Sponsors Link

Kulit Wajah Menghitam, Tanda Penyakit Apa? Ini Jawabannya

Sponsors Link

Perubahan yang terjadi pada warna kulit wajah Anda dapat terjadi dengan tiba-tiba. Warna kulit wajah Anda dapat berubah menjadi putih atau hitam. Perubahan warna kulit wajah yang sering terjadi adalah kulit wajah yang menjadi hitam. Perubahan warna kulit wajah menjadi hitam tidak seperti penyakit vitiligo atau panu yang akan memunculkan bercak putih pada wajah Anda.

ads

Penyebab wajah hitam dan berminyak dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena adanya penyakit atau kelainan yang Anda derita. Namun Anda tidak boleh mendiagnosa penyakit atau kelainan tersebut sendiri. Perlu dokter profesional untuk memastikan jenis penyakit atau kelainan yang Anda derita. Kulit wajah yang menghitam terbagi menjadi banyak bentuk di antaranya adalah:

  • Centrofacial pattern
  • Malar pattern
  • Lateral pattern
  • Mandibular pattern
  • Inflamed form
  • Brachial type
  • dan sebagainya.

Walaupun harus diperiksa oleh dokter profesional, namun pengetahuan mengenai penyakit yang membuat kulit wajah menghitam sangat  penting Anda miliki. Beberapa jenis penyakit yang menjadi penyebab wajah hitam dan berminyak:

1. Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Apabila kulit wajah Anda menjadi lebih hitam karena sinar matahari yang berlebihan, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini biasa terjadi kepada orang-orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, terutama siang hari ketika matahari sedang menyengatnya.

Untuk mencegah kulit wajah Anda menghitam karena paparan sinar matahari yang berlebihan, terdapat beberapa cara agar wajah tidak hitam saat-terkena matahari yaitu menggunakan topi, masker, kacamata hitam, baju dengan lengan panjang, atau peralatan lainnya yang dapat menutupi wajah Anda dari sinar matahari. Selain itu, sebisa mungkin hindari melakukan aktivitas di luar ruangan saat siang hari.

2. Penyakit Ginjal

Penyakit pertama yang dapat membuat kulit wajah menghitam adalah penyakit ginjal. Selain kulit wajah yang akan menghitam, tanda lainnya dari penyakit ginjal adalah frekuensi buang air kecil yang tinggi, busa yang keluar bersamaan dengan urin, perut terasa mual hingga muntah, hillangnya selera makan, otot yang terasa kram, insomnia, mengalami pembengkakan pada area mata dan pergelangan kaki, sesak nafas, dan punggung yang terasa sakit.

Penyakit ginjal sangat berpengaruh pada perubahan kulit wajah Anda. Selain menghitam, penyakit ginjal mampu membuat kulit wajah Anda menjadi kering dan terasa kering. Untuk perubahan warna kulit wajah yang menghitam, biasa terjadi pada seseorang yang memiliki penyakit gagal ginjal. Hal ini disebabkan oleh berbagai zat yang tidak dapat disaring oleh ginjal karena fungsi ginjal sudah hilang. Ketika ginjal tidak lagi bisa menyaring zat-zat di dalam tubuh kemudian tercampur dengan darah, maka hal itu berpengaruh pada warna kulit wajah.

3. Thalasemia

Penyakit Thalasemia merupakan salah satu jenis kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetika. Penyakit Thalasemia merupakan salah satu kondisi di mana protein yang terdapat dalam Hb (hemoglobin atau sel darah merah) Anda tidak dapat memaksimalkan fungsinya.

Gejala yang dirasakan oleh orang pengidap Thalasemia akan berbeda-beda. Namun salah satu gejala yang akan terlihat karena terjadi pada kulit adalah warna kulit yang berubah menjadi kekuningan. Sakit kuning merupakan gejala utama dari penyakit Thalasemia ini. Pada tingkat akut, pengidap Thalasemia harus rutin melakukan transfuse darah. Selain gejala tersebut, penyakit Thalasemia juga memiliki gejala lain seperti tubuh yang cepat terasa lelah, nafas yang terasa pendek, dan penurunan berat badan yang cukup drastis.

Perubahan warna kulit menjadi lebih hitam pada penderita Thalasemia disebabkan karena adanya zat besi yang pecah dan tertimbun di berbagai organ tubuh Anda. Hal lain yang bisa terjadi adalah perubahan bentuk wajah, adanya gangguan seksual, timbulnya penyakit osteoporosis, serta perut yang dapat membesar.

4. Diabetes

Perubahan warna kulit menjadi lebih hitam, khususnya di belakang leher disebabkan oleh tingginya glukosa yang berada di dalam darah Anda. Apabila tingkat glukosa tinggi, itu menandakan bahwa Anda terkena penyakit diabetes. Beberapa perubahan lain yang terjadi karena penyakit diabetes adalah infeksi pada tangan dan kaki Anda. Jika berada pada tingkat yang parah, infeksi dapat menyebabkan kebusukan karena sulit disembuhkan hingga akhirnya tangan dan kaki Anda harus diamputasi. Kompilasi penyakit lain juga dapat terjadi bagi Anda penderita diabetes seperti acanthosis nigricans dan peradangan gusi. Saat seseorang terkena penyakit diabetes, sistem imun akan menurun, sehingga lebih rentan terhadap infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Selain kulit wajah yang lebih hitam, kulit Anda dapat berubah menjadi kasar.

Sponsors Link

5. Anemia Pernisiosa

Penyakit anemia pernisiosa timbul karena adanya gangguan autoimun yaitu sistem imun yang dapat menyerang sel-sel yang ada di dalam perut. Gangguan autoimun tersebut membuat usus Anda tidak dapat menyerap vitamin B12, sehingga sel darah merah tidak bisa diproduksi. Nama “Pernisiosa” memiliki arti “mematikan” karena pada zaman dahulu, sebelumnya adanya vitamin B12, penyakit ini bersifat fatal. Namun saat ini penyakit Anemia Pernisiosa dpat disembuhkan dengan penyuntikkan vitamin B12 ke tubuh Anda.

Gejala-gejala yang bisa dialami oleh penderita Anemia Pernisiosa salah satunya adalah kulit wajah yang menghitam. Selain itu, lidah akan menjadi bengkak dan terjadi pendaraha gusi. Rasa lelah dan hilangnya nafsu makan juga akan dialami oleh penderita Anemia Pernisiosa. Pada tingkat yang parah, Anemia Pernisiosa dapat melebar ke seluruh tubuh.

6. Bell’s Palsy

Penyakit Bell’s Palsy mungkin pernah Anda dengar. Penyakit ini dapat timbul sebagai kedutan ringan semata. Namun pada tingkat yang lebih parah, penyakita Bell’s Palsy dapat membuat tubuh Anda lemah bahkan menyebabkan kelumpuhan. Umumnya penyakit Bell’s Palsy biasa terjadi pada salah satu sisi di wajah Anda saja. Penyakit ini juga dapat mempengaruhi fungsi saraf pada wajah Anda, yang merembet ke fungsi kelenjar air mata dan air liur, telinga, serta lidah.

Berikut tadi informasi mengenai 6 penyakit yang menjadi penyebab wajah kusam dan kering. Apabila Anda menemukan tanda-tanda dari semua penyakit tersebut pada diri Anda, sebaiknya Anda segera mengkonsultasikannya ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut dan menemukan cara memutihkan wajah hitam.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan