Sponsors Link

8 Ciri-Ciri Kosmetik Aman Digunakan Tanpa Efek Samping

Sponsors Link

Saat ini banyak sekali jenis-jenis kosmetik yang beredar di pasaran, mulai dari yang fungsinya memutihkan, mencerahkan, menghilangkan jerawat, dan masih banyak lainnya. Namun sayangnya tidak semua kosmetik dapat aman digunakan pada wajah anda. Beberapa kosmetik terkadang memiliki kandungan-kandungan yang berbahaya yang dapat merusak stuktur kulit wajah anda. Sehingga tidak membuat anda cantik malah membuat beragam masalah kulit muncul. Misalnya saja mengandung merkuri, bahaya merkuri sendiri sudah banyak diketahu bahkan menjadi pemicu kanker. Lalu bagaimana tips memilih cream pemutih wajah yang aman? Beirkut ini beberapa ciri-ciri yang penting dan perlu anda perhatikan.

ads

1. Kosmetik Yang Aman Pasti Terdaftar Di BPOM

Salah satu ciri-ciri kosmetik yang aman adalah sudah terdaftar di lembaga resmi yang memang bertanggung jawab pada peredaran kosmetik di sebuah Negara. Untuk di Indonesia sendiri terdapat BPOM yang menaungi peredaran kosmetik-komsetik ini. Saat terdapat kosmetik yang beredar di pasaran, maka BPOM akan menelitinya dan tentu saja penelitian tersebut sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Penelitian tersbeut ditujukan untuk melihat apakah terdapat kandungan yang berbahay atau tidak di dalam kosmetik tersebut. Jika BPOM  menemukan kandungan yang berbahaya, maka tugas BPOM selanjutnya adalah menarik peredaran kosmetik tersebut di pasaran. Sehingga jika anda mencari kosmetik yang aman digunakan. maka pastikan jika terdapat izin dan terdaftar di dalam daftar kosmetik aman oleh BPOM.

2. Halal

Di dalam agama Islam, tentu saja halal menjadi sebuah keharusan dan memang berkaitan dengan prinsip agama Islam. Yang paling penting adalah bahan-bahan yang digunakan di dalam kosmetik harus halal digunakan. Tidak mengandung bahan-bahan dari bagian tubuh anjing, babi, atau hewan lain yang diharamkan, termasuk hewan-hewsan yang disembelih dengan tidak atas nama Allah. Untuk itu saat mencari kosmetik perhatikan apakah terdapat label halal atau tidak. Setiap negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam memiliki badan resmi yang bertugas untuk memberikan label tersebut. Di Indonesia sendiri terdapat MUI.

3. Warnanya Tidak Mencolok

Pastikan untuk tidak memiliki kosmetik yang memiliki warna mencolok bahkan hingga mengkilap. Warna yang mencolok menandakan jika bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam kosmetik adalah bahan kimia yang berbahaya. Tidak hanya itu saja, pastikan untuk melihat wujud krim dan cek apakah terdapat bau yang menyengat atau tidak.

4. Tidak Mengandung Zat Berbahaya dalam Komposisi Bahannya

Ciri-ciri kosmetik yang aman adalah yang tidak mengandung zat-zat berbahaya di dalamnya. Zat-zat berbahaya tersebut tentunya tidak hanya dapat mengancam kerusakan kulit namun juga membahayakn keselamatan manusia, apalagi jika sampia melewati batas aman yang sudah ditentukan. Bahan-bahan kimia tersebut seperti  merkuri, hidroxinon, pewarna tekstil, dan masih banyak lainnya. Meskipun bahan kimia tersebut dapat menjadi cara instan memutihkan kulit, namun memiliki efek yang berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang.

5. Tidak Menggunakan Hewan Di Dalam Percobaan Ataupun Bahan yang Dipergunakan

Hal ini berhubungan dengan usaha untuk melindungi hewan-hewan yang ada di dunia, terutama hewan-hewan langka serta melindungi hewan-hewan dari bentuk penyiksaan terhadap hewan. Tindakan-tindakan ini tidak hanya ditentang WWF namun juga masyarakat-masyarakatyang peduli dan mencintai hewan-hewan tersebut. Sehingga akan lebih baik memilih kosmetik yang bebas dari kandungan-kandungan hewan maupun menggunakan hewan sebagai percobaan.

6. Tidak Terasa Lengket

Kosmetik yang aman tidak akan terasa lengket dan dapat tercampur merata pada kulit wajah anda. Jika anda menemukan kosmetik maupun krim perawatan anda terasa lengket saat akan digunakan. Maka pastikan untuk segera menghentikan pemakaian untuk menghindari resiko-resiko kerusakan yang mungkin dapat terjadi.

7. Terbuat dari Bahan Herbal

Bahan-bahan herbal merupakan bahan-bahan alami dengan khasiat tertentu yang aman digunakan untuk perawatan wajah anda. Sehingga akan lebih baik memilih kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan herbal karena dapat bekerja tanpa adanya efek samping. Sehingga akan lebih baik untuk memilih kosmetik dengan kandungan bahan-bahan herbal di dalamnya, seperti pemutih wajah herbalvitamin pemutih kulit alami, dan maish banyak lainnya. Meskipun kerjanya tidak instan, namun hasilnya akan bertahan lebih lama sekaligus memelihara kencantikan dan kesehatan kulit.

8. Tidak Memberikan Efek Negatif Ketika Digunakan

Ketika memilih kosmetik yang aman tentu saja harus cocok untuk jenis kulit wajah anda. Jika anda merasakan adanya efek negatif setelah menggunakan kosmetik tersebut, seperti panas, perih hingga memerah saat terkena paparan sinar matahari bisa saja menunjukkan jika kosmetik tersebut aman digunakan.

Cara  yang paling tepat untuk memilih kosmetik yang aman adalah pastikan untuk mengecek bagaimana kondisi kulit wajah anda, apakah berminya, cenderung kering, dan lainnya. Pastikan untuk memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda. Anda b isa melakukan pengecekan pada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat. Nah itu tadi beberapa ciri-ciri kosmetik yang aman digunakan yang patut untuk anda ketahui. Jangan memilih kosmetik abal-abal yang dapat merusak kulit wajah anda nantinya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Cara