Sponsors Link

12 Efek Samping Memutihkan Wajah Dengan Jeruk Nipis Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Bahan-bahan alami memang sudah banyak digunakan dalam dunia kencatikan, baik itu untuk kosmetik maupun perawatan kulit dan wajah. Bahan alami memang memiliki kandungan yang aman meskipun hasilnya tidak seinstan yang diharapkan namun memberikan kencatikan dalam jangka panjang. Salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk memutihkan wajah adalah jeruk nipis. Kandungan di dalam jeruk nipis mampu membuat wajah tampak cerah dan putih alami. Biasanya jeruk nipis digunakan dan dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya untuk merawat kulit wajah seperti cara memutihkan wajah dengan lidah buaya dan jeruk nipis, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya memutihkan kulit, namun jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengatasi kandungan masalah lainnya seperti jerawat, flek hitam, dan masih banyak lainnya. Namun sayangnya penggunaan jeruk nipis memiliki efek samping tersendiri jika tidak cocok ataupun digunakan secara berlebihan. Berikut ini beberapa fefk samping memutihkan wajha dengan menggunakan jeruk nipis yang pelru anda waspadai.

ads

1. Tidak Cocok Untuk Kulit Sensitif

Efek samping pertama dari penggunaan jeruk nipis adalah tidak cook untuk kulit wajah yang sensitif. Sehingga jika anda memiliki jenis kulit yang sensitif, hindari untuk menggunakan jeruk nipis sebagai bahan masker buah untuk memutihkan wajah. Kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi memang membuat wajah yang sensitif menjadi mudah teriritasi. Sehingga pastikan untuk menggunakan bahan alami yang bisa membuat wajah cerah alami tanpa harus memberikan efek samping.

2. Kemerahan Pada Wajah

Penggunaan jeruk nipis untuk memutihkan wajah dapat membuat munculnya kemerahan jika tidak cocok pada kulit wajah anda. Jika hal ini terjadi pada saat pertama kali pemakaian, akan lebih baik untuk tidak menggunakan jeruk nipis selanjutnya sehingga tidak akan semakin memperparah kondisi kemerahan pada kulit wajah anda.

3. Muncul Rasa Nyeri

Rasa nyeri dapat muncul di sekitaran kulit saat pengolesan masker jeruk nipis ini. Nyeri yang dirasakan dapat ringan hingga berat tergantung dari reaksi kulit wajah anda. Jika memang terasa nyeri saat penggunaan masker jeruk nipis, maka akan lebih baik untuk segera membilas wajah anda dan jangan digunakan lagi karena dapat menimbulkan reaksi yang sama terulang kembali.

4. Timbul Jerawat Baru

Jeurk nipis memang dapat  digunakan sebagai cara agar kulit putih bersih bebas dari jerawat, namun jika kulit wajah anda mengalami ketidakcocokan dengan jeruk nipis. Bukannya jerawat akan menghilang dan bersih malah akan menimbulkan jerawat-jerawat baru pada kulti wajah anda. Jika sudah seperti ini maka segera hentikan penggunaan masker jeruk nipis.

5. Kulit Wajah Terasa Kering

Efek samping lain yang dirasakan adalah kulit wajah yang terasa kering setelah menggunakan jeruk nipis. Kulit wajah yang terasa kering menunjukkan jika kulit mengalami dehidrasi yang diakibatkan kurangnya air dan minyak pada lapisan yang terdapat di kulit bawah. Untuk mengatasi hal ini akan lebih baik untuk segera menghentikan pemakaian jeruk nipis dan janagn lupa untuk menggunakan pelembab.

6. Gatal-Gatal Pada Wajah

Wajah anda dapat terasa gatal-gatal setelah menggunakan jeruk nipis  dan hal ini merupakan efek samping yang sering terjadi ketika menggunakan masker jeruk nipis. Jika wajah anda mengalami gatal-gatal yang berlebihan, maka segera bilas masker wajah anda sehingga tidak mengalami gangguan yang cukup parah lainnya.

7. Kulit Wajah Mengelupas

Efek samping lainnya dari menggunakan masker jeruk nipis adalah membuat kulit wajah mengelupas. Pertama kali mungkin wajah akan terasa kering dan setelah itu mulai mengelupas bahkan cukup parah. Jika sudah seperti ini segera hentikan pemakaian jeruk nipis karena untuk menghindari pengelupasan yang cukup parah jika diteruskan. Sehingga malah membuat penampilan anda menjadi kurang menarik.

8. Peka Terhadap Paparan Sinar Matahari

Penggunaan masker jeruk nipis dapat mebuat kulit wajah menjadi lebih peka pada paparan sinar matahari. Kulit wajah anda akan memerah dan perih ketika terkena sinar matahari dan tentu saja hal ini akan menyebabkan munculnya kerusakan kulit wajah lainnya. Jika hal ini terjadi pada wajah anda, maka segera hentikan penggunaan masker jeruk nipis. Jika anda sudah terlanjur mengalami kondisi ini, maka lakukan perlindungan pada wajah anda seperti menggunakan masker atau payung untuk melindungi wajah anda.

9. Wajah Menjadi Bersisik

Menggunakan masker jeruk nipis yang berlebihan terkadang dapat membuat kulit menjadi bersisik. Hal iini akibat kandungan jeruk nipis yang memang tidak cocok untuk kulit wajah anda. Wajah bersisik dapat ditandai dengan keringnya kulit wajah dan kemudian terjadi pengelupasan pada kulit.

10. Membuat Pori-Pori Wajah Membesar

Masker jeruk nipis memang dipercaya cara memutihkan wajah berminyak yang cukup efektif yang mana menjadi sumber penyebab pori-pori pada wajah semakin membesar. Namun pori-pori wajah yang membesar juga dapat diakibatkan karena penggunaan masker jeruk nipis. Pori-pori besar pada wajah dapat menyebabkan masalah lainnya seperti komedo dan jerawat. Untuk itu hentikan penggunaan masker jeruk nipis yang berlebihan. Gunakan setidaknya hanya 2 kali dalam seminggu.

11. Dermatitis

Efek samping lainnya yang cukup diwaspadai dari menggunakan jeurk nipis secara berlebihan pada wajah adalah dermatitis. Dermatitis merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya ruam dan kemerahan yang membuat anda pastinya kurang nyaman. Jika tidak segera diobati, maka tentu saja kerusakan ini akan semakin parah. Sehingga jika memang jeruk nipis yang menyebbakan kondisi tersebut, maka akan lebih baik untuk tidak menggunakannya lagi.

12. Kulit Wajah Menjadi Kusam

Cara mencerahkan wajah secara alami memahg dapat digunakan dengan menggunakan jeruk nipis karena kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi. Namun jika anda terlalu sering menggunakan maka malah akan membuat akndungan asam di dalam jeruk menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Jika wajah anda malah terlihat kusam setelah menggunakan jeruk nipis, maka hentikan pemakaian sementara. Idealnya masker ini dapat digunakan 2kali dalam seminggu saja.

Nah itu tadi beberapa efek samping yang pelru diwaspadai dari menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan wajah. Jeruk nipis memang sangat efektif menjadi pemutih wajah herbal jika memang cocok digunakan. Namun jika tidak cocok malah akan menyebabkan muncul nya berbagai macam masalah pada kulit wajah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Tips Cara