Sponsors Link

11 Cara Memutihkan Wajah Dengan Alkohol dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Cara memutihkan wajah dengan alkohol memang kurang diketahui. Padahal alkohol bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit loh. Namun kadar kepekatannya (porsentase) juga harus diperhatikan. Umumnya alkohol digunakan dalam segala bidang, misalnya di industri makanan untuk pembuatan minuman wine, anggur, dan whiskey. Sedangkan di dunia medis, alkohol dimanfaatkan untuk pelarut obat-obatan dan zat antiseptik.  Alkohol juga digunakan untuk bahan peledak dan pembuatan plastik.

ads

Dalam dunia kosmetik, biasanya alkohol digunakan sebagai campuran produk skincare. Misalnya toner atau pembersih make up. Selain itu, beberapa orang juga memanfaatkan alkohol 70% sebagai obat jerawat. Lalu sebenarnya, apakah alkohol dapat memutihkan wajah? Dan berapa konsentrasinya yang aman untuk wajah? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Baca: Cara memutihkan wajah dengan es batu.

Cara Memutihkan Wajah Dengan Alkohol (Red Wine)

Apabila kamu ingin memutihkan wajah dengan alkohol, kamu harus memilih jenis alkohol yang tepat dan kadarnya juga tidak boleh terlalu tinggi. Jenis alkohol yang cenderung aman untuk kulit wajah adalah anggur merah (red wine). Hal ini dikarenakan kadar alkohol dalam minuman red wine cukup rendah sekitar 5-12%. Sehingga tidak berbahaya untuk tipe kulit sensitif.

Nah, berikut ini tutorial memutihkan wajah dengan alkohol:

1. Facial Anggur Merah (Red Wine)

Untuk mengaplikasikan red wine sebagai pembersih atau facial wajah caranya sangat mudah, yaitu:

  • Campurkan 3-4 tetes wine kedalam air putih secukupnya (sekitar 1 sdt)
  • Tuangkan sedikit larutan di kapas
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Tunggu 15-20 menit, bilas dengan air sampai bersih
  • Terapkan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu

2. Facial Anggur Merah (Red Wine) Dan Air Mawar

Apabila kamu ingin memperoleh hasil yang optimal, kamu bisa mengombinasikan air mawar dengan minuman anggur merah. Air mawar telah dikenal manfaatnya sejak dulu untuk mencerahkan wajah. Caranya:

  • Campurkan 3 tetes anggur merah, ½ sdt air mawar dan 1 sdt air putih
  • Aduk rata
  • Tuangkan larutan di kapas
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Tunggu 15-20 menit, bilas dengan air sampai bersih
  • Terapkan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Air Mawar.

3. Facial Anggur Merah (Red Wine) Dengan Yogurt Plain

Apakah kamu selalu menyediakan stok yogurt di kulkas? Coba deh, sesekali gunakan minuman ini untuk facial wajah. Yogurt berguna untuk mencerahkan kulit sekaligus mengatasi flek hitam. Dengan mengombinasikan yogurt dan anggur merah, wajah akan tampak lebih kenyal dan awet muda. Cara pemakaiannya:

  • Campurkan 3 tetes anggur merah, ½ sdt yogurt plain (yogurt tanpa rasa), dan 1 sdt air putih
  • Aduk rata
  • Tuangkan larutan di kapas
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Tunggu 15-20 menit, bilas dengan air sampai bersih
  • Terapkan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu

Baca: Cara memutihkan wajah dengan yogurt.

4. Facial Anggur Merah (Red Wine) Dengan Madu

Perpaduan madu dan minuman anggur merah juga bagus untuk facial wajah. Keduanya berkerja secara bersama-sama untuk membuat wajah makin cerah dan kencang. Madu juga dapat mengurangi jerawat serta melembabkan kulit. Cara penggunaannya:

  • Campurkan 1 sdt anggur merah, ½ sdt madu dan 1 sdt air putih
  • Aduk rata
  • Tuangkan larutan di kapas
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Tunggu 15-20 menit, bilas dengan air sampai bersih
  • Terapkan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Minyak Zaitun.

Sponsors Link

Manfaat Lain Alkohol “Red Wine” Untuk Kecantikan Wajah

Penggunaan minuman anggur merah (red wine) untuk perawatan wajah sebenarnya bukan hal baru. Di negara Barat, tak sedikit wanita yang memanfaatkan red wine untuk facial. Selain itu, di Korea, red wine juga digunakan sebagai bahan campuran skincare. Misalnya saja innisfree.

Nah, berikut ini beberapa manfaat minuman anggur merah (red wine) untuk kecantikan wajah:

1. Menyamarkan Keriput dan Garis Halus di Wajah

Manfaat wine yang pertama untuk kulit yakni sebagai anti aging. Pada dasarnya, setiap orang pasti akan menua. Tapi tanda-tanda penuaan bisa diperlambat apabila kamu bisa merawat wajah dengan baik. Salah satunya dengan memanfaatkan wine. Dengan mengaplikasikan wine sebagai facial, setidaknya 2 kali dalam seminggu maka gais halus dan kerutan di wajah akan tersamarkan. Wajah akan tampak lebih mulus dan awet muda.

Baca juga:

2. Merangsang Produksi Kolagen

Manfaat berikutnya dari wine adalah merangsang produksi kolagen. Perlu diketahui bahwa semakin bertambahnya usia, produksi kolagen pada kulit semakin berkurang. Akibatnya kulit menjadi cepat kendur dan tampak tua. Nah, apabila kamu mengoleskan wine pada wajah, maka produksi kolagen di kulit akan meningkat. Dengan demikian, kerusakan kulit dapat diperbaiki. Wajah akan terlihat lebih elastis dan kencang.

3. Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat alkohol di dunia medis dan cukup sering didengar adalah sebagai penghilang jerawat. Ya, alkohol memang terbilang cukup ampuh melawan bakteri penyebab jerawat karena sifatnya sabagai desinfektan. Umumnya masyarakat menggunakan alkohol 70% untuk membantu mengatasi jerawat.Namun demikian, kamu juga harus tahu bahwa pemakaian alkohol 70% tidak baik untuk kulit wajah. Sebab kadarnya terlalu tinggi sehingga bisa memicu iritasi, kulit kering, hingga timbulnya rasa panas seperti terbakar. Akan lebih baik jika kamu memanfaatkan wine. Kadar alkohol dalam wine cukup rendah (sekitar 12%) sehingga tidak terlalu berbahaya untuk kulit. Kamu juga bisa memperoleh manfaat lain, seperti wajah menjadi lebih bersih, cerah dan kenyal.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Berminyak.

Sponsors Link

4. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Punya masalah dengan pori-pori wajah yang membesar? Well, kamu bisa mencoba perawatan dengan wine. Kandungan alkohol dalam wine dipercaya dapat membantu mengecilkan pori-pori. Untuk penggunaanya, kamu bisa melarutkan sedikit wine ke dalam air putih. Lalu aplikasikan pada wajah. Tunggu 15 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

5. Pembersih Wajah

Kamu mungkin sudah tak asing dengan penggunaan alkohol sebagai toner. Ya, umumnya produk toner wajah yang beredar di pasaran mengandung alkohol dengan kadar tertentu. Hal ini dikarenakan khasiat dari alkohol yang memang ampuh membersihkan wajah dari kotoran, baik debu ataupun sisa-sisa make-up. Nah, jenis alkohol yang aman untuk digunakan sebagai toner adalah red wine atau anggur merah. Bahan ini membantu membersihkan wajah tanpa harus membuat kulit menjadi iritasi. Untuk pemakaiannya, kamu hanya perlu melarutkan wine dalam air putih, kemudian oleskan di wajah sebagai pengganti produk toner.

Baca juga:

6. Melembutkan Kulit

Punya kulit wajah kasar? Kamu bisa memanfaatkan red wine untuk mengatasi hal tersebut. Kandungan dalam minuman anggur merah ini dipercaya dapat membantu melembutkan wajah. Untuk pemakainya kamu bisa melarutkan sedikit wine ke dalam air putih. Lalu aplikasikan pada wajah. Tunggu 15 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Cukup gunakan 1-2 kali dalam seminggu, sebab jika terllau berlebihan justru mengurangi produksi minyak secara berlebihan. Akibatnya wajah akan kehilangan kelembabannya.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Kering.

ads

7. Exfoliator Wajah

Oiya, red wine juga dapat digunakan untuk exfoliator atau scrubbing loh. Kandungan di dalamnya membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta mengoptimalkan proses regenerasi kulit. Untuk penggunaanya, kamu bisa mengombinasikannya dengan gula, si exfoliator alami. Caranya:

  • Campurkan 1 sdt anggur merah, ½ sdt gula dan 1 sdt air putih
  • Aduk rata
  • Tuangkan larutan di kapas
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Tunggu 15-20 menit, bilas dengan air sampai bersih
  • Terapkan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu

Bahaya Penggunaan Alkohol Untuk Wajah

Sebelum memutuskan menggunakan alkohol untuk wajah, kamu harus tahu tentang alkohol terlebih dahulu. Sebenarnya apa sih alkohol itu? Alkohol merupakan cairan organik berwarna bening yang memiliki sifat mudah terbakar dan mudah larut.

Alkohol sendiri memiliki beragam jenis. Salah satu yang sering digunakan adalah etanol. Umumnya etanol ini digunakan sebagai campuran minuman, parfum dan kosmetik. Sedangkan untuk bahan bakar yang sering dipakai adalah metanol.

Tak sedikit orang yang menggunakan alkohol 70% untuk wajah. Namun sebenarnya apakah itu diperbolehkan? Perlu kamu tahu bahwa pemakaian alkohol dengan kadar tinggi (yakni 70%) dapat merusak wajah secara perlahan. Mungkin untuk sesaan wajah akan tampak bersih dan bebas dari jerawat. Tapi efek jangka panjangnya justru tidak baik! Dibawah ini beberapa bahaya penggunaan alkohol untuk wajah:

  • Pemakaian alkohol secara kontinu membuat kulit wajah jadi kering dan kehilangan kelembabannya
  • Memicu iritasi
  • Kulit semakin rentan terhadap infeksi bakteri
  • Berbahaya jika digunakan oleh wanita dengan tipe kulit sensitif

Terdapat 3 hal yang perlu diingat untuk penggunaan alkohol sebagai facial wajah, yakni:

  • Pastikan kamu mengencerkannya dengan air
  • Jangan mengaplikasikannya terlalu sering
  • Sebaiknya dihindari, hal ini akan lebih aman untuk kulit.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan MaduCara Memutihkan Wajah dengan Susu.

Berbahayakah Alkohol Dalam Produk Skincare?

Walaupun pemakaian alkohol tidak baik untuk wajah, namun tak sedikit produk kosmetik dan skincare yang memasukkan alkohol sebagai ingredientnya. Kadarnya juga tidak terlalu tinggi. Umumnya jenis yang digunakan adalah SD alcohol, isopropil alcohol, isopropyl alcohol, ethyl alcohol, benzyl alcohol, alcohol denatured, fatty alcohol, alcohol dan metanol.

Penggunaan alkohol dalam produk kosmetik memang tidak terlalu berbahaya karena kadarnya juga rendah. Namun apabila kamu memiliki tipe kulit sensitif sebaiknya hindari saja. Sebab alkohol menyebabkan kulit kering dan iritasi. Akan lebih baik jika kamu memilih produk bebas alkohol.  Beberapa merk toner bebas alkohol seperti:

  •  Wardah Purifying Toner
  • Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol Free Tone
  • The Bath Box Replenish Toner
  • Juara Tamarin Tea Hydrating Toner
  • L’Occitane Shea Gentle Toner
  • Caring Colours Make Up Remover

Baca juga:

Demikianlah penjelasan mengenai cara memutihkan wajah dengan alkohol beserta efek sampingnya. Untuk menghindari risiko berbahaya, sebaiknya hindari produk atau perawatan wajah dengan alkohol. Akan lebih baik jika kamu menggunakan perawatan dari masker alami, seperti masker tomat, jeruk nipis, susu, putih telur dan sebagainya. Di samping itu, jika Kamu ingin memiliki wajah cerah biasakanlah hidup sehat.

Tak perlu memaksakan agar wajah putih karena pada dasarnya warna kulit dipengaruhi oleh genetik. Jika kamu memiliki tipe kulit sawo matang, maka syukurilah apa adanya. Karena puluhan skincare pun tak mungkin mengubah pigmen pun menjadi putih.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Tips Cara