulnya komedo. We have to say good bye for blackheads after try this treatment! 

Dalam penggunaannya, terlebih dahulu kita perlu menyiapkan sedikit air sebagai bahan campuran untuk baking soda dalam membuat masker. Setelah masker siap, kita cukup mengoleskannya pada bagian wajah yang terserang oleh komedo. Kita perlu menunggu masker ini hingga mengering selama kira-kira 10 menit dan kemudian kita perlu membilasnya dengan air hangat. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu yang tentunya aman untuk semua jenis kulit.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Anak.

2. Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu rempah yang biasa digunakan untuk masker wajah, dan cenderung digunakan sebagai ektra wewangian. Namun, tahukah kalian jika kayu manis memiliki fungsi lainnya untuk perawatan wajah? Yup, kayu manis merupakan salah satu bahan alami yang terkenal cukup ampuh untuk mengatasi komedo. Bukan hanya itu saja, kayu manis dapat membantu wajah untuk meminimalisir timbulnya jerawat.

Bahan apa saja yang perlu kita siapkan untuk membuat masker berbahan dasar kayu manis ini? Good news for us, we just need one another ingredient to try this treatment! Madu perlu kita siapkan juga dalam menggunakan perawatan ini untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Peran kedua bahan ini pun berbeda; di mana kayu manis berfungsi untuk meningkatkan peredaran darah yang akan membuat kulit lebih lembut, sehat dan cerah sedangkan madu berfungsi untuk melindungi kulit dari bakteri yang menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan kulit.

Setelah bahan siap, kita hanya perlu mencampur satu sendok makan bubuk kayu manis dengan dua sendok makan madu hingga mengental dan membentuk masker. Masker yang telah siap dapat kita gunakan hanya pada bagian yang terserang komedo, dan kita perlu menunggunya hingga mengering sekitar 15 menit. Setelah masker mengering, kita dapat membilasnya dengan air dingin dan memakai pelembab setelahnya agar hasil yang didapat lebih bagus. Perawatan ini dapat dilakukan secara rutin tiap hari.

3. Oatmeals

Oatmeals bukanlah hanya salah satu bahan yang baik untuk sarapan kita, namun juga memiliki berbagai manfaat lainnya untuk merawat kulit wajah. kandungan nutrisi yang tinggi pada oatmeals membuatnya aman untuk digunakan pada semua jenis kulit, termasuk jenis kulit yang sensitif atau sedang teriritasi. Oatmeals berfungsi untuk pembersih serta eksfolian pada wajah yang akan meminimalisir kemungkinan pori-pori untuk tersumbat, yang berarti menghambat datangnya komedo. Selain itu, kandungan anti-oksidannya berguna untuk menghindarkan terjadinya peradangan pada wajah, iritasi, mengurangi sel-sel kulit mati pada wajah, serta mengurangi kadar minyak yang berlebih.

Sebelum menggunakannya, terlebih dahulu kita perlu memasak oatmeals hingga menjadi seperti bubur. Setelah bubur ini siap, kita perlu mendinginkannya juga hingga mencapai suhu ruangan sebelum digunakan pada bagian wajah yang terserang komedo. kita perlu menunggu masker ini mengering selama 10-20 menit dan setelahnya dapat dibilas dengan air hangat. Perawatan ini dapat dilakukan tiap hari, dan hanya dapat dilakukan satu kali.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam.

Sponsors Link

4. Jus Lemon

Kandungan alpha-hydroxy acid yang tinggi pada lemon berguna sebagai astringen alami yang akan membantu kulit untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati pada wajah, serta membersihkan pori-pori. Kandungan vitamin C yang tinggi juga memiliki fungsi lainnya, yaitu sebagai anti-oksidan yang memicu produksi kolagen sehingga menyamarkan bekas luka akibat jerawat dan tentu saja meningkatkan kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan dengan memulai perawatan berbahan dasar jus lemon:

  • Jus Lemon

Sebelum menggunakan jus lemon pada wajah, terlebih dahulu kita perlu membersihkan wajah dengan pembersih; yang tentunya alami pula. Kita hanya perlu menyiapkan satu sendok teh jus lemon dan dapat digunakan secara merata pada bagian yang terdapat komedo dengan menggunakan bantuan cotton bud. Setelah merata, kita perlu mendiamkannya selama kira-kira 10 menit agar dapat terserap oleh kulit wajah dengan maksimal dan kita hanya perlu mencuci wajah seperti biasa menggunakan air dingin. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari atau bisa dilakukan menjelang tidur malam.

  • Jus Lemon dan Kayu Manis

Satu lagi bahan yang kita gunakan dalam perawatan ini adalah  kayu manis. Perpaduan dua bahan ini akan memberikan hasil yang lebih maksimal dalam mengatasi komedo, di mana jus lemon berperan sebagai anti-bacterial, dan kayu manis berfungsi untuk meningkatkan peredaran darah pada wajah sehingga wajah terlihat tetap cerah. Selain itu, perawatan ini berfungsi untuk membersihkan kotoran pada pori-pori dan mencegah penuaan dini.

Bahan yang kita butuhkan adalah menyiapkan satu sampai dua sendok makan bubuk kayu manis dan satu sendok makan jus lemon, yang kemudian kita campurkan rata hingga mengental sebagai masker. Masker yang telah siap dapat digunakan pada bagian yang terinfeksi komedo, dan perlu didiamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu, dan cocok digunakan untuk tipe kulit normal dan berminyak.

5. Teh Hijau

Kandungan vitamin dan anti-oksidan yang tinggi pada teh hijau membantu kulit untuk mengurangi kadar minyak pada wajah, dan tentu saja meminimalisir terjadinya peradangan pada pori-pori serta mencegah timbulnya permasalahan wajah lainnya.

Langkah-langkah yang perlu kita lakukan pada perawatan ini adalah dengan menyiapkan dua sendok daun teh hijau dan satu cangkir air hangat. Setelah kedua bahan tercampur dengan rata, kita dapat menggunakannya pada bagian yang terserang komedo dan cukup mendiamkannya selama 10 menit hingga mengering. Masker ini dapat dibersihkan dengan membilas wajah dengan air dingin, dan kita dapat menggunakan pelembab setelahnya untuk hasil yang lebih maksimal. Perawatan ini dapat dilakukan secara rutin tiap hari.

6. Madu

Madu berfungsi sebagai anti-bacterial dan anti-septic yang membantu kulit untuk menghilangkan komedo dengan cara menyingkirkan sel-sel penyebab tersumbatnya pori-pori. Madu juga memiliki fungsi untuk mengencangkan kulit serta menutrisi pori-pori yang tentu saja meningkatkan kesehatan kulit wajah. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis kulit cocok dengan penggunaan madu; oleh sebab itu lah sebaiknya kita perlu memastikan apakah kulit kita cocok dengan madu atau tidak terlebih dahulu.

Terdapat dua cara yang dapat kita lakukan untuk menggunakan madu sebagai cara mengatasi komedo, yaitu sebagai berikut:

  • Madu

Pada perawatan ini, kita hanya memerlukan satu sendok makan madu dan kemudian dapat mengoleskannya pada bagian yang terdapat komedo. Setelah madu mengering; yaitu kira-kira selama 10 menit, kita dapat membersihkannya dengan menyeka olesan madu ini dengan handuk hangat. Perawatan ini dianjurkan untuk dilakukan pada malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  • Madu dan Susu

Perpaduan antara madu dan susu memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah kita, yaitu madu yang berperan sebagai anti-bacterial dan susu yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap lembut. Dalam perawatannya, kita hanya perlu menyiapkan satu sendok makan madu dan satu sendok makan susu. Setelah kedua bahan ini tercampur dengan rata, kita dapat menggunakannya pada bagian yang terinfeksi komedo dan mendiamkannya selama kira-kira 20 menit hingga mengering. Setelah masker mengering, kita perlu membilasnya dengan air dingin dan dapat dilanjutkan dengan menggunakan pelembab agar hasil yang didapat lebih maksimal.

ads

7. Kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur lainnya yang memiliki manfaat untuk perawatan wajah kita. Kunyit berperan sebagai anti-oksidan yang akan mencegah kulit mengalami peradangan dan tentu saja mencegah timbulnya komedo. Terdapat dua cara yang dapat digunakan untuk perawatan wajah berbahan dasar kunyit, yaitu sebagai berikut:

  • Kunyit dan Olive Oil

Dalam penggunaannya, terlebih dahulu perlu menghaluskan kunyit. Setelah kunyit siap, kita perlu mencampurkannya dengan olive oil untuk membentuk masker yang akan digunakan pada bagian yang terserang komedo. Setelah didiamkan selama 10-15 menit, kita dapat membersihkannya menggunakan air hangat.

  • Kunyit dan Daun Mint

Perpaduan antara kedua bahan ini akan menambah manfaat lainnya dari hanya sekedar menggunakan kunyit, yaitu menghaluskan kulit yang didapatkan dari khasiat daun mint. Bahan yang perlu kita siapkan pada perawatan ini adalah satu sendok makan kunyit yang telah dihaluskan dan dua sendok makan daun mint yang telah dihaluskan pula. Setelah kedua bahan ini tercampur dengan rata, masker ini dapat digunakan pada bagian yang terinfeksi dan perlu didiamkan 10-15 menit hingga mengering dan dapat dibersihkan dengan membilas air hangat. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak satu kali dalam seminggu dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Pria.

8. Putih Telur

Putih telur adalah salah satu bahan yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit. Tingginya kandungan protein dan alburnin membantu wajah untuk menjaga warna kulit serta mencegah timbulnya keriput pada usia dini. Putih telur juga merupakan solusi yang tepat untuk kulit berminyak karena mampu untuk mengurangi bahkan mencegah timbulnya komedo pada wajah. Putih telur juga berfungsi untuk meminimalisir produktifitas sebum dan membersihkan kotoran yang terkandung pada pori-pori.

Perawatan menggunakan putih telur ini sedikit berbeda dengan perawatan lainnya karena kita akan membuat dua lapisan putih telur pada wajah. Setelah kita mengoleskan lapisan pertama secara merata pada wajah, kita perlu menumpuknya dengan tisu, dan mengoleskan putih telur kembali. Setelah masker ini mengering, kita hanya perlu mengangkat tisunya dan membilas wajah dengan air hangat agar wajah kembali bersih.

9. Gula

Yup, siapa sangka gula memiliki manfaat untuk perawatan wajah, khususnya sebagai cara yang tepat untuk mengatasi komedo. gula merupakan salah satu eksfolian terbaik pada wajah yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori agar wajah terhindar dari munculnya komedo.

Dalam penggunaannya, kita dapat memilih antara mau menggunakan gula putih atau gula merah; kedua gula ini memiliki manfaat yang sama untuk perawatan wajah. kita juga perlu menyiapkan jojoba oil (dapat juga menggunakan olive oil atau almond oil) sebagai perpaduan untuk gula dalam membuat masker. Setelah kedua bahan ini tercampur dengan rata, kita dapat menggunakannya pada seluruh bagian wajah dengan cara memijat-mijatnya agar kandungan gula dapat terserap dengan baik oleh wajah. Masker ini dapat digunakan sebanyak tiga kali dalam seminggu, dan apabila terlalu banyak pemakaiannya maka dapat menyebabkan iritasi kulit.

10. Cuka Apel

Kandungan anti-acid yang tinggi pada cuka apel berfungsi untuk menyeimbangkan pH pada kulit wajah yang akan meminimalisir timbulnya komedo serta permasalahan wajah lainnya. Kandungan pada cuka apel ini juga berfungsi untuk mengencangkan kulit dan meminimalisir terjadinya peradangan.

Cuka apel bisa Anda beli di toko obat atau swalayan dengan harga yang terjangkau. Cara penggunaannya dengan menumbuk bawang putih lalu tambahkan cuka apel, aduk secara merata. Aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas. Anda juga bisa mengkonsumsi cuka apel sebagai minuman dengan ditambahkan madu. Penggunaannya sebagai minuman hanya perlu beberapa tetes saja.

11. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya berguna untuk melembutkan kulit, membersihkan pori-pori, serta mengurangi kadar minyak pada wajah yang berguna untuk meminimalisir timbulnya komedo, jerawat, atau berbagai permasalahan kulit wajah lainnya. Untuk penggunaannya, terlebih dahulu kita perlu menyiapkan gel dari aloe vera secukupnya, dan kemudian dapat dioleskan pada bagian yang terdapat komedo. Gel ini perlu ditunggu hingga mengering selama kira-kira 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Perawatan ini dapat dilakukan tiap hari dan cocok untuk semua jenis kulit.

Gel aloe vera bisa Anda dapatkan dengan mudah di swalayan atau toko kosmetik. Bila Anda tidak ingin menggunakan gel, Anda juga bisa menggunakan tumbuhan lidah buayanya langsung untuk dijadikan masker wajah. Potong lidah buaya dan bersihkan terlebih dahulu dengan air bersih. Ambil daging buahnya, lalu oleskan pada wajah yang berkomedo. Sebelum mengoleskan, pastikan Anda mencuci bersih wajah Anda terlebih dahulu. Diamkan selama 30 menit atau hingga mengering, lalu cuci muka Anda.

12. Tomat

Tomat memiliki kandungan anti-bacterial yang berfungsi untuk mengeringkan komedo yang terdapat di wajah. Sedangkan kandungan lycopene yang tinggi membuat tomat berperan sebagai anti-oksidan yang akan meminimalisir terjadinya berbagai permasalahan wajah. Dalam perawatan ini, kita terlebih dahulu perlu menghaluskan tomat sampai berbentuk seperti puree yang kemudian dapat digunakan pada bagian yang terinfeksi komedo. Masker ini sebaiknya digunakan pada malam hari sebelum tidur agar hasil yang didapat lebih maksimal. Perawatan ini aman untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan setiap hari.

13. Stroberi

Kandungan alkalin pada stroberi berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Kandungan vitamin C yang tinggi pada stroberi juga berfungsi untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering. Pada perawatan ini, terlebih dahulu kita perlu menyiapkan tiga bahan, yaitu: satu stroberi, setengah sendok teh madu, dan setengah sendok teh jus lemon. Setelah ketiga bahan ini tercampur dengan rata, maka masker ini sudah dapat digunakan pada seluruh bagian wajah. Kita memerlukan waktu 15-20 menit untuk mengeringkan masker ini dan setelahnya dapat dibilas dengan air dingin. Perawatan ini dapat digunakan sekali dalam seminggu dan cocok untuk semua jenis kulit.

14. Aspirin

Aspirin merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk merawat wajah kita. Really? Yup, berbagai kandungan pada aspirin berfungsi untuk meredakan peradangan kulit yang terjadi serta mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada bagian wajah yang terserang komedo. Aspirin juga berguna untuk mengecilkan ukuran pori-pori yang berguna untuk meminimalisir datangnya komedo serta jerawat di kemudian hari.

Dalam perawatan ini, yang perlu kita lakukan adalah mencampur tinggal sampai empat aspirin dengan sedikit air untuk membuat masker. Masker yang telah siap dapat digunakan pada bagian wajah yang terinfeksi komedo, dan kita perlu menunggu 10-12 menit hingga mengering. Setelah perawatan ini selesai, kita tentu saja perlu membilas masker ini dengan air dingin untuk kembali mendapatkan wajah yang bersih serta untuk melembabkan kembali bagian tersebut. Perawatan ini disarankan untuk dilakukan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

15. Susu

Menggunakan susu pada bagian wajah akan membantu kulit untuk meminimalisir kemungkinan munculnya komedo. Kandungan latic acidnya yang tinggi membantu wajah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah. Penggunaan susu sebagai cara untuk mengatasi komedo dapat digunakan tiap hari dan cocok untuk semua jenis kulit. Yang perlu kita lakukan dalam penggunaannya adalah dengan meratakan susu pada bagian yang terinfeksi, kemudian memijat-mijatnya agar kulit dapat menyerap susu dengan maksimal. Setelah dirasa cukup, kita dapat membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.

16. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan dapur lainnya yang memiliki manfaat untuk perawatan wajah, khususnya untuk mengatasi komedo. Minyak kelapa berfungsi untuk melembutkan kulit serta menghilangkan sel-sel kulit mati yang akan mencegah timbulnya komedo pada wajah. Perawatan menggunakan minyak kelapa ini dapat dilakukan setiap malam dengan cara melumurkannya pada wajah kemudian memijat-mijatnya. Perawatan ini juga aman digunakan pada tipe kulit kering.

Sponsors Link

17. Jojoba Oil

Jojoba oil bukan saja hanya bermanfaat untuk melembutkan kulit, namun juga mengurangi produksi sebum pada wajah yang tentu saja meminimalisir timbulnya komedo di kemudian hari. Dalam penggunaannya, terlebih dahulu kita perlu membasahi wajah agar hasil yang didapat lebih maksimal kemudian jojoba oil bisa diratakan pada seluruh bagian wajah dengan memijat-mijatnya. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari dan cocok juga digunakan untuk kulit kering.

18. Air Garam

Air garam cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama dalam perawatan wajah, namun tentu saja kita akan puas dengan hasil yang didapat. Air garam berfungsi untuk mengurangi kadar minyak pada wajah serta berperan sebagai anti-bacterial. Penggunaan air garam dapat kita gunakan untuk mencuci wajah dalam beberapa kali sehari dan aman untuk digunakan pada tipe kulit berminyak. Apabila air garam ini akan digunakan pada tipe kulit yang kering, kita dapat menggunakan pelembab setelahnya untuk mencegah kulit mengalami dehidrasi.

19. Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki fungsi yang hampir sama dengan baking soda, yaitu mengurangi kadar minyak pada wajah yang tentunya akan meminimalisir datangnya komedo. Kandungan pyrophospaye dan silica pada pasta gigi berfungsi untuk menghambat proses timbulnya komedo. Cara yang perlu kita lakukan pada perawatan ini terbilang cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan sedikit pasta gigi pada bagian yang terinfeksi dan memijat-mijatnya selama dua hingga tiga menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari untuk menghilangkan komedo secara efektif dan cepat.

20. Apel

Merupakan salah satu buah dengan kandungan anti-oksidan yang tinggi membuat apel sebagai salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi komedo. Pada perawatan ini, kita perlu membuat jus apel dengan susu dan menggunakannya pada bagian yang terinfeksi komedo. Setelah dioleskan pada wajah, kita perlu mendiamkannya selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

21. Kulit Jeruk

Perawatan alami terakhir adalah menggunakan kulit jeruk, yang tentu saja tidak sulit untuk mengolahnya sebagai bahan yang memiliki sejuta manfaat untuk kulit kita. Kulit jeruk biasa diolah menjadi scrub untuk wajah dan merupakan eksfoliator yang bagus pula karena kayanya kandungan atric alcid, kalsium, serta vitamin C. Berbagai kandungan yang terdapat pada kulit jeruk ini berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah yang tentu saja meminimalisir timbulnya komedo di kemudian hari. Untuk perawatan wajah menggunakan kulit jeruk ini, kita juga perlu menyiapkan dua sendok teh olive oil sebagai campuran dalam membuat scrub. Setelah scrub siap, kita dapat mengoleskannya pada seluruh bagian wajah dengan cara memijat-mijatnya, dan mendiamkannya selama dua hingga tiga menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Mencegah Timbulnya Komedo

Nah, itu tadi adalah contoh beberapa bahan alami yang dapat kita gunakan untuk perawatan wajah sebagai cara yang tepat untuk mengatasi komedo. Lalu, adakah cara yang tepat pula untuk mencegah timbulnya komedo pada wajah kita? Tentu saja ada! Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah datangnya komedo:

  • Hindari penggunaan pembersih wajah atau kosmetik yang terlalu keras. Kedua hal ini dapat menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebih dan akan memicu timbulnya komedo
  • Gunakan pencuci wajah yang alami dan maksimal mencuci wajah dalam sehari adalah hanya sebanyak dua kali
  • Mengganti sarung bantal secara rutin. Menggunakan sarung bantal dalam jangka waku yang lama akan meningkatkan produksi sebum pada wajah yang mempercepat timbulnya komedo
  • Membersihkan makeup sebelum tidur, hal ini perlu dilakukan karena makeup dapat menyumbat pori-pori
  • Mengonsumsi makanan sehat, seperti mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A dan beta-carotene nya, memilih makanan yang rendah lemak dan gula, serta tercukupinya kebutuhan air dalam sehari.

Setelah berbagai penjelasan di atas, tentunya membuat kita semakin mengerti tentang apa komedo itu. Komedo bukan lah suatu permasalahan wajah yang menakutkan lagi untuk kita, karena kita sudah mengetahui perawatan natural apa yang dapat dilakukan; bahkan tips dan trik untuk mencegah datangnya komedo. Sekali lagi, perawatan menggunakan bahan alami jauh lebih aman dan sehat daripada kita harus membeli produk-produk kecantikan yang mengandung bahan kimia. So, are you ready to getting prettier?

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Cara