Sponsors Link

25 Cara Perawatan Kulit Anak Secara Alami dan Tepat

Sponsors Link

Anak-anak seringkali tidak memperhatikan kesehatan kulitnya ketika bermain bersama dengan teman-temannya. Paparan sinar matahari serta polusi adalah salah satu penyebab kulit anak menjadi tidak sehat; dan lebih parah lagi, menghitam. Gejala-gejala yang sering muncul saat kulit memasuki tahap tidak sehat adalah kulit yang mengering, merah, menghitam, munculnya ruam, atau muncul jerawat.

ads

Kulit anak 30% lebih sensitif dan lebih mudah untuk menyerap apa saja yang ada di kulit, dan hal ini dapat berdampak buruk untuk kesehatan kulit itu sendiri. Menurut EWG, sebanyak 77% dari 17000 produk yang ada, bahan-bahan yang terkandung pada produk tersebut tidak aman untuk kulit anak. Anak juga tidak bisa sembarangan dalam menggunakan produk kosmetik karena kandungan kimia yang cenderung terlalu kuat. Kulit anak yang lebih tebal dan sensitif ini akan rusak apabila terpapar kandungan kimia terus menerus. Lalu bagaimana cara perawatan kulit anak yang tepat dan tentu saja aman dari bahan-bahan kimia?

Perawatan untuk Memutihkan Wajah Anak

Ya, jawabannya tepat! Kita dapat memanfaatkan berbagai bahan alami yang dipercaya bisa digunakan untuk memutihkan wajah anak. Bahan-bahan tersebut juga tidak sulit untuk didapatkan, mulai dari pasar hingga supermarket dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Perawatan ini juga tidak susah untuk dilakukan karena kita hanya perlu menyisihkan waktu beberapa menit dari 24 jam yang kita miliki dalam sehari. Jadi, tentu saja tidak ada alasan lagi untuk malas-malasan dalam melakukan perawatan wajah yang simple, sehat, serta murah kan? Yuk kita intip bahan-bahan apa saja yang dapat digunakan.

  • Susu dan Kunyit

Khasiat antara susu dan kunyit ini tidak hanya kita dapatkan dari wajah saja, namun dari seluruh tubuh. Tubuh akan menjadi lebih cerah dari hari demi hari apabila kita rutin melulurkan campuran kedua bahan ini pada bagian tubuh yang menghitam atau pada bagian yang kita inginkan. Kita perlu mendiamkan bahan ini sampai kering sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

  • Didih, Tomat, dan Oatmeal

Campuran ketiga bahan ini dapat digunakan pada bagian tubuh yang menghitam atau bisa digunakan pada seluruh tubuh. Kandungan dari kombinasi ketiga bahan ini akan meminimalisir munculnya noda-noda pada wajah. Cara memutihkan wajah anak dengan kombinasi bahan ini cukup efektif dan patut untuk dicoba.

  • Daun Mint

Cara memutihkan wajah anak juga bisa dilakukan dengan menggunakan daun mint. Perawatan ini membutuhkan segenggam daun mint yang akan kita hancurkan hingga membentuk pasta. Dapat dilakukan secara rutin tiap hari dan wajah anak akan terlihat lebih cerah dari hari ke hari.

  • Didih dan Jeruk Kering

Campuran didih dan jeruk yang sudah mengering memiliki manfaat yang baik untuk kulit kita, khususnya kulit yang menghitam. Kombinasi kedua bahan ini cukup efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit anak tanpa menimbulkan efek tertentu.

Perawatan untuk Kulit Kering pada Anak

Perlu diingat juga jika kulit anak antara satu dengan lainnya berbeda, dan sebelum menggunakan perawatan tertentu sebaiknya dipastikan terlebih dahulu apakah mereka sensitif terhadap suatu bahan atau tidak. Kulit kering adalah salah satu permasalahan yang dihadapi anak dan apabila keadaan ini terjadi terus menerus maka jaringan kulit juga dapat menjadi rusak. Lalu, kira-kira apakah solusi yang tepat untuk menangani masalah kulit yang mengering ini? Bahan alami apa saja yang dapat kita gunakan untuk menangani masalah ini, atau sebagai bentuk pencegahan? Yap, berikut adalah beberapa bahan alami yang tentu saja mudah didapat untuk bahan perawatan kulit anak. Check it out!

  • Minyak Almond

Bahan ini dapat digunakan untuk massage dan digunakan ke seluruh badan. Kandungan vitamin E yang terdapat pada minyak almond berfungsi untuk melembabkan tubuh. Dalam penggunaannya, sebaiknya kita memilih minyak almond yang alami (tanpa pewangi) agar manfaat yang didapat lebih maksimal.

  • Alpukat

Kandungan alpukat memiliki manfaat yang sehat untuk kulit, terutama untuk masalah kulit kering yang sering dialami anak. Langkah yang perlu kita lakukan dalam perawatan ini adalah terlebih dahulu menghaluskan alpukat dan kemudian kita dapat mengoleskannya pada bagian kulit yang mengering. Kita perlu mendiamkan masker tersebut selama kira-kira 10 menit  dan kemudian kita dapat membilasnya dengan air bersih.

  • Aloe Vera

Kandungan anti-fungal dan anti-bacterial yang tinggi membuat aloe vera sebagai bahan yang baik untuk melembabkan kulit anak. Dalam perawatan ini, kita hanya perlu menyiapkan gel aloe vera secukupnya dan mengoleskannya pada bagian wajah yang mengering. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

Sponsors Link

  • Oatmeals

Oatmeals merupakan bahan alami yang dapat digunakan pada semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif. Oatmeals berfungsi untuk membuang sel kulit yang mati dan melakukan ekfoliasi pada kulit. Kita dapat menggunakan oatmeals saat berendam agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk seluruh tubuh. Bahan yang perlu kita siapkan adalah dua sendok oatmeals yang sudah dihaluskan seperti tepung, dan menuangkannya ke dalam bak mandi (dapat dicampurkan dengan virgin oil). Kita hanya perlu meluangkan waktu 15-20 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari oatmeals untuk kesehatan kulit.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah PriaCara Menghilangkan Flek Hitam.

Perawatan Wajah Berjerawat pada Anak

Permasalahan kulit lainnya yang sering dialami anak adalah timbulnya jerawat pada tubuh mereka. Jerawat dan berbagai permasalahan kulit wajah biasanya muncul saat anak memasuki masa pubertas, yaitu sekitar 10-13 tahun; bahkan ada beberapa anak yang jerawatnya sudah mulai muncul semenjak usia delapan tahun. Jerawat bisa bermunculan di banyak tempat, antara lain di sekitar pipi, dagu, dan dahi.

Jerawat juga diketahui dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang, dan timbulnya jerawat pada wajah sering kali membuat anak geram untuk memegang atau memencetnya. Memencet jerawat bukanlah solusi yang tepat untuk permasalahan ini, justru akan memperburuk keadaan kulit anak dengan timbul permasalahan lainnya, yaitu seperti timbulnya bintik hitam, bopeng, atau bekas luka seperti lubang. Penyebab jerawat pada anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan produk rambut dan kulit yang bahan kimianya terlalu kuat
  • Mencuci wajah terlalu sering; mencuci wajah tidak disarankan untuk terlalu sering karena justru dapat membuat kulit kering. Penggunaan sabun wajah yang tidak cocok dan menggunakan air panas saat mencuci wajah juga akan memicu timbulnya jerawat
  • Memegang dan memencet jerawat yang akan menyebabkan infeksinya menyebar dan justru membuat jumlah jerawat bertambah banyak dan parah
  • Stres yang disebabkan oleh tugas sekolah atau hal-hal lainnya
  • Ketombe dan keringat yang berlebih pada wajah

Kita dapat mengajarkan beberapa hal pada anak untuk mencegah timbul banyak jerawat pada wajah mereka, antara lain adalah dengan mengajarkan anak untuk menggunakan pembersih wajah. Anak mulai dapat mengaplikasikan pembersih wajah semenjak usia sembilan tahun, yang tentu saja dengan kandungan kimia yang tidak terlalu kuat karena kulit anak terbilang masih sensitif. Anak juga sebaiknya diajarkan untuk tidak memegang atau memencet jerawat yang timbul karena hal ini justru menyebabkan infeksinya menyebar dan dapat meninggalkan bekas luka.

Tentu saja kita tidak mau jerawat menjadi permasalahan yang besar untuk anak. Untungnya, berbagai bahan di sekitar kita dapat menjadi solusi untuk permasalahan ini, bahkan dapat digunakan sebagai pencegah timbulnya jerawat. Bahan-bahan ini tentu saja lebih aman daripada kandungan bahan-bahan kimia yang biasanya terdapat pada produk-produk kecantikan di luar sana. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang menyerang:

1. Cuka Apel

Cuka apel memiliki berbagai fungsi untuk kulit, antara lain adalah untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, sebagai akolin untuk menyeimbangkan pH pada kulit, serta meminimalkan kandungan minyak pada wajah. Dalam perawatan ini, yang kita butuhkan adalah satu sendok teh cuka apel dan tiga gelas air. Campuran ini hanya perlu dioleskan pada bagian yang terinfeksi dan didiamkan selama 30 menit atau bisa juga sepanjang malam. Perawatan ini dapat diaplikasian beberapa kali dalam sehari, dan dianjurkan untuk menggunakan pelembab setelahnya apabila dirasa kulit mengering.

2. Putih Telur

Kandungan protein dan vitamin yang tinggi merupakan salah satu keunggulan pada putih telur. Putih telur merupakan solusi yang tepat untuk mengurangi jerawat, regenerasi sel kulit, serta mengurangi minyak berlebih pada wajah. Perawatan ini dapat dilakukan dengan menyiapkan dua sampai tiga putih telur, dan perlu dikocok sebelum digunakan pada wajah. Setelah masker siap, maka masker dapat digunakan pada seluruh wajah dan perlu ditunggu selama sekitar 20 menit hingga mengering. Setelah masker mengering, kita hanya perlu membilasnya dengan air hangat sehingga wajah kembali bersih.

Sponsors Link

3. Tea Tree Oil

Bahan alami yang satu ini berfungsi untuk membersihkan pori-pori sehingga terbebas dari kotoran serta membunuh bakteri-bakteri yang ada di wajah. Dalam melakukan perawatan ini, kita hanya memerlukan segelas air sebagai campuran tea tree oil. Setelah bahan siap, kita cukup menggunakannya dengan cotton bud pada bagian yang terinfeksi dan perawatan ini dapat diaplikasikan sebanyak dua kali dalam sehari.

4. Madu dan Stroberi

Kandungan salicyl acid yang tinggi pada stroberi membuatnya memiliki beberapa manfaat untuk wajah, antara lain adalah untuk meminimalkan jumlah bakteri, menghilangkan kotoran pada pori-pori, dan memicu regenerasi kulit. Kandungan madu di sini memaksimalkan perawatan yang digunakan pada kulit kita, yaitu untuk membunuh bakteri serta sebagai pencegah peradangan kulit.

Bahan yang perlu kita siapkan dalam perawatan ini adalah tiga buah stroberi dan dua sendok makan madu. Setelah kedua bahan ini telah tercampur rata, kita dapat menggunakannya pada seluruh wajah dan perlu didiamkan selama 20 menit hingga masker mengering. Penggunaan masker ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu dan setidaknya kita perlu melakukan ini selama satu bulan sehingga kita mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Chamomile

Penggunaan chamomile pada wajah kita akan meminimalkan terjadinya peradangan jerawat. Beberapa langkah yang perlu kita lakukan adalah mencampurkan chamomile dengan air hingga membentuk pasta. Sebelum digunakan pada wajah, kita perlu mendiamkan pasta ini selama kurang lebih 15 menit agar kita mendapatkan ekstrak dari chamomile secara maksimal. Setelah kita menggunakan pasta ini pada wajah, tentu saja kita perlu membilasnya dengan air sehingga wajah menjadi bersih kembali.

6. Aspirin

Aspirin? Yup, siapa sangka obat ini memiliki manfaat untuk perawatan wajah kita! Salicyl acid yang terkandung dalam aspirin ini berfungsi untuk mengeringkan jerawat dan meminimalkan terjadinya peradangan jerawat. Dalam penggunaannya, kita hanya perlu mencampurkan aspirin dengan dua sendok makan air dan setelah tercampur kita dapat mengoleskannya pada bagian yang terinfeksi.

7. Pasta gigi

Bahan lainnya yang pasti kita tidak duga yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk perawatan wajah kita adala pasta gigi. Kandungan dalam pasta gigi dapat membantu kita untuk mengeringkan wajah secara alami. Untuk mendapatkan manfaat dari perawatan ini, kita hanya perlu mengoleskan sedikit pasta gigi pada bagian yang terinfeksi dan hasilnya akan terlihat setelah satu hingga dua hari kemudian.

Cara Mengatasi Bekas Luka pada Anak

Permalalahan wajah lainnya yang sering dihadapi anak adalah adanya bekas luka. Bekas luka di wajah dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti bekas luka karena kecelakaan, gigitan serangga, jerawat, kulit yang terbakar, atau bekas operasi. Setelah luka sembuh, kulit mampu untuk meregenerasi kulitn sehingga warna kulit seperti sedia kala; atau bisa dibilang  bekas luka ini akan menjadi samar.

Regenerasi sel kulit ini membutuhkan waktu yang cukup lama, dan lama tidaknya regenerasi ini tergantung pada tingkat keparahan luka tersebut. Bekas luka ini dapat menimbulkan perubahan warna pada wajah karena kadar melanin yang diproduksi lebih banyak daripada biasanya. Yup, permasalahan kulit ada saja jenisnya dan cukup menurunkan rasa percaya diri kita dan tentu saja kita tidak mau yang satu ini terjadi pada kita, khususnya pada anak.

Tahukah Anda jika bahan alami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan ini? Yap, kandungan alami yang tinggi pada bahan-bahan tersebut akan mempercepat waktu pemulihan untuk kulit anak. Kita juga tidak perlu khawatir pada efek samping yang akan ditimbulkan karena kandungannya yang aman, dan tentu saja meningkatkan kesehatan kulit anak. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan:

1. Olive oil

Kandungan vitamin E nya yang tinggi membantu kulit untuk menghilangkan bekas luka, serta dapat membantu kulit untuk tetap lembab dan halus. Dalam menggunakan bahan ini, yang perlu kita lakukan adalah mengoleskan olive oil pada bagian luka dan memijat-mijatnya sebentar. Setelah selesai memijat, kita perlu mendiamkannya selama 30 menit untuk hasil yang maksimal dan kita dapat membersihkannya dengan handuk bersih.

2. Lemon

Kandungan alpha hydroxy acid yang tinggi pada lemon membantu kulit untuk menghilangkan bekas luka pada wajah. Lemon juga memiliki manfaat lainnya untuk wajah, yaitu untuk menghilangkan sel kulit mati, meregenerasi kulit, serta meningkatkan elastisitas wajah. Selain itu, banyaknya kandungan vitamin C pada lemon akan memicu produksi kolagen yang berfungsi untuk memutihkan kulit dari hari ke hari. Lemon juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada kulit wajah.

Perawatan menggunakan lemon dapat kita lakukan dengan mengoleskan air lemon pada bekas luka dan kemudian membilasnya dengan air hingga bersih. Kita perlu melakukan perawatan ini secara rutin, yaitu setiap hari selama dua hingga tiga bulan sehingga kita mendapatkan hasil yang kita harapkan.

3. Cocoa butter

ads
Merupakan salah satu bahan alami yang berguna untuk pelembab terbaik yang dapat menjadi solusi untuk menghilangkan bekas luka pada wajah untuk semua jenis kulit. Hal yang perlu kita lakukan dalam perawatan ini adalah mengoleskan satu sendok makan cocoa butter pada luka dan memijat-mijatnya dengan gerakan melingkar. Setelah selesai memijat, kita bisa mendiamkannya semalaman agar hasil yang didapat lebih maksimal dan membilasnya dengan air hangat agar wajah kembali bersih.

4. Sandal wood

Sandal wood memiliki fungsi untuk regenerasi serta melembutkan kulit, dan terlebih lagi untuk menghilangkan bekas luka pada wajah. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan bubuk sandal wood ke bagian yang luka, didiamkan selama 30 menit kemudian dibilas dengan air hangat (dapat dilakukan dua kali dalam sehari). Terdapat cara lainnya yang dapat dilakukan untuk perawatan wajah menggunakan sandal wood yaitu mencampurkannya dengan air bunga mawar. Setelah kedua bahan ini tercampur dengan rata, maka kita dapat menggunakannya pada wajah dan perlu mendiamkannya selama satu jam sebelum membilasnya dengan air dingin. Cara yang kedua ini hanya dapat dilakukan satu kali dalam sehari.

5. Es batu

Es batu diketahui merupakan bahan yang ampuh juga untuk menghilangkan bekas luka pada wajah dengan cara menempelkan es batu pada bekas luka tersebut. Namun pastikan es batu yang digunakan tidak dalam jumlah besar, karena kadang anak tidak tahan dengan rasa dinginnya.

6. Baking soda

Salah satu bahan terbaik untuk menghilangkan bekas luka yang juga berfungsi untuk melakukan ekfoliasi pada kulit adalah dengan menggunakan baking soda. Kita tidak perlu mencemaskan efek menggunakan baking soda pada wajah karena bahan ini akan menghindarkan kita dari terjadinya peradangan kulit. Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam perawatan ini adalah dengan membuat pasta terlebih dahulu, yaitu mencampurkan beberapa sendok makan baking soda dengan air. Setelah pasta jadi, kita dapat memijat wajah selama satu hingga dua menit agar  baking soda terserap dengan baik oleh wajah dan mendiamkannya sebentar sebelum dibilas dengan air hangat. Setelah langkah ini selesai, kita dapat menambahkannya dengan pelembab (dapat berupa olive oil) untuk hasil yang lebih maksimal. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Tips Merawat Kulit Anak

Nah itu tadi adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara memutihkan wajah anak dan mengatasi beberapa permasalahan pada wajah maupun kulit anak. Ada juga beberapa tips yang dapat kita lakukan sehari-hari dan setiap waktu. Check this out!

  • Membiasakan Anak Mengonsumsi Buah dan Sereal

Campuran buah pada sereal akan meningkatkan kesehatan kulit pada anak dan tentu saja meminimalisir rusaknya jaringan kulit sejak dini. Berbagai vitamin yang terkandung pada buah berfungsi sebagai anti-oksidan. Buah yang dicampurkan dengan sereal bisa hanya dipotong-potong saja atau mau dibuat jus. Tergantung selera kalian!

  • Minum Secukupnya

Memenuhi kebutuhan air dalam sehari akan membantu kita, khususnya anak untuk menutrisi tubuh. Kebutuhan air yang tercukupi akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dan akan membuat kulit terlihat lebih cerah. Dalam satu hari, setidaknya kita membutuhkan delapan gelas air putih.

  • Menjaga Kebersihan Tubuh

Hal paling dasar untuk menghindarkan tubuh kita dari terserangnya penyakit adalah dengan menjaga kesehatan dan tubuh kita. Tangan adalah bagian tubuh yang vital dan kita perlu menjaga kebersihannya, karena segala aktivitas yang kita lakukan hampir selalu membutuhkan tangan. Jika tangan kita kotor, virus dan bakteri yang ada di tangan pun akan cepat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Saat mencuci tangan, sebaiknya gunakan air yang cukup hangat dan usapkan sabun secara merata pada seluruh bagian tangan, yang meliputi jari-jari, ruas tangan, serta bagian bawah kuku.

  • Memakai Tabir Surya

Penggunaan tabir surya pada sehari-hari bukan hanya melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari, namun juga akan meminimalkan timbulnya masalah kulit lainnya. Kandungan tabir surya yang baik dan aman untuk digunakan anak adalah SPF 30 atau SPF 45. Cara penggunaannya adalah dengan meratakan tabir surya pada bagian tubuh yang biasanya terkena paparan sinar matahari, dan jangan lupa juga untuk bagian yang cenderung tertutupi bagian tubuh lainnya, yaitu leher dan punggung. Tabir surya dapat digunakan setiap dua jam sekali dalam satu hari agar perlindungan yang kita mendapatkan perlindungan secara maksimal. Untuk bagian bibir, kita dapat menggunakan lip balm sebagai pelindung serta pelembab.

Itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai cara perawatan kulit anak, khususnya untuk menjaga kulit tetap sehat dan putih. Tidak perlu menggunakan produk-produk kecantikan yang mahal dan mengandung bahan kimia, karena dengan bahan-bahan yang alami dan sehat pun kita dapat memiliki wajah yang sehat pula yang tentu saja meningkatkan penampilan. So, are you ready to make a change? Better late than never 🙂 start good things from yourself!

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips Cara