Sponsors Link

10 Penyebab Wajah Hitam dan Berminyak Serta Kusam

Sponsors Link

Pernahkah diri Anda kesal melihat wajah yang semakin kusam, hitam, dan berminyak? Tanpa Anda sadari, banyak sekali faktor yang menyebabkan seluruh masalah tersebut menyerang wajah Anda. Penyebab wajah hitam dan berminyak sesungguhnya tidak begitu berbeda jauh dengan penyebab wajah kusam dan kering dan penyebab wajah susah putih karena terdapat faktor dari dalam tubuh sendiri (faktor internal) maupun faktor dari luar tubuh (faktor eksternal).

ads

Faktor Internal (Dari Dalam Tubuh)

1. Genetika (Pewarisan Sifat)

Gen merupakan unit pewarisan sifat yang pasti diturunkan dari kedua orangtua, dan akan berpengaruh pada kondisi fisik maupun psikis, tidak terkecuali kelenjar minyak yang ada di dalam lapisan dermis kulit. Apabila kandungan minyak alami yang berada di dalam kelenjar tersebut sangat besar akibat dari gen yang dominan, maka hal ini merupakan salah satu pemicu kulit berminyak yang tidak dapat dicegah dari dalam.

2. Stres

Banyak pikiran ataupun stres berlebihan juga dapat memicu meningkatnya produksi minyak dan juga membuat banyak kerutan pada wajah. Walaupun ini tidak berhubungan langsung dengan kulit, namun jaringan saraf pun turut memicu sistem metabolisme menjadi tidak teratur jika berada dalam kondisi yang tidak baik.

3. Dehidrasi

Kurangnya minum air putih akan menyebabkan tubuh kekurangan kadar air atau biasa disebut dehidrasi. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kusam karena respirasi sel berjalan lambat, sehingga Anda butuh setidaknya minum minimal 8 gelas air putih dalam sehari.

4. Ketidakseimbangan Hormon

Produksi hormon yang tidak stabil sering terjadi ketika wanita sedang sakit, hamil, maupun mengalami menopause. Hal ini juga merupakan salah satu penyebab kulit berminyak dan kusam. Namun apabila hormon kembali seimbang, produksi minyak juga dapat berangsur normal kembali.

Faktor Eksternal (Dari Luar Tubuh)

1. Konsumsi Makanan Berminyak

Konsumsi makanan berminyak merupakan faktor eksternal utama yang seringkali dilanggar oleh banyak orang karena rasanya yang lezat dan harga yang murah. Contohnya adalah terlalu banyak makan gorengan yang tentu saja mengandung minyak sangat banyak di dalamnya. Selain membuat wajah berminyak, hal ini juga dapat menyebabkan masalah yang lebih besar lagi yaitu meningkatnya kadar kolesterol sehingga dapat memicu hadirnya penyakit baru seperti halnya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

2. Jarang Membasuh Wajah

Jarang membersihkan wajah dengan air bersih juga akan membuat wajah Anda terlihat kusam karena banyak debu atau polutan yang menempel khususnya jika Anda sering beraktivitas keluar rumah di lingkungan perkotaan maupun banyak polutan. Selain itu, menyentuh wajah dengan tangan yang kotor juga dapat menjadi salah satu penyebabnya karena bakteri dapat merusak wajah Anda.

Sponsors Link

3. Pola Makan yang Salah

Kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran tentu juga mengurangi konsumsi air dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang diperlukan untuk menjaga kelembaban dan kecerahan kulit agar tidak berminyak dan hitam.

4. Gaya Hidup yang Salah

Gaya hidup yang tidak dianjurkan seperti merokok, minum alkohol, terlalu banyak makan makanan instan seperti mie, dan jarang berolahraga juga menjadi penyebab kulit Anda kering, kusam, hitam, dan berminyak. Rokok dan alkohol sangat berbahaya bagi tubuh tidak terkecuali kulit, karena di dalamnya terkandung banyak zat kimia berbahaya.

5. Penggunaan Produk Kecantikan yang Tidak Tepat

Penggunaan kosmetik ataupun produk yang salah bisa jadi membuat kulit Anda kusam dan berminyak karena tidak cocok dengan zat kimia yang terkandung di dalamnya, sehingga regenerasi sel terganggu. Untuk itu, Anda harus memahami produk seperti apa yang tepat untuk kulit Anda.

Sponsors Link

6. Perubahan Cuaca (Musim Pancaroba)

Perubahan cuaca secara ekstrim juga dapat menyebabkan produksi minyak dalam kulit tidak teratur karena suhu dan cuaca mempengaruhi kelembaban dan respirasi sel pada kulit. Tidak hanya kulit berminyak, hal ini juga dapat menyebabkan wajah berjerawat dan juga gangguan lainnya yang sangat tidak nyaman.

Karena itu, Anda harus melakukan treatment baik secara alami maupun dengan menggunakan produk kecantikan yang memang cocok sebagai pencerah wajah Anda. Bahan pemutih wajah alami dapat berupa masker wajah yang sangat bervariasi dan bisa Anda coba kreasikan sendiri sesuai kebutuhan, contohnya adalah masker jahe dan cuka, masker lemon dan minyak zaitun, atau bahkan memutihkan wajah dengan susu Dancow.

Sedangkan untuk kosmetik, Anda dapat menggunakan masker Wardah untuk memutihkan wajah ataupun mengikuti cara memutihkan wajah dengan Garnier Sakura White. Namun kembali lagi, Anda disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana sifat dan karakteristik kulit Anda agar tidak salah memakai bahan yang reaktif terhadap kulit Anda khususnya kulit sensitif. Pahami dengan detail dan ucapkan selamat tinggal untuk penyebab wajah hitam dan berminyak.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup