Sponsors Link

15 Cara Memutihkan Wajah Dengan Es Batu dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Mungkin selama ini Kamu berpikir bahwa es batu hanya bisa dimanfaatkan sebagai pendingin minuman. Padahal es batu memiliki manfaat lain, salah satunya memutihkan wajah. Tanpa perlu menggunakan krim-krim dokter atau skincare Korea, Kamu juga bisa memiliki kulit wajah kinclong dengan perawatan es batu.

ads

Penggunaan es batu untuk memutihkan wajah memang tak bisa memberikan hasil instan. Namun bila Kamu rutin mengaplikasikannya setiap hari, dijamin wajahmu akan terlihat lebih bersinar. Hal ini dikarenakan es batu mampu mengecilkan pori-pori kulit, mengurangi produksi minyak berlebih, menyamarkan mata panda dan garis-garis halus. Nah, berikut ini ulasan tentang cara memutihkan wajah dengan es batu.

Baca juga:

Cara Memutihkan Wajah Dengan Es Batu

Cara memutihkan wajah dengan es batu sangatlah mudah. Asalkan Kamu memiliki kulkas di rumah, maka Kamu bisa mengaplikasikan perawatan ini sewaktu-waktu. Metode penggunaannya:

  1. Pastikan Kamu menggunakan air mendidih (air matang) atau air mineral
  2. Bungkus air dalam plastik bersih dan masukkan dalam freezer
  3. Setelah es batu mengeras, Kamu bisa mengambilnya
  4. Pastikan Kamu mencuci tangan terlebih dahulu
  5. Kemudian potong es batu menjadi ukuran sedang
  6. Bungkus es batu dengan kain
  7. Lalu usapkan pada wajah secara menyeluruh dengan lembut kira-kira selama 1-2 menit
  8. Perawatan ini bisa Kamu praktekkan setiap pagi atau 2 hari sekali.

Oiya, dalam melakukan perawatan wajah dengan es batu sebaiknya Kamu menggunakan es batu buatan sendiri. Jangan membeli es batu di warung atau tempat lain. Sebab mungkin saja es batu itu berasal dari air mentah, air kran atau mungkin air bekas. Menggunakan es batu dari air kotor justru memicu masalah kulit, seperti jerawat, panu, dan sebagainya.

Risiko Memutihkan Wajah dengan Es Batu

Es batu memang bermanfaat memutihkan wajah. Namun apabila cara pemakaiannya salah maka menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kulit. Nah, berikut ini beberapa risiko memutihkan wajah dengan es batu:

1. Merusak Pembuluh Kapiler di Wajah

Menggunakan es batu untuk wajah terlalu sering tidak disarankan. Kamu juga tidak boleh menerapkannya secara langsung ke kulit. Tindakan tersebut dapat memicu pecahnya pembuluh kapiler di wajah. Cukup menggunakan perawatan ini 1 kali dalam dua hari. Dan jangan lupa membungkus es batu itu dengan kain untuk menghindari risiko inflamasi dan pecahnya pembuluh kapiler.

Baca juga:

2. Infeksi Kulit

Kamu harus berhati-hati dalam mengaplikasikan es batu untuk wajah. Beberapa orang ada yang menjual es batu dari air kotor, sehingga efeknya es batu tersebut mengandung bakteri. Apabila Kamu menggunakan es batu tersebut untuk facial wajah maka otomatis bakteri akan menempel pada kulit dan memicu infeksi. Untuk menghindari kondisi itu, pastikan Kamu memilih es batu yang bersih. Akan lebih baik jika Kamu membuatnya sendiri di rumah.

3. Memicu Inflamasi

Menempelkan es batu terlalu lama pada wajah atau berlebihan (misalnya menghabiskan 2-3 potong es batu dalam sekali pakai) bisa meningkatkan risiko inflamasi. Efek dingin yang diberikan akan membuat kulit menjadi dingin dan beku, sehingga terjadilah pembengkakan. Nah, untuk menghindari risiko ini, sebaiknya jangan meletakkan es batu di satu spot saja. Usapkan secara merata dan cuku sekitar 2-3 menit.

Sponsors Link

4. Mengurangi Kelembaban Kulit

Es batu diklaim dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit. Hal itu memang bagus karena wajah akan tampak lebih sehat. Namun jika digunakan berlebihan, produksi minyak justru berkurang sehingga menyebabkan permukaan kulit jadi kering. Bahkan mungkin bersisik dan mengelupas. Oleh sebab itu, sekali lagi jangan berlebihan mengaplikasikan facial dari es batu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Kering.

Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Wajah

Menggunakan es batu untuk facial tidak hanya bermanfaat memutihkan wajah. Es batu juga memiliki segudang khasiat lain yang bisa membuat wajahmu terlihat lebih cantik dan awet muda. Namun dengan catatan harus digunakan secara benar.

Nah, berikut ini beberapa manfaat es batu untuk kecantikan wajah:

1. Menyamarkan Mata Panda

Siapa sih yang gak kesal mata panda? Kondisi penggelapan warna kulit di bawah mata memang rentan dialami remaja dan wanita dewasa berusia lebih dari 20 tahun. Faktor penyebabnya bisa karena kebiasaan begadang, keturunan, terlalu sering menatap layar laptop, kurang asupan nutrisi dan alergi kosmetik.

Mengatasi mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata terbilang cukup susah. Bahkan tak jarang pengaplikasian produk eye cream ternama pun tidak membuahkan hasil. Nah, Kamu bisa mencoba perawatan dengan es batu.  Caranya Kamu dapat membekukan air mawar di kulkas. Lalu kompreskan es air mawar tersebut pada bagian kulit bawah mata. Kira-kira selama 5 menit. Perawatan secara rutin bisa membuat kulit bawah mata lebih cerah.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang.

Sponsors Link

2. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Dewasa ini, banyak sekali produk masker tanah liat (clay mask) yang ditawarkan oleh brand-brand kosmetik (baik lokal maupun luar negeri ) dengan fungsi utama mengecilkan pori-pori kulit. Nah, alternatif lain yang lebih mudah dan aman untuk mengatasi masalah pori-pori besar yakni menggunakan es batu. Dengan mengoleskan es batu secara rutin pada wajah maka perlahan pori-pori pasti bakal mengecil. Imbangi juga dengan pola makan sehat untuk hasil lebih optimal.

3. Mengatasi Wajah Berminyak

Kamu perlu tahu bahwa kulit manusia memiliki kelenjar minyak (sebum) yang berguna untuk memproduksi minyak. Keberadaan minyak pada kulit ini tentu bukan tanpa fungsi. Kegunaan minyak tersebut berguna untuk menjaga kelembaban wajah. Namun bila produksi minyak berlebihan maka hal itu bisa menjadi masalah. Pori-pori akan menjadi semakin besar. Debu dan kotoran mudah menempel. Sehingga efeknya wajah pun rentan muncul jerawat.

Nah, jika Kamu termasuk wanita dengan tipe kulit berminyak, Kamu bisa mengaplikasikan es batu untuk perawatan wajah. Dengan mengoleskan es batu secara rutin di wajah, produksi minyak akan berkurang secara perlahan. Dengan demikian, lama-kelamaan kulit akan menjadi normal.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Berminyak.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Tidak hanya mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak, penggunaan es batu untuk wajah juga dapat melancarkan peredaran darah. Pernyataan ini tertulis di beberapa penelitian. Dengan memanfaatkan es batu sebagai facial wajah, maka aliran darah akan lancar sehingga wajah pun tampak lebih sehat dan berseri. Namun ingat, cara pemakaiannya harus benar ya! Jangan menempelkan es batu secara langsung pada permukaan kulit. Sebaiknya bungkus dengan kain. Selain itu juga jangan berlebihan. Cukup 1 kali dalam dua hari.

5. Mengatasi Jerawat

Apakah Kamu termasuk wanita dengan masalah kulit berjerawat? Yah, kemunculan jerawat di wajah memang menyebalkan. Entah itu dikarenakan alergi makanan, keturunan, infeksi atau penggunaan kosmetik yang salah. Pastinya bikin Kamu jadi enggak percaya diri.

Nah, untuk mengatasinya Kamu bisa menggunakan es batu. Dengan mengoleskan sepotong es batu kecil pada area kulit berjerawat maka perlahan inflamasi akan mengempes. Es batu juga dapat mengurangi bekas jerawat sehingga wajah pun menjadi lebih bersih dan mulus.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan MaduCara Memutihkan Wajah dengan Susu.

ads

6. Memberikan Efek Rileksasi Kulit

Tidak hanya pikiran saja yang bisa stres, kulit pun juga berisiko mengalami stres dikarenakan polusi dan efek sinar matahari. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Kamu bisa melakukan perawatan dengan es batu.

Pertama, bilas dahulu wajah dengan air bersih. Cuci tanganmu. Kemudian ambil sepotong es batu dan bungkus dengan kain atau plastik. Oleskan pada wajah secara merata. Jangan terlalu lama cukup 2-3 menit. Tindakan ini dapat membuat kulit terhidrasi, memberikan efek rileksasi dan membuat kulit tampak lebih fresh atau segar.

7. Mengatasi Sunburn

Kita tahu bahwa lapisan ozon saat ini sudah mulai menipis. Sehingga suhu di bumi pun menjadi semakin panas. Terutama ketika siang hari, cahaya matahari terasa sangat menyengat di kulit. Kita juga sulit menghindarinya, sebab walaupun berada di dalam ruangan, sinar matahari bisa masuk lewat celah ventilasi dan jendela. Nah, Kamu tahu gak, kalau sinar UV dari matahari siang itu bisa merusak kulit. Selain menyebabkan kulit kusam, terlalu lama terpapar sinar matahari membuat kulit jadi terbakar atau biasa disebut sunburn. Kondisi ini ditandai dengan warna kulit yang tampak kemerahan dan sedikit lebih gelap.

Salah satu cara mengatasi sunburn yakni menggunakan es batu. Setelah beraktivitas di luar ruangan, diamkan dulu kulit sekitar 30 menit. Ketika kulit sudah terasa dingin, Kamu bisa membasuhnya pakai air. Lalu mengompres dengan es batu. Perawatan ini bisa membantu mengurangi inflamasi pada kulit yang mengalami sunburn.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Lemon, Cara Memutihkan Wajah Akibat Sinar Matahari.

8. Membuat Make-Up Tahan Lama

Suka kesal gak kalau pakai make-up tapi berantakan? Biasanya make-up sulit menempel di wajah karena kulit yang berminyak. Untuk mengatasinya Kamu bisa menggunakan es batu. Pemakaian es batu akan membuat make-up lebih merata di wajah dan awet lebih lama.

Kamu bisa menggunakan es batu sebelum mengaplikasian make-up. Atau bisa juga setelah penggunaan  primer. Setelah mengompres wajah dengan es batu, terapkan make-up lain seperti foundation, concealer, bedak, lipstik dan sebagainya.

9. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Penuaan memang tidak bisa dihindari. Namun tanda-tandanya dapat diperlambat dengan pola hidup sehat dan perawatan skincare. Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan es batu sebagai facial wajah. Dengan mengompreskan es batu pada wajah maka bisa mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput, garis-garis halus, kulit gelap, kulit kering dan sebagainya.

10. Melembutkan Kulit

Manfaat lain dari es batu adalah melembutkan kulit. Mengoleskan es batu pada wajah akan mengecilkan pori-pori dan menghilangkan jerawat serta bekasnya sehingga wajah akan terasa mulus. Dan pastinya lebih sehat.

Baca juga: Pemutih Wajah di Apotik.

11. Menyehatkan Bibir

Manfaat es batu lain untuk kecantikan yakni merawat bibir. Dengan mengompreskan es batu pada bibir, masalah bibir hitam, kering dan pecah-pecah akan teratasi. Kamu cukup melakukannya secara rutin. Selain itu imbangi dengan pola hidup sehat. Seperti mengonsumsi buah-buahan, air putih dan sayuran. Selain itu, jangan lupa gunakan lip balm di setiap hari sebelum memakai lipstik. Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi bibir dengan gula untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Baca juga:

Demikianlah beberapa cara memutihkan wajah dengan es batu beserta efek samping dan manfaat es batu lainnya bagi kecantikan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips Cara