Sponsors Link

Mengapa Warna Dahi Lebih Gelap? Ini Penyebabnya

Sponsors Link

Warna kulit yang tidak merata menjadi salah satu permasalahan wanita yang paling banyak terjadi. Walaupun sering dialami dan menjadi hal yang biasa, namun permasalahan ini tetap membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Hal yang menjadi penyebab dari warna kulit yang tidak merata yaitu karena kusamnya kulit, sehingga membuat penampilan Anda tidak oke.

ads

Bagian tubuh seseorang yang paling sering memiliki warna kulit berbeda adalah wajah. Sering kali wajah seseorang terlihat lebih gelap dari bagian tubuh yang lainnya. Warna kulit wajah seseorang pun sering tidak merata secara keseluruhan. Perbedaan warna ini biasa terlihat pada dahi. Dahi yang tidak merata bisa terjadi karena beberapa hal seperti:

1. Hormon

Hormon yang tidak seimbang pada tubuh seseorang menjadi penyebab warna kulit berbeda-beda. Oleh karena itu, warna dahi yang lebih gelap sering terjadi pada wanita hamil atau menopause. Kedua wanita itu akan mengalami perubahan jumlah hormon yang cukup drastis. Selain dahi, perbedaan warna kulit pada wanita hamil atau menopause juga terjadi di leher dan lipatan perut. Hormon esterogen yang menurun menjadi salah satu penyebab perbedaan warna kulit terjadi oleh wanita menopause, sehingga menyebabkan berkurangnya tingkat elastisitas kulit seseorang.

2. Sinar Matahari

Selain hormon, hal lain yang dapat  menyebabkan warna dahi Anda menjadi lebih gelap adalah karena adanya sengatan sinar matahari. Sinar matahari akan membuat kulit Anda menjadi lebih gelap karena kusam. Sinar matahari mampu menimbukan pigmentasi pada kulit dan membuat kulit Anda berminyak atau pun kering.

Selain itu, sengatan sinar matahari akan memunculkan melisma atau flek hitam di wajah Anda. Melisma adalah suatu kondisi di aman akan timbul bercak pada kulit Anda yang menandakan adanya hiperpigmentasi. Biasanya melisma akan muncul apabila kulit Anda tersengat sinar matahari dalam waktu yang lama. Tidak hanya di wajah, hiperpigmentasi dapat muncul di kulit bagian tubuh yang lain seperti pipi, dagu, dan bibir atas. Masalah ini dapat dialami oleh seluruh wanita, namun wanita dengan berkulit gelap dan dalam masa reproduksi yang baik biasanya lebih sering mengalami hal ini.

3. Penggunaan Kosmetik yang Tidak Tepat

Selain bermanfaat untuk merawat dan memperbaiki, ternyata kosmetik dapat membuat wajah Anda menjadi tidak baik bahkan rusak. Hal itu dapat terjadi ketika Anda salah memilih kosmetik yang tidak tepat. Salah satu masalah yang mungkin terjadi dari pemilihan kosmetik yang salah adalah warna kulit yang tidak merata. Tidak semua bahan yang terkandung di dalam kosmetik yang Anda gunakan cocok pada kulit Anda. Beberapa bahan mungkin akan membuat rasa sensitifitas kulit lebih besar, sehingga Anda harus mencari cara menghilangkan flek hitam akibat kosmetikyang lain dan hal ini menjadi penyebab dari warna kulit yang berbeda.

Apabila warna dahi Anda terlihat lebih gelap karena alasan penggunaan kosmetik, Anda dapat mencerahkannya melalui hidrasi kulit yang selalu terjaga dengan rutin mengkonsumsi air putih . Selain itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan wajah. Perawatan yang dilakukan melalui dua acara yaitu dari dalam dan luar tentu akan lebih baik.

4. Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang bertumpuk di bawah kulit akan membuat kulit Anda terlihat kusam dan gelap. Biasanya sel kulit mati akan timbul pada kulit yang sensitif dan mudah terkena iritasi. Sel kulit mati juga muncul karena kulit Anda yang terlalu kering. Untuk membuat warna kulit Anda lebih cerah, Anda dapat meminum air putih sebanyak-banyaknya karena ini menjadi salah satu cara agar wajah mulus dan kincolong. Minumlah air putih minimal 2 liter atau sebanyak 8 gelas.

Sel-sel kulit mati yang berada pada wajah Anda dapat dihilangkan dengan beberapa cara seperti menggosok kulit Anda ketika mandi. Selain menggosok, ada pula cara lain yaitu dengan melakukan scrub pada tubuh dan wajah Anda. Saat scrub, gosoklah kulit Anda dengan lembut namun pasti. Sebaiknya Anda jangan menggunakan scrub dengan butir-butir yang kasar karena ini berisiko merusak kulit Anda. Menggosok kulit yang terlalu kencang juga dapat merusak lapisan kulit dan membuat kulit sangat merah.

Sponsors Link

Setelah Anda mengetahui alasan yang menyebabkan warna dahi lebih gelap, terdapat beberapa cara meratakan tona kulit muka yang harus Anda ketahui, termasuk dahi yang lebih gelap.

  1. Cara yang pertama adalah dengan rutin mencuci wajah Anda menggunakan air dingin dan bersih. Gunakan pula sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Anda dapat menggunakan merk sabun cuci muka untuk remaja. Sebaiknya Anda mencuci wajah Anda sebanyak 2 kali dalam sehari.
  2.  Setelah membersihkan wajah Anda dengan menggunakan sabun, Anda harus mengoleskan pelembab untuk melengkapi perawatan wajah Anda. Gunakan pelembab setiap hari supaya kulit wajah Anda selalu cerah dan merata.
  3. Selain menggunakan pencuci muka dan pelembab, sebaiknya Anda juga menggunakan face scrub dan masker yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Face scrub dan masker tidak boleh digunakan terlalu sering karena dapat mengikis lapisan kulit wajah Anda.
  4. Rutin melakukan olahraga juga mampu membuat warna kulit Anda merata. Kesehatan yang terjaga akan membuat kecantikan Anda juga terjaga.
  5. Konsumsi vitamin C dan vitamin E dengan rutin. Vitamin ini mampu meratakan dan memutihkan kulit Anda. Selain vitamin, sebaiknya Anda juga teratur mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Semua makanan tersebut sangat bagus untuk menjaga kecantikan Anda dari dalam.
  6. Jangan lupakan tabir surya atau sunblock selama ada melakukan kegiatan di luar ruangan. Sunblock atau tabir surya yang Anda gunakan minimal berSPF 15, namun karena lapisan ozon yang semakin menipis, ada baiknya Anda menggunakan minimal berSPF 30.

Setelah Anda mengetahui informasi mengenai warna dahi yang lebih gelap daripada warna kulit lainnya, Anda dapat membuat warna kulit dahi Anda setara. Selain menggunakan cara di atas, Anda juga dapat menggunakan produk untuk meratakan warna kulit wajah yang lainnya. Dengan demikian, Anda akan lebih percaya diri lagi.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan