Sponsors Link

12 Perawatan Wajah Setelah Melahirkan Agar Putih

Sponsors Link

Setelah melahirkan biasanya produksi hormon tubuh masih belum seimbang. Kondisi ini berpengaruh terhadap kesehatan ibu. Selain itu juga membuat kulit tampak lebih kusam dan dekil. Baik di wajah, leher atau bagian lipatan kulit lainnya. Untuk mengatasi wajah kusam setelah melahirkan ibu tentu harus berhati-hati. Sebaiknya jangan sembarangan menggunakan produk pemutih kulit. Hal itu bisa mempengaruhi kualitas ASI dan mungkin berimbas pada kesehatan si kecil.

ads

Namun demikian, bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan wajah setelah melahirkan. Ada kok! Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa tips perawatan wajah setelah melahirkan agar putih.

1. Tingkatan Asupan Makanan Bervitamin C

Vitamin C tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Padahal vitamin C ini memiliki peranan penting bagi kecantikan kulit. Beberapa orang melakukan suntik vitamin C untuk kulit putih. Namun itu bisa menimbulkan efek samping.

Vitamin bekerja dalam merangsang kolagen, menjaga wajah tetap kencang sekaligus mencerahkan dan memudarkan pigmentasi. Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah-buahan dan sayuran, seperti jeruk, lemon, jambu biji, kiwi, tomat dan sebagainya. Buah-buah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai masker pemutih wajah alami.

2. Penuhi Asupan Vitamin B3

Vitamin B3 atau biasa disebut niacin atau niacinamide adalah agen pemutih kulit alami. Anda tidak hanya bisa memperolehnya dari produk pemutih. Tapi juga bisa kok dari makanan. Beberapa makanan yang mengandung tinggi vitamin B3 adalah beras, buah mangga, asparagus dan sebagainya.

3. Yuk, Konsumsi Makanan Bervitamin E

Saat menyusui, sebaiknya Anda menghindari konsumsi suplemen atau jenis pil lainnya. Apabila Anda ingin mendapatkan kulit cantik, Anda bisa mengonsumsi makanan sumber vitamin E. Vitamin E ini berperan melindungi wajah dari kerusakan akibat radikal bebas serta cara memutihkan wajah kusam secara alami. Beberapa contoh makanan yang mengandung tinggi vitamin E seperti bayam, brokoli, kacang almond, kacang tanah dan sebagainya.

4. Konsumsi Makanan Bervitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A tidak hanya berguna untuk menyehatkan organ pengelihatan saja. Tetapi juga membantu untuk tips agar wajah putih dan menunda tanda-tanda penuaan dini. Anda bisa memperoleh sumber vitamin A dari wortel, pepaya, ikan tuna, mangga dan sebagainya.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih adalah salah satu cara teraman untuk merawat kulit. Air putih dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Ini juga membuat kulit akan semakin kencang. Dengan rutin mengonsumsi air putih maka keriput dan garis halus akan memudar perlahan. Selain itu, kulit juga tampak lebih cerah. Konsumsi air putih 8 gelas perhari.

6. Gunakan Masker Dari Pepaya

Jika Anda membeli pepaya, Anda bisa menyisihkan sedikit untuk dibuat masker wajah. Pepaya adalah sumber vitamin C yang tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai masker pemutih wajah alami. Kandungan tersebut juga menjaga tekstur kulit agar tetap sehat dan kencang.

Untuk membuatnya Anda hanya perlu mengambil sedikit saja pepaya. Lalu haluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu, oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 40 menit. Terakhir kamu bisa membilasnya dengan air dingin.

7. Gunakan Masker Madu, Oatmeal dan Susu

Cara perawatan wajah setelah melahirkan agar putih bisa pula menggunakan masker kombinasi 3 bahan alami, yakni madu, oatmeal dan susu. Ketiga bahan ini bagus untuk wajah. Selain bekerja dalam memutihkan, kandungan senyawa di dalamnya juga mampu mengatasi jerawat dan mengembalikan kelembaban alami kulit.

Untuk membuatnya, Anda bisa mencampurkan 2 sdt madu, 1 sdt oatmeal dan 1 sdt susu. Aduk-aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit. Setelah masker mengering, Anda bisa membilasnya dengan air sampai bersih.

8. Gunakan Masker Jeruk Nipis dan Madu

Cara memutihkan wajah setelah melahirkan selanjutnya adalah memanfaatkan masker jeruk nipis dan madu. Sifat asam pada jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk cara memutihkan wajah secara tradisonal, mengatasi hiperpigmentasi serta memudarkan jerawat. Sedangkan madu mengandung vitamin C dan zat antibakteri.

Untuk membuat masker ini Anda hanya perlu mengombinasikan 2 sdt madu dengan 2 sdt air perasan jeruk nipis. Aduk rata sampai campuran jadi homogen. Balurkan pada wajah. Tunggu selama 30 menit. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

9. Gunakan Masker Putih Telur

Anda tentunya tidak asing dengan cara memutihkan wajah dengan putih telur. Ya, putih telur memang sangat berkhasiat dalam mencerahkan kulit, menyerap kelebihan minyak, mengangkat kotoran sekaligus mengencangkan wajah.

Untuk membuat masker ini pertama Anda harus menyiapkan sebutir telur. Ambil bagian putihnya saja. Lalu kocok putih telur di mangkuk bersih. Setelah itu, balurkan pada wajah secara merata. Diamkan sampai mengering, ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Setelah itu, cuci bersih wajah Anda.

10. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak ziatun juga aman digunakan untuk ibu hamil atau ibu menyusui. Minyak zaitun kaya vitamin, termasuk di dalamnya vitamin E. Ini membantu merawat wajah yang kusam serta sebagai tips awet muda dan cantik. Vitamin E bertugas menutrisi wajah agar lebih sehat, terlindungi dari paparan radikal bebas, serta mengatasi garis halus dan keriput.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan minyak ziatun pada wajah secara merata. Anda bisa mengaplikasikan hal ini sebelum tidur malam. Keesokan paginya barulah dibilas dengan air. Perawatan ini juga ampuh mengatasi masalah jerawat loh.

11. Gunakan Masker Tomat

Sebagai seorang ibu yang dituntut untuk memasak, pastinya Anda selalu menyediakan tomat di kulkas, bukan? Jikapun tidak, Anda bisa membelinya di warung. Harga tomat cukup terjangkau kok. Tomat ini sangat kaya nutrisi. Di dalamnya terkandung likopen cukup tinggi yang merupakan zat antioksidan. Senyawa ini berguna untuk melindungi wajahmu dari kerusakan dan menjaga keremajaannya. Selain itu, tomat juga menyimpan kandungan vitamin C yang mana dapat mencerahkan kulit.

Untuk membuat masker ini, Anda ambil saja seperempat potong buah tomat atau secukupnya. Sediki saja. Lalu haluskan dengan blender atau Anda bisa mengirisnya tipis-tipis. Setelah itu, gosokan pada wajah dengan lembut. Diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas wajah dengan air sampai bersih.

12. Konsumsi Ikan

Ikan berlemak, seperti ikan tuna atau ikan salmon mengandung asam lemak omega-3. Yang mana kandungan tersebut sangat baik untuk kulit. Ini dapat membantu menjaga keremajaan kulit dan menunda penuaan dini. Selain itu, rutin mengonsumsi ikan juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.

Demikianlah beberapa cara perawatan wajah setelah melahirkan agar putih dan sehat. Cara-cara diatas insyaAllah aman dan tidak menimbulkan efek samping. Namun apabila Anda juga ingin menggunakan skincare, pilih skincare yang mengutamakan bahan-bahan organik dalam ingredientnya. Selain itu, pastikan juga Anda bertanya kepada dokter terlebih dahulu.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Cara