Sponsors Link

24 Masker Pemutih Wajah Alami Buatan Sendiri Paling Ampuh

Sponsors Link

Masker adalah salah satu perawatan wajah yang sudah  cukup sering dan terkenal penggunaannya khususnya dikalangan wanita. Penggunaan masker sendiri sudah dipercaya sejak dahulu untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, termasuk sebagai solusi untuk memutihkan kulit  wajah. Penggunaan masker sebagai alternatif perawatan wajah umumnya  tidak memerlukan banyak biaya sehingga memberikan kepuasan tersendiri bagi para penggunanya.

Berikut ini akan dipaparkan beberapa bahan dan cara pembuatan masker pemutih wajah secara alami, yang sudah teruji dan dijamin dapat membantu memutihkan  kulit wajah. Untuk masalah efek samping? Tidak perlu khawatir, karena bahan-bahan yang di gunakan di bawah ini berasal dari tanaman yang selain mudah didapat, secara medis juga sudah diakui menyehatkan. Penasaran apa saja? Yuk mulai kita intip penjelasannya dibawah ini:

Baca juga : Cara Memutihkan Wajah Setelah Berenang

1. Tomat

Siapa yang tidak kenal dengan buah tomat? Bagi kita masyarakat Indonesia tomat bukan barang asing lagi tentunya. Tomat yang warnanya merah dan memikat sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sambal, dan siapa sangka tomat juga dapat membantu memutihkan kembali wajah bahkan yang kusam sekalipun. Ya! Tomat adalah salah satu jenis tanaman yang kaya akan sumber vitamin E. Dan vitamin E itu sendiri adalah vitamin yang dapat mengangkat sel kulit mati penyebab flek hitam pada wajah.

Cara penggunaan: Pilih satu buah tomat yang besar juga masih dalam kondisi segar,cuci dengan menggunakan air bersih dan belah menjadi beberapa bagian, lalu usap atau gosok pada seluruh area wajah. Tunggu hingga kurang lebih 45 menit hingga meresap pada kulit wajah. Perlu diketahui dalam proses penggunaan masker ini, mungkin kulit wajah akan sedikit terasa gatal atau bahkan perih, tak perlu khawatir itu bukan bagian dari efek samping yang membahayakan melainkan reaksi dari penggunaan masker tomat sendiri yang sedang bekerja.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Tomat

2. Bengkoang

Sering menemukan  produk pemutih kulit wajah di pasaran dengan berbahan dasar bengkoang? Itu karena selain buah ini memiliki warna yang putih ia juga mengandung vitamin C dan B1 yang sudah teruji dapat membantu juga mencerahkan kulit pada wajah. Dari pada membeli produk bahan kemasan yang belum tentu seratus persen aman, mengapa tidak mencobanya sendiri ?

Cara penggunaan: Kupas satu buah bengkoang berukuran sedang, cuci bersih. Kemudian haluskan dapat digunakan dengan parutan ataupun blender. Jika sudah selesai segera disaring, agar di peroleh sarinya. Sarinya ini kemudian didiamkan selama 1-2 jam hingga kemudian terbentuk endapan. Endapan inilah yang nantinya dijadikan masker pada wajah dengan cara mengoleskannya langsung pada wajah dan mendiamkan hanya selama 20 menit.

Selama menggunakan masker bengkoang ini disarankan untuk tidak melakukan banyak aktivitas yang menimbulkan banyak pergerakan pada wajah, hal ini bertujuan agar masker dapat terserap dengan baik dan maksimal kedalam kulit wajah. Setelah masker mengering 20 menit di kulit wajah bilas dengan menggunakan air hangat sembari lakukan pijatan-pijatan kecil disekitar wajah. Lakukan ritual masker ini 2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang

3. Beras

Beras merupakan salah satu kebutuhan pokok terbesar dalam kehidupan sehari-hari kita. Jadi tentunya untuk mendapatkan beras juga bukanlah perkara yang cukup sulit. Beras mengandung Asam Ferulic dan Allantoin yang tidak hanya mampu melindungi kulit wajah melainkan juga mampu mencerahkan kulit wajah yang mulai tampak gelap. Tapi tenang saja, dalam penggunaan beras sebagai masker, yang kita perlukan hanyalah air rendamannya saja, sementara berasnya tetap dapat digunakan atau dikonsumsi. Jadi tentu tidak menyulitkan bukan ?

Cara penggunaan: Gunakan air rendaman atau pencucian beras yang sudah berwarna putih atau sudah diendapkan terlebih dahulu, diusapkan pada wajah dengan  menggunakan kapas. Diamkan selama 20-30 menit. Kemudian basuh dengan air dingin dan keringkan dengan menggunakan kain atau handuk bersih. Gunakan cara ini setiap pagi hari disaat bangun tidur untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Beras

4. Kentang

Kentang termasuk golongan tanaman umbi-umbian, yang ternyata tidak hanya dapat diolah menjadi sayuran atau cemilan tapi juga memutihkan wajah. Ini dikarenakan kentang mengandung antioksidan yang sudah teruji mampu menghilangkan flek hitam penyebab kulit wajah kusam. Yuk segera praktekkan cara penggunaannya dibawah ini

Cara penggunaan: Kentang yang sudah dikupas dan dicuci bersih sebanyak 2 buah direbus hingga matang. Kemudian dihaluskan hingga berbentuk meyerupai pasta. Jika sudah dapat ditambahkan minyak zaitun (optional), dan aduk hingga bercampur rata. Lalu oleskan pada wajah biarkan hingga 1,5 jam  dan basuh dengan menggunakan air hangat. Sebaiknya masker ini dilakukan pada malam hari.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Kentang

[AdSense-B]

5. Scrub Kopi dan Gula

Kopi mengandung sumber kafein yang cukup tinggi. Kandungan kafein dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam. Dalam penggunaan masker kopi penambahan gula adalah salah satu hal yang wajib, bukan untuk diminum ya, tapi agar kopi bisa maksimal menjadi scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati terkhusus bagi wajah yang sering terkena paparan sinar matahari.

Cara pengunaan: Campurkan 2 sendok teh gula dengan 1 sendok makan kopi dan tambahkan air hangat secukupnya, setelah diaduk gosokkan pada seluruh area wajah diamkan hingga 1 menit. Lalu bilas dengan air hangat, dalam penggunaan masker ini tak perlu lama cukup 1–2 menit, lakukan pada pagi dan malam hari untuk mencegah munculnya flek hitam kembali lagi pada wajah.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Ampas Kopi

6. Kunyit

Kunyit selain dipercaya sebagai rempah masak yang menyehatkan juga diakui mampu memutihkan kulit wajah secara efektif, sama seperti bengkoang kunyit juga mengandung Vitamin C dan B1 yang baik untuk kulit. Kunyit juga bukan hal yang sulit untuk didapat, bahkan ditanam di pekarangan rumah pun kunyit dapat tumbuh dengan baik. Jadi sayang sekali kalau khasiatnya tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Cara penggunaan: Gunakan campuran 2 sendok teh bubuk kunyit dan satu sendok makan madu murni  untuk dioleskan pada wajah, diamkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini efektif digunakan pagi hari dan 2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Kunyit

7. Kulit Jeruk

Setelah mengkonsumsi Jeruk, kulitnya jangan lantas langsung dibuang ya. Jeruk merupakan salah satu jenis buahan yang sudah dikenal mengandung banyak vitamin C  yang mampu menormalisasikan kembali wajah kusam ataupun gelap untuk kembali tampak putih dan bercahaya, caranya pun tentunya cukup simple seperti dibawah ini. Tapi yang kita gunakan adalah kulitnya. Bagaimana bisa ? Begini caranya.

Cara penggunaan : Kulit Jeruk yang telah berbentuk bubuk , dicampur dengan madu masing-masing dengan takaran satu sendok makan. Namun sebelum mengoleskannya pada wajah, wajah harus terlebih dahulu dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Setelah dioleskan pada wajah, diamkan sekitar 30 menit bilas dengan menggunakan air dingin. Gunakan masker ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya selain bagus untuk perawatan rambut ternyata juga memiliki manfaat yang cukup efektif untuk mengontrol pembentukan melanin yang menyebabkan kulit wajah tampak gelap. Kemampuan ini diperoleh karena  lidah buaya sangat kaya akan zat aleosin yang sering digunakan sebagai bahan dasar untuk produk kecantikan.

Cara penggunaan: Kupas daun lidah buaya untuk mengambil gel yang terdapat didalamnya, kemudian gel inilah yang dioleskan pada wajah, setelah itu diamkan selama 20 menit, selama proses ini kulit wajah mungkin akan terasa sedikit gatal atau perih, hal ini biasa terjadi kok dan tidak perlu khawatir. Perlu diperhatikan, selama masker melekat di wajah hindari kontak tangan dengan wajah agar tidak menghambat proses penyerapan gel lidah buaya kedalam kulit. Lakukan  penggunaan masker ini cukup sekali dalam seminggu saja.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Lidah Buaya

9. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang nikmat untuk dikonsumsi dan baik untuk kulit. Setiap kali mengkonsumsi pepaya, jangan lupa sisakan beberapa potong sebagai bahan masker bagi kulit wajah mu. Enzim Papain yang terdapat dalam buah pepaya dipercaya dapat membantu proses regenerasi didalam kulit wajah dan juga menghambat pigmentasi kulit yang disebabkan oleh radiasi panas sinar matahari.

Cara penggunaan: Haluskan pepaya dengan menggunakan blender, kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan hingga 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Sangat mudah kan?

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Pepaya

10. Jeruk Nipis

Jeruk  nipis kaya akan kandungan vitamin C yang mampu mengatasi maupun mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, dan pastinya mampu memutihkan kulit wajah dengan cukup baik. Cara penggunaannya pun tak kalah simple seperti penggunaan masker-masker lainnya yang telah diuraikan diatas sebelumnya.

Cara penggunaan: Sediakan dua buah jeruk nipis berukuran sedang, kemudian belah dua untuk diperas dan hasil perasan jeruk nipis ini yang kemudian dapat kita gunakan sebagai masker pada wajah. Diamkan selama 30 menit hingga meresap sambil sesekali lakukan pijatan ringan. Terakhir jangan lupa bilas dengan air dingin sampai bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

[AdSense-C]

11. Putih Telur

Jangan salah walaupun putih telur sedikit berbau amis, tapi putih telur kaya akan kandungan protein yang juga mampu membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit wajah. Di Indonesia penggunaan masker putih telur mungkin masih jarang terdengar, tapi untuk negara Jepang dan Korea penggunaan masker ini sudah sering dipergunakan.

Cara penggunaan: Sediakan putih telur ayam kampung sebanyak yang diperlukan, kemudian langsung di oleskan pada wajah pada malam hari sebelum tidur  dan esok harinya ketika bangun pagi cuci wajah dengan air hangat hingga bersih, masker ini dapat digunakan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Baca juga : Cara Memutihkan Wajah dengan Putih Telur

12. Pisang

Sama seperti jeruk, buah pisang juga kaya akan vitamin C. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya vitamin C berperan memutihkan wajah yang tampak kusam . Langsung saja kita kupas penggunaan masker pisangnya di bawah.

Cara penggunaaan: Sediakan satu buah pisang Raja, kemudian haluskan dengan menggunakan sendok makan. Setelah benar-benar halus dapat dioleskan pada wajah lalu biarkan hingga meresap sekitar 30 menit lamanya, terakhir bilas dengan air hangat.

13. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang sedikit lebih sulit diperoleh dibanding bahan utama masker lainnya, terutama untuk mereka yang tinggal jauh dari kota dimana bahan ini jarang disediakan toko-toko setempat. Namun perlu diketahui minyak zaitun banyak mengandung vitamin E yang berfungsi untuk mencegah oksidasi kulit yang menyebabkan kerusakan sel kulit wajah. Kalau dirumah kebetulan tersedia minyak zaitun, segera manfaatkan saja.

Cara penggunaan: Campurkan minyak zaitun dan gula pasir secukupnya dalam wadah kecil, lalu usapkan pada wajah sambil sesekali dipijit atau digosok perlahan mengikuti pola arah jarum jam. Kemudian diamkan hingga 5 menit, dan setelah itu bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Minyak Zaitun

14. Madu

Madu dikenal memiliki banyak manfaat baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan dan tanpa adanya efek samping. Madu sendiri dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga.

Cara penggunaan: Simple cukup sediakan 2 sendok madu alami, oleskan merata pada wajah diamkan hingga 20 menit dan setelahnya bilas dengan menggunakan air bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Madu

15. Tepung Beras

Jika anda adalah orang yang siang hari bekerja di bawah terik sinar matahari atau memiliki wajah yang kerap kali terkena asap kendaraan, maka tak ada salahnya mencoba menggunakan masker berbahan tepung beras ini di malam hari. Serius, tepung beras bukan hanya untuk membuat kue saja, tepung beras juga bisa jadi masker.

Cara penggunan : Sediakan setengah cangkir tepung beras alami , lalu campurkan dengan air secukupnya hingga membentuk seperti pasta, kemudian oleskan merata pada seluruh bagian wajah hingga kulit wajah perlahan mulai terasa segar  bersihkan dengan air hangat. Bisa juga dikombinasikan dengan sari apel maupun jeruk untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Baking Soda

16. Garam dan Lemon

Sebagaimana telah kita pahami selain jeruk , Lemon juga kaya akan vitamin C. Jika kamu sulit menemukan buah jeruk, lemon juga dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti untuk bahan dasar masker. Namun untuk bahan dasar lemon perlu bahan tambahan yakni garam yang bertujuan untuk memaksimalkan kerja lemon di wajah

[AdSense-A]

Cara penggunaan: Ambil dua buah lemon berukuran besar, peras airnya dan campur dengan garam halus. Lalu oleskan pada wajah dengan menggunakan ujung jari , diamkan sekitar  2 Menit bilas hingga bersih, cara ini sebaiknya dilakukan setiap hari untuk hasil yang tepat.

Baca juga : Cara Memutihkan Wajah dengan Air GaramCara Memutihkan Wajah dengan Lemon

17. Yogurt

Yogurt dibuat dengan berbahan dasar susu sapi dan kedelai secara alami, sehingga mengandung asam laktat dan protein yang cukup tinggi yang jika digunakan secara teratur pada wajah akan memberikan efek yang menyehatkan dan mencerahkan wajah tentunya.

Cara penggunaan: Cara penggunaannya cukup simple. Kita dapat membeli yogurt alami yang tanpa rasa, kemudian langsung saja kita oleskan pada wajah. Diamkan hingga benar-benar terasa meresap pada kulit wajah lalu bilas wajah dengan air dingin. Cara ini dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari yakni pada pagi dan malam hari.

18. Seledri

Seledri sangat cocok dijadikan masker bagi kamu yang punya tipikal kulit berminyak dan sering terlihat kusam. Karena daun seledri banyak mengandung vitamin A, B1 dan B2 juga Vitamin C yang berguna  untuk kesehatan kulit wajah.

Cara penggunaan: Cuci bersih 5 batang daun seledri segar, lalu rebus hingga air mendidih dan air hasil rebusan didinginkan. Setelah dingin air inilah yang akan kita usapkan pada wajah, biarkan sekitar 5 menit hingga meresap pada wajah kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini dapat dilakukan setiap pagi hari.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

19. Tanah liat

Tanah liat, meskipun masih terkesan asing  tapi ternyata memang sudah terbukti bermanfaat banyak bagi kulit wajah karena tanah liat sendiri mengandung banyak asam  kalsium bentonit yang mampu mengangkat sel-sel mati pada kulit serta mampu mengencangkan kulit wajah.

Cara penggunaan: Sediakan segenggam tanah liat campur dengan minyak kelapa sebanyak satu sendok (opsional), setelah merata lalu oleskan pada wajah biarkan hingga 5 menit lalu kemudian bilas dengan air hangat dan sabun pencuci wajah anda. Pastikan tanah liat yang kita pakai adalah tanah liat murni dan tidak terkontaminasi batu-batuan kasar maupun kotoran lainnya.

20. Oatmeal

Oatmeal terdiri dari  berbagai kandungan vitamin dan mineral dan fitokimia yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah dan sekaligus juga mampu melembabkan kulit wajah yang tampak kering.

Cara penggunaan : Campurkan segenggam oatmeal dengan air secukupnya lalu aduk-aduk hingga merata, setelahnya lalu usapkan pada seluruh area wajah. Diamkan hingga 15 menit dan terakhir bilas dengan air dingin, lakukan penggunaan masker ini sekali dalam seminggu saja.

Baca juga: Suntik Pemutih Wajah

Nah itu dia 20 jenis masker pemutih wajah yang dapat kamu buat sendiri dirumah, dengan pilihan bahan-bahan yang gampang di temukan disekitar kita. Tapi bagaimana kalau kamu cukup sibuk dan tidak punya waktu untuk membuat masker pemutih wajah alami sendiri? Padahal kamu juga ingin merasakan manfaat dari bahan-bahan tersebut kan? Nah jangan khawatir. Bagi kamu yang mungkin sibuk dan tidak punya waktu untuk membuat sendiri, berikut ini beberapa rekomendasi produk masker pemutih wajah siap jadi yang mengandung bahan-bahan alami di dalamnya.

  • Masker Spirulina Murni

Spirulina adalah masker pemutih wajah yang mengandung 100 %  sumber nutrisi dari alam. Spirulina sendiri sudah mendapatkan gelar “super food “ dari WHO. Untuk hasil pengolahannya sendiri, spirulina sudah banyak beredar di apotik dengan bentuk kemasan merk “Spirulina plus” yang dibuat khusus sebagai masker pencerah wajah. Untuk harga mencapai sekitar 250.000,-/botol. Baca juga: Masker Buah untuk Memutihkan Wajah.

  • Himalaya Herbal Purifiying Mask

Produk Himalaya ini s berasal dari India,  didalamnya mengandung 3 bahan utama alami yakni: Nimba, Kunyit, dan Clay yang berfungsi mebersihkan dan mengangkat sel–sel kulit mati pada wajah. Untuk harga sekitar 25.000,-/botol. Baca juga: Tips agar Wajah Putih.

  • Cellebon Essence Mask

Cellebon Essence Mask meupakan produk masker kemasan yang mengandung bahan utama Teh Hijau, yang mampu mengembalikan kesehatan kulit dan warna kulit kusam akibat paparan sinar matahari. Produk ini banyak dijual di toko-toko kosmetik dengan harga  22.000,-/kemasan.

  • Ovale Facial Mask Yam Bean (Bengkoang)

 Oval Facial Mask Yam Bean, salah satu produk masker kemasan yang cukup gampang ditemukan di pasaran dan harganya pun cukup terjangkau  sekitar 6.000,-/kemasan sachet. Namun produk ini sendiri banyak diminati masyrakat karena dipercaya memiliki khasiat yang ampuh untuk memutihkan kulit wajah yang bersumber dari ekstrak bengkoang sebagai bahan dasar utamanya. Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Dedaunan.

Itulah beberapa informasi  mengenai masker pemutih wajah yang dapat dibuat sendiri dan yang dapat dibeli di pasaran sebagai bahan rekomendasi buat kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal