Sponsors Link

8 Penyebab Warna Kulit Wajah Tidak Merata Putihnya

Sponsors Link

Kepercayaan diri seseorang dapat terpancar dari wajahnya, karena bagian tersebutlah yang paling pertama memberikan kesan pada orang lain. Tanpa make up tebal pun dengan perawatan yang telaten dapat memberikan tampilan wajah cerah yang menyegarkan. Seseorang tidak perlu menggunakan serangkaian produk skincare Korea untuk memutihkan wajah atau aneka produk pemutih wajah untuk dapat merasa cantik. Kadang faktor yang mendukung kepercayaan diri cukup wajah yang alami, glowing dan bersih.

ads

Kondisi wajah yang tidak sehat, kusam dan gelap bahkan wajah yang belang akan membuat seseorang minder untuk bahkan bertemu dengan orang lain.  Terkadang perawatan yang tidak sesuai dengan jenis kulit, produk kecantikan yang tidak cocok atau paparan matahari yang intens dapat menyebabkan terjadinya warna kulit yang tidak merata.

Mengatasi warna kulit yang tidak merata atau belang, perlu mengetahui dan memahami sebab-sebab yang menjadikan warna kulit kita menjadi tidak rata atau belang. Berikut adalah beberapa penyebab warna kulit wajah tidak merata:

1. Kulit Sering Terkena Paparan Sinar Matahari (Ultraviolet)

Warna kulit yang tidak merata juga dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet membuat kulit jadi lebih gelap, terutama dengan intensitas sering dan lama. Hal tersebut menyebabkan perubahan pigmentasi dan membuat kulit menjadi lebih kusam, berminyak, dan kering.

Kadang kita tidak dapat menghindari kontak dengan sinar matahari sepenuhnya. Selain sinar matahari kaya dengan vitamin D, kehidupan sosial manusia terkait dengan kegiatan outdoor, walaupun hanya sekedar berjalan ke sekolah atau ke kantor. Penyebab warna kulit tidak merata atau belang dapat disebabkan oleh sinar UVA maupun sinar UVB yang mengenai kulit secara langsung dan berlebihan.

Pencegahan untuk warna kulit tidak merata karena sinar matahari dapat dilakukan dengan menggunakan sunblock atau tabir surya. Pencegahan maksimal dapat menggunakan sunblock pemutih wajah. Kulit orang Asia cukup menggunakan tabir surya dengan SPF 15. Pertimbangan lainnya dengan fakta lapisan ozon menipis, lebih disarankan untuk menggunakan sunblock dengan SPF 30.

2. Perubahan Hormon

Penyebab warna wajah yang tidak merata juga dapat dikarenakan warna kulit wajah terpengaruhi oleh hormon yang diproduksi dalam tubuh. Hal ini umum terjadi pada wanita hamil, wanita menopause atau mengkonsumsi pil kontrasepsi.

Umumnya pada orang hamil, akan terlihat beberapa perubahan seperti leher jadi lebih gelap, terdapat lipatan di perut dan muka. Warna hitam di wajah sering disebut ‘topeng hitam’. Banyak cara natural untuk mengobati wajah kusam ketika hamil. Walaupun demikian pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dikarenakan wanita hamil sangat sensitif terhadap produk kecantikan, karena dikhawatirkan ada efek pada bayi yang di kandungnya.

3. Flek Hitam

Melasma atau bintik hitam adalah kondisi medis yang munculnya bercak hiperpigmentasi yang mengganggu kemulusan dan kebersihan wajah. Melasma lebih sering terjadi pada individu berkulit gelap dan pada wanita. Penggunaan krim penghilang flek hitam yang ampuh dan meratakan warna kulit dengan penggunaan yang benar dan intensif.

4. Vitiligo

Penyakit kulit yang menyebabkan tidak meratanya warna kulit. Sebab dan penanganannya perlu dikonsultasikan dengan dokter kulit. Vitiligo dapat menyerang bagian kulit manapun di tubuh, bahkan wajah. Umumnya, kondisi ini sangat sulit disembuhkan, dan walaupun ada hanya bersifat sementara.

5. Dermatitis Kontak karena alergi

Peradangan berupa ruam kemerahan pada kulit akibat alergi. Ruam tersebut tidak menular atau berbahaya, tapi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Penangan yang kurang tepat dapat menyebabkan kulit wajah menjadi tidak rata. Solusinya adalah mengidentifikasi penyebab alergi dan mengobatinya terlebih dahulu. Setelahnya baru dapat dilakukan treatment terhadap kesehatan kulit.

6. Jamur

Masalah medis pada kulit ini sangat membuat penderitanya tidak percaya diri. Jamur adalah penyakit yang menyerang kulit dan dapat terjadi pada wajah. Penanganannya untuk mengatasi ketidakmerataan kulit wajah harus terlebih dahulu mengobati jamurnya. Perawatan pada kondisi ini memerlukan kesabaran dan ketelatenan karena proses pemerataan warna kulit tidak akan terjadi dalam waktu singkat.

Sponsors Link

7. Inflamasi bekas luka

Luka pada bagian wajah dapat dipastikan akan membuat warna wajah tidak merata. Seperti perawatan kondisi medis lainnya seperti Jamur atau adanya infeksi pada wajah, memerlukan penanganannya terlebih dahulu. Luka yang terdapat pada wajah perlu benar-benar dirawat dan dibersihkan untuk menghindari bekas luka yang terlalu besar dan hitam.

8. Kulit Kering

Bagi pemilik kulit jenis kering sangat mudah untuk memiliki warna kulit yang tidak rata. Kondisi kulit yang kering dan tidak dilembabkan akan menyebabkan kondisi kulit tidak sehat. Sel-sel kulit jadi kekurangan sebum dan hal ini menyebabkan kulit pecah-pecah dan mengelupas. Kulit kering memiliki lebih besar kecenderungan menjadi tidak merata.

Solusi termudahnya adalah memastikan wajah memiliki cukup banyak nutrisi sehingga tidak kering. Terdapat aneka produk pelembab yang cepat memutihkan wajah yang bermanfaat menutrisi, melembabkan dan meratakan warna kulit wajah.

Berbagai penyebab ketidak merataan warna kulit wajah ini pasti memiliki solusi penyembuhannya. Penderitanya perlu berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan untuk dapat memperoleh saran terbaik sesuai dengan kondisinya. Solusi pada pasien satu berbeda dengan pasien lainnya.

Mengetahui berbagai penyebab warna wajah yang tidak merata akan dapat melakukan penanganannya sesuai dengan kondisi setiap kulit. Berikut adalah cara mengatasi warna kulit yang tidak merata:

  • Menutupi Make Up: Warna kulit wajah yang tidak merata dapat menggunakan make up untuk meratakkannya. Cara ini adalah cara tercepat untuk mengatasinya. Untuk penanganan lainnya akan memerlukan waktu untuk dapat sepenuhnya bereaksi. Sambil melakukan perawatan penggunaan make up adalah solusi paling tepat.
  • Masker Pemutih: Masker pemutih wajah adalah perawatan mendasar untuk meratakan warna wajah. Pemilihan produk pemutih harus dikonsultasikan dengan dokter, bila mencoba aneka produk kecantikan malah akan memperburuk warna kulit.
  • Sunblock (Tabir Surya): Penggunaan tabir surya yang rutin setiap keluar rumah dapat mencegah kulit wajah yang kusam dan terkena paparan sinar matahari langsung. Cobalah sebagian kecil tabir surya pada tangan anda untuk memastikan tidak ada alergi atau reaksi negatif dari sunblock tersebut pada wajah.
  • Pelembab: Penggunaan pelembab dapat menutrisi kulit dan menjaga keelastisitasnya. Semua perawatan selalu dimulai dengan membersihkan wajah dengan seksama dari sisa make up dan menggunakan produk pelembab yang cocok dengan kulit.
  • Vitamin C dan D: Nutrisi untuk kesehatan kulit dapat diperoleh dengan penggunaan produk kecantikan dan juga makanan sehat yang dikonsumsi langsung. Sayuran dan buah yang kaya dengan vitamin D dan C bisa membantu memulihkan warna kulit.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab warna wajah tidak merata. Dengan mengetahui sebab adanya ketidak konsistensian pada wajah akan dapat memudahkan jenis perawatan yang cocok untuk jenis kulit. Untuk mengetahuinya lebih jelas, harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang jelas dan tidak menyesatkan. Walaupun demikian, kami juga membagi sedikit tips sederhana untuk dapat menghindari dan mengatasi kulit wajah yang tidak merata.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan