8 Rekomendasi Sunblock Untuk Kulit Sensitif

Dalam kehidupan sehari-hari, kulit Anda adakalanya senantiasa terpapar sinar ultraviolet secara langsung. Banyak sekali dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari paparan sinar UV secara langsung. Sinar UV dapat mengakibatkan kulit mengalami penuaan dini. Hal ini dikarenakan sinar UV bisa membuat kulit menjadi lebih cepat kering dan keriput, akibat berkurangnya kadar air dalam kulit.

Tidak hanya itu, sinar UV juga bisa menjadi penyebab flek hitam pada kulit Anda. Bagian kulit dalam memproduksi melanin saat sinar UV membakar kulit, namun ketika melanin tersebut tidak dapat menyekresi dengan baik, kulit akan memaksa untuk tetap menghasilkan melanin. Sehingga, melanin akan mengakar pada bagian kulit dalam. Akibatnya, akan muncul flek dan bintik-bintik tersebut. Beberapa kasus bahkan menemukan bahwa sinar UV menjadi penyebab langsung kanker kulit.

Tetapi, sinar matahari tidak selamanya buruk untuk kesehatan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sinar matahari dapat membantu kesehatan tulang, melancarkan sirkulasi tubuh, hingga menjadi sarana paling aman untuk mencokelatkan kulit. Namun, perlu diperhatikan waktu yang pas untuk berjemur di bawah sinar matahari, misalnya jam 7 pagi hingga jam 9 pagi. Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk menggunakan sunblock, baik untuk kulit normal, sensitif, kering, berminyak, dan lain-lain.

Khusus untuk kulit sensitif, wajib bagi Anda untuk memilih sunblock tanpa sentuhan bahan kimia (anorganik) di dalamnya. Sunblock jenis argonik akan melindungi kulit sensitif dari iritasi. Biasanya, komponen yang terkandung di dalamnya berupa titanium oxide, zinc oxide, iron oxide, dan aluminium. Berikut ini adalah rekomendasi sunblock pemutih wajah untuk Anda yang berkulit sensitif, sehingga bisa menjaga kulit tetap lembut, halus dan terlindungi dari sinar matahari.

1. Naturophatica Daily UV Defense Cream SPF 50

Krim tabir surya dengan kandungan SPF 50 ini bisa dijadikan pilihan utama Anda sebagai salah satu merk sunblock wajah untuk remaja dan dewasa, mengingat di dalamnya terkandung zinc oxide. Tidak hanya itu, ada pula tambahan zat pelembab seperti, ekstrak daun teh hijau, shea butter, hingga minyak buah acai. Semua komponen pelembab ini memastikan agar kulit Anda bisa tetap terasa lembut dan rileks sepanjang hari.

2. Skin Aqua UV Moisture Gel

Seperti namanya, produk ini sangat berperan penting untuk perlindungan kulit dari sinar UVA dan UVB sekaligus melembabkannya. Pelembabnya berasal dari asam hyaluronic dan kolagen. Tidak hanya itu, ada pula beberapa vitamin, seperti vitamin E, vitamin B5, hingga vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit. Gel tabir surya ini mempunyai kadar SPF 30 dan PA++, yang pastinya bisa melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

3. Drunk Elephant Umbra Sheer Physical Daily Defense Broad Spectrum Sunscreen SPF 30

Produk ini adalah produk jawara untuk krim tabir surya, terutama untuk kulit sensitif. Bahkan, krim tabir surya ini sudah beberapa kali memenangkan penghargaan secara berturut-turut. Dengan kandungan zinc oxide sekitar 20%, ekstrak alga, serta bunga matahari, produk ini sangat mampu memberikan perlindungan tinggi akibat kerusakan kulit dari sinar UV dan radikal bebas, apalagi untuk kulit sensitif.

4. Neutrogena Sensitive Skin Sunscreen Broad Spectrum SPF 60

Produk Neutrogena memang sudah dikenal sebagai produk anti-iritasi untuk perawatan kulit. Bahkan, untuk krim tabir suryanya saja diakui aman untuk dikonsumsi oleh kulit sensitif. Formulanya khusus untuk kulit sensitif, sementara perlindungan terhadap sinar UV-nya sangat tinggi, mengingat kandungan SPF 60 yang ada di dalamnya.

5. Eau Thermale Avene Mineral Lotion SPF 50+

Produk ini mengandung bahan-bahan anorganik yang aman dari bahaya merkuri dan bebas dari zat-zat kimia dan aditif berbahaya seperti pewangi. Dengan kandungan 100% titanium oxide dan SPF 50+ di dalamnya, krim tabir surya ini begitu mampu untuk memproteksi kulit dari kerusakan akibat pancaran sinar UV. Tidak hanya itu, produk ini juga tergolong water-resistant yang tidak akan larut bila Anda berkeringat.

6. Nivea Sun Water Gel SPF 35++

Bila Anda lebih nyaman untuk memakai sunblock dengan berbahan dasar gel, maka produk ini sangatlah tepat untuk menjadi andalan Anda. Selain ringan dan punya daya leleh yang kuat saat dioles, kandungan SPF 3++ di dalamnya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan, kandungan asam hyaluronic dalam produk ini sangat berperan dalam melembabkan kulit Anda. Tidak perlu khawatir dengan sensitivitasnya, karena produk ini terbilang aman untuk kulit sensitif.

7. Vanicream Sunscreen SPF 50

Krim tabir surya ini sudah dikembangkan sedemikian rupa dan lolos uji saat dilakukan percobaan untuk kulit sensitif. Produk ini juga bebas dari bahan pewangi dan sangat sedikit mengandung bahan-bahan kimia. Komoponen yang ada di dalamnya yaitu zinc oxide dan titanium oxide, serta castor oil dan gliserin, untuk membantu melembabkan kulit kering dan teriritasi.

8. Blue Lizard Australian Sunscreen

Satu lagi produk krim tabir surya dengan bahan dasar mineral untuk SPF-nya. Produk ini diklaim sangat aman untuk kulit super sensitif sekalipun, dikarenakan produk ini bebas dari paraben, pewangi dan zat-zat penyebab kulit sensitif teriritasi lainnya. Bahkan, krim tabir surya ini bersifat water resistant, sehingga tidak akan luntur bila Anda berkeringat. Krim tabir surya ini juga merupakan jenis sunblock wajah waterproof untuk berenang.

Itu dia rekomendasi sunblock untuk kulit sensitif. Namun, perlu diingat juga bahwa kesehatan kulit tidak hanya mencakup pemilihan sunblock yang tepat untuk jenis kulit Anda. Perlu juga memerhatikan waktu berjemur dan pola konsumsi yang benar.