Sponsors Link

6 Perbedaan Highlighter dan Concealer pada Wajah

Sponsors Link

Meski sudah umum digunakan, namun masih banyak wanita yang kebingungan ketika memakai highlighter dan juga concealer sehingga hasil riasan sering terlihat cakey atau tebal. Persamaan dari kedua make up ini adalah tidak harus diaplikasikan ke seluruh wajah namun hanya diaplikasikan pada area wajah tertentu saja supaya hasil akhir tidak terlihat cakey. Jika anda masih bingung, berikut akan kami jelaskan tentang perbedaan highlighter dan concealer yang harus anda pahami.

ads

Concealer merupakan salah satu produk kecantikan yang dipakai untuk menutupi kekurangan yang ada di wajah untuk tampilan yang lebih mulus yang termasuk urutan pemakaian make up sehari hari. Concealer bisa dipakai untuk semua jenis kulit dari mulai berminyak, kering, kombinasi dan bahkan berjerawat. Hal yang harus anda ingat adalah memilih bahan bahan di dalam concealer yang benar benar sesuai dengan jenis kulit anda.

Concealer sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti berbentuk stick yang bisa diaplikasikan di bawah mata sesudah atau sebelum alas bedak. Sedangkan liquid concealer umumnya lebih ringan dan tidak terlalu berminyak sehingga bisa anda gunakan lebih dari satu lapis.

Sedangkan highlighter seperti namanya digunakan untuk memberi highlight pada kulit sehingga akan terlihat lebih glowing pada saat terkena pantulan cahaya. Efek glowing tersebut akan membuat wajah anda terlihat lebih sehat tanpa harus memakai make up yang terlalu berlebihan.

Highlighter sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti powder yang bisa diaplikasikan dengan mudah, cream untuk efek glowing yang intens dan liquid yang digunakan untuk kulit yang terlihat lebih dewy.

1. Perbedaan Dari Jenisnya

Perbedaan highlighter dan concealer yang pertama adalah dari segi jenisnya. Untuk concealer terdiri dari empat jenis yakni cair yang sangat ringan di wajah, stick, compact untuk area wajah tertentu dan juga concealer khusus area mata.

Untuk concealer yang digunakan pada area bawah mata, biasanya memiliki tekstur tidak terlalu tebal namun kering jika dibandingkan dengan jenis concealer lainnya. Jika anda memakai foundation cair seperti foundation yang bagus untuk pemula, maka aplikasikan concealer terlebih dulu. Namun jika emmakai foundation bubuk, maka concealer bisa diaplikasikan sesudah foundation. Sementara untuk highlighter juga memiliki beberapa jenis tergantung dari bagian mana yang ingin ditonjolkan. Contohnya highlighter untuk hidung, pipi, dahi dan lain sebagainya.

2. Perbedaan Dari Segi Warna

Perbedaan kedua dari concealer dan juga highlighter adalah dari segi warna. Concealer yang ideal biasanya dua tingkat warna lebih terang dari warna dasar kulit yang anda miliki dengan tujuan untuk menyoroti warna kulit yang menekankan pada perimeter wajah sehingga secara alami bisa menangkap cahaya. Sedangkan untuk highlighter harus satu atau dua warna lebih dalam dari warna dasar kulit anda saat ini. Hal ini bertujuan karena highlighter berfungsi pada cekungan tulang pipi, garis rambut, rahang dan juga leher anda.

Concealer juga memiliki varian warna yang banyak dengan fungsi corrector yang berbeda beda. Contohnya untuk concealer warna hijau digunakan untuk menutupi warna kemerahan yang ada pada wajah sekaligus menjadi produk untuk meratakan warna kulit wajah, ungu untuk mencerahkan wajah, coklat untuk memberikan shading, warna kulit dengan dua tingkat lebih cerah sebagai highlighting, orange atau kuning untuk menutupi lingkar hitam di area mata. Sedangkan untuk highlighter, varian warna yang paling umum adalah warna cerah seperti warna gold, warna putih sedikit warm yang dilengkapi juga dengan formula shimmering sehingga ketika dikenakan akan membuat wajah anda terlihat glowing

3. Perbedaan Pemakaian Alat Bantu

Untuk mengaplikasikan concealer bisa memakai kuas bersiku, kuas blush on, bronzing dan highlighter berbentuk krim atau kuas datar. Sementara untuk highlighter yang diaplikasikan dengan kuas bisa memberikan hasil akhir cakey semakin besar.

Jika memang anda tidak ingin memakai tangan ketika mengaplikasikan highlighter, maka anda bisa memakai kuas dengan ujung yang kaku khususnya untuk highlighter beberapa area wajah anda.

4. Perbedaan Cara Pengaplikasiannya

Perbedaan dari concealer dan juga highlighter selanjutnya terletak dari cara mengaplikasikannya.  Untuk mengaplikasikan concealer diawali dengan memakai foundation untuk semua bagian wajah seperti foundation yang bagus untuk sehari hari. Ambil concealer dengan ujung kuas untuk diaplikasikan pada area jerawat. Pakai jari anda untuk membaurkan dengan foundation dan pastikan anda membaurkannya dengan pijatan yang lembut sehingga tidak melukai kulit anda. Sedangkan pada tahapan akhir bisa dilanjutkan dengan memakai bedak sebagai tahap akhir.

Sponsors Link

Sedangkan untuk pemakaian highlighter dimulai dengan pelembab dan foundation kemudian tarik pipi ke arah dalam dan pakai kuas bersiku untuk mengaplikasikan highlighter tersebut hanya di area cekung tulang pipi. Selain itu, highlighter juga bisa diaplikasikan pada rahang untuk menyembunyikan double chin anda dan terakhir bisa dilanjutkan dengan mengaplikasikan bronzer.

5. Perbedaan Dari Segi Tekstur

Concealer memiliki tekstur yang jauh lebih kental dan juga padat karena fungsi utamanya memang untuk menutupi kekurangan yang ada di wajah anda seperti penyebab flek hitam. Selain itu, tekstur concealer juga terlihat lebih matte jika dibandingkan dengan highlighter.

Sedangkan untuk highlighter memiliki tekstur yang jauh lebih ringan sebab fungsinya adalah untuk memberikan definisi bentuk wajah yang lebih tajam dan secara khusus highlighter dipakai untuk memberikan kesan pada wajah yang cukup terang. Selain itu, tekstur highlighter biasanya juga tidak berbentuk matte akan tetapi shimmering sehingga wajah anda terlihat lebih cerah, bersinar dan juga glowing untuk menyempurnakan tampilan wajah anda.

6. Perbedaan Dari Segi Fungsi

Concealer adalah produk make up dengan fungsi utama yaitu menutupi kekurangan di wajah anda seperti lingkaran hitam di bawah mata, bintik hitam di wajah atau flek hitam, wajah yang terlihat kemerahan karena jerawat serta beberapa kekurangan lain yang ada di wajah anda sehingga tampilam make up anda terlihat semakin sempurna.

Sementara highlighter adalah produk make up dengan fungsi untuk membuat tampilan akhir make up anda terlihat lebih fresh, lebih bersinar karena efek shimmering glowing dari highlighter tersebut. Selain itu, highlighter juga berguna untuk membuat eyeshadow anda menjadi lebih tahan lama khususnya yang memiliki tekstur creamy padat atau seperti krayon. Hasil kilaunya juga tidak senyata seperti highlighter bubuk. Untuk itu, highlighter ini bisa anda gunakan pada kelopak mata agar membuat eyeshadow bisa lebih tahan lama.

Beberapa perbedaan highlighter dan concealer yang sudah kami jelaskan diatas mudah mudahan bisa memberi pengetahuan lebih khususnya tentang cara penggunaannya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kosmetik